Yuk, Ketahui Manfaat lari Pagi Untuk Kesehatan Tubuh Agar Kita Makin Sehat Dengan Menyukai Olahraga

Olahraga lari adalah salah satu olahraga yang cukup di gemari karena mudah di lakukan dimana-mana dan tidak membutuhkan biaya alias gratis cukup dengan niat.

Lari di waktu pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berolahraga karena lebih mudah menjadikannya sebagai rutinitas.

Disamping itu lari dipagi hari sangat baik untuk kesehatan tubuh karena udara masih sangat segar dan belum banyak terkontaminasi dengan polusi apa lagi jika kita melakukannya di area hijau dan tubuh pun tentu akan makin fresh.

Apa bila olahraga di lalukan dengan keluarga maka di samping kita sehat juga akan semakin mengharmoniskan hubungan antara keluarga.

Bahkan lari pagi saat ini sudah menjadi tren bahkan banyak komunitas lari di berbagi kota sehingga kita juga bisa menjadikanya ajang untuk menambah teman.

Lari pagi sangat di percaya memiliki banyak manfaat kesehatan.

Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan

Tidak di ragukan lagi lari pagi dapat menghindarkan kita dari beberapa resiko penyakit, beberapa alasanya karena di pagi hari udara masih segar dan banyak mengandung oksigen yang baik untuk kesehatan, dan pergerakan tubuh di pagi hari juga akan memberikan efek yang baik dalam jangka panjang.

Nah, berikut ulasan beberapa manfaat lari pagi;

1.Untuk kesehatan jantung

Apabila anda rutin berlari pagi maka dapat membantu menurunkan resiko penyakit yang disebakan oleh pembuluh darah, seperti penyakit jantung karena endapan kolesterol.

Ketika kita berlari tidak hanya otot kaki yang bergerak,tapi lari juga dapat memompa jantung agar darah menyebar keseluruh bagian tubuh.

Ada peneliti yang menunjukkan dengan berlari sejauh 16 km dalam satu minggu akan menekan resiko penyakit dan gangguan tekanan darah hingga 39% dan endapan kolesterol pada pembuluh darah bisa di kurangi hingga 34%.

Maka dengan kita beraktivitas lari maka jantung akan berkerja dengan baik dan terlatih.

2.Pernafasan menjadi sehat

Bagi anda yang mempunyai riwayat penyakit saluran pernafasan, lari pagi bisa menjadi Alternatif untuk mengurangi resiko penyakit saluran pernafasan seperti Asma, bronkhitis dan penyakit nafas lainnya.

Karena ada sebuah peneliti menyatakan Dengan melibatkan para penderita asma,mereka di anjurkan berlari pagi selama 3 bulan dan hasilnya sungguh mengejutkan mereka para pendenderita asma jarang kambuh, setelah mereka rutin melakukan lari pagi dan mereka bernafas dengan lebih baik.

3.Membakar kalori

Kebanyakan orang melakukan olahraga alasannya karena ingin membakar lemak dalam tubuh.

Jika anda memilih olahraga lari pagi maka ini sangat tepat karena dapat mengurangi berat badan.

Dan bagi anda yang menginginkan berat badan turun atau sedang menjalani program diet perlu bagi anda rutin dengan lari pagi.

4.Umur lebih panjang

Penelitian menemukan bahwa dengan berlari 56 km dalam seminggu akan menekan kematian hingga 54%,sangat bermanfaat bukan ,walau kematian semua sudah diatur oleh Tuhan.

Tapi apa salahnya kita melakukan atau membiasakan lari pagi.

Maka jangan remehkan olah raga yang hanya menggerakan kaki, bukan berarti tidak ada manfaatnya, karena olahraga ini bukan hanya saat itu saja efeknya melainkan manfaatnya untuk jangka panjang juga.

5.Terhindar dari stres

Jika kita mau keluar untuk lari ini merupakan suatu aktifitas yang menyenangakan membuang suntuk apa lagi bersama teman- teman sambil berbincang dan mendengarkan musik.

Kondisi ini sangat membantu pikiran kita menjadi lebih fresh, sehingga pikiran kita menjadi tenang dan membuat segar kembali dan siap melakukan aktifitas sehari yang cukup melelahkan.

Karena pikiran yang tenang membuat produktifitas kerja kita akan lebih semangat.

6.Meningkatkan stamina tubuh

Untuk menjaga stamina tubuh, anda harus dalam keadaan prima, karenanya lari pagi secara teratur adalah kegiatan yang sangat baik untuk mencapai kinerja maksimal.

Namun banyak orang yang menyatakan bahwa kalau kita berlari pasti akan kelelahan, hal ini memang wajar terjadi kalau olahraga dilakukan dengan porsi yang tinggi, tapi jika kita melakukan olahraga lari dengan santai maka akan banyak manfaat yang kita ambil dari lari tersebut salah satunya meningkatkan stamina tubuh.

7.Mencegah diabetes

Dengan kita rutin lari tidak hanya membakar kalori melainkan juga kolesterol tubuh, sehingga berat badan kita berlahan-lahan jadi berkurang.

Ada peneliti yang menyatakan bahwa dengan berlari pagi bisa mengurangi resiko diabetes hingga 5%.

8.Memperkuat tulang

Tulang yang kuat selain di dapat dari asupan kalsium yang cukup ternyata dengan kita lari pagi secara rutin dapat membuat tulang kuat, karena dengan ini mampu memicu sel-sel tulang yang baru sehingga mengurangi resiko pengeroposan atau osteoporosis, rutinis lari juga dapat mengurangi rasa sakit di bagian lutut dan persendian lainnya.

9.Mengatasi hipertensi

Bila anda penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi sayur-sayuran dapat mengatasi menurunkan hipertensi selain itu olahraga kardio seperti lari pagi juga baik untuk melancarkan peredaran darah dan menjaga detak jantung, jadi tekanan darah kita menjadi normal.

Para pakar menyatakan agar mulai membiasakan lari pagi,karena dengan lari pagi dapat membantu tenurunkan hipertensi.

Jika kita melakukan olahraga lari pagi dengan rutin adalah salah satu pilihan yang tepat,olahraga di pagi hari sangat menguntungkan karena dilakukan sebelum kita menjalani rutinitas sehari-hari.

Menurut peneliti dengan kita berlari dengan kecepatan 8 km/jam akan membakar 295 kalori sementara berjalan dengan kecepatan 5,5 km/jam mampu membakar 140 kalori.

Waktu Yang Tepat Untuk Lari Pagi

Mau tau ga waktu yang pas untuk lari pagi? Untuk mendapatkan manfaat maksimal waktu yang tepat untuk lari pagi yaitu sekitar pukul 06.00 sampai 09.00 karena matahari mulai terbit sehingga sangat baik karena mengandung vitamin D.

Selain waktu yang tepat,ada beberapa tips untuk memulai lari pagi.

Tips Sebelum dan Sesudah Lari Pagi

1.Lakukan peregangan sebelum dan sesudah lari

Peregangan sangat diperlukan karena membantu agar kita terhindar dari cidera, seperti peregangan sebelum berlari bungkukan badan hingga tangan mencapai jari-jari kaki, gelengkan kepala kekiri dan kekanan, dan gerakan pergelangan kaki dan tangan.

Setelah berlari kita kita lakukan pendinginan dengan tarik nafas pelan pelan dan biarkan tubuh santai sejenak.

2.Konsumsi buah, jus dan yoghurt

Sebaiknya 30 menit sebelum kita berlari,sebaiknya kita minum jus, buah atau yoghurt agar sebelum berlari perut kita tidak dalam keadaan kosong,karena kita bisa mengalami pusing atau rasa cepat lelah.

Meski banyak manfaat dari olahraga satu ini namun nyatanya kita masih sja suka malas untuk melakukan lari pagi.

Bagaimana agar kita suka dengan olahraga ini?

Tips Agar Rajin Lari Pagi

1.Berlari bersama teman atau keluarga

Bila kita berlari sendirian pasti kita akan merasa bosan atau malu bukan!,

Coba ajaklah keluaraga atau teman dan ini adalah salah satu pilihan yang menarik, sehingga berolahraga sambil ngobrol atau bercanda.

2.Pilih rute atau lokasi

Pilih lokasi atau rute yang kamu sukai supaya bisa nyaman dan rileks, contoh di tempat yang hijau dengan pemandangan bagus, di taman, dekat danau dan tempat yang sering digunakan untuk lari.

3.Waktu

Kita harus memilih waktu yang tepat untuk melakukan olahraga ini ,misal pilih waktu di akhir pekan karena setelah kita menjalani rutinitas yang melelahkan, kita lakukan di akhir pekan supanya tidak terasa capek.

4.Semangat

Bagi para pemula mungkin rasa cape pegal-pegal mungkin sering terasa, maka mulailah dengan berlari berlahan setelah terbiasa kita tambah kecepatan dan tambah jaraknya.

Pikirkan saja semangat untuk sehatan dan hiraukan rasa lelah yang kamu rasakan.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *