membuka bisnis percetakan

Bisnis percetakan merupakan bisnis paling stabil di mana tidak ada musimnya serta kenaikan harga. Sehingga bisnis percetakan cocok bagi seorang pemula, bahkan Anda juga bisa menyimak berbagai langkah mudah membuka bisnis percetakan di bawah ini.

Selain itu usaha percetakan sangat direkomendasikan oleh anak kuliahan atau perang mahasiswa karena sebagian besar bisnis tersebut menggunakan jasa print atau fotokopi dan jasa percetakan buku.

Cara Membuka Bisnis Percetakan

Jika anda ingin membuka suatu bisnis percetakan maka sebaiknya menentukan letak strategis sebagai tempatnya. Hal tersebut bertujuan supaya bisnis Anda bisa dikenal oleh masyarakat sekitar dan bisa mendapatkan keuntungan.

Tidak hanya itu keuntungan dalam bisnis percetakan juga cukup besar dengan modal awal yang tidak terlalu banyak. Anda hanya perlu menyiapkan modal untuk membeli beberapa peralatan pendukung dan kebutuhan lainnya.

Berikut ini beberapa langkah mudah membuka bisnis percetakan yang bisa Anda lakukan sebelum membangun usaha tersebut.

1. Menentukan Fokus Bisnis Percetakan di Bidang Yang Anda Suka

Langkah pertama dalam membuka bisnis percetakan adalah dengan menentukan fokus bisnis percetakan yang Anda suka. Pasalnya usaha atau bisnis percetakan memiliki beragam bagian serta bidangnya masing-masing.

Salah satunya adalah bisnis percetakan print serta fotokopi, bisnis percetakan undangan, bisnis percetakan buku, bisnis percetakan kalender dan lain sebagainya. Sementara untuk memulai bisnis percetakan, Anda perlu memilih salah satu dari berbagai bidang dari bisnis percetakan.

2. Menentukan Lokasi Dan Pasar

Sebelum membuka usaha percetakan, Anda perlu menentukan pasar serta lokasi terlebih dahulu. Jika Anda ingin pasarnya untuk anak kuliahan, maka Anda bisa membuka lokasi bisnis percetakan di sekitar kampus.

Namun bagi Anda yang sedang memiliki modal awal yang sedikit, maka Anda bisa memulai bisnis percetakan print dan fotokopi. Biasanya bisnis percetakan print dan fotokopi ini, biaya modal awalnya tidak terlalu besar.

3. Menyiapkan Modal

Setelah menentukan lokasi serta pasar, langkah mudah membuka bisnis percetakan adalah dengan menyiapkan sejumlah modal awal. Menentukan lokasi dan pasar juga akan membantu Anda dalam menyiapkan sejumlah modal awal memulai bisnis.

Pada dasarnya modal awal yang diperlukan jika ingin memulai bisnis percetakan tidak terlalu banyak, bahkan modal sebesar 5 juta sudah cukup untuk membangun usaha percetakan seperti percetakan print dan fotokopi.

4. Menetapkan Harga Jual

Sebelum membuka bisnis percetakan, lebih baik Anda menentukan harga jual. Harga jual bisa ditentukan setelah berbagai peralatan lengkap dan percetakan sudah dibuka. Namun sebelum menentukan harga jual, Anda harus menentukan harga kompetitor terlebih dahulu.

Pastikan harga yang Anda kasih kepada pelanggan bisa membuahkan keuntungan. Selain itu, jangan menetapkan harga jual yang terlalu mahal karena bisa membuat saingan usaha Anda merasa tidak adil.

5. Melakukan Promosi

Jika Anda sudah menentukan lokasi, pasar serta harga jual maka langkah selanjutnya dalam membangun bisnis percetakan adalah melakukan promosi. Anda bisa melakukan promosi, mulai dari media sosial atau melalui berbagai cara lainya.

Bahkan Anda juga bisa memanfaatkan perkembangan teknologi untuk melakukan promosi seperti melalui media sosial, brosur, banner dan lain sebagainya. Melalui media sosial jika orang lain ingin mencari bisnis percetakan murah, maka bisnis Anda akan langsung muncul dan dikenal masyarakat.

Promosi tersebut bertujuan supaya meningkatkan peluang Anda mendapatkan keuntungan dalam menjalankan bisnis. Membuka bisnis percetakan bisa dikelola dengan baik, jika dalam menjalankan bisnis tersebut tetap konsisten dan optimis.