Semangka atau dalam bahasa ilmiah disebut citrullus lanatus, adalah buah yang berasal dari daerah setengah gurun di afrika bagian selatan.

Buah semangka merupakan jenis tanaman merambat dan nasih sekerabat dengan ketimun, melon, dan labu – labuan.

Buah semangka memiliki kulit yang keras, berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan garis-garis, buah ini berbentuk bulat dan lonjong, daging buahnya yang berair berwarna merah dan kuning, dengan biji berwarna hitam loncong kecil.

Buah semangka dapat dipanen setelah masak dengan kulit yang mengkilat dan buah semangka dapat dimakan langsung atau dibuat jus.

Buah semangka adalah salah satu buah yang banyak mengandung gizi dan beragam nutrisi, maka sangat cocok untuk ibu hamil dan mendukung tubuh kembang janin.

Nutrisi Buah Semangka

Dalam 100 Gram Buah Semangka Memiliki Nutrisi Atau Gizi Sebagai Berikut ;

Air 91 %

Energi 30 Kkal

Karbohidrat 7,6 g

Protein 0,6 g

Lemak total 0,2 g

Lemak jenuh 0 g

Lemak tak jenuh ganda 0,1 g

Lemak tak jenuh tunggal 0 g

Kolesterol 0 mg

Serat pangan 0,4 g

Gula 6 g

Karoten 303 mcg

Lycophene ( likopin ) 4532 mcg

Kalori 30 kal

Natrium 1 mg

Cholin 4,1 mg

Fosfor 11 mg

Manganese 0,04 mg

Vitamin

Vitamin A 569 Iu

Vitamin C 8,1 mg

Vitamin E 0,05 mg

Vitamin K 0,1 mg

Vitamin B1 (Thiamine) 0,03 mg

Vitamin B2 ( Riboflavin) 0,02 mg

Vitamin B3 ( niacin ) 0,18 mg

Vitamin B5 ( pantotonat ) 0,22 mg

Vitamin B6 ( pyridoxine ) 0,05 mg

Vitamin B9 ( folat ) 3 mcg

Mineral

Kalsium 7 mg

Magnesium 10 mg

Zat besi 0,2 mg

Tembaga 42 mcg

Mangan 0,038 mg

Seng ( zinc ) 0,1 mg

Elektrolit

Sodium 1 mg

Kalium 112 mg

Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Buah semangka selain rasanya yang enak dan menyegarkan, buah ini ternyata banyak manfaatnya untuk ibu hamil dan janin karena kandungan nutrisi yang sangat lengkap.

Ini Ada Beberapa Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil ;

1. Mencegah Dehidrasi Pada Tubuh

Buah semangka banyak mengandung air hingga 91 %, sehingga ibu hamil mengkonsumsi secara rutin dapat terhindar dari dehidrasi.

Karena jika ibu hamil kekeurangan cairan akan mengakibatkan kontraksi yang akan menyebabkan kelahiran prematur, oleh sebab itu ibu hamil harus menjaga yang namanya dehidrasi, bisa dengan mengkonsumsi buah semangka.

2. Menghindari Masalah Pencernaan

Ibu hamil kebanyakan mempunyai masalah pencernaan,namun ibu tidak usah hawatir buah semangka selain banyak mengandung air juga kaya akan serat, sehingga jika mengkonsumsi secara rutin dapat membantu melancarkan pencernaan pada ibu hamil.

3. Melancarkan Buang Air Kecil

Buah semangka kaya akan air selain untuk mengatasi dehidrasi dapat juga untuk melancarakan aliran kencing, karena dengan mengkonsumsi buah semangaka yang kaya akan air maka aliran kencing di tubuh bisa lebih lancar.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Saat ibu mengandung terjadi perubahan hormon yang tiba – tiba sehingga sering kali terjadi lemahnya sistim imun pada tubuh.

Jika semua itu di biarkan saja ibu hamil akan rentan terkena atau terserang penyakit.

Untuk mengatasi tersebut, ibu hamil harus mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung Vitamin C dan zat antioksidan salah satunya ada di dalam buah semangka, dengan vitamin C dan antioksidan didalamnya dapat meningkatkan sistim imun pada tubuh dan tidak mudah terserang lenyakit.

5. Mengurangi Gejala Bengkak

Terkadang ibu hamil juga mengalami bengkak, jika demikian ibu hamil dapat mengkonsumsi buah semangka agar dapat mengurangi bengkak karena buah semangka banyak mengandung air diharapkan peredaran darah keseluruh tubuh akan berjalan lebih lancar sehingga bengkak yang terjadi dapat berkurang atau di hindari.

6. Mencegah Kram Otot

Ketika ibu hamil memasuki bulan ke 6 atau hamil 6 bulan perut ibu tambah membesar dan terasa lebih berat, dampaknya terkadang otot punggung akan mudah terkena kram ,karena menahan beban yang cukup berat.

Disarankan ibu hamil mengkonsumsi buah buahan yang dapat melancarkan peredaran darah dan menyetabilkan cairan pada tubuh salah satunya adalah mengkonsumsi buah semangka.

7. Untuk Kesehatan Mata Ibu Dan Janin

Ibu hamil menginginkan mata yang sehat bukan? Maka ibu bisa mencoba buah semangka, karena buah semangaka kaya akan vitamin A, dan vitamin A itu sendiri baik untuk kesehatan mata.

8. Menurunkan Tekanan Darah

Bagi ibu hamil yang memiliki tensi atau tekanan darah tinggi anda dapat mencoba buah semangaka, karena dengan mengkonsumsi buah semangaka dapat menurunkan tekanan darah dan membuat tekanan darah menjadi normal.

9. Sebagai Sumber Energi

Buah semangka memiliki rasa yang manis ini menandakan adanya kandungan gula didalamnya.

Gula dan deretan nutrisi yang terkandung dalam buah semangka merupakan sumber energi tambahan bagi ibu hamil.

10. Menyehatkan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting, sehingga kita harus menjaga kesehatan jantung kita.

Nah dengan mengkonsumsi buah semangka yang mengandung banyak likopen maka akan membuat jantung kita bekerja lebih baik dan sehat untuk jantung ibu maupun janian.

11. Mengoptimalakan Pertumbuhan Janin

Apakah ibu mengetahui bahwa pertumbuhan tulang pada janin tergantung terhadap tersedianya nutrisi dan mineral yang ada pada tubuh ibu .

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung nutrisi dan zat mineral yaitu ibu dapat mengkonsumsi buah semangaka agar kebutuhan mineral dan nutrisi seperti kalium, kalsium, magnesium dan lain-lain dapat terpenuhi.

12. Menghaluskan Dan Mencerahakan Kulit

Pada saat ibu hamil menginjak bulan ke 2 hingga ke 4 biasanya banyak rona wajah yang pucat dan seperti orang kelelahan.

Nah disinilah manfaat semangaka, karena dapat membuat kulit wajah ibu hamial menjadi halus dan cerah kembali seperti sediakala.

13. Mencegah Kanker

Para ahli mengatakan bahwa buah semangka banyak mengandung likopen ketimbang buah tomat.

Likopen adalah sejenis antioksidan yang dapat mencegah kanker untuk ibu hamil, namun manfaat buah semangaka tidak hanya dirasakan oleh ibu hamil saja semua dapat merasakan manfaatnya.

Baca Juga:

Efek Samping Buah Semangka

Buah semangka memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil, namun bila ibu mengkonsumsi buah semangka dalam jumlah banyak atau berlebih bukannya mendapat manfaatnya melainkan mendapat masalah.

Makanan apapun kalau dikonsumsi secara berlebih tidak akan mendapat manfaat melainkan menimbulkan masalah pada tubuh.

Beberapa Efek Samaping Yang Timbul Akibat Mengkonsumsi Buah Semangaka Berlebih ;

1. Sakit Lambung

Saat buah semangka sudah dipotong dan dibiarkan terlalu lama tidak di makan di ruangan terbuka, kita bisa terserang sakit lambung, karena semangka yang terlalu lama diluar akan mengalami oksidasi, hal ini tidak baik bagi pencernaan.

2. Mengakibatkan Diabetes

Kadar gula dalam buah semangaka cukup tinggi sehingga bila kita mengkonsumsi secara berlebih dapat menimbulkan resiko diabetes .

3. Buang Air Kecil Terus Menerus

Buah semangka banyak mengndung air, mengkonsumsi buah semangka yang tidak memiliki ukuran dan berlebih, maka tubuh akan mengalami kelebihan cairan sehingga membuat ibu hamil ingin buang air kecil terus menerus.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Bila ibu saat hamil memiliki tekanan darah rendah sebaiknya anda mempertimbangkan mengkonsumsi semngka karena dapat semakin menurunkan tekanan darah.

5. Menyebabkan Hiperkalemia

Hiperkalemia adalah keadaan dimana tubuh kelebihan kalium, karena semangka kaya akan kalium, maka kita harus perhatikan cara mengkonsumsi buah semangka.

Kaium sangan bagus untuk ibu hamil dan janin namun kami ingatkan kembali jika berlebih menimbulkan masalah pada tubuh.

Tips Memilih Buah Semangka Bagi Ibu Hamil

Kita menginginkan manfaat dari buah semangka secara maksimal bukan?

Maka kita harus perhatikan cara memilih buah semangka, pilih buah semangka yang kuat, bebas dari retakan dan memar.

Pilih semangka yang matang, cara mengetahui buah semangka yang matang dengan cara melihat kulitnya yang mengkilat, bagian bawah berwarna kuning mentega dan memiliki batang yang mengering.

Buah semangka dapat di makan langsung maupun dibuat jus dan salad, mengkonsumsi semangka sesuai ukuran jangan berlebih.

Buah semangka banyak memiliki manfaat yang baik bagi ibu hamil dan janin, namun mengkonsumsi jangan berlebih dan konsumsilah sesusi ukuran, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih.