Memaksimalkan Usaha Jualan Pop Ice dan Aneka Minuman

Usaha Jualan Pop Ice

Usaha Jualan pop ice dan aneka minuman memang terhitung jualan yang sudah lama sekali dan banyak saingannya.

Minuman pop ice pernah sangat terkenal pada zamannya. Tetapi, saat ini masih digemari orang-orang apalagi pada event tertentu.

Sama halnya dengan jualan aneka minuman seperti es campur, es cendol atau yang lainnya.

Juga masih digemari tetapi hanya pada musim-musim tertentu.

Banyak sekali orag yang jual pop ice dan aneka minuman alias banyak saingan jika anda ingin memulai atau sedang menjalankan bisnis ini.

Dalam bisnis persaingan itu menjadi hal yang pasti.

Bisa menjadi masalah bisa juga tidak. Menjadi masalah apabila anda tidak bisa mempertahankan pelanggan anda dan menjadi tidak masalah jika kualitas atau pelayanan yang anda bawa setingkat lebih bagus dibanding dengan yang lainnya.

Lalu bagaimana cara memaksimalkan jualan pop ice dan aneka minuman ? Simak penjelasan artikel di bawah ini :

Cara Memaksimalkan Usaha Jualan Pop Ice dan Aneka Minuman Lainnya

Pada dunia bisnis, semua akan berlomba agar usahanya banyak meraup keuntungan. Maksimal, adalah satu kata kunci menuju kesuksesan.

Maksimal dalam pelayanan, maksimal dalam rasa, maksimal dalam kualitas. Semua harus maksimal.

Lalu bagaimana cara memaksimalkan jualan pop ice. Nah, anda menemukan artikel yang tepat. Kira-kira apa saja ya? Langsung saja yuk simak baik-baik.

Baca Juga: Usaha Jualan Es Durian,Bagaimana Caranya Agar Sukses?

Langkah Awal Memulai Usaha Jualan Pop Ice

Ketepatan Memilih Lokasi

Lokasi juga penting. Usahakan mencari lokasi yang banyak dikunjungi orang-orang seperti pasar, event besar maupun event kecil. Faktor ramai atau tidaknya pengunjung juga menentukan banyak tidaknya pembeli pop ice anda.

Anda juga harus rajin mencari informasi mengenai event-event yang ada.

Kumpul atau bentuk komunitas agar jaringan informasi anda semakin luas.

Karena tidak dipungkiri bahwa modal manusia menjadi salah satu faktor pendukung dalam mendapatkan keuntungan dalam dunia bisnis.

Membuat Jualan Pop Ice Se-efektif Mungkin

Apa yang dimaksud dengan membuat jualan se efektif mungkin ? Yup, pelanggan membutuhkan minuman yang sudah dipesan cepat untuk segera dinikmati.

Mengapa ? karena mereka membeli minuman anda karena haus.

Ketika anda membuatnya menunggu terlalu lama.

Nah, pelanggan anda akan kabur dan lebih memilih membeli minuman lain yang lebih cepat untuk disajikan.

Mintalah bantuan kepada saudara, teman atau suami /istri anda untuk membantu anda dalam menjalankan bisnis pop ice.

Karena bagaimanapun bisnis pop ice tidak bisa dilakukan sendirian. Akan memakan waktu yang lama untuk melayani pelanggan jika anda melakukan semuanya sendiri.

Baca Juga: Yuk, Analisa Keuntungan Melimpah dari Usaha Donat Seribuan

Strategi Pemasaran Bisnis Jualan Pop Ice yang Unggul dan Unik

Memberikan Pelayanan yang Prima

Setiap orang pasti ingin atau membutuhkan pelayanan yang prima. Tidak menutup kemungkinan pada bisnis jualan pop ice ini.

Misalkan orang akan lebih suka membeli atau berbelanja di tempat yang penjualnya lebih murah senyum dan bisa mengontrol emosi dibandingkan dengan membeli di tempat yang penjualnya selalu memasang muka masam.

Persiapkan kursi untuk pelanggan duduk. Pembeli juga lebih senang diberikan tempat duduk apabila memang pop ice yang dibeli sedang ramai pembeli.

Mencari Keunikan dari Pop Ice yang di jual

Seperti yang sebelumnya sudah dikatakan bahwa banyak sekali yang jualan pop ice sehingga kemungkinan bisnis anda akan kalah dengan yang lain juga semakin besar.

Lalu apa solusinya ? yaitu mencari keunikan pada jalan anda. Nah, misalkan seperti ini topping pop ice memang itu-itu saja yaitu agar-agar, missis dan lain-lain.

Anda bisa membuatnya lebih unik lagi. Penjual biasanya akan membubuhkan topping di atasnya.

Anda bisa membuat topping pop ice berbeda dengan topping yang digunakan penjual lainnya. Keunikan ini yang membuat masyarakat ingat rasa dan uniknya pop ice anda yang tidak ia ditemukan di pedagang lain.

Baca Juga: Strategi dan Cara Memulai Usaha Jus Buah, Sop Buah, dan Es Campur

Lakukan Strategi Promosi Jualan Pop Ice Efektif

Strategi promosi yang seperti apa yang bisa anda lakukan agar jualan pop ice laris manis ? Sebenarnya jualan pop ice tidak banyak membutuhkan promosi secara online. Cukup anda memasang atau menghias stand anda semenarik mungkin maka orang-orang dengan sendirinya akan mengunjungi dan membeli pop ice anda.

Karena pop ice adalah minuman yang sangat umum sekali, sedangkan juka dipasarkan secara online agak kurang tepat karena mereka harus bersaing dengan minuman lainnya yang lebih unik dan cocok untuk dipasarkan secara online.

Di sisi lain, karena pop ice ini terdapat komponen ice yang mudah meleleh jika terkena panas, kurang tepatkan jika anda menggunakan sistem delivery order apalagi pelanggan anda adalah pelanggan jarak jauh.

Bandingkan hasil penjualan sebelum anda melaksanakan tips ini dan sesudah melaksanakan. Apakah ada perbedaannya ?

Cara Memaksimalkan Jualan Aneka Minuman

Selanjutnya, akan dibahas mengenai bagaimana cara memaksimakan jualan aneka minuman. Aneka minuman ini bisa bermacam-macam mulai dari es kopi,es the, es cendol atau yang lainnya. Terserah anda ingin mngkreasikan minuman anda seperti apa

1. Berikan Label yang Menarik

Pertama adalah berikan label yang menarik. Mengapa harus menarik ? sama dengan pembahasan sebelumnya agar lebih memikat. Apalagi saingan jenis minuman sangat banyak sekali.

Oleh karena itu, anda harus mencari unik dari minuman yang anda buat seperti apa. Entah dari namanya, dari kemasannya atau dari segi cara jualannya.

Bagaimana apakah anda sudah memikirkan ?

2. Membuat Tempat yang Menarik

Selanjutnya adalah siapkan tempat untuk berjualan semenarik mungkin. Konsep atau tema anda berjualan adalah kunci penting.

Usahakan mencari tema atau konsep yang sedang kekinian dan terkenal di masyarakat.

Konsep atau tema yang anda buat juga bisa anda ganti sesuai dengan tuntutan zaman agar yang berkunjung tidak bosan dan café atau restoran anda sangat banyak diminati di semua kalangan. Baik kalangan muda maupun yang tua.

3. Strategi Promosi Jualan Aneka Minuman

Sedikit berbeda dengan jualan pop ice, jualan aneka minuman membutuhkan strategi promosi yang beragam.

Baik online maupun offline, anda bisa membuat akun khusus Instaram apabila anda ingin berpromosi lewat Instagram .

Tidak hanya itu, anda juga bisa mendaftarkan minuman anda ke grab food atau go food agar pelanggan yang jauh tetap bisa menikmati aneka minuman yang sudah anda buat.

Selain itu, semakin sering makanan anda mncul di aan grab fpod atau go food maka orang akan semakin mengenal dan mengetahui minuman yang anda jual.

4. Membuat Diskon dan Gift Away

Selanjutnya adalah memberikan diskon atau gift away. Siapa sih yang nggak suka di beri diskon atau hadiah. Anda juga pasti suka kan juka diberikan hadiah atau diskon.

Perlakukan konsumen anda dengan apa yang anda suka. Berikan mereka hadiah, atau diskon sehingga mereka merasa senang dan ingin terus membeli produk anda.

5. Pemilihan Lokasi yang Tepat

Pemilihan lokasi yang tepat sangat penting dilakukan. Anda tidak harus berpacu pada daerah sekitar untuk membuka usaha.

Tetapi coba ke daerah yang lain dan cari pasar yang lebih menjanjikan.

Misalkan anda bisa berjualan di dekat lokasi kos-kosan mahasiswa,

Anda bisa berjualan di lokasi pusat kota. Dan masih banyak tempat lainnya yang berpotensi ramai pengunjung.

Sama halnya dengan pemilihan lokasi untuk berjualan pop ice.

Tetapi, pasar aneka minuman ini lebih luas dibandingkan dengan jualan pop ice.

Anda bisa mengkreasiakan apa saja minuman yang ingin anda jual.

So, mudah bukan memaksimalkan jualan pop ice dan jualan aneka minuman. Pastinya ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan.

Baca Juga: Jualan Jajan Keliling Lewat Facebook

Persiapan Membuka Usaha Jualan Pop Ice dan Aneka Minuman

1. Persiapan Modal Usaha

Pertama adalah modal, sesuaikan usaha dengan modal anda. Dan sesuaikan modal dengan kemampuan anda.

Jangan terlalu memaksakan modal sedikit dan ingin membuat usaha yang langsung besar. Tidak semua itu butuh proses, nikmati saja prosesnya dulu baru kalau sudah dirasa mempunyai tambahan modal yang cukup banyak, baru anda bisa mengembangkannya.

2. Persiapan Keahlian atau Skill

Kedua adalah keahlian atau skill. Segala sesuatu membutuhkan skill atau keahlian termasuk jualan pop ice dan aneka minuman.

Jika anda tipe orang yang suka berhubungan dan memberikan pelayanan kepada orang maka usaha ini menjadi pilihan yang cocok untuk anda.

Dan jika anda seseorang yang mempunyai skill kepemimpinan bagus anda akan bisa membawa usaha ini menjadi usaha yang maju.

Yang paling terpenting asah terus kemampuan dan kreatifitas. Kembangkan melalui beberapa pelatihan dan beberapa pengalaman.

3. Persiapan Mental

Ketiga, persiapan mental. Nah, dalam berbisnis persiapan mental sangat penting untuk dimiliki. Persiapan mental yang seperti apa ? yang dimaksud persiapn mental di sini adalah anda siap jika suatu saat mendapatkan complain dari pelanggan.

Anda harus siap jika suaatu saat usaha anda mengalami penurunan.

Jika anda siap, anda akan lebih tenang menghadapi beberapa permasalahan. Kemudian memikirkan bagaimana jalan keluar atas permasalahan ini.

4. Kemampuan Manajerial

Keempat adalah manajemen. Kemampuan untuk memanajemen perlu anda miliki.

Pertama, anda harus mampu memanajemen karyawan, memanajemen waktu, manajemen pemasaran atau bahkan memanajemen finansial.

Semua akan teratasi dengan baik apabila anda memiliki kemampuan manajemen yang baik pula.

5. Persiapan Teknologi yang digunakan

Kelima, adalah persiapan teknologi. Jika anda menjual aneka minuman dengan konsep café atau restoran anda perlu mempersiapkan alat yang namanya POS untuk membantu anda.

Teknologi ini bisa membantu anda dalam mengefektifkan kinerja karyawan, memudahkan dalam memeriksa kemungkinan terjadinya pencurian pada uang anda.

Sekaligus meminimalisir POS adalah mesin penghitung otomatis. POS juga sangat bermanfaat dalam menentukan strategi produksi anda.

POS dapat mengetahui minuman jenis mana yang sangat digemari dan pada waktu apa pembeli banyak mengonsumsi minuman tersebut.

Jika anda masih bingung mengenai apa itu POS maka anda bisa lihat di kasir café,  atau kasir supermarket.

Tetapi ada sedikit perbedaan mengenai sistem POS yang ada di supermarket dan sistem POS yang ada di café yang menjual minuman. Pastikan anda bisa mempelajarinya.

Nah, bagaimana apakah anda tertarik untuk membuka usaha jualan pop ice dan aneka minuman ? selamat mencoba tips tips yang sudah dijabarkan.

Jangan lupa juga mempersiapkan beberapa poin di atas. Agar usaha anda dapat berjalan sesua harapan dan memperoleh keuntungan secara maksimal. Salam wirausaha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *