Manfaat Buah Tomat untuk Wajah

Tentu kita tidak asing lagi dengan buah tomat, yang sering ada di dapur kita untuk di jadikan jus, sambal, campuran sup, dijadikan salad dan lain-lain.

Tomat dalam bahasa inggris disebut tomato merupakan tanaman berry, tomat berasal dari Amerika tropis, tanaman ini biasa tumbuh di ketinggian 1-1600 m diatas permukaan laut.

Tomat bisa ditanam di ladang, pekarangan atau bahakan ditemukan liar, tanaman ini tidak tahan dengan sinar matahari yang terik, tidak tahan dengan hujan, tanaman tomat tumbuh subur ditanah yang subur dan gembur.

Buah tomat memiliki bentuk yang berfariasi ada yang bulat, ada yang bulat pipih, ada yang lonjong dan masih ada lagi, ukuran tomat pun berfariasi ada yang besar ada yang kecil, warnanya pun bermacam-macam ada yang kuning, merah, hijau.

Tomat memiliki kulit yang halus dan dagingnya lunak serta memiliki biji yang banyak.

Meskipun secara teknis tomat adalah buah namun pada umumnya tomat digolongkan sebagai sayur-sayuran.

Tomat adalah sumber makanan yang mengandung nutrisi yang cukup tinggi, nutrisi yang didapat dari tomat diantaranya mengandung vitamin, mineral dan senyawa tumbuhan.

Senyawa tumbuhan itu sendiri sangat bermanfaat bagi kesehatan, seperti likopen, betakaroten dan asam glorogenik.

Berikut Ini Adalah Kandung Gizi atau Nutrisi Pada Tomat Dalam 100 Gram Tomat ;

Vitamin A 42 mcg

Vitamin C 13,7 mg

Vitamin D 0 mcg

Vitamin E 0,54 mg

Vitamin K 7,9 mcg

Vitamin B1 ( Thiamine ) 0,04 mg

Vitamin B2 ( Riboflavin ) 0,02 mg

Vitamin B3 ( Niacin ) 0,59 mg

Vitamin B5 ( panthothenicacid ) 0,09 mg

Vitamin B6 ( pyridoxine ) 0,08 mg

Vitamin B9 ( folat ) 15 mcg

Vitamin B12 0 mcg

Kalsium 10 mh

Tembaga 0,06 mg

Zat besi 0,27 mg

Magnesium 11 mg

Manganese 0,11 mg

Seng ( zinc ) 0,17 mg

Karbohidrat 3,9 g

Protein 0,9 g

Lemak total 0,2 g

Kalori 18 kal

Serat 1,2 g

Air 95 %

Gula 2,6

Sodium 5 mg

Kalium ( potassium ) 237 mg

Cholin 6,7 mg

Selenium 0 mcg

Banyak diantara kita demi untuk kecantikan mengeluarkan uang yang lumanyan banyak bahkan sampai jutaan untuk membeli produk kosmetik atau perawatan kecantikan lainny.

Tapi banyak bahan alami yang dapat digunakan untuk merawat kecantikan kulit kita dengan bajed yang terjangkau yaitu dengan buah tomat.

Dengan kandungan yang ada pada buah tomat, maka tomat memiliki banyak manfaat buat kecantikan wajah kita.

Manfaat Buah Tomat Untuk Kecantikan Kulit Wajah

1. Mengatasi Jerawat

Apakah anda sedang berusaha menghilangkan jerawat yang sering kali muncul di wajah kita dan biasanya membuat kurang percanya diri, sehingga berbagai usaha kita lakukan untuk menghilangkan jerawat.

Kami ada salah satu cara menghilangkan menghilangkan jerawat dengan bahan alami dan mudah yaitu dengan buah tomat.

Tomat mengandung zat asam, zat ini dapat digunakan untuk membersihkan jerawat dan noda hitam.

Yaitu dengan cara hancurkan 1 buah tomat dan campur dengan 2 sendok air lemon kemudian oleskan ke kulit yang berjerawat diamkan selama kurang lebih 20 menit untuk kemudian bilas, lakukan ini secara teratur selama kurang lebih 2 minggu, kita tinggal melihat hasilnya.

2. Mengecilkan Pori – Pori Kulit Wajah

Bila kita memiliki pori – pori yang ukurannya lumayan besar, hingga tidak heran bila wajah kita rentan terkena jerawat.

Tentunya kita tidak menginginkan itu bukan ? Kami ada solusi untuk mengecilkan pori – pori yaitu dengan buah tomat.

Caranya campur satu sendok makan jus tomat dan dua tetes air lemon, campur dalam satu wadah kemudian kita bisa ambil kapas dan celupkan ke campuran tomat dan air lemon oleskan pada wajah dengan gerakan melingkar, diamkan sekitar 20 menit kemudian basuh muka dengan air dingin.

3. Mengatasi Kulit Berminyak

Masalah kulit wajah yang sering dialami selanjutnya adalah kulit yang berminyak, kulit wajah yang berminyak sering di alami siapapun entah itu wanita maupun priasehingga menjadikan kulit wajah kita terlihat kusam.

Kitadapat mencoba dengan masker tomat secara teratur dapat mengatasi kulit wajah yang yang berminyak.

4. Mencerahkan Kulit Wajah

Semua orang menginginkan wajah yang cerah, apa lagi seorang wanita pasti menginginkan kulit wajah yang putih dan cerah, terkadang mereka mencoba produk- produk kecantikan, namun banyak yang terkadang bukannya putih dan cerah melainkan muka kita menjadi rusak dan menimbulkan masalah baru contoh timbul jerawat, wajah yang memerah dan masih banyak lagi.

Kami ada tips mencerahkan wajah secara alami dan mudah dengan buah tomat yaitu dengan cara sediakan jus tomat kemudian campur dengan madu dan dijadikan sebuah masker, oleskan keseluruh wajah diamkan kurang lebih 15 menit dan kemudian bilas hingga bersih, gunakan masker secara rutin.

Karena tomat memiliki kandungan vitamin, nutrisi dan mengandung zat antioksidan yang dapat menambah kolagen kulit dan mengencangkan kulit, sehingga membuat kulit bersih dan cerah.

5. Menjadikan Kulit Halus

Dengan kita mengkonsumsi tomat secara teratur akan menghaluskan kulit termasuk kulit wajah.

Selain di konsumsi tomat juga dapat di jadikan masker, yaitu dengan jus tomat di campur putih telur, caranya 1 buah tomat dan campur dengan 1 sendok putih telur kemudian oleskan keseluruh wajah tunggu hingga mengering, barulih bilas hingga bersih.

6. Untuk Mendinginkan Kulit

Tomat banyak mengandung air dan vitamin C, sehingga dapat digunakan untuk mendinginkan kulit.

Bila wajah kita terlalu lama terkena paparan matahari, maka wajah kita akan terasa panas bukan?.

Kita dapat menggunakan tomat untuk mendinginkan dengan cara iris tomat dan tempel irisan tomat ke kulit wajah diamkan kurang lebih 15 menit, barulah bersihkan dan bilas dengan air.

7. Menunda Penuaan Dini

Penuaan dini meruakan munculnya garis-garis halus dan kerutan pada wajah sebelum waktunya.

Dengan perawatan teratur menggunakan tomat kita dapat menunda proses penuaan dini atau menyamarkan kerutan wajah.

Caranya sangat mudah kupas tomat dan haluskan, campur dengan tepung beras hingga seperti pasta, oleskan pada seluruh wajah kita seperti menggunakan masker tunggu hingga mengering, untuk kemudian bilas hingga bersih.

8. Menghilangkan Kantung Mata

Bila kita kurang tidur atau kelelahan biasanya akan muncul kantung mata, hal ini pasti akan mengganggu penampilan kita.

Tomat dapat menghilangkannya dan menyegarkan mata, agar mata kembali terlihat segar seperti biasa, dengan cara tempelkan dua irisan tomat pada kantung mata dan pijat berlahan sekitar mata.

9. Mengatasi Kulit Yang Kering

Tomat mengandung vitamin dan zat besi sehingga dapat mengatasi kulit yang kering, kulit kering juga sering terjadi pada wajah kita, sehingga akan timbul flek- flek pada wajah.

Maka kita dapat mengkonsumsi tomat secara langsung atau di buat jus dan dapat di jadikan masker akan membantu mengatasi kulit kita yang kering.

10. Kulit Terlindung Dari Radikal Bebas

Radikal bebas dapat menyebabkan rusaknya sel-sel kulit sehingga membuat wajah kita keriput dan menjadikan kulit cepat tua, namun tomat dapat melindungi kulit kita dari radikal bebas karena tomat mengandung antioksidan.

Itulah beberapa manfaat dari tomat, maka kita tak usah ragu menggunakan bahan alami seperti tomat karena tidak mengandung bahan-bahan kimia sehingga kulit wajah kita akan lebih sehat dan cerah.

Tapi menggunakan masker tomat atau mengkonsumsi tomat untuk merawat kulit wajah kita tidak langsung terlihat hasilnya kita harus rajin dan teratur untuk mendapat hasil yang diinginkan.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.