Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil

Hallo…kita jumpa lagi, kali ini kita akan membahas tentang manfaat buah pisang untuk ibu hamil.
Pisang adalah nama umum yang di berikan pada tumbuhan tena raksaksa berdaun besar memanjang dari suku musaceae.

Daun buah pisang dapat dimanfaatkan untuk membungkus makanan tradisional, buah pisang memiliki batang yang memanjang dan banyak air, pohon pisang hanya berbuah sekali, biasanya pohon pisang setelah di panen akan mati.

Di Indonesia banyak jenis pisang diantaranya adalah pisang susu, pisang raja, pisang ambon, pisang kepok, pisang tanduk, pisang nangka, pisang mas dan masih banyak lagi.

Buah pisang pada umumnya berwarna kuning bila sudah matang, meskipun ada beberapa yang berwaran hijau , merah, jingga, ungu dan hampir hitam.

Buah pisang berteksur lunak dan rasanya yang enak serta rendah lemak sehingga banyak disukai semua umur bahkan anak-anak karena mudah di telan.

Buah pisang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk ibu hamil dan janin.

Nilai Nutrisi Atau Gizi Buah Pisang Dalam 100 Gram

Vitamin A 3 mcg

Vitamin C 8,7 mg

Vitamin D 0 mcg

Vitamin E 0,1 mg

Vitamin K 0,5 mcg

Vitamin B1 ( Thiamine ) 0,03 mg

Vitamin B2 ( Riboflavin ) 0,07 mg

Vitamin B3 ( Niacin ) 0,67 mg

Vitamin B5 ( Panthothenicacld ) 0,33 mg

Vitamin B6 ( Pyridoxine ) 0,37 mg

Vitamin B9 ( Folat ) 20 pg

Vitamin B12 0 mcg

Air 75 %

Kalori 89 kal

Karbohidrat 22,8 g

Protein 1,1 g

Lemak 0,3 g

Serat 2,6 g

Kalsium 5 mg

Zat besi 0,25 mg

Magnesium 27 mg

Manganese 0,27 mg

Seng ( zinc ) 0,15 mg

Cholin 9,8 mg

Fosfor 22 mg

Potassium ( kalium ) 358 mg

Sodium 1 mg

Selanium 1 mcg

Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil

Selain rasanya enak ternyata buah pisang memiliki banyak manfaat, buah pisang dapat dijadikan makanan atau cemilan untuk kita yang sedang dalam program diet.

Apa lagi untuk ibu hamil karena nutrisi di dalam buah pisang sangat dibutuhkan untuk ibu hamil dan janin, ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi 3-4 porsi buah pisang setiap hari hal ini di rekomendasi dari National Of Institutes Health.

Berikut kita akan membahas manfaat buah pisang untuk ibu hamil ;

1. Untuk Mengatasi Mual Dan Muntah Ibu Hamil

Pada saat ibu hamil baru memasuki usia kandungan 1-3 bulan banyak ibu hamil yang mengalami mual dan muntah terutama di pagi hari.

Tips atau cara mengatasi mual dan muntah dengan cara mengkonsumsi buah sehat, dan pisang adalah salah satu buah yang efektif untuk mengurangi mual dan muntah di waktu hamil.

2. Mencegah Anemia

Ibu hamil sering kali terserang anemia, ibu hamil terkena anemia dapat menyebabkan komplikasi kehamilan dan saat melahirkan, sehingga ibu membutuhkan zat besi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan selama kehamilan.

Buah pisang mengandung zat besi yang cukup banyak dalam 225 gram pisang mengandung 3 % zat besi, sehingga zat besi dalam pisang dapat menghasilkan hemoglobin yang dapat mengurangi anemia pada ibu hamil.

3. Untuk Membantu Pencernaan

Selama kehamilan terkadang ibu mengalami masalah pencernaan sehingga akan mengakibatkan janin yang sedang tumbuh mengalami tekanan pada perut.

