Hobi Memancing

Menjadikan Hobi Menjadi Bisnis yang Menguntungkan

Memiliki bisnis sesuai hobi adalah rutinitas yang menyenangkan sekaligus mampu menghasilkan keuntungan melimpah selama dijalankan dengan baik dan benar.

Saya yakin setiap orang memiliki hobi entah hobi olahraga, hobi bertani, memasak bahkan banyak yang memiliki hobi yang beragam dan berpotensi untuk dikembangkan menjadi sebuah bisnis.

Lantas bagaimana cara memanfaatkan hobi Anda untuk dikembangkan menjadi sebuah usaha yang berpotensi mengantarkan Anda pada kesuksesan?

Pahami Hobi Anda

Mungkin Anda memiliki banyak hobi yang kesemuanya tidak Anda sadari sepenuhnya, memahami hobi dengan baik akan memudahkan Anda dalam mengembangkanya menjadi sebauah ide bisnis yang baik.

Anda juga perlu menganalisa apakah hobi yang Anda miliki tersebut cocok untuk dikembangkan sebagai sebagai sebuah bisnis.

Pada dasarnya banyak hobi yang berpotensi untuk dijadikan lahan bisnis namun banyak juga yang sulit karena ide bisnis berdasarkan hobi tesebut tidak memiliki pangsa pasar yang baik di wilayah Anda.

Kita ambil contoh sederhana, jika Anda memiliki hobi untuk memperbaiki komputer atau memodifikasi komputer yang sebenarnya berpeluang untuk dijadikan bisnis dengan membuka jasa reparasi komputer.

Sayangnya, jika Anda berada di wilayah terpencil maka potensi tersebut menjadi tidak maksimal untuk dikembangkan sebagai usaha.

Inilah salah satu tujuan memahami hobi Anda, jika contoh diatas sesuai dengan apa yang Anda alami maka coba kaji lagi apakah Anda memiliki kegemaran lain? Apakah anda menyukai burung, suka bercocok tanam atau mungkin memasak?

Memahami hobi dengan baik lalu menganalisa potensi bisnis yang bisa ditindak lanjuti dengan tindakan namun tetap memperhitungkan faktor pendukung lain seperti pangsa pasar atau calon konsumen, dana keuangan untuk modal, lokasi usaha dan sebagainya.

Tentukan Satu Hobi Paling Prospektif

Setelah memahami hobi Anda yang memiliki potensi untuk dijadikan bisnis, maka pilih satu saja yang paling prospetif di masa kini dan masa yang akan datang.

Setidaknya di awal memulai usaha Anda hanya cukup mengembangakan satu saja dari sekian banyak hobi yang sebenarnya memiliki peluang.

Penilaian seberapa baik hobi yang akan Anda kembangkan adalah dengan  melihat potensi pasar dan melihat seberapa banyak persaingan yang ada, apakah Anda merasa sanggup bersaing dengan persaingan yang ada?

Jika Anda sangat yakin mampu memberikan sesuatu yang lebih baik dari pasar yang ada dan Anda merasa ini adalah sebuah pekerjaan yang akan Anda sukai, maka lanjutkan untuk merencanakan usaha tersebut, namun ingat faktor lain juga tetap harus diperhitungkan seperti besarnya modal dan sebagainya.

Beberapa contoh usaha berdasrkan hobi tersebut adalah:

  • Membuka usaha kolam pemancingan atau membuak usaha toko pancing jika Anda hobi memancing.
  • Membuka usaha bengkel sepeda motor jika Anda memiliki hobi otomitf terutama roda dua.
  • Bertani serius dan profesional jika Anda merasa hobi bercocok tanam.
  • Jualan hewan atau pakan hewan seperti kucing, anjing, kelinci, burung, ayam hias dan sebagainya jika hobi Anda  memiliki kesukaan terhadap hewan tertentu.
  • Membuka kursus menjahit atau jasa menjahit jika Anda memiliki hobi sekaligus keahlian menjahit

Masih banyak sekali hobi-hobi lain yang bisa dikembangkan menjadi lahan bisnis, pelajari seksama dan jadikan usaha yang akan mengantarkan pada kesuksesan.