Manfaat dan Waktu Mandi Yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Mandi Bagi Kesehatan Tubuh

Kenapa manusia dianjurkan untuk mandi setiap hari dan disarankan minimal dua kali pagi dan sore hari?

Secara umum kita tahu fungsi mandi adalah untuk membersihkan tubuh dari keringat dan kotoran yang menempel, padahal ada banyak lagi loh, manfaat mandi yang bisa kita rasakan selain hal tersebut.

Manfaat Mandi Pagi

Mandi pagi hari setelah bangun tidur selain menghilangkan kotoran dan bau keringat juga memiliki fungsi untuk menyegarkan tubuh dan pikiran.

Orang yang lebih memilih untuk melakukan mandi pagi dipastikan akan lebih segar dan berenergi dibandingkan mereka yang jarang atau bahkna tidak pernah mandi pagi ketika mulai menjalani aktifitas.

Mandi pagi dengan air bersih yang dingin juga akan menhilangkan kuman-kuman dan jamur penyebab berbagai penyakit kulit dan juga infeksi.

Waktu Mandi Pagi Yang Baik Bagi Kesehatan

Waktu yang tepat untuk mandi pagi adalah di awal pagi setelah bangun tidur.

Menyegerakan mandi di awal pagi hari ternyata jauh lebih baik dibandingkan menunda hingga matahari terbit dan mulai panas.

Menurut berbagai sumber yang penulis temukan air dipagi hari mengandung ozon yang sangat baik.

Bahkan beberapa sumber menyatakan jika mandi pagi akan lebih baik jika dilakukan satu atau setengah jam sebelum waktu subuh tiba.

Saat menjelang subuh kandungan ozon dalam air jauh lebih tinggi.

Selama kondisi badan sehat mandi pagi menjelang subuh dengan air dingin terbukti memberikan banyak manfaat seperti:

1.Melancarkan Peredaran Darah

2.Menambah Semangat Dan Mood

3.Meringankan Depresi

4.Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit

Manfaat Mandi Sore Hari

Setelah seharian beraktifitas tubuh kita banyak mengeluarkan keringat dan pikiran serta tenaga telah banyak terkuras.

Beruntung karena ternyata dengan melakukan mandi sore permasalahan keringat dan bau badan akan hilang, tenaga dan pikiran yang telah lelah juga akan lebih mudah menjadi sehat kembali.

Selain itu dengan melakukan mandi di sore hari kita juga akan mendapat manfaat lain seperti melancarkan peredaran darah, membunuh kuman dan bakteri serta jamur penyebab infeksi dan penyakit kulit, meremajakan kulit sehingga orang yang rutin mandi sore akan memiliki tampilan jauh lebih fresh dan awet muda dibanding mereka yang jarang mandi sore hari.

Sementara bagi mereka wanita karir mandi sore juga akan membersihkan bedak, pelembab, lipstik dan produk kosmetik lain yang menutupi pori-pori kulit.

Kulit akan lebih fresh setelah terbebas dari pengaruh kosmetik yang menempel sepanjang hari.

Waktu Mandi Sore Yang Baik Bagi Kesehatan

Waktu yang baik untuk mandi pada sore hari adalah atara jam 16.00 hingga sebelum datang waktu maghrib.

Selepas kerja sore hari sebaiknya menyegerakan untuk mandi agar lebih banyak mendapat manfaat dari mandi sore.

Mandi lebih awal setelah bekerja akan membuat waktu santai menjadi jauh lebih menyenangkan.

Capek dan kepenatan dengan runtutan kegiatan seharian akan menjadi fresh selepas mandi sore pada waktu yang tepat.

Mandi Malam

Adakalanya kita perlu mandi pada malam hari terutama bagi mereka yang memiliki pekerjaan rutin dan menyita waktu sehingga baru selesai di malam hari.

Banyak mitos beredar seputar mandi malam yang dapat menyebabkan reumatik, namun ternyata banyak artikel kesehatan yang membantah tentang mitos tersebut.

Mandi malam dengan air hangat justru akan memberikan banyak manfaat apalagi bagi mereka yang sore harinya tidak sempat karena kesibukanya.

Jadi, selama kondisi tubuh sehat maka mandi malam dengan air hangat akan baik-baik saja bahkan banyak memberikan manfaat bagi kesehatan.

Manfaat Mandi Malam

1.Tubuh Bersih dan Segar

Seperti manfaat pada mandi pagi dan sore mandi malam juga sangat baik untuk membersihkan tubuh dari berbagai kotoran, keringat dan menghilangkan bau kurang sedap pada tubuh.

2.Mengatasi Sulit Tidur

Selain itu bagi mereka yang sering mengalami kesulitan tidur ternyata mandi malam dengan air hangat terbukti membantu memudahkan kita untuk istirahat malam lebih cepat dan nyaman, hal ini sangat masuk akal karena dengan membersihkan diri dengan air hangat maka tubuh akan menjadi lebih fresh.

Proses untuk tidur juga akan lebih terasa ringan karena badan jadi bersih dan terbebas dari keringat dan aromapun harum dan akan membuat lebih nyaman.

Selain itu mandi dengan air hangat secara otomatis akan meningkatkan suhu tubuh ketika kita tersiram air pada saat mandi dan suhu badan akan cepat turun ketika selesai mandi menyesuaikan dengan suhu malam hari yang umumnya dingin.

Proses penurunan suhu yang cepat dari saat mandi hingga saat selesai mandi inilah salah satu penyebab lain yang membuat mata kemudian lebih mudah mengantuk.

Jika menginginkan hasil maksimal agar mata lebih mudah mengantuk lakukan olahraga ringan hingga berkeringat setidaknya 30 menit sebelum mandi malam.

Namun pastikan keringat sudah tidak lagi keluar dari tubuh saat mandi malam tersebut.

4.Meredakan Stress

Berbagai macam aktivitas dan terkurasnya tenaga serta pikiran karena kegiatan pada pagi hingga sore hari bukan cuma melelahkan namun terkadang sempat membuat pikiran jadi terganggu hingga mudah stress.

Mandi malam selain dapat membersihkan kotoran, keringat dan bau badan ternyata juga ampuh untuk meringankan stress.

Akan lebih baik jika anda memiliki tempat berendam air hangat dan memberinya air untuk berendam dengan wewangian aroma terapi.

Berendam di air hangat dengan aroma terapi dapat merilekan suasana pikiran.

Untuk mencapai hasil maksimal dari manfaat mandi ada beberapa tips cara mandi yang benar yang dapat kita praktekan sehari-hari.

Tips Mandi Untuk Mendapatkan Manfaat Maksimal

1.Gunakan Air Bersih Yang Bebas dari Pencemaran.

Air bersih adalah syarat utama mandi agar mendapatkan banyak manfaat.

Air yang sudah tercemar dan mengandung berbagai macam kuman dan bakteri berbahaya justru dapat menambah masalah lain .

Jadi pastikan air mandi yang digunakan bersih dan terbebas dari pencemaran.

2.Gunakan Sabun Mandi, Sampo, Pembersih Muka Yang Sesuai Dengan Jenis Kulit dan Rambut Anda

Pemilihan sabun mandi, sampo dan pembersih muka yang tepat akan mendapatkan hasil lebih baik.

Ada beberapa jenis sabun, sampo dan pembersih muka yang di buat untuk jenis kulit tertentu.

Sabun pembersih muka untuk kulit kering akan berdampak kurang baik pada wajah bagi mereka yang memiliki jenis kulit berminyak.

Begitu juga sebaliknya jadi pastikan peralatan mandi seperti disebut diatas sesuai jenis kulit kita.

3.Pastikan Kondisi Tubuh Sehat Ketika Mandi

Ini juga sangat penting, dalam beberapa kasus seseorang justru tidak diperbolehkan mandi karena alasan kesehatan.

Kondisi demam menderita luka-luka dan berbagai penyakit lain tidak disarankan bersentuhan dengan air mandi hingga kondisinya pulih.

Jadi meskipun mandi memiliki banyak manfaat namun mandi juga harus di lakukan hanya ketika badan kita dalam kondisi sehat.

4.Sebelum Mandi Istirahatlah Hingga Suhu Tubuh Normal Saat Setelah Berolahraga

Berolahraga ataupun aktivitas lain yang memerlukan energi ekstra akan berdampak pada kenaikan suhu tubuh dan keringat bercucuran.

Istirahatlah sejenak hingga keringat berhenti dan suhu tubuh kembai normal.

Mandi dalam kondisi berkeringat dan suhu tubuh naik drastis sangat beresiko dan berbahaya bagi kesehatan.

5.Gunakan Air Yang Tidak Terlalu Dingin stau Terlalu Panas

Air yang sangat dingin dan sangat panas akan memberi kejutan terhadap tubuh karena perbedaan suhu antara tubuh dan air yang sangat signifikan.

Jika air dipagi hari dirasa terlalu dingin, kita bisa mandi dengan terlebih dahulu membasahi tangan dan kaki dan terus naik ke seluruh tubuh.

Cara demikian akan memberikan sinyal kepada tubuh untuk menerima sentuhan suhu air yang lebih dingin dan tubuh secara otomatis akan menerima suhu air dengan lebih baik dan bukan dengan kejutan.

6.Gunakan Handuk Bersih dan Lembut

Setelah selesai mandi gunakanlah handuk berbahan lembut dan berbahan yang mudah menyerap air.

Keringkan air di seluruh tubuh dengan handuk bersih agar tidak ada sumber-sumber kuman dan bakteri dari kain handuk yang akan menempel di tubuh kita.

Kesimpulan

Mandi rutin minimal dua kali sehari sangat baik bagi kesehatan tubuh, namun bagaimanapun dalam kondisi tertentu seseorang justru tidak dianjurkan untuk mandi seperti keadaan demam, terluka parah dan sebagainya.

Banyak beredar tentang informasi fakta mengerikan dari bahaya mandi di jam-jam tertentu, apakah ini sebuah fakta atau hanya mitos belaka masih perlu ada kajian mendalam secara medis yang membenarkan hal tersebut.

Namun jika ragu terhadap sebuah opini sebaiknya tanyakan hal tersebut kepada ahli kesehatan terkait terutama jika kebiasaan mandi anda dinyatakan berbahaya dalam berbagai artikel yang masih anda ragukan kebenaranya.

Dari berbagai sumber, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *