Menganalisa Potensi Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar

Bisnis Jajanan Anak SD

Bisnis  jajanana Anak Sekolah Dasar hingga saat ini masih menarik untuk dicoba pada usia anak-anak biasanya sangat suka sekali untuk membeli jajan atau makanan. Potensi ini bisa dimanfaatkan untuk membuka bisnis jualan untuk anak SD (Sekolah Dasar).

Dijamin sudah pasti laku karena anak SD akan mencoba jajan yang bermacam-macam ketika mereka beristirahat.

Nah, dalam artikel ini akan dijelaskan kira-kira potensi apa saja yang terkandung dalam jajanan anak Sekolah Dasar, berapa modalnya, dan apa saja yang seharusnya dijual. Stay tune ya !

Potensi Bisnis Jualan Jajanan Untuk Anak Sekolah Dasar

Berikut ini akan dijelaskan mengenai potensi jualan jajanan untuk Anak SD agar anda bisa mempertimbangkan mau mencoba usaha ini ataukah tidak :

1. Sudah Ada Pembeli Yang Jelas

Jika anda berjualan atau mebuka usaha di sekolah-sekolah maka anda tidak usah takut apabila jualan anda tidak laku ? kenapa karena sudah ada pembeli yang jelas yang akan membeli jajanan anda. Asalkan dengan syarat jajanan anda harus menarik.

Sudah ada anak-anak dan orang tuanya yang akan membeli dagangan anda. Umumnya pembeli tidak hanya satu atau dua orang tetapi berpuluh-puluh karena anak SD pun banyak. Tidak hanya anak-anak biasanya ada orang tua yang mengantarkan atau menjemput bahkan menemani anaknya sekolah. Mereka juga perlu jajan sebagai cemilannya agar tidak bosan.

2. Membutuhkan Modal Yang Sedikit

Jajanan anak Sekolah Dasar membutuhkan modal yang sedikit. Tidak seperti usaha lain yang membutuhkan sewa tempat. Jualan jajanan anak SD umumnya hanya membutuhkan tempat yaitu gerobak saja. Dan ii bisa pesan ke orang lain dan bisa anda sendiri yang membuatnya.

Tetapi, jenis jajanan yang dijual juga mempengaruhi modal juga lho. Jadi, usahakan anda menjual jajanan yang ringan tapi keuntungannya besar.

Contohnya adalah telur gulung anda hanya perlu membeli telur, minyak, alat penggorengan, garam, saus dan tusuk sate saja. Barang-barang ini tidak membutuhkan modal yang besar bukan ?

3. Bisa Digunakan Sebagai Sampingan

Jam belajar anak Sekolah Dasar adalah pada pukul 07.00 hingga 15.00, sedangkan jam istirahatnya adalah pada pukul 09.30 atau jam 12.30. Nah, anda bisa menjadikan sebagai  usaha sampingan dengan hanya berjualan di jam-jam istirahat. Sisa waktunya masih bisa anda gunakan untuk mengerjakan pekerjaan yang lain. Atau usaha sampingan yang lain.

Pembuatan jajanannya usahakan bukan jajanan yang membutuhan waktu lama untuk memproduksinya. Hal ini juga akan berpengaruh pada pekerjaan utama anda jika jenis jajanan yang anda jual membutuhkan produksi yang lama. Pastinya anda tidak mau kan jika pekerjaan lainnya terganggu.

4. Potensi Keuntungan Yang Banyak

Potensi keuntungan yang banyak jika anda membuka usaha ini. Misalkan jika anda mengambil keuntungan satu tusuk untuk telur gulung adalah 500 rupiah. Dan jika sehari anda bisa menjual 200 tusuk gulung maka anda akan mendapatkan keuntungan 100.000 rupiah perhari.

Nah, sangat banyak bukan ? jika anda menjualnya selama 26 hari maka tinggal mengalikan saja jumlahnya. 26 dikali 100.000 sama dengan 2.600.000. Wow fantastis bukan ? Silahkan mencoba

Lalu, apa saja sih jenis jajanan yang bisa anda jual di sekolahan. Berikut ini akan dijelaskan beberapa resep jajanan yang sudah terbukti laris manis.

Contoh Jajanan Anak Sekolah Dasar atau SD yang Laris Manis

Untuk jenis jajanan yang anda jual, sebaiknya yang tidak membahayakan kesehatan. Karena bagaimanapun pembeli anda adalah anak-anak dan anak-anak masih sangat rentan terhadap jajanan yang kurang sehat. Langsung saja yuk simak resepnya :

1. Jajan Telur Gulung

Untuk membuat jajan telur gulung sangat mudah sekali. Anda hanya perlu mempersiapkan satu butir telur, merica, garam, dan tusuk sate. Cara membuatnya adalah bumbuhi telur dengan garam jika perlu tambah dengan penyedap rasa.

Kemudian, kocok telur tersebut. Sementara panaskan minyak dan wajan sebagai tempat untuk menggoreng. Tuangkan telur yang sudah dikocok ke dalam minyak dan langsung gulung menggunakan tusuk sate. Nah, sudah jadi dan celupkan ke dalam saus atau kecap sesuai dengan yang anak-anak inginkan.

2. Jajan Kue Leker

Bahan yang perlu anda siapkan untuk membuat kue leker adalah tepung terigu, gula pasir, garam, telur, vanili dan air. Untuk isiannya anda bisa menggunakan pisang, meses, susu coklat atau gula. Cara membuatnya adalah ayak 200 gram tepung terigu. Tambahkan telur, garam, vanili dan air. Kocok hingga merata.

Sementara itu siapkan wajan berbentuk pipih lalu atasnya lumuri sedikit mentega. Lalu tuangkan satu sendok makan adonan tadi dan bentuk bulat. Tambahkan isian, jika sudah matang angkat lalu sajikan. Nah, sangat mudah sekali kan ?

3. Jajan Rambut Nenek

Anda pasti sudah sangat sering sekali mendengar rambut nenek. Lalu bagaimana sih caranya membuat jajanan rambut nenek ?. Anda perlu mempersiapkan bahan-bahan berupa air, gula pasir, pewarna makanan, tepung terigu dan minyak goring secukupnya.

Cara membuatnya, Panaskan minyak goring di atas wajan. Tuangkan terigu secukupnya dan sangria terigu tersebut, Setelah agak kecoklatan angkatlah dan tiriskan. Lalu, anda harus mempersiapkan gulalinya. Cara membuat gulalinya adalah campurkan gula, air dan pewarna ke dalam wajan. Aduk terus hingga mendidih angkat hingga adonan mengental.

Tuangkan adonan ke terigu sebelumnya, dan tarik-tarik hingga membentuk rambut nenek. Memang awalnya akan terasa sedikit sulit tetapi jika sudah terbiasa maka anda akan cepat dalam membuatnya.

4. Jajan Es Lilin

Nah, apakah anda sudah tahu bentuk es lilin? Membuat es lilin cukup mudah, anda perlu persiapkan plastic, adonan untukk es lilin bisa kacang hijau, bisa susu baik coklat ataupun putih. Kemudian taruh di wadah pastlik dan taruh di almari es hingga mengeras. Yup sudah selesai dan anda siap menjualkannya.

Es adalah jajanan yang sangat disukai oleh anak-anak. Nah, jajanan ini akan sangat laris jika anda menjualnya. Jajanan ini juga tidak menyita waktu untuk menjualnya. Misalkan bisa anda titipkan ke kantin sekolah,tidak harus anda yang menjualnya sendiri. Atau bisa juga sebagai ide bagi anda yang masih sekolah (SMP atau SMA) untuk menjualkannya ke teman-teman anda.

Nah, beberapa contoh di atas adalah jajanan yang sehat dan tidak memiliki banyak campuran bahan pengawet. Sehingga tetap aman dikonsumsi untuk anak-anak. Tetapi, anda juga harus tetap berhati-hati pastikan jika bahan yang anda buat untuk membuat jajanan adalah bahan-bahan yang baru dan tidak basi.

Sehingga anda akan dipercaya oleh orang tua anak dan tidak akan mendapatkan masalah dari apa yang anda jual.Ketika anda tidak mempunyai masalah maka selama itu jajanan anda akan laris-laris saja. Anda juga bisa menjualnya di sekolah satu dengan sekolah yang lain.

Tips Untuk Meningkatkan Keuntungan Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar

Ada beberapa tips agar jajanan anda laris manis di kalangan anak SD.

1. Buat Jajanan AnakSD Semenarik Mungkin

Nah, anak SD gampang tertarik ke beberapa hal. Salah satunya adalah bentuk jajanan. Usahakan jajanan yang anda jual adalah jajanan yang menarik bisa melalui warnanya, atau bentuknya. Usahakan juga menjual jajanan dengan bentuk yang mereka sukai. Misal karakter mainan boneka, robot atau yang lainnya.

2. Buat Rasa Selezat Mungkin

Tip selanjutnya adalah buat rasa jajanan selezat mungkin. Rasa bisa dibilang adalah kunci sukses berjualan. Anak-anak menyukai rasa yang lezat, tidak hanya anak-anak tetapi orang tua juga akan suka jika rasa jajanan anda lezat.

Usahakan juga membuat jajanan dengan rasa yang diminati anak-anak, diantaranya yaitu manis, gurih, bersaus dan pedas. Seperti beberapa contoh jajanan di atas, manis berarti kue leker, bersaus yaitu telur gulung. Dan masih banyak lagi jajanan yang rasanya disukai anak kecil.

3. Pastikan Yang Anda Jual Adalah Jajanan Yang Murah

Karena pasar anda adalah anak-anak. Maka jajanan yang anda jual harusnya berharga murah. Mengapa demikian ? karena uang saku anak SD pun juga tidak sebanyak yang anda bayangkan. Biasanya mereka diberikan uang saku 5.000 hingga 10.000 rupiah, Maka jajanan yang anda jual usahakan tidak lebih dari 3.000 rupiah. Lebih laku lagi jika di bawah 3.000.

 

4. Tarik Minat Anak Sekolah Dasar Untuk Membeli Jajanan Anda

Salah satu cara menarik minat anak SD adalah dengan cara berjualan anda. Awali dengan trik sulap, atau yang lainnya agar anak-anak berbondong-bondong datang kepada anda lalu tunjukkan apa yang anda jual dan arahkan mereka untuk membelinya. Jika anda tidak bisa sulap, maka anda bisa menggunakan cara yang lain sekreatif mungkin.

5. Perhatikan Cara Membuat Jajan Kepada Anak-Anak

Tips Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar selanjutnya adalah perlihatkan cara membuat jajanan kepada anak-anak. Anak-anak akan tertarik jika anda memperlihatkan cara membuat jajanan kepada mereka dibandingkan dengan yang sudah jadi. Karena pada dasarnya semua anak-anak gampang tertarik dengan segala sesuatu.

6. Jajanan Harus Bersih Dan Rapi

Terakhir, jajanan yang anda buat haruslah jajanan yang bersih dan rapi. Siapa sih yang tidak mau jika tempat atau jajanan yang anda jual bersih dan rapi. Justru sebaliknya jika jajanan yang anda jual kotor dan tidak terlihat rapi maka jangankan membeli orang tidak akan melirik jajanan anda.

Tips dan Kesimpulan

Nah, penjelasan di atas adalah tentang analisis kira-kira potensi apa saja jika anda bisnis jualan jajanan Anak Sekolah Dasar, jajanan apa saja yang disukai anak- anak hingga tips untuk membuat jajanan anda laris. Sekarang yang harus anda lakukan adalah mencobanya.

Karena kesuksesan tidak akan datang jika anda hanya terlalu lama berfikir dan tidak melakukan aksi. Yang paling terpenting adalah lakukan semua prosesnya dengan baik dan benar. Karena pada saat ini, banyak sekali jajanan yang justru membahayakan bagi anak SD, nah jangan seperti itu ya.

Lebih baik berdagang dengan baik dan jujur.

Bagaimana apakah anda sudah memikirkan jajanan apa yang akan anda jual ? atau anda sudah berjualan tetapi dagangan anda sepi. Sekarang anda berada di bacaan yang tepat. Semoga tips ini membantu dan semangat berjualan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *