Mengenal Kambing Etawa dan Cara Budidayanya

by :
peternakan kambing pe

Sejarah Singkat Kambing Etawa

Kambing Etawa merupakan jenis kambing asli dari daratan India.

Jenis kambing ini di negara asalnya diberi nama

kambing Jamnapari.

Kambing Jamnapari merupakan jenis kambing penghasil susu yang kemudian menyebar ke daerah eropa saat India di jajah oleh Inggris.

Di Indonesia kambing ini diberi nama etawa karena asal kambing ini adalah dari daerah Cagrnagar,Etawah sebuah daerah di bagian Timur Delhi,India.

Diperkirakaan sudah masuk ke Indonesia sejak jaman VOC yang diangkut oleh kapal-kapal niaga VOC pada masa itu.

Keunggulan Kambing Etawa

Kambing etawa merupakan jenis kambing yang memiliki keunggulan di banding kambing lainya beberapa faktor yang menjadikan kambing etawa ini unggul adalah:

– Bodi kambing etawa lebih tinggi dan besar dibandingkan kambing pada umumya.

Ketinggian kambing etawa berkisar antara 100 – 120 cm,dengan bobot maksimal pada kisaran 100 kg.

-Penghasil daging yang unggul dan bisa diternakan dengan mudah.

-Kambing Etawa betina merupakan penghasil susu yang melimpah.

-Bentuk tubuh yang unik dan bagus sehingga banyak kalangan pencinta kambing ini menjadikan kambing etawa dijadikan sebagai kambing kontes karena keindahan bentuk tubuhnya.

Jenis Kambing Etawa Unggul

Kambing etawa atau nama asli asalnya adalah jamnapari memiliki beberapa jenis.

Setidaknya kita mengenal dua jenis etawa atau peranakan etawa yang paling populer yaitu:

1.Kambing Etawa Kaligesing

Jenis kambing etawa kaligesing merupakan jenis favorit peternak kambing etawa.

Merupakan persilangan antara kambing etawa atau nama asli dari daerah asal India yaitu jamanpari dengan kambing lokal asli Indonesia.

Persilangan kambing ini awalnnya ditemukan di kecamatan Kaligesing,kabupaten Pueworejo Jawa Tengah.

Tujuan dari persilangan kambing asli etawa dengan kambing lokal ini dimaksudkan agar mendapatkan keturunan kambing yang memiliki postur maksimal yang diturunkan dari kambing etawa namun memiliki daya tahan serta lebih bisa menyesuaikan berbagai kondisi iklim di Indonesia yang diturunkan dari kambing lokal tersebut.

Hasilnya kambing etawa kaligesing memiliki badan yang panjang dan besar meski masih dibawah jenis aslinya namun memiliki daya adaptasi lebih baik sehingga bisa diternakan di daerah pegunungan yang sejuk namun bisa juga diternakan di darah pesisir yang memiliki kecenderunhan cuaca lebih panas.

Karena keunggulan inilah kambing etawa kaligesing dianggap lebih memiliki nilai keuntungan yang tinggi sebagai hewan ternak.

Disamping keunggulan yang disebutkan diatas kambing kaligesing juga konon di sebutkan sebagai jenis kambing etawa yang lebih tahan terhadap penyakit dan memiliki bentuk bodi yang eksotis sehingga banyak para kolektor menjadikan kambing kaligesing dengan kriteria tertentu dijadikan sebagai kambing kontes untuk tujuan perlombaan.

Selain sebagi kambing kontes,turunan kambing etawa satu ini juga dijadikan sebagai kambing pedaging dan kambing breeding.

Tentu harga jual kambing kontes dengan kelas kambing breeding dan kelas kambing pedaging berbeda.

Kambing kontes merupakan kelas kambing etawa kaligesing termahal disusul dengan kelas breeding dan terakhir kelas kambing kaligesing pedaging.

Bahkan pada jenis kambing kontes yang sering memenangi perlombaan pada even besar harganya bisa melonjak jauh hingga puluhan juta rupiah.

Bentuk tubuh dan penampilan kambing kaligesinglah yang kemudian dibedakan apakah cocok sebagai kelas kontes atau sebaliknya.

2.Kambing Etawa Senduro

Kambing etawa senduro merupakan jenis kambing peranakan etawa dari hasil perkawinan silang antara kambing etawa atau jamnapari dengan kambing lokal menggolo yang berasal dari daerah lumajang.

Kambing peranakan ini berasal dari desa senduro sebuah desa di daerah lumajang karena itulah kemudian kambing ini disebut jenis kambing etawa senduro.

Ciri khas dari kambing etawa senduro adalah postur yang lebih besar dan panjang dibanding kambing etawa kaligesing,memiliki corak warna dominan putih dan jarang memiliki tanduk serta memiliki telinga panjang terkulai.

Berbeda dengan kambing etawa kaligesing yang sering dijadikan hewan kontes maka kambing senduro lebih ditujukan sebagai hewan penghasil daging yang unggul karena postur tubuhnya yang besar.

Berikut kelebihan kambing etawa senduro:

-Memiliki postur tubuh yang besar

-Harga yang normal sebagai hewan pedaging karena tidak ada model hewan kontes yang harganya bisa melonjak drastis.

-Perawatan dan pemeliharaan mudah seperti layaknya kambing pada umumnya.

Prospek Budidaya Ternak Kambing Etawa

Jika sebelumnya pernah dibahas tentang ternak kambing secara umum maka kali ini lebih dikhususkan membahas ternak kambing etawa yang memiliki berbagai keunggulan.

Berbagai keunggulan yang dimiliki oleh kambing etawa atau peranakan etawa menjadikan kambing ini bisa dijadikan peluang usaha peternakan yang bagus.

Setidaknya ada tiga prospek menarik budidaya kambing etawa yang bisa dijadikan ladang bisnis peternakan.

1.Ternak Kambing Etawa untuk Kontes

2.Ternak Kambing Etawa sebagai pedaging

3.Ternak Kambing Etawa Penghasil Susu atau Kambing Perah.

Sebelum kita mengambil keputusan jenis budidaya apa yang akan dijalankan sebaiknya kenali dahulu pangsa pasar yang ada di daerah kita.

Jika dirasa lebih mudah memasarkan hasil peternakan untuk kontes atau anda sendiri adalah kolektor yang hobi mengikuti kontes kambing etawa maka membudidayakan kambing etawa sebagai hewan kontes bisa jadi pilihan terbaik.

Namun jika daerah kita tidak mengenal komunitas kontes kambing etawa sebaiknya memilih beternak kambing etawa sebagai penghasil daging atau susu atau bisa juga ke duanya jika memiliki anggaran lebih besar.

Apa saja yang perlu dipersiapkan dari masing-masing bididaya kambing etawa tersebut?Simak ulasan budidaya kambing etawa berikut.

Budidaya Ternak Kambing Etawa Untuk Kontes

Bentuk tubuh yang eksotis dari jenis kambing etawa kaligesing menjadikan kambing etawa jenis ini banyak di minati para kolektor pecinta hewan untuk peliharaan juga untuk dijadikan kambing kontes.

Harga jual kambing etawa kontes juga sangat bervariasi tergantung nilai seni atau keindahan dan juga seringnya memenangkan perlombaan.

Untuk berhasi menjadi peternak etawa untuk kontes maka harus memperhatikan beberapa hal seperti:

-Kesehatan kambing

-Bentuk tubuh secara detail dari bentuk kepala,tanduk dan sebagainya.

Banyak kriteria penilaian agar kambing etawa kaligesing kontes memiliki nilai jual tinggi.

Pemilihan bibit yang teliti dan mempelajari kriteria secara detail mutlak diperlukan sebelum kita memutuskan memelihara kambing ternak kambing etawa kaligesing untuk kontes.

Ternak Kambing Etawa Pedaging

Usaha ternak kambing sebagai penghasil daging merupakan usaha paling umum karena caranya relatif lebih mudah di banding lainya.

Berbagai cara untuk menghasilkan keuntungan dari ternak kambing etawa bisa kita ambil.

Apakah ingin beternak dengan sistim penggemukan saja atau mungkin ingin beternak dengan memelihara induk kambing etawa dan mendapatkan anak kambing atau keturunanya dan dibesarkan hingga bisa dijual kembali.

Sedangkan dari sisi cara pengelolaanyapun bervariasi.

Bisa kita ternak sendiri atau bisa juga dengan cara menitipkan kepada peternak tradisional dengan sisitim bagi hasil.

Jika memiliki modal lebih besar kita bisa juga beternak dengan memperkerjakan karyawan untuk memelihara kambing etawa milik kita,para karyawan bertugas memberi makan dan perawatan sementara pakan bisa kita persiapkan dengan cara memelihara ladang rumput khusus pakan kambing agar memudahakan pekerja dan menghemat waktu pencarian pakan ternak utama.

Lebih detailnya berikut penjelasan berbagai hal yang perlu dipelajari sebelum terjun mengelola perernakan kambing etawa.

Modal Usaha

Modal usaha merupakan hal pertama yang paling sering dipermasalahkan sebagai alasan kenapa kita tidak segera memulai usaha,ini termasuk juga jika kita ingin membangun usaha ternak kambing etawa pedaging.

Berapa modal yang pas untuk memulai usaha ternak ini?Jawabanya sangat relatif semua tergantung akan seperti apa model ternak yang akan dikembangkan.

Akan lebih baik menyesuaikan model ternak dengan modal yang mampu menurut masing-masing individu daripada harus berencana besar membangun ternak kambing dalam jumlah yang banyak namun tidak pernah terwujud lantaran terkendala modal yang tak kunjung memenuhi target.

Sebagai contoh jika kita ingin memulai usaha ternak kambing dan modal yang dimiliki dalam kisaran lima jutaan maka kita bisa membeli indukan kambing untuk dikembangbiakan dan mendapatkan anak kambingnya untuk terus dibesarkan hingga bisa dijual ke konsumen.Kita bisa memelihara sendiri ataupun juga dengan menitipkan kambing etawa kita ke peternak tradisional dengan sistim bagi hasil.Lain lagi ceritanya jika kita memiliki modal besar.Dengan modal yang cukup kita bisa beternak kambing etawa dengan merekrut karyawan sebagai ujung tombak pemeliharaan dan pemberian pakan.Tugas kita cukup memberi arahan dan menyiapkan segala keperluan dari kandang,bakalan ternak serta sarana lahan rumput sebagai pakan utama.Ingin beternak seperti apa?Sebaiknya sesuaikan ketersedian modal dan memilih model dan jumlah ternak sehingga modal bisa tercukupi.

Mempelajari Kendala

Mempejari cara beternak itu hal penting namun ada tambahan hal penting yang tidak boleh diabaikan yaitu mempelajari kendala yang bisa saja menimpa saat usaha berjalan.

Mengabaikan mempelajari kendala dan terlalu optimis pada hasil bisa-bisa kita terpuruk karena kurangnya persiapan jika ternyata di kemudian hari mendapati masalah yang tidak kita perkirakan.

Cari tahu apa saja hal yang perlu dipersiapkan ketika tiba-tiba menemui masalah seperti:

1.Serangan penyakit.

2.Ketersedian pakan musim kemarau.

3.Pertumbuhan kambing tidak optimal

3.Pekerja atau karyawan tidak masuk kerja atau bahkan mengundurkan diri.

4.Ketika kita harus pergi dalam waktu yang lama,siapa yang akan memberi pengawasan

5.Dan banyak lagi lainya.

Untuk dapat mencari berbagai kendala yang mungkin muncul serta mencari jawaban penyelesaian dari permasalahan tersebut sebaiknya kita mencari orang yang lebih berpengalaman dalam bidang ternak kambing etawa ini agar hasilnya lebih akurat.

Bukan saja kepada yang mereka yang telah sukses,belajar dari meraka yang pernah gagal juga perlu.

Setidaknya kita tidak melakukan kesalahan yang sama dari orang-orang yang pernah mengalami kegagalan.

Cari tahu kenapa mereka gagal dan dapatkan jawaban dari yang telah sukses untuk perbandingan dalam tindakan.

Menentukan Lokasi

Menentukan lokasi merupakan hal penting guna memudahkan peternakan nantinya,carilah lokasi yang mudah dijangkau kendaraan terutama jika kita mengembangkan peternakan kambing etawa dalam skala cukup besar.

Alasanya jelas agar kita mudah dalam masa panen nanti.

Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan diantarnya:

1.Lokasi tidak terlalu berdekatan dengan rumah atau pemukiman penduduk.

Jika usaha masih kecil kita bisa saja memelihara kambing etawa benerapa ekor di dekat rumah namun ambil jarak setidaknya 10 meter dari rumah kita.

2.Lokasi kandang sebisa mungkin berdekatan dengan ladang rumput yang telah disiapkan sebelumnya jika usaha tersebut berencana menanam rumput pakan kambing etawa tersebut.

3.Lokasi dengan jangkauan listrik dan air yang cukup untuk keperluan penerangan dan kemudahan pembersihan kandang kambing.

4.Pastikan warga sekitar tidak keberatan dengan adanya usaha peternakan yang kita bangun.

Untuk melakukan itu kita bisa meminta izin kepada warga secara lisan dengan mengundang mereka dan memberi suguhan seperlunya jika dirasa ada yang keberatan,yakinkan kepada mereka jika usaha kita aman dan tidak mengganggu.

Namun jika usaha peternakan kita cukup besar bahkan mencapai puluhan bahkan ratusan ekor,pastikan mengajukan ijin tertulis dari pemerintah desa setempat dan dinas kesehatan terkait.

Tujuanya jelas untuk melindungi usaha kita dari gugatan orang-orang yang kurang suka terhadap kehadiran usaha tersebut dan memastikan usaha kita nantinya sesuai prosedur hukum dan memenuhi standar kesehatan lingkungan.

Persiapan Kandang

Setelah persiapan lahan selesai selanjutnya adalah rencana pembuatan kandang.

Kandang kambing bisa dibangun dengan panggung atau bisa juga dengan lantai semen yang lebih tinggi dari permukaan tanah.

Pastikan desain pembuatan kandang agar memudahkan kita dalam membersihkan kotoran kambing secara rutin.

Persiapan Pakan

Pakan kambing etawa hampir sama saja dengan pakan kambing pada umumnya.

Rumput dan berbagai jenis daun hijau segar seperti daun nangka,daun singkong daun lamtoro dan sebaginya merupakan pakan utama yang sangat umum sebagai pakan kambing.

Selain pakan utama dari daun dan rumput segar kita juga perlu memberikan pakan tambahan untuk mempercepat pertumbuhan kambing etawa tersebut.

Jenis-jenis pakan tambahan bisa berupa kacang-kacangan.

Pakan tambahan juga bisa berupa ampas tahu,bungkil kelapa dan sayuran tak layak konsumsi yang bisa di dapatkan di pasar-pasar sayur.

Mendapatkan Bakalan atau Induk Kambing

Mendapatkam bakalan atau bibit atau juga indukan yang baik pada awal ketika ingin memulai usaha ternak kambing etawa merupakan salah satu syarat agar usaha kita memiliki prospek yang bagus.

Apakah ingin memelihara kambing etawa dengan membeli anakan kambing dan membesarkanya atau bisa juga dengan membeli indukan kambing etawa untuk mendapatkan kerurunan dan berkembang biak.Pelajari ciri-ciri bakalan/indukan kambing yang baik agar perkembangan usaha ternak memiliki peluang kesuksesan lebih tinggi.

Pemeliharaan,Pemberian Pakan dan Perawatan

Seperti pada peternakan kambing lainya peternakan kambing etawa juga memerlukan pemeliharaan yang baik dari pemberian pakan perawatan kandang agar selalu terjaga kebersihanya dan juga penanganan jika hewan ternak terindikasi pnyakit tertentu.

Kebersihan kandang juga perlu selalu jadi perhatian agar kambing terhindar dari berbagai penyakit,pastikan rutin membuang atau memisahkan kotoran kambing ke satu tempat agar kandang kambing tidak dipenuhi kotoran baik di kandang panggung tersebut ataupun dibagian bawah kandang.

Pada umumnya kambing diberi pakan dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari,namun bila menginginkan hasil maksimal penambahan pakan juga bisa dilakukan secara rutin disiang hari.

Masa Panen dan Penjualan

Masa panen adalah masa paling dinanti,perhitungan keuntungan pemeliharaan kambing pedaging akan dapat dihitung setelah masa panen tiba.

Untuk mendapatkan hasil panen dengan harga yang tinggi kita perlu mengatur siklus agar kambing bisa dijual pada momen-momen tertentu seperti masa Idul Adha dan Idul Fitri,namun bagi yang berorientasi berbisnis kambing sebagai hewan konsumsi dan bisnis untuk hewan Aqiqah maka bisa menjalankna bisnis rutin tanpa menargetkan momen-momen khusus.Usia kambing untuk Aqiqah tentu berbeda dengan usia panen kambing sebagai hewan konsumsi warung sate dan sebagainya,kenali pangsa pasar lebih detail agar lebih cepat sukses.

Ternak Kambing Etawa Perah Atau Penghasil Susu

Meski kebutuhan susu dalam negri terus meningkat namun nyatanya penghasil susu dalam negeri masih sangat kurang.

Susu sapi masih menempati urutan pertama sebagai susu favorit termasuk di Indonesia.

Namun begitu akhir-akhir ini permintaan susu kambing terus meningkat sejalan dengan semakin tingginya kesadaran masyarakat akan gizi susu yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Apalagi bangak kalangan percaya jika susu kambing memiliki berbagai kelebihan dibanding susu sapi.

Tentu ini merupakan peluang usaha yang cukup menarik jika kita ingin beternak kambing etawa perah penghasil susu.

Untuk sukses menjadi peternak kambing etawa penghasil susu ada bebeapa langkah yang harus dipelajari terutama bagi para pemula.

Banerapa hal penting tersebut adalah:

-Pemasaran

Sebelum menjatuhkan pilihan untuk menjadi peternak kambing etawa perah sebaiknya pelajari di awal kemana produk susu kambing etawa akan dipasarkan nantinya.Dimana penjualan terbaik dengan harga tertinggi dan bagaimana cara pengemasan dan seterusnya.Jangan sampai setelah kita memanen susu barj kita kebingungan dimana kita akan menjual produk susu yang telah dihasilkan.

Pemeliharaan

Setelah yakin dan tahu kemana produk akan dipasarkan nantinya baru kemudian kita perlu belajar dengan teliti bagaimana cara pemeliharaan yang baik dari pemilihan bibit kambing,cara membuat kandang,cara pemberian pakan cara menanggulangi pengakit,dan cara memanen atau memerah susu kambing etawa yang akan kita pelihara.

-Pengembangan

Setelah mempelajari dan menjalankan dan ternyata berhasil maka selanjutnya adalah upaya pengembangan agar mendapatkan keuntungan maksimal.

Kita tidak boleh cepat puas dengan apa yang telah kita peroleh sehingga harus berupaya memaksimalakan potensi dengan memanfaatkan modal yang ada da mendaptkan keuntungan terus meningkat.

Belajar adalah langkah awal karena kita tidak pernah akan tahu hal baru tanpa mengawali dengan niat dan mau belajar serta mempraktekanya.

Mudah-mudahan postingan-postingan yang akan datang penulis bisa membuat artikel khusus tentang pemeliharaan ternak kambing perah penghasil susu.

Mudah-mudahan bermanfaat.

Terimakasih Telah Membaca,Kunjungi Juga Tentang Perawatan Kecantikan di:

Hinyong Cantik

   
Jika merasa sedikit saja manfaat,bantu kami dengan klik Sukai Halaman Facebook Hinyong dibawah,dukungan anda sangat berarti.
Loading...

Tinggalkan Balasan

Copyright© Hinyong 2018
Tentang Hinyong| Hubungi Hinyong| Privacy Policy|Disclaimer|Terms Of Services|Sitemap