Meningkatkan Keuntungan Usaha Bengkel Motor

Meningkatkan Keuntungan Usaha Bengkel Motor

Meningkatkan Keuntungan Usaha Bengkel Motor

Upaya meningkatkan keuntungan usaha bengkel sepeda motor merupakan hal yang wajar apalagi jika usaha Anda sudah berjalan lama namun pendapatan cenderung stagnan alias jalan di tempat tanpa peningkatan yang berarti.

Salah satu upaya yang paling umum adalah dengan meningkatkan kualitas dan promosi agar lebih cepat mendatangkan lebih banyak pelanggan, selain itu upaya penambahan layanan dan menambah usaha jenis baru yang masih relevan dengan usaha bengkelpun merupakan cara yang teramat bijak.

Artinya disamping upaya terbaik dalam promosi dan peningkatan kualitas layanan, Anda juga dapat berpikir ulang untuk mencari ide usaha yan gmasih bisa digabungkan dengan usaha bengkel motor.

Dan bagi yan masih benar-benar pemula namun bercita-cita segera mewujudkan bisnis bengkel mootor dengan beragam keterbatasan baik dana maupun pengetahuan silahkan untuk membaca artikel sebelumnya tentang ” Analisa Usaha Bengkel Motor

Berikut adalah usaha tambahan yang bisa dijadikan sumber keuntungan usaha bengkel motor yang bisa berjalan beriringan.

 

1.Jualan Sparepart

Jualan sparepart sepeda merupakan usaha yang masih satu bidang dan sangat relevan dengan usaha bengkel motor, ini benar-benar sangat cocok dan akan menambah penghasilan usaha bengkel Anda bahkan bisa melebihi pendapatan usaha  Anda saat ini terutama jika menerapkan strategi yang tepat untuk mendapatkan pelanggan.

Yang Anda butuhkan adalah perluasan tempat usaha dan penambahan karyawan dan mempelajari seluk beluknya, kami tidak membahas secara detail strateginya karena pada ulasan terdahulu telah dibahas bagaimana strategi terbaik yang harus dilakukan, jika belum membaca silahkan baca selengkapnya pada artikel “ Usaha Sparepart Motor

2.Usaha Warung Kopi

Selain menambahkan usaha jualan sparepart usaha lain yang masih relevan adalah menyediakan usaha warung kopi secara bersamaan.

Usaha warung kopi merupakan usaha dengan margin keuntungan yang tinggi, Anda bisa menempatkan usaha warung ini tepat satu lokasi dengan usaha bengkel yang ada.

Jangan lupa untuk menambahkan menu gorengan atau aneka kue kedalam agar pendapatan makin baik.

Hanya saja untuk mendapatkan penghasilan maksimal usaha warung kopi yang disandingkan usaha bengkel motor, ketika saat ini usaha telah ramai pengunjung.

3.Usaha Tambal Ban

Usaha yang masih bisa disandingkan dengan usaha bengkel berikutnya adalah usaha tambal ban.

Umumnya usaha tambal ban berdiri sendiri tanpa memiliki bangkel, namun ketika Anda jeli usaha bengkel tambal ban akan mendongkrak popularitas usaha, ini karena pelayanan yang lebih beragam disamping itu ini akan mendorong jualan sparepart motor yang telah juga di gabungkan dengan usaha bengkel.

Karena pada faktanya sering ditemui kasus dimana orang yang ingin menambal justru harus mengganti ban dalam ataupun luarnya karena tidak memungkinkan ditambal lagi, artinya akan ada kesempatan untuk mendapatkan keuntungan lagi dari jualan sparepart.

4.Usaha Cuci Motor

Usaha cuci motor juga merupakan usaha menarik guna meningkatkan keuntungan usaha bengkel motor Anda, ini karena banyak pemilik motor menginginkan motornya bukan saja diperbaiki dari kerusakan namun akan mengharap motornya tampil bersih dan terlihat terawat.

Anda bisa merekrut karyawan baru khusus untuk usaha cuci motor dengan sisitim bagi hasil sehingga tidak akan mempengaruhi keuntungan yang kini telah dicapai namun akan menguntungkan kedua belah pihak apalagi jika usaha ini makin ramai.

5.Jualan Helm

Meski terdengar aneh ide menyandingkan usaha jualan helm dengan bengkel motor sebenarnya adalah cara yang tepat.

Disamping masih jarang, menyandingkan usaha jualan helm masih sangat relevan dengan usaha bengkel motor jadi tidak ada yang perlu di takutkan, karena kesempatan mendapatkan pelangan jualan helm akan terbuka lebar mengingat pengunjung bengkel Anda tentu mereka yang memiliki kendaraan roda dua.

6.Jualan Bensin Eceran

Meski terlihat sepele jualan bensin eceran merupakan ide kreatif guna mendatangkan lebih banyak pelanggan ke usaha bengkel yang telah berjalan.

Semakin banyak orang mampir untuk membeli bensin maka semakin banyak kesempatan kepada Anda untuk mempromosikan usaha bengkel serta usaha lain yang telah ditambahkan kepada para pembeli bensin eceran ini.

Ibarat sambil menyelam minum air Anda akan mendapatkan keuntungan dan manfaat ganda, disamping hasil keuntungan jualan bensin yang lumayan manfaat berpromosi akan semakin memerluas jaringan pelanggan yang tentu saja akan membuka kesempatan mendapatkan pelanggan bengkel berkali lipat.

7.Usaha Stiker dan Aksesoris

Usaha pemasangan stiker dan berbgai aksesoris tambahan di satu tempat dengan usaha bengkel juga merupakan ide cemerlang, ini akan membuka kembali kesempatan mendatangkan pendapatan usaha Anda.

Perlu belajar lebih untuk bisa menyandingkan usaha satu ini karena pentingnya keahlian, atau jika tidak mau repot Anda bisa juga mendatangkan karyawan yan ahli dibidang ini dengan sisitim bagi hasil.

Keberhasilan dalam menambahkanjenis usaha baru ke dalam usaha bengekel motor sangat tergantung terhadap kesiapan Anda terhadap layanana atau usaha jualan yang akan ditambahkan.

Penambahan lahan dan karyawan menjadi faktor penting, namun begitu jangan tergesa untuk menambah banyak usaha, tambahkan saja satu demi satu sambil memperluas usaha bengkel Anda agar kualitas layanan bengkel sebagai usaha utama tidak mengalami penurunan.

Semoga Bermanfaat

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *