Cara Mendidik Anak Yang Menyenangkan

mendidik anak sejak dini

Cara Mendidik Anak Yang Menyenangkan.

Anak-anak pada usia 3-9 tahun memiliki keingintahuan yang sangat tinggi terhadap lingkunganya,kecenderungan meniru perkataan dan perilaku sangat memberi pengaruh pada tindakanya.Usia ini juga sangat reaktif terhadap hal-hal baru dan mulai percaya diri dengan mencoba berbagai tindakan seperti mengambil makan sendiri,mandi sendiri dan sebagainya.

Kabar gembiranya dalam usia ini anak sangat mudah menerima pembelajaran baru yang diajarkan baik dari guru,pengasuh ataupun orang tua.Memberi pendidikan pada usia anak-anak bisa jadi menyenangkan tanpa harus memberi beban kepada anak,berikut beberapa metode yang saya kumpulkan dari beberapa sumber bagaimana mengajarkan pendidikan kepada anak-anak sejak dini.

1.Membacakan buku atau majalah pendidikan kepada anak

Membaca dengan suara keras dan lantang yang ditujukan khusus kepada anak di depan mereka sambil mengarahkan anak seolah-olah ikut membaca apa yang kita ajarakan dalam sebuah studi terbukti banyak memberi konsribusi terhadap pemahaman kosakata baru terhadap anak.

Ketika anak-anak sudah terbiasa dan merasa nyaman dan senang terhadap buku dan isi ceritanya maka kenikmatan yang ia dapatkan dengan membaca akan terbawa dan berlanjut sepanjang hidupnya,ajarkan cara ini hingga anak dengan sendirinya merasa suka dengan buku.

Tanyakan buku-buku apa yang ia sukai dan koleksi buku-buku yang sesuai dengan umur anak kita.

 

Baca Juga:

Mengenalkan Suka Membaca Kepada Anak Sedari Dini

2.Ikuti fantasi anak dalam bermain dengan mengajarkan materi pendidikan yang sesuai dengan usianya.

Mungkin anak anda perempuan yang suka bermain jualan dengan barang-barang mainan dan membayar dengan uang mainan,ikuti keinginan anak dengan berpura membeli barang daganganya dan meminta uang kembalian agar anak semakin pandai dalam berhitung dan mengajarakan seni bisnis,jika anak anda laki-laki permainan tertentu yang menjadi kesukaanya bisa menjadi sebuah hobi yang bisa dikembangkan misalnya anak anda sangat menyukai sepakbola,atau barangkali suka membongkar mobil mainanya kecintaan terhadap hobi juga bisa dikembangkan menjadi sesuatu yang bermanfaat di masa depan.

 

3.Ajarkan mencintai seni dan kerajinan.

Kebanyakan anak usaia 3-9 tahun punya imajinasi yang tinggi dengan menuangkanya pada buku gambar maka sebagai orang tua patut memberi fasilitas agar anak mulai kreatif.

Bermain dengan membuat topeng kertas atau membuat bunga dari peralatan bekas juga mengajarakan anak lebih terampil dalam membuat kerajinan tangan.Kreatif dan terampil akan membawa anak-anak lebih produktif dan pandai memanfaatkan waktu untuk hal-hal yang berguna.

 

4.Ajari anak bernyanyi

Bernyanyi salah satu kegiatan yang disukai anak-anak,bernyanyi dengan lantang dapat memupuk rasa percaya diri anak biasakan dan latih berani bernyanyi dengan suara dan bahasa yang jelas.

Manfaat lain adalah anak lebih cepat menguasi pengucapan yang benar dan menambah kosa kata,jika anak berbakat bernyanyi juga bisa terus dikembangkan bukan sekedar hobi.

 

5.Ajak berolahraga bersama.

Bermain sepakbola ataupun berlari di pagi hari bersama-sama dapat membuat anak lebih fit dan sehat,disamping anda selalu memperkenalkan pentingnya olahraga sedari dini kita juga bisa mengajari tentang apa yang ada di lingkungan sekitar kita.

 

6.Ajak wisata sambil belajar.

Sisihkan anggaran belanja anda untuk mengajak buah hati bertamasya,ini mendidik anak dengan mengajarkan bagaimana mencintai lingkungan,bawa kamera atau smrtphone biarkan anak bereklsplorasi mengambil gambar-gambar yang menurutnya menarik,bisa saja binatang-binatang atau tempat tertentu yang menurut anak kita menarik perhatianya.

Jangan lupa ajarkan apa yang telah diambil dalam fotonya dan berikan penjelasan yang benar,ilmu pengetahuan yang didapat membuat anak semakin cerdas dan tahu akan banyak hal,rasa keingintahuan yang tinggi hingga masa dewasa dapat membawa anak lebih berwawasan.

Masih banyak alternatif lain yang bisa digunakan dalam mendidik anak-anak kita,selalu berikan yang terbaik buat  buah hati kita.

Waktu bersama anak adalah momen yang indah maka manfaatkan sebaik-baiknya bagi perkembangan anak,mengajarkan pendidikan agama juga perlu dan penting dalam setiap keseharian.Kita juga bisa menggali kreasi yang lain agar semakin beragam cara mendidik anak yang menyenangkan.

Ajarkan do’a bersama sebelum makan,sbelum tidur dan seterusnya.Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Anak Anda Pemalu?,Baca Yang Ini Yuukk..

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan