Bagaimana Cara Mengatasi Anak Suka Jajan Demi Kesehatan dan Menghindari Pemborosan

by :

Mengatasi anak suka jajan.

Orang tua sering dibuat kesal karena perilaku anak kesayangan yang suka sekali jajan makanan yang memberatkan baik karena harga maupun faktor higienis jajan yang tidak terjamin.

Bahkan seorang anak tidak jarang merengek dan menangis jika keinginan untuk membeli jajanan tidak dituruti bunda.

Setidaknya ada dua alasan orang tua mengkhawatirkan kebiasaan suka jajan anaknya lantaran keterbatasan ekonomi ataupun faktor kebersihan yang tidak terjaga dan kandungan bahan berbahaya dari aneka jajanan sekarang ini.

Menurut berbagai sumber yang penulis baca kebiasaan seringnya jajan pada anak sebenarnya merupakan perilaku yang bisa di kurangi bahkan dihilangkan sama sekali karena jajan merupakan sebuah kebiasaan yang awalnya hanya berlangsung satu atau beberapa kali saja hingga keterusan dan menjadi kebiasaan.

Sebelum kita mencari tahu bagaimana cara mengatasi anak yang suka jajan ada baiknya kita pelajari apa saja yang menyebabkan ana menjadi terbiasa jajan di luar rumah.

Penyebab Anak Suka Jajan dan Solusinya

1.Kebiasaan Lingkungan Keluarga.

Kebiasaan lingkungan keluarga yang suka jajan dipercaya sangat berpengaruh terhadap kebiasaan anak sehingga lebih suka jajan.

Pada sebagian keluarga kecil bahkan untuk makan utama seperti sarapan,makan siang hingga makan malam mereka lebih memilih membeli di luar dibandingkan memasak sendiri dirumah.

Alasan yang sering kita dengar karena keluarga kecil merasa repot jika harus bikin makanan sendiri hanya untuk menyediakan makanan beberapa anggota keluarga.

Belum lagi ditambah kesukaan orang tua yang sering memanggil jajan keliling seperti makanan ringan dari bakso,somay dan sebagainya.

Tanpa disadari kebiasaan seperti ini mengajarkan anak terbiasa membelanjakan uangnya untuk jajan sebagai sesuatu yang lumrah atau wajar.

Anak yang sudah terbiasa hidup demikian akan lebih suka makan dari luar termasuk jajan yang kadang kala tidak terjamin kebersihan dan nilai gizinya.

Jika sekarang ini orang tua merasa kewalahan dan khawatir karena anaknya lebih suka jajan apalagi makanan yang tidak terjamin kebersihan dan kesehatannya coba kaji kembali apakah keluarga memang memiliki kebiasaan seperti diatas?

Jika ia alangkah baiknya untuk mulai merubah kebiasaan jajan keluarga.

Mulailah memasak sendiri makanan dan menu harian,mungkin pada awalnya terasa berat dan ribet bagi yang sudah terlanjur memiliki kebiasaan belanja makanan jadi dari luar.

Namun demi menjaga kebersihan dan kualitas makanan alangkah baiknya mulai meninggalkan kebiasaan lama dan memulai metode baru dari makanan utama hingga makanan ringan dibuat sendiri.

Buatlah variasi-variasi jajan bikinan sendiri yang bergizi dan sehat serta tidak membosankan.

2.Pengaruh Lingkungan.

Disamping kebiasaan keluarga dampak pengaruh lingkungan juga sangat berperan membentuk sifat anak menjadi sangat menyukai jajan diluar rumah.

Beberapa pengaruh lingkungan yang sering kita jumpai diantaranya adalah:

Pergaulan Anak

Pergaulan anak di wilayah tertentu dimana kebanyakan dari mereka suka makan jajan sangat besar pengaruhnya anak terpengaruh untuk ikut kebiasaan pergaulan yang suka jajan.

Banyaknya Warung dan Pedagang Keliling

Tidak dipungkiri semakin bertambah tahun perkembangan bisnis jajan sangat pesat.

Sayangnya jumlah jajan yang semakin beraneka ragam tidak menjamin kualitas makanan yang sehat bagi anak-anak.

Sementara pedagang di lingkungan tertentu semakin marak dari warung-warung hingga para pedagang keliling.

Bahkan bagi anak-anak yang telah menginjak bangku sekolah masih disuguhkan dengan kehadiran banyaknya penjual jajan yang kadang menyajikan makanan tidak sehat.

Tentu kita tidak dapat menyalahkan mereka para pedagang yang semata-mata ingin mencari rejeki buat kehidupannya.

Namun banyaknya kasus makanan tidak sehat sebagai orang tua tentu harus mengawasi jenis jajanan yang boleh dikonsumsi anak dan mana yang tidak boleh.

Jika perlu buatlah catatan dan beritahukan kepada buah hati jenis-jenis jajanan yang tidak boleh dikonsumsi dan yang diperbolehkan.

Batasi juga uang jajan anak agar lebih terkontrol.

Disamping memberi manfaat mencegah pemborosan dengan uang jajan terbatas maka anak tidak bisa membeli jajan yang berlebihan.

3.Pengaruh Media Iklan.

Di era informasi iklan makanan ringan berseliweran baik di internet maupun di telivisi.

Terutama pada acara-acara tayangan untuk anak-anak sebisa mungkin dampingi agar ketika ada iklan tentang makanan yang kurang baik bisa diberi penjelasan.

Karena tayangan iklan semakin bervariasi dan menarik dengan menambahkan tokoh tokoh idola ataupun ikon superhero.

Padahal bisa saja jenis jajanan yang diiklankan bukanlah makanan sehat.

4.Kebiasaan Berbelanja Keluarga.

Jika kita sering berbelanja kebutuhan sehari-hari bersama anak-anak pikirkan dua kali berbelanja di minimarket jika yang dibeli hanya satu buah pasta gigi atupun barang kecil lainya apalagi jika acara tersebut bersama buah hati.

Di supermarket dan minimarket modern memang kebanyakan memiliki kualitas produk yang jauh lebih baik.

Sayangnya sistim perdagangan mereka sangat menarik anak-anak untuk membeli jajan yang harganya bisa jauh lebih mahal dari apa yang hendak dibeli sebagai tujuan utama belanja.

Bagi mereka yang mapan tentu hal itu tidak menjadi kendala berarti.

Namun bagi mereka yang hidup pas-pasan alangkah baiknya berpikir ulang,belanja barang kecil ke warung terdekat sendiri tentu akan lebih hemat karena hanya barang tujuan yang akan dibeli.

Kita pasti akan sedih melihat anak murung ketika dibatasi dalam hal jajan mereka.

Namun demi kesehatan dan penghematan terutama bagi keluarga pas-pasan membatasi dengan bersikap tegas lambat laun akan membuat anak paham akan mana pilihan yang baik dan buruk.

Berikan uang jajan secukupnya dan buatlah makanan ringan kesukaan anak oleh bunda sendiri untuk dibawa ke sekolah atau bermain adalah pilihan bijak.

Semoga apa yang disebutkan di atas bisa menjadi bahan renungan.

Saya yakin masih banyak penyebab anak suka jajan dan cara mengatasinya.

Silahkan tambahkan di kolom komentar jika ingin menambahkan masukan buat pembaca lainya.

Terimakasih Telah Membaca,Kunjungi Juga Tentang Perawatan Kecantikan di:

Hinyong Cantik

   
Jika merasa sedikit saja manfaat,bantu kami dengan klik Sukai Halaman Facebook Hinyong dibawah,dukungan anda sangat berarti.
Loading...

Tinggalkan Balasan

Copyright© Hinyong 2018
Tentang Hinyong| Hubungi Hinyong| Privacy Policy|Disclaimer|Terms Of Services|Sitemap