Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Salak Untuk Ibu Hamil

Salak adalah salah satu tanaman palem, dalam bahasa Inggris buah ini di sebut salak ataupun snake fruit karena kulitnya mirip dengan sisik ular.

Pohon buah salak tidak memiliki batang , pohon salah berduri banyak dan banyak anak.

Salak biasa tumbuh di daerah tropis, buah ini termasuk buah asli Indonesia, buah ini juga merupakan buah yang dapat di jumpai sepanjang musim.

Daging buah salak berwarna putih dan diselimuti kulit ari yang tipis dengan biji berwarna coklat.

Ada beberapa jenis buah salak yang umum di temui diantaranya salak pondoh, salak bali, salak condet, salak suwaru, dan buah salak ini bervariasi rasanya seperti manis, asam, sepet, ataupun kombinasi.

Dalam masyarakat buah salak sering kali dilihat sebagai buah yang bisa menyebabkan susah buang air besar atau sembelit, jadi kebanyakan orang terkadang melarang ibu hamil mengkonsumsi buah salak, lalu apakah buah salak boleh dikonsumsi ibu hamil ?.

Tak usah hawatir itu semua hanyalah mitos, buah salak aman bagi ibu hamil karena buah ini memiliki banyak nutrisi dan mineral yang dibutuhkan untuk kesehatan ibu hamil, ini kandungan gizi yang ada didalam buah salah.

Kandungan Buah Salak

Vitamin C 8,4 mg

Vitamin B2 0,2 mg

Kalsium 38 mg

Zat besi 3,9 mg

Serat 0,3 mg

Fosfor 18 mg

Protein 0,8 g

Karbohidrat 12,1 g

Lemak total 0,4 g

Setelah kita mengetahui kandungan pada buah salak sekarang kami akan membahas tentang manfaat buah salak bagi ibu hamil;

Manfaat Buah Salak Bagi Ibu Hamil

1. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Salak mengandung vitamin C dan zat tannin, maka bagi ibu hamil sangatlah menguntungkan, karena vitamin dan senyawa ini dapat mendukung kesehatan ibu hamil dalam melawan infeksi dan kandungan fitonutrien pada salak dapat membentuk kesehatan pada ibu terutama pada masa hamilan muda atau bulan pertama kehamilan.

2. Mengurangi Gejala Mual

Pasangan yang sudah menikah mendambakan seorang anak. Kehamilan tentu menjadi hal yang membahagiakan.

Namun, ibu harus menyiapkan mental untuk menghadapi perubahan tubuh dan dan perubahan hormon yang akan terjadi, ini yang menyebabkan ibu mengalami gangguan seperti pusing, mual, muntah, dan tidak nafsu makan.

Buah salak ternyata ampuh meredakan gejala mual saat hamil muda, dengan mengkonsumsi salak dan makanan bergizi lainnya, berlahan gangguan seperti diatas akan hilang dan nafsu makan pun kembali normal.

3. Mencegah Penyakit Mata Pada Janin

Tuhan memberikan nikmat yang paling indah adalah diberi sepasang mata kepada manusia untuk melihat keindahan dunia, sehingga kita harus menjaga kesehatan mata salah satunya dengan cara mengkonsumsi buah-buahan seperti buah salak.

Karena salak mengandung beta karotin dan antioksidan yang dapat meningkatkan pengelihatan dan mencegah penyakit mata yang menyerang lensa mata atau retina yang disebabkan karena penyakit mata, infeksi mata dapat terjadi menyerang sejak di dalam kandungan. Itu lah mengapa salak baik di konsumsi ibu hamil.

4. Membantu Pertumbuhan Tulang Pada Janin

Buah salak memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, zat ini sangat penting selama kehamilan karena berperan dalam membantu perkembangan tulang pada janin dan mencegah kelainan tulang pada janin.

Salak juga memperkecil resiko penyakit tulang pada ibu seperti osteoporosis.

5. Sebagai Antioksidan

Salak adalah salah satu buah yang mengandung betakarotin yang tinggi, senyawa tersebut bekerja sebagai antioksidan alami yang diperlukan tubuh.

Maka bu hamil sangat memerlukan antioksidan karena dapat mencegah penyakit dan melawan radikal bebas yang berbahaya bagi janin dan ibu hamil.

6. Mengatasi Anemia

Ibu hamil sering merasa pusing dan cepat lelah hal tersebut ibu menderita anemia, tapi tidak semua ibu hamil terserang anemia, namun bagi ibu hamil penyakit ini sangat rentan menyerang.

Namun tak usah resah, ibu hamil perlu mencoba buah yang satu ini karena kandungan tiamin dan zat besi pada buah salak baik untuk membantu kesehatan pada ibu hamil.

Zat besi yang terkandung berperan dalam memproduksi sel darah merah karena ibu hamil sangat membutuhkan sel darah merah yang lebih banyak untuk menyumbang oksigen lewat plasenta pada janin.

Ibu hamil yang kekurangan oksigen sangat berbahaya bagi janin dan ibu.

7. Mengatasi Diare Ringan

Diare sering kali dialami ibu hamil disebabkan oleh perubahan hormon pada tubuh.

Ibu dapat mencoba mengkonsumsi salak karena kandungan di dalam buah salak dapat membantu mengurangi kadar air pada feses, tapi konsumsi jangan berlebih.

8. Mengatasi Sembelit

Selain mengatasi diare salak juga dapat mengatadi gangguan sembelit pada ibu hamil.

Karena tekanan yang disebabkan rahim dapat mempengaruhi kinerja otot-otot usus, maka membuat ibu susah BAB.

Untuk mengatasi masalah itu ibu dapat mengkonsumsi makanan yang berserat, buah salak adalah salah satunya.

9. Menyehatkan Jantung

Jantung merupakan organ tubuh yang sangat penting dan kita harus jaga kesehatannya.

Seandainya kita mengalami gangguan penyakit jantung maka organ lainnya akan ikut terganggu.

Buah salak mengandung kalium yang ternyata berguna untuk melindungi kesehatan jantung, dengan cara menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga detak jantung agar tetap normal.

10. Mencegah Kangker

Kangker adalah salah satu penyakit yang mematikan, tapi semua orang dapat beresiko terkena penyakit kangker, kalau kita pengkonsumsi makanan yang sembarangan dan paparan radikal bebas menjadi salah satu faktor terserang penyakit kangker, bahkan ibu hamil pun beresiko.

Antioksidan yang terkandung dalam buah salak dapat menjadi penangkal kangker, sehingga ibu hamil diperbolehkan makan buah salak guna melindungi tubuh dan janinnya.

Setelah kita mengetahui tentang manfaat yang ada pada buah salak sangat baik untuk ibu hamil dan janin karena banyak sumber nutrisi untuk kesehatan ibu hamil.

Namun kami ingatkan pada ibu konsumsi buah salak di lakukan dalam jumlah wajar jangan berlebih, agar tidak akan terjadi masalah.

Kalau kita konsumsi dalam jumlah wajar maka kita akan mandapat manfaatnya untuk ibu hamil dalam mengatasi keluhan yang akan muncul.

Kami ada beberapa tips cara mengkonsumsi buah salak agar tidak menimbulkan resiko.

Baca Juga:

  • Tips Cara Mengkonsumsi Buah Salak Saat Hamil Sebagai Berikut;
  • – Pilih buah salak dengan kulit yang masih bagus atau segar, kulit tidak terkelupas apa lagi busuk, bila salak busuk dapat menyebabkan ibu hamil terkena bakteri.
  • – Makan buah salak dengan kulit ari yang tipis, karena kulit ari pada salak dapat mencegah sembelit dan mual bagi ibu hamil.
  • – Jangan konsumsi buah salak yang belum matang karena getahnya dapat mengganggu pencernaan.
  • – Jangan konsumsi secara berlebih, karena semua makanan jika di konsumsi berlebih dalam sekali makan dapat mengganggu kesehatan kita.
  • – Makan buah salak di imbangi dengan minum air putih yang cukup.
  • Buah salak dapat di konsumsi secara langsung sebagi buah segar maupun dapat di buat olahan makanan seperti manisan salak, asinan bahkan di jadikan kripik salak.
  • Kami ada resep membuat olahan dari buah salak yang mudah dan enak.
  • Resep Membuat Manisan Buah Salak
  • Bahan- bahan;
  • 1/2 kg salak
  • 3 cm kayu manis
  • 6 buah cengkeh
  • 5 sdm gula pasir
  • 1/2 sdm garam
  • 300 ml air
  • Langkah membuat;
  • 1. Kupas dan bersihkan buah salak kemudian belah dan buang bijinya
  • 2. Cuci salak sampai bersih
  • 3. Panaskan air, masukan gula garam cengkeh dan kayu manis tunggu mendidih
  • 4. Masukan salak, masak kurang lebih 5 menit
  • 5. Angkat dan dinginkan lalu simapan di kulkas, dimakan dingin lebih nikmat.
  • Ibu hamil sangat memerlukan mineral, vitamin, nutrisi untuk kesehatan ibu dan janin, bila kekeurangan semua itu menyebabkan masalah kesehatan, salak adalah satu buah yang baik dikonsumsi saat hamil, tapi tidak boleh berlebih.
  • Terima kasih semoga bermanfaat.
  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *