Ide Bisnis Rumahan Yang Mudah dan Menguntungkan

by :
  1. Ide Bisnis Rumahan.

Kumpul bersama keluarga dan hidup berkecukupan adalah dambaan.

Sayangnya karena tuntutan biaya hidup sebagian orang memilih jauh dari rumah dan bekerja di perantauan demi kelangsungan hidup.

Namun bagi sebagian lain yang terbiasa lebih memilih usaha sendiri,mereka merasa lebih puas dengan bekerja sesuai kehendak hatinya dan sebagian lainya bahkan tetap hidup bahagia bersama keluarga dengan menjalankan bisnis rumahan yang nyatanya mampu untuk memenuhi biaya hidup.

Memang bisnis rumahan bisa menjadi pilihan yang baik jika ingin tetap mendapat penghasilan namun selalu kumpul bareng keluarga.

Bisa juga dijadikan usaha sampingan terlebih dahulu disela-sela kesibukan sebagai pekerja dan menjadikanya sebagai usaha utama ketika kita yakin dengan hasil yang didapatkan.

Sementara bagi para pekerja perantauan yang sudah mulai jenuh dengan pekerjaannya dan berkeinginan untuk memulai usaha di rumah,tidak ada salahnya membuat rencana dari sekarang,setidaknya mulai berpikir matang bagaimana agar dapat menjalankan usaha di rumah tanpa perlu jauh merantau.

Lantas bagaimana caranya menentukan ide bisnis rumahan yang tepat agar sukses dalam jangka panjang bahkan bisa terus berkembang?

Penulis sering membaca buku-buku tentang bisnis dari pakarnya.

Rata-rata mereka menyatakan tidak ada resep khusus atau kekuatan magic yang membuat mereka sukses.

Beberapa tips yang bisa diambil diantaranya adalah:

-Memulai mencari ide bisnis yang tepat.Ide yang tepat adalah sebuah bisnis yang telah terbukti dan mempunyai prospek jangka panjang.

-Fokus pada satu atau dua bisnis saja namun pada bisnis yang paling terbaik dan cocok.

-Pantang menyerah dan selalu belajar baik dari orang yang lebih dulu sukses ataupun dari pengalaman-pengalaman saat menjalankan bisnis tersebut.

-Paham strategi bisnis yang akan dijalankan.

Saya yakin masih banyak tips-tips yang sebenarnya kita semua sudah tahu dan paham namun apakah kita sudah menjalankan tips-tips mereka yang telah sukses?

Anggap saja kita sudah yakin dan optimis untuk membangun bisnis rumahan,maka langkah-langkah menuju ke sana adalah mencari ide usaha rumahan yang tepat,mempelajari dan menjalankan strategi yang benar kemudian mulai bertindak memulai usaha anda.

Untuk lebih lengkapnya kita akan cari tahu setahap demi setahap.

Apa saja yang perlu di rencanakan dari sekarang hingga mulai menjalankan usaha tersebut.

Menentukan Ide Bisnis Rumahan Yang Tepat

Saya yakin pembaca sudah paham apa itu bisnis rumahan yang dimaksud, kita ambil contoh bisnis rumahan ini adalah jualan sembako,bisnis laundry dan sebagainya.

Bagaimana cara agar kita yakin bisnis rumahan yang akan dijalankan adalah bisnis yang cocok dan tepat?

1.Usaha Rumahan Berdasarkan Hobi Dan Keahlian

Menjalankan usaha berdasarkan hobi dan keahlian adalah salah satu cara yang paling menyenangkan.

Seseorang yang hobi bermain game bahkan rela menghabiskan waktunya untuk bermain game tanpa mendapatkan penghasilan bahkan sebaliknya mereka mengeluarkan uangnya untuk berbagai biaya seperti menyewa play station,membeli pulsa bagi mereka pemain game online lewat smartphone.

Jadi ketika ternyata hobinya itu mampu menghasilkan uang pasti merupakan hal yang menyenangkan bahkan kepuasan dua kali lipat.

Beberapa hobi dan keahlian yang bisa mendatangkan peluang bisnis rumahan diantaranya adalah:

-Rental PlayStation

Bagi penggemar PS membuka usaha rental PlayStation merupakan peluang bisnis sekaligus hobi,bayangkan disela-sela kesukaanya bermain game kita mendapatkan pundi-pundi keuntungan.

-Membuka Usaha Jahit Pakaian

Menjahit dan membuat baju-baju anak,pakaian muslim dan lainya bisa saja awalnya merupakan hobi namun hobi satu ini bisa dijadikan peluang usaha rumahan yang menguntungkan loh.

Asalkan mau belajar dengan trend dan belajar berpromosi maka bisnis dan hobi satu ini bisa dijalankan beriringan.

-Usaha Warung Makan

Bagi para ibu yang suka sekali memasak maka membuka bisnis rumahan usaha warung makan adalah bisnis yang tepat.

Disamping tetap menjalankan hobi dan keahlian usaha warung makan merupakan peluang yang baik karena keuntungan bisnis kuliner sangat menggiurkan konon keuntungannya bisa mencapai angka 100%

-Membuat Makanan Ringan dan Kue

Jika anda termasuk orang yang hobi dan berbakat membuat makanan ringan ataupun kue baik kue kering ataupun kue basah seperti kue ulang tahun dan lainya,jangan ragu asah dan tekuni lebih dalam,belajar lebih jauh dan jadikan bakat dan hobi tersebut menjadi ladang bisnis yang bisa dijalankan di rumah.

-Reparasi Alat-Alat Elektronik

Saya yakin banyak orang yang memiliki hobi dan keahlian mengotak atik alat elektronik seperti televisi,radio,bahkan hingga komputer,laptop dan smartphone.

Orang-orang seperti ini suka membongkar dan memodifikasi sendiri alat-alat elektroniknya untuk mendapatkan hasil maksimal sesuai keinginan.

Nah daripada hanya mengotak-atik peralatan elektronik milik sendiri kenapa tidak mencoba mengotak-atik peralatan elektronik orang lain?

Mereka yang gaptek dengan elektronik tentu akan membawa barang elektroniknya ke bengkel ketika peralatan elektronik kesayangannya mengalami masalah hingga kerusakan.

Disamping mendapat kepuasan anda juga akan mendapat upah yang sepadan dan tentu akan mendapatkan dua kali lipat nilai plus.

Itu hanya sebagian kecil saja contoh yang bisa dijalankan karena sesungguhnya masih banyak hobi lain yang bisa mendatangkan rejeki meski dijalankan dari rumah.

Perbaikan senapan angin,bengkel sepeda motor masuk dalam kategori ini juga.

Namun begitu tidak semua hobi dan keahlian bisa dijalankan sebagai bisnis rumahan dimana kita tinggal.

Sebagai contoh jika anda tinggal di daerah pedalaman dimana kemampuan daya belinya rendah sementara anda adalah seorang yang ahli dan hobi mengotak atik laptop maka tidak akan memberikan hasil yang baik jika anda membuka servis laptop di rumah anda sementara masyarakat sekitar tidak satupun yang memiliki laptop kecuali anda sendiri.

Lalu bagaimana caranya menentukan usaha atau bisnis rumahan bagi yang hobinya atau keahlian utamanya tidak cocok dijadikan peluang bisnis rumahan?

Langkah pertama adalah mencari kesukaan lain selain hobi utama.

Jelasnya begini pada seorang yang punya hobi sangat spesifik dan ahli di bidangnya tentu memiliki hobi lain atau kesukaan ke dua dan seterusnya.

Misalkan saja kesukaan ke dua adalah memelihara burung.

Nah jika demikian kenapa tidak menggali potensi diri pada usaha ternak burung di rumah sebagai ide usaha rumahan?

Namun jika ternyata faktor hobi tidak mendapatkan ide yang pas juga apa yang bisa diperbuat untuk tetap dapat membangun bisnis rumahan?

2.Bisnis Rumahan Berdasarkan Potensi Konsumen

Mencari ide berdasarkan potensi konsumen atau berdasarkan pangsa pasar yang ada di daerah rumah kita sebenarnya justru ide terbaik yang bisa di jalankan untuk sebuah bisnis.

Jika kita menggali ide usaha berdasarkan hobi itu artinya mengenali potensi diri sebagai bahan acuan namun sebaliknya jika mencari ide berdasarkan kemauan pasar di sekitar itu artinya kita mencari peluang terbaik dari apa yang paling dibutuhkan orang-orang disekitar dan kitalah yang menyesuaikan dengan permintaan mereka.

Pada dasarnya meskipun ide usaha berdasarkan hobi tentu tetap mengacu pada permintaan konsumen.

Hanya saja jika kita menemukan ide usaha berdasarkan hobi yang kebetulan memiliki potensi dengan permintaan konsumen yang prospektif tentu akan sangat lebih baik.

Sebagai contoh jika hobi anda adalah di bidang masak sementara rumah anda berada di daerah wisata yang ramai.

Itu artinya hobi anda akan tersalurkan dengan membangun rumah makan dengan permintaan konsumen yang baik pula.

Nah jika sebuah pangsa pasar yang baik namun ternyata anda tidak memiliki hobi di bidang tersebut maka langkah yang perlu diambil adalah mempelajari bagaimana caranya agar usaha tersebut bisa dijalankan meskipun kita memiliki keterbatasan keahlian di bidang tersebut.

Seperti contoh diatas membangun rumah makan ditempat wisata yang ramai namun anda tidak memiliki hobi dan juga tidak memiliki keahlian memasak.

Meski begitu dengan mengenali potensi dan yakin akan prospeknya usaha tanpa dilatarbelakangi hobi dan keahlianpun tetap bisa dibangun.

Kita bisa mencari tukang masak sebagai tenaga kerja kita dan memberi upah berdasarkan bagi hasil,sebuah trik jika mengharap tidak ada kerugian selama masa awal-awal dibukanya usaha tersebut.

Kita hanya perlu modal tempat yaitu lokasi sekitar rumah kita dan modal pendukung lainya.

Selain rumah makan berikut ide usaha yang bisa di jadikan contoh berdasarkan permintaan konsumen.

-Bisnis Laundry

Bisnis laundry merupakan potensi yang bagus jika anda tinggal di daerah padat penduduk dan sebagian besar dari mereka punya kesibukan dengan urusan bisnis ataupun sibuk bekerja di luar rumah.

Bagi yang tinggal di kawasan kampus dan tempat dimana banyak pendatang usaha laundry juga merupakan peluang emas.

-Warung Sembako

Bisnis rumahan yang paling umum dan sudah banyak diketahui adalah membuka usaha warung sembako.

Alasannya simpel selama ada kehidupan maka sembako adalah kebutuhan yang selalu dicari konsumen.

Kita sebagai calon pebisnis menyediakan apa yang mereka butuhkan nah inilah yang disebut usaha berdasarkan minat konsumen.

-Salon Kecantikan

Jika kita berada di daerah perkotaan usaha salon kecantikan sebagai usaha rumahan adalah inspirasi yang tepat.

Dari gunting rambut hingga perawatan wajah bisa dijadikan usaha salon anda.

-Usaha Fotokopi

Usaha fotokopi sangat cocok jika lokasi rumah kita berada diarea perkantoran sekolah-sekolah dan kampus.

Sebenarnya masih sangat banyak peluang usaha berdasarkan peminat pasarnya.

Tentu pembaca dapat menggali sendiri apa saja peluang yang bisa dijadikan ide usaha sesuai lokasi rumah mereka.

Tentukan sebanyak mungkin ide peluang usaha bisnis rumahan tersebut,kemudian pilih mana yang paling banyak peminat dan paling mungkin menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang serta bisa dikembangkan dengan baik.

Jika memungkinkan ide usaha tersebut adalah sesuatu yang sesuai hobi dan keahlian kita.

Jika bukan hobi kita minimal adalah usaha yang tidak kita benci atau tidak kita sukai.

Selain dua metode diatas masih ada cara lain menentukan ide usaha rumahan yaitu;

3.Ide Usaha Rumahan Berdasarkan Sumber Daya Sekitar

Apa maksud dari sumber daya sekitar?

Sumber daya ini bisa berupa ketersedian tenaga kerja,ketersedian sumber penghasilan alam atau pertanian dan perkebunan serta berbagai sumber potensi lainya yang ada di sekitar rumah yang bisa dijadikan peluang usaha rumahan.

Kita ambil contoh jika daerah anda merupakan penghasil buah pisang yang berlimpah maka beberapa peluang usaha tersebut diantaranya adalah menjadi pedagang atau pengepul buah pisang yang kemudian dijual ke daerah lain,atau bisa juga dengan membuat pabrik keripik/seriping pisang yang kemudian dipasarkan ke luar daerah.

Masuk dalam kategori ide peluang usaha dengan mengamati potensi sumber daya adalah;

-Pengepul Atau Juragan Buah dan Hasil Bumi

Menjadi pengepul atau pembeli hasil-hasil bumi dari daerah kita sendiri seperti contohnya pengepul buah durian,pengepul petai,buah duku,mangga ,jeruk dan sebagainya.

Karena daerah kita adalah sumber dari barang yang akan dijadikan ide bisnis maka kita tidak khawatir akan stok dan harga.

Yang kita perlukan adalah mencari partner yang mau membeli barang dagangan hasil pengepulan kita ke mereka.

Umumnya kota-kota besar seperti Jakarta dan kota provinsi atau bahkan kota kabupaten dan kecamatan bisa di jadikan daerah penjualan akhir barang dagangan kita.

-Membuka Cabang PT atau Pabrik

Jika didaerah sekitar memiliki banyak penduduk tanpa pekerjaan atau banyak ibu rumah tangga menginginkan usaha sampingan,inipun sebuah sumber daya potensial.

Banyak pabrik atau PT membutuhkan banyak karyawan namun mereka memiliki keterbatasan tempat dan juga keterbatasan pekerja.

Dengan potensi yang ada di daerah sekitar kita maka coba ajukan kerjasama dengan mereka untuk membuka cabang atas nama anda sendiri dan menjadikan orang sekitar sebagai karyawanya.

Perusahaan sandal tradisional,perusahaan rambut palsu dan berbagai perusahaan kerajinan bisa diajak kerjasama dengan sistim upah per hasil kerjanya bukan sistim gajian bulanan.

Disamping aman dan tidak ada potensi kerugian,cara seperti ini disukai karyawan karena jika mereka makin lihai dalam mengerjakan pekerjaan dan menghasilkan lebih banyak hasil karyanya maka mereka akan mendapat upah yang makin baik.

-Usaha Ternak

Jika kita tinggal di pedesaan salah satu prospek dengan memanfaatkan sumber daya berupa pakan kambing/sapi yang berlimpah maka usaha ternak kambing dan sapi bisa menjadi idola bisnis anda.

Begitupun pada jenis ternak lain.

-Usaha Perikanan

Tinggal di daerah pedesaan bukan berarti luput dari peluang bisnis,salah satu prospek ide bisnis rumahan yang bisa dimanfaatkan adalah usaha perikanan.

Asalkan tinggal di daerah dengan limpahan sumber air maka peluang ini sangat bagus.

Pembesaran jenis ikan tertentu hanya membutuhkan waktu beberapa bulan saja untuk menghasilkan keuntungan dari panen ikan tersebut.

Sebut saja budidaya lele,manfaatkan lahan di samping atau di belakang rumah tidak perlu modal besar bahkan kita bisa membuat kolam ikan lele dari terpal atau plastik tebal yang di buat sedimikian rupa untuk menampung budidaya lele-lele tersebut.

Jenis lain dari usaha ini antaranya adalah budidaya belut dengan memanfaatkan drum-drum bekas.

Disamping hasil panen sangat laku dipasaran bisnis perikanan sangat potensial untuk dikembangkan menjadi usaha besar,jenis ikan pun bermacam-macam dan bervariasi cara pembudidayaan ya.

Fokus pada satu atau dua jenis ikan dan pelajari dengan baik untuk mendapatkan hasil maksimal.

Masih banyak sekali sebenarnya peluang usaha bisnis rumahan untuk digali dan dilanjutkan untuk sebuah bisnis jangka panjang.

Syarat utama kita harus menjalani dengan serius dan tekun.

Mewujudkan Usaha Rumahan Menjadi Bisnis Yang Menjanjikan

Dari serangkaian uraian diatas pasti ditemukan banyaknya peluang usaha rumahan yang bisa dijadikan ladang bisnis.

Banyak dari mereka yang kemudian berhenti disitu saja tanpa menindak lanjuti analisanya.

Seberapapun bagusnya sebuah analisa untuk mendapatkan ide bisnis rumahan ini maka menjadi hal yang sia-sia jika tidak ditindaklanjuti dengan kerja nyata untuk mewujudkannya.

Kita memaklumi hal terberat untuk menjalankan bisnis adalah memulai usaha tersebut.

Beberapa alasan yang paling umum adalah:

-Ketakutan akan kegagalan bahkan sebelum bertindak sama sekali.

-Selalu beralasan belum memiliki atau merasa belum cukup modal.

-Takut banyaknya persaingan dengan bisnis sejenis di sekitar lingkungan.

Memang memulai itu adalah tindakan tersulit.

Apalagi jika usaha yang akan dijalankan benar-benar jenis baru buat kita.

Di postingan-postingan sebelumnya sudah dibahas bagaimana cara memulai sebuah usaha dan banyak dibahas bagaimana agar kita menang dalam persaingan .

Jika diperlukan buka kembali postingan tersebut untuk lebih detailnya.

Sebagai ulasan singkat saja kita perlu mempelajari bagaimana agar sebuah usaha baru dalam hal ini bisnis rumahan bisa dimulai,berjalan dan sukses.

Memulai Usaha Anda

Perhitungan sebelum menjalankan usaha penting namun jika terlalu melebih-lebihkan sebuah perhitungan kadang justru timbul kebimbangan.

Ketakutan jika tidak laku,kalah bersaing atau gagal panen dan sebagainya.

Lakukan perhitungan dari analisa usaha yang akan dijalani secara wajar.

Mencari tahu lebih jauh informasi dari mereka yang lebih dahulu sukses untuk kemudian diterapkan pada usaha anda.

Pelajari juga kendala-kendala apa saja yang akan ditemui pada usaha tersebut.

Persiapkan ancang-ancang jika hal terburuk terjadi misalkan pada usaha laundry ,bagaimana jika tiba-tiba mesin cuci anda rusak,kemana bengkel terdekat atau bisakah kita memperbaiki sendiri dan sebagainya.

Mendapatkan Modal Usaha

Modal usaha termasuk faktor penghalang utama dari sebuah usaha.

Banyak ide yang sia-sia karena alasan modal yang tak pernah kunjung tercukupi.

Menangani kasus yang seperti ini kita semestinya memberi perhatian lebih.

Fokus pada pencarian modal setelah rencana usaha dibuat dengan matang.

Bisa saja dengan menyisihkan pendapatan bulanan dari hasil gaji,menjual aset kurang produktif dan seterusnya.

Karena sebuah bisnis rumahan jangan terlalu muluk terhadap besarnya modal usaha.

Rampingkan rincian modal usaha agar terjangkau oleh perencanaan keuangan kita.

Modal yang terlalu besar dan diluar jangkauan bisa saja akan mengubur niat anda mewujudkan bisnis rumahan ini.

Bisa juga dengan menjalankan usaha rumahan tersebut dengan skala kecil saja dahulu sesuai kemampuan modal anda.

Pelajaran yang paling penting untuk diambil adalah melangkahkan kaki untuk memulai usaha jauh lebih penting daripada membayangkan bisnis rumahan yang besar tanpa wujud nyata.

Suatu saat ketika kita mulai terampil dan usaha memiliki surplus perlahan bisa membesarkan modal usaha atau jika merasa kewalahan karena orderan barang yang meningkat atau konsumen yang makin banyak sementara kita dibatasi oleh ketersedian stok barang atau hal-hal semacamnya.

Mengajukan pinjaman bukanlah suatu hal yang tabu pada sebuah bisnis.

Memenangkan Persaingan

Faktor lain gagalnya seorang untuk memulai bisnisnya adalah karena takut banyaknya persaingan atau dengan kata lain mereka pesimis karena sudah terlalu banyak bisnis sejenis didaerahnya.

Pada bisnis tertentu terutama yang berhubungan langsung dengan konsumen,persaingan merupakan hal yang tidak bisa dielakan.

Perlukah kita mencari peluang usaha rumahan yang rendah persaingan agar usaha kita mulus berjalan?

Jika kita memungkinkan dan menemukan sebuah usaha rendah persaingan namun memiliki prospek yang sangat baik maka jawabnya pasti itu adalah ya.

Namun jika kita sudah melakukan berbagai analisa ternyata bisnis rumahan tersebut sudah banyak persaingan?

Maka tidak ada cara yang lebih baik kecuali tetap menjatuhkan pilihan dengan mencari jalan agar kita menang dalam persaingan.

Kita perlu ingat sebagian besar bisnis dengan potensi yang baik maka bisnis tersebut syarat dengan persaingan.

Kenapa banyak sekali di jumpai penjual bakso bahkan hampir di setiap daerah?

Banyaknya tukang bakso tentu karena diikuti peminat makanan bakso yang cukup besar.

Coba bayangkan seandainya peminat bakso sangat sedikit akankah tetap banyak penjual bakso di berbagai daerah?

Ini hanya sebagai contoh saja,usaha lain pun demikian.

Warung sembako,jualan baju dan berbagi usaha lain syarat akan persaingan.

Tugas kita adalah memenangkan persaingan dari usaha sejenis.

Agar potensi bisnis dengan ledakan peminat mengarah pada kita.

Apakah kita harus membanting harga agar kita bisa bersaing?

Atau ada cara lain?

Membanting harga hingga menjadi yang termurah mungkin saja akan memenangkan sebuah persaingan bisnis,namun bagaimana dengan keuntungan yang akan didapat?

Jangan-jangan malah akan menderita kerugian walaupun menang bersaing.

Cara-cara yang lebih bijak adalah dengan memiliki keunggulan dibandingkan yang lain pada hal-hal seperti:

-Kualitas produk yang lebih baik

-Pelayanan yang lebih baik,lebih sopan dan sebaginya

-Tempat yang lebih baik,perkiraannya lebih luas dan seterusnya.

Kenapa minimarket modern selalu ramai pembeli padahal dari segi harga belum tentu lebih murah dari toko tradisional?

Disamping nama brand mereka memiliki keunggulan telak baik dari pelayanan,kenyamanan,maupun tempat parkirnya yang luas dan gratis.

Untuk bisa lebih unggul dari pesaing kita hanya cukup menang sedikit saja dari semua faktor yang disebut diatas.

Untuk bisa mendapatkan kemenangan kita perlu mengintai kelemahan pada segi apa yang mereka tidak optimalkan.

Disitulah celah untuk menang persaingan.

Kesimpulan dan Tips Membesarkan Bisnis Rumahan

1.Bisnis rumahan bisa dijalankan sebagai usaha sampingan ketika belum mampu menutupi kebutuhan hidup.Namun begitu upayakan usaha sampingan tersebut ditangani serius agar bisa berkembang dan menggantikan posisi pekerjaan kita.

2.Ide usaha sangat banyak dan ada dimana-mana termasuk dilingkungan rumah.Tentukan dan fokus pada satu ada dua saja yang terbaik untuk kita hingga sukses sebelum mencari dan menambah jenis usaha lain.

3.Umumnya usaha yang syarat persaingan adalah usaha dengan konsumen melimpah.Jikalau kita tahu cara memenangkan persaingan maka tidak perlu takut untuk mengambil kesempatanya.

4.Lebih baik mengawali bisnis rumahan kecil-kecilan tapi mewujudkannya daripada berangan besar tanpa bukti.

5.Kejujuran,pelayanan,kualitas produk,kenyamanan dan keakraban dengan konsumen merupakan hal penting untuk menjaring dan mempertahankan pelanggan.

Pelajari dan tingkatkan dalam memberikan yang terbaik pada poin ke 5 ini terutama bisnis rumahan yang berhubungan langsung dengan konsumen.

Apakah sudah ketemu ide bisnis rumahan untuk anda sendiri?

Silahkan bagi info nya di kolom komentar.

Jika merasa sedikit saja manfaat,bantu kami dengan klik Sukai Halaman Facebook Hinyong dibawah,dukungan anda sangat berarti.
Loading...

Tinggalkan Balasan

   
Copyright© Hinyong 2018
Tentang Hinyong| Hubungi Hinyong| Privacy Policy|Disclaimer|Terms Of Services|Sitemap