Dengan ibu hamil mengkonsumsi makanan sehat akan mengurangi masalah pencernaan, dan pisang itu sendiri mengandung antacid yang bermanfaat untuk mendorong sekresi asam, dan pisang mengandung pactin yang dapat membantu menormalkan pada usus.

4. Meningkatkan Pertumbuhan Hemoglobin

Selain zat besi buah pisang juga mengandung vitamin B6 yang mampu meningkatkan pertumbuhan hemoglobin dalam tubuh.

Hemoglobin atau sel darah merah sangat di butuhkan ibu hamil saat persalinan.

5. Mampu Melancarkan BAB

Pada masa kehamilan muda biasanya ibu hamil mengalami susah BAB karena perubahan hormon yang terjadi pada awal kehamilan.

Buah pisang kaya akan serat sehingga baik untuk mengatasi susah BAB ibu hamil serat yang ada pada buah pisang adalah serat latut yang sangat bermanfaat untuk mengontrol kelebihan air dalam tubuh sehingga dapat melancarkan pencernaan, melancarkan BAB, dan mengatasi diare.

6. Meringankan Mules Kehamilan

Saat hamil muda perut terasa mules seperti akan BAB sering dialami ibu karena gangguan pencernaan, apabila peristiwa tersebut dibiarkan maka akan membuat ibu tidak nyaman dan perkembangan janin terganggu.

Maka jika kita mengkonsumsi buah pisang dapat mengatasi masalah yang terjadi, karena buah pisang mengandung antacid yang akan menekan sekresi asam dan mengandung pectin yang dapat melancarkan pencernaan dan menormalkan mortilitas usus.

7. Sebagai Sumber Kalsium

Dalam setiap 100 gram pisang mengandung 5 mg kalsium alami dan kalsium itu sendiri pada umumnya dipercaya untuk perkembangan tulang dan kalsium untuk saraf sendiri dapat membantu melancarkan neurotransmitter dalam proses kontraksi otot dalam perkembangan janin didalam rahim

8. Sebagai Sumber Energi

Dalam 100 gram pisang mengandung 12,2 g gula dan gula itu sendiri ada 3 jenis diantaranya adalah glukosa, fruktosa dan sukrosa, sehingga bisa dijadikan sebagai sumber energi.

Pada usia kehamilan muda, ibu hamil terkadang mengalami mual dan muntah sehingga tenaga ibu seakan terkuras habis, untuk mengatasinya ibu dapat mengkonsumsi buah pisang dan minum susu.

Dan untuk ibu hamil tua atau paska persalinan mengkonsumsi buah pisang sangat baik ,karena pisang akan mudah dicerna sehingga bisa cepat memberikan energi bagi ibu hamil.

9.Pisang Sebagai Antioksidan

Pisang kaya akan vitamin C yaitu sebesar 33% pada setiap buah, sehingga dapat dijadikan sebagi antioksidan yang dapat melawan penuaan dini dan untuk ibu hamil dapat meningkatkan kekebalan tubuh ibu dan janin.

10. Kaya Akan Karbohidrat

Bila ibu hamil selama kehamilan tidak begitu menyukai nasi, maka dapat diganti dengan mengkonsumsi buah pisang, karena dalam 100 gram pisang mengandung 22,8 g karbohidrat, sehingga dapat dijadikan cemilan atau untuk sarapan pagi sehari – hari karena mengenyangkan.

11. Untuk Menjaga Gula Darah Dan Kolesterol

Bagi anda ibu hamil yang menderita penyakit diaabetes harus mengontrol gula darah dan kolesterol tetap setabil merupakan hal yang sangat penting apabila gula darah dan kolesterol tidak biasa dikontrol maka akan berakibat tidak baik bagi kesehatan ibu dan janin.

Ibu mengkonsumsi pisang secara teratur dapat mengontol gula darah dan kolesterol.

Namun buah pisang selain kaya akan manfaat tapi kita perlu waspada sebelum mengkonsumsi buah pisang karena buah ini mengandung zat alergi, bagi anda yang mempunyai sindrom getah buah atau menderita alergi getah buah sebaiknya hindari buah pisang.

12. Untuk Menyeimbangkan Darah

Salah satu yang harus di perhatikan ibu hamil yaitu tentang tekanan darah, bila ibu hamil mengalami tekanan darah tinggi sangat berbahaya jika tidak segera diatasi, cara untuk menstabilkan tekanan darah dengan diet sehat.

Diet yang dimaksud adalah mengkonsumsi buah pisang secara teratur, buah pisang dapat mengontrol tekanan darah selama kehamilan.

13. Sebagai Obat Diare Alami

Pisang mengandung serat dan paktin, serat itu sendiri dapat membantu meringankan diare, dengan cara menyerap kelebihan air yang ada didalam tubuh.

Maka bila ibu hamil mengalami gejala diare dengan mengkonsumsi pisang secara teratur diare dapat berkurang.

Pisang juga mengandung kalium yang berfungsi untuk mengatasi kram usus yang kadang disertai diare.

14. Sebagai Sumbet Protein

Pisang dapat dijadikan cemilan sehat bagi ibu hamil, karena dalam satu buah pisang mengandung protein yang dijadikan kalori dan pembentukan antibodi bagi ibu dan janin.

Jika selama hamil ibu kekurangan protein maka akan berakibat tidak baik untuk bayi yang ada di kandungan, seperti bayi akan lahir dengan bibir sumbing.

15. Pisang Mengandung Asam Folat

Buah pisang mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan ibu hamil, karena asam folat bermanfaat sangat penting bagi perkembangan sistim saraf pada otak.

Selain itu juga bermanfaat untuk pembentukan sumsum tulang belakang, jika ibu hamil mengalami kekurangan asam folat akan berakibat lahir prematur bahkan akan lahir cacat.

Maka ibu hamil harus rajin mengkonsumsi buah pisang tidak setiap hari cukup 3 – 4 hari saja ibu sudah dapat memenuhi asam folat yang dibutuhkan.

16. Pisang Mengandung Vitamin B6

Vitamin B6 yang terkandung pada buah pisang bermanfaat untuk meningkatkan pengembangan sel saraf pada otak janin, karena vitamin B6 merupakan vitamin yang mudah larut dalam air.

Bahkan bila kita mengkonsumsi vitamin B6 dengan tepat dapat mengurangi morning sickness.

Dalam satu buah pisang mengandung 4 mg vitamin B6, dan menurut penelitian ibu hamil membutuhkan vitamin B6 sejumlah 1,9 mg per harinya, maka ibu hamil mengkonsumsi satu buah pisang sehari dapat memenuhi vitamin B6 yang di butuhkan.

17. Sebagai Sumber Kalium

Pada masa kehamilan ibu bisa mengalami pembekakan pada tubuh terutama pada bagian kaki, hal ini sebabkan karena ibu mengalami kekurangan kalium pada tubuh.

Dengan mengkonsumsi pisang ibu dapat memenuhi kalium yang di butuhkan dan dapat mengatasi atau mencegah pembengkakan yang terjadi, hal ini telah dibuktikan oleh American Pregnancy Association.

18. Menambah Nafsu Makan

Kandungan buah pisang sangatlah baik bagi tubuh kita karena buah pisang kaya akan vitamin, protein, mineral dan serat, semua kandungan pada buah pisang itu akan membuat ibu menjadi sehat dan bayi dalam kandunagn akan berkembang dengan baik.

Maka bila ibu menginginkan nafsu makannya meningkat ibu dapat mengkonsumsi buah pisang dengan ini diharapkan nafsu makan ibu bertambah dan energi tubuh meningkat sehingga kondisi tubuh akan setabil.

19. Melancarkan Produksi ASI

Semua ibu yang mengandung, melahirkan dan menyusui pasti menginginkan produksi ASInya lancar, dengan produksi ASI yang di kelurkan sama dengan ASI yang masuk sehingga setiap saat di butuhkan ASI selalu ada.

Tapi bagi ibu pasti merasa lelah saat menyusui dan mengurus buah hati sehingga mengeluarkan banyak tenaga dan pikiran, untuk mengatasi hal tersebut Ahli gizi menyarankan produksi ASI bisa berjalan optimal dengan mengkonsumsi buah pisang dan pisang adalah solusi yang ternaik.

20. Menurunkan Berat Badan Paska Melahirkan

Sering kali kita menemui ibu paska melahirkan badan menjadi gemuk, hal ini dikarenakan paska melahirkan nafsu makan semakin meningkat dan tidak dikontrol dengan baik.

Untuk mengantisipasi hal ini ibu dapat mengkonsumsi pisang, karena pisang dapat menghasilkan zat metabolisme yang dapat membakar lemak serta membuang racun dan juga merangsang usus agar pencernaan lebih baik.

Baja Juga:

Cara Mengolah Pisang Agar Nutrisi Yang Terkandung Tetap Baik Dan Sehat

Setelah kita mengetahui berbagai manfaat buah pisang tentu kita harus tau cara mengkonsumsi buah pisang agar nutrisi yang ada tetap baik dan cara mengolah buah pisang agar nutrisi yang terkandung tidak hilang, buah pisang yang sudah matang dapat langsung dimakan.

Namun jika ibu menginginkan mengolah pisang dengan berbagai jenis makanan, ibu harus mengetahui bagai mana cara mengolah pisang agar nutisinya tidak hilang.

Bila anda mengolah pisang dengan cara digoreng atau dijadikan molen akan mengubah nutrisi yang ada bahkan kandungan nutrisi yang ada akan hilang, tentu kita tidak menginginkan hal tersebut bukan.

Kami ada cara mengolah pisang agar kandungan nutrisi yang ada tidak hilang, sebagai berikut ;

1. Anda dapat mengolah pisang dengan cara di jus atau smoothie, agar rasanya lebih enak bisa ditambahkan susu rendah lemak, madu ataupun ditambah buah – buah lainnya.

2. Dijadikan selai pisang, dengan cara dihaluskan dan ditaburi kacang, merupakan nutrisi yang enak dan lezat.

3. Anda dapat menambah irisan pisang yang sudah matang dicampur dengan oatmeal, dan agar pisang memiliki nilai nutrisi atau gizi yang lebih dapat di campur dengan buah – buahan segar lainnya dan kacang almon.

4. pisang juga dapat dijadikan bolu, dengan cara buah pisang yang sudah di haluskan dicampur dengan adonan bolu, selain itu agar rasanya lebih lezat anda dapat menambahkan madu atau buah-buahan lainnya.

Namun, kami ingatkan jangan mengkonsumsi buah pisang secara berlebih akan mudah terkena resiko kolesterol tinggi, diabetes, obesitas, darah tinggai, jantung dan berbagai jenis penyakit lainnya.

Apa saja yang di konsumsi secara merlebih bukannya mendapat manfaat melainkan akan mendapat masalah, maka kita mengkonsumsi buah pisang sesuai kebutuhan.

Demikian penjelasan tentang manfaat buah pisang, di Indonesia memiliki berbagai jenis buah pisang dan harganya yang ekonomis maka semua kalangan dapat membeli atau mengkonsumsi buah pisang yang memiliki banyak manfaat bagi kita, namun jangan berlebih bila mengkonsumsi buah pisang bila menginginkan nutrisi yang tepat bagi tubuh kita, terima kasih.

Terimakasih Telah Membaca,Kunjungi Juga Tentang Perawatan Kecantikan di:

Hinyong Cantik

   
Jika merasa sedikit saja manfaat,bantu kami dengan klik Sukai Halaman Facebook Hinyong dibawah,dukungan anda sangat berarti.
Loading...

About Desi Mutiani

Desi Mutiani adalah penulis resmi HiNyong,seorang ibu rumah tangga yang ingin mendedikasikan pengetahuan dan pengalamanya kepada pembaca HiNyong.Berbagai informasi dan pengalaman pribadinya bisa menjadi alternative pembaca dalam mencari pengetahuan yang ia gali dari berbagai sumber dan kehidupanya.

View all posts by Desi Mutiani →

One Comment on “Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *