Cara Meghilangkan Jerawat Dengan Jeruk Nipis

Cara mengobati jerawat dengan jeruk nipis.

Lemon dan jeruk nipis sama-sama mengandung vitamin C dan flavenoids, mengandung antioksidan, antibiotik dan agen desinfektan yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit.

Banyak orang yang percaya bahwa air perasan jeruk nipis adalah obat ajaib untuk jerawat.

Sari pati buah jeruk nipis sering dimasukkan dalam produk perawatan kulit karena kandungan antioksidannya. Secara umum, antioksidan seperti vitamin C dalam buah jeruk nipis dianggap membantu melawan radikal bebas di kulit dan juga membantu meningkatkan kadar kolagen.

Jus atau perasan lemon dan jeruk nipis konon katanya bermanfaat:

Mengurangi minyak (sebum) karena efek pengeringan asam sitrat
Sebagai Antiseptik, yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat, seperti P. acnes
Mengurangi kemerahan dan radang yang dapat membantu mengobati jerawat radang serta bekas luka.

Manfaat ini dikaitkan dengan efek antioksidan dan antibakteri dari vitamin C.

Namun, vitamin C belum diteliti untuk pengobatan jerawat seluas vitamin lain, seperti seng dan vitamin A (retinoid), Meskipun banyak manfaat jus lemon yang diklaim untuk perawatan jerawat ditemukan di forum online dan di blog.

Dan kali ini akan diulas bagamana air dari jeruk nipis ataupun lemon digunakan sebagai obat jerawat dari cara kerjanya, pro dan kontra, dan akan dilengkapi pula cara menggunakannya.

Yuk, kita baca terus,..

Bagaimana perasan lemon dan jeruk nipis dapat membantu mengatasi jerawat?

Jus lemon memang memiliki kualitas melawan jerawat dan bisa menjadi cara yang murah.

Berikut adalah manfaat utama lemon dan jeruk nipis untuk jerawat:

Membunuh bakteri: Asam sitrat jus lemon juga bertindak sebagai antiseptik. Karena bakteri sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan asam, jus lemon dapat membantu mengurangi jumlah bakteri yang hidup di dalam atau di atas kulit Anda.

Mengurangi minyak: Asam pada lemon atau jeruk nipis memiliki kualitas zat ringan dan bekerja dengan cara mengikat jaringan tubuh dan mendorong minyak keluar dari kulit Anda.

Mengurangi kemerahan: Banyak yang menemukan bahwa menggunakan jus lemon dan jeruk nipis sangat mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh jerawat

Murah:Dengan harga relatif murah dibandingkan obat dokter anda dapat mendapatkan pengobatan alami cara anda sendiri cukup beli beberapa buah lemon dan beberapa bola kapas untuk mengaplikasikannya dan hanya butuh sedikit saja uanga untuk membelinya.

Terapi bekas luka: Beberapa orang percaya jus lemon dan jeruk nipis juga adalah cara alami untuk mengurangi bekas luka yang disebabkan oleh jerawat.

Namun begitu semua manfaat dalam lemon dan jeruk nipis untuk jerawat umumnya ditemukan karena pengamalaman otodidak atau di jumpai pada tulisan artikel berbagai media, termasuk blog,tidak ada penelitian klinis untuk mendukung klaim ini.

Meski banyak bukti yang mengklaim manfaat jeruk leman dan jeruk nipis sebagai obat jerawat yang ampuh nyatanya banyak juga yang menemukan efek samping dari penggunaaan jeruk nipis atau lemon sebagi obat jerawat.

Efek Samping lemon dan jeruk nipis untuk jerawat:

Kulit kering: Jika Anda memiliki kulit kering atau normal, jus lemon dapat menyebabkan kulit terlalu kering dan mengelupas.

Nyeri: Asam dalam jus lemon dapat menyebabkan jerawat Anda menyengat atau bahkan mungkin berdarah.

Bukan untuk kulit gelap: Mereka yang berkulit gelap harus menghindari penggunaan jus lemon sebagai perawatan jerawat karena dapat menyebabkan bintik-bintik hitam muncul di mana diterapkan.

Cara menyiapkan dan mengaplikasikan jus lemon atau jeruk nipis untuk mengobati jerawat:

Jika Anda masih ingin mencoba jus lemon, berikut adalah cara penggunaan selengkapnya:

Jika Anda menggunakan lemon atau jeruk nipis sebagai pengobatan untuk menghilangkan jerawat, oleskan dengan hati-hati ke jerawat Anda dengan kapas.

Biarkan selama beberapa menit dan bilas wajah Anda dengan air hangat.

Ulangi beberapa kali sehari sesuai kebutuhan dalam jangka pendek sampai noda Anda hilang.

Yang terbaik adalah menggunakan lemon atau jeruk nipis segar .

Cukup peras beberapa lemon atau jeruk nipis dalam wadah gelas atau mangkuk.

Simpan di lemari es hingga beberapa hari.

Lebih jelasnya berikut langakah demi langkah perawatan jerawat dengan jeruk nipis atau lemon.

1.Cuci muka Anda dengan cara basuh air suam-suam kuku dengan lembut gunakan sabun atau menggunakan pembersih muka yang sesuai dengan jenis kulit.

2.Cuci dengan air hangat dan biarkan kulit Anda kering selama 5-10 menit.

3.Potong smenjadi dua bagian lemon atau jeruk nipis segar dan peras ke dalam mangkuk.

4.Celupkan kapas ke dalam air perasan yang baru saja diperas.

5.Oleskan kapas basah ke daerah yang daerah dimana jerawat ingin diobati.

Sensasi menyengat atau gatal kecil adalah normal. Jika sengatannya tidak terkendali, tambahkan air ke larutan untuk mengencerkan keasaman.

6.Tunggu 20 menit dan bilas: Biarkan jus lemon mengering, biarkan kulit Anda menyerap semua air jeruk nipis yang digunakan.

7.Setelah 20 hingga 30 menit bilas wajah Anda dengan air hangat. Oleskan pelembab jika perlu.

Perlu diketahui bahwa Jus lemon mungkin memberikan beberapa manfaat kecil untuk jerawat Anda, tetapi itu tidak bisa menjadi pengobatan utama untuk jerawat sedang hingga parah.

Penting juga diingat bahwa masih ada cara yang lebih baik dengan menerapkan obat yang lebih efektif, seperti retinoid topikal.

Tidak semua kulit cocok dengan pengobatan menggunakan jeruk nipis.

Sebaiknya lakukan ujicoba terlebih dahulu dengan mengoleskan sedikit saja air jeruk nipis ke daerah yang terkena jerawat.

Jika ternyata kulit anda baik-baik saja maka anda bisa melanjutkan perawatan, namun sebaliknya jika ditemui kulit menjadi terbakar atau efek buruk lain sebaiknya hentikan penggunaan atau minta saran dokter untuk memastikan sensitifitas kulit anda.

Semoga bermanfaat.