Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh

Nanas adalah tanaman buah yang memiliki nama ilmiah Ananas comocus.

Nanas biasa hidup di daerah tropis, seperti di Indonesia buah ini mudah di temukan di kebun-kebun, di pekarangan rumah, dan tempat lainya yang cukup mendapat sinar matahari pada ketinggian 1-1.300 m diatas permukaan laut.

Nanas adalah salah satu buah yang selalu tersedia sepanjang tahun.

Biasanya buah ini berwarna hijau jika belum masak dan berubah kuning saat matang, rasanya yang asam namun manis dapat dimakan secara langsung, bisa juga dijadikan jus, salad, selai, di buat sirup dan bisa diawetkan dengan cara merebusnya dan di beri gula, dapat juga di jadikan sebagai pengempuk daging.

Nanas mempunyai banyak manfaat karena memiliki kandungan antikosidan dan juga vitamin serta mineral yang di butuhkan oleh tubuh.

Buah nanas juga rendah kolesterol dan rendah kalori sehingga baik di konsumsi sehar-hari, selain itu masih banyak kandungan lainnya untuk membantu mencegah datangnya penyakit.

Sehinga buah ini menjadi favorit banyak orang karena kaya akan manfaat dan nutrisi yang di butuhkan tubuh.

Nilai nutrisi Pada Nanas

Air [g] 86

Protein [g] 0.54

Gula,total [g] 9.85

Serat,total makanan [g] 1.4

Energi [kkal] 50

Lemak [g] 0.12

Kalsium,ca [mg] 13

Besi,fe [mg] 0.29

Karbihidrat [g] 13.12

Sodium ,Na [mg] 1

Kalium ,k [mg] 109

Magnedium , Mg [mg] 12

Seng ,Zn [mg] 0.12

Fosfor, P [mg] 8

Folat,DFE [mcg] 18

Niasin [mg] 0.5

Tiamin [mg] 0.08

Riboflavin [mg] 0.03

Vitamin C,total asam oskorbat [mg] 47.8

Vitamin B-12 [mcg] 0

Vitamin A,RAE [mcg] 3

Vitamin A,IU [IU] 58

Vitamin D ( D2+D3) [mg] 0

Vitamin D [IU] 0

Vitamin E (alfa -tolcoferol) [mg] 0.02

Vitamin k (phylloquinone) [mcg] 0.7

Kolesterol [mg] 0

Kafein [mg] 0

Asam lemak ,total jenuh [g] 0.01

Asam lemak ,total tak jenuh ganda [9] 0.04

Asam lemak ,total tak henuh tunggal [g] 0.01

Asam lemak ,total trans [g] 0

Nutrisi yang terkandung pada nanas merupakan gudang berbagai manfaat kesehatan.

Buah ini juga mengandung karbohidrat, protein, bromelin, gula dan serat, kandungan vitamin di dalamnya adalah vitamin C, vitamin A, vitamin B5, vitamin B6 dan mengandung karotin, thiamin, folat dan itu semua sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Di dalam nanas juga ditemukan mineral seperti kalium, kalsium, natrium, tembaga, mangan dan magnesium.

Setelah mengetahui nilai nutrisi yang terkandung dalam buah nanas sekarang kita bahas manfaat buah nanas.

Manfaat Buah Nanas

1.Menurunkan Berat Badan

Buah ini memiliki kandungan gula yang alami dan memiliki kandungan serat yang dapat melancarkan buang air besar dan membuang racun serta lemak dari dalam tubuh.

Nanas dapat di bilang mengandung semua yang kamu butuhkan untuk lebih langsing, bila anda dalam proses menurunkan berat badan satu gelas jus nanas dapat meredakan rasa lapar.

2.Meningkatkan Imunitas Tubuh

Nanas mengandung vitamin C, ini merupakan salah satu antioksida sehingga nanas memberikan manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain vitamin C nanas juga mengandung bromelain, sehingga tubuh terlindung dari jamur, bakteri dan kuman.

3.Mencegah Kanker

Selain vitamin C nanas juga mengandung vitamin A, bromelain, betakarotin, berbagai senyawa flavonoid dan mangan yang tinggi. Sehingga menurut penelitian nanas memiliki kemampuan yang langsung berhubungan dengan mencegah kanker di mulut, tenggorokan dan payudara.

4.Dapat Mengurangi Radang Sendi

Di dunia kesehatan manfaat buah nanas yang paling populer adalah kemampuannya dalam mengurangi peradangan otot dan sendi terutama yang berhubungan dengan artritis yaitu salah satu penyakit yang bisa membengkakan, kekakuan dan sulit bergerak sehingga penderitanya tidak nyaman bahkan tersiksa.

Enzim proteolitik yang terkandung di dalam buah nanas berperan untuk reaksi pencegahan, dan juga memiliki efek anti inflamasi.

Maka bila anda sayang sendi anda, konsumsi nanas untuk solusi kesehatan anda.

5.Mempertajam Penglihatan

Mata adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting yang perlu kita jaga.

Nanas memiliki kandungan beta-karoten yang dapat mencegah masalah penglihatan, karena berkemampuan untuk meningkatkan kesehatan mata dan mencegah penyakit mata lainnya.

6.Mencegah Masalah Pencernaan

Nanas mengandung banyak serat dan air sehingga bisa membantu mengurangi resiko sembelit dan membersihkan limbah dari dalam tubuh.

Karena banyak mengandung air, tubuh juga terhindar dari kekeringan dan terhidrasi.

Bagi anda yang memiliki masalah buang air besar bisa coba dengan minum segelas jus nanas untuk melancarkan buang air besar

7.Membantu Mengobati Batuk dan Pilek

Untuk anda yang mengalami batuk pilek, nanas bisa menjadi salah satu obat yang alami, enzin khusus bromelain yang terkandung pada nanas dapat mengurangi dahak dan lendir yang ada di saluran pernafasan.

8.Menjaga Kesehatan Mulut

Nanas memiliki kandungan astringent yang berfungsi untuk memperkuat gigi dan gusi, selain itu astringent juga dapat mencegah rambut rontok, kulit kendor dan kelemahan otot.

9.Membantu Mengatur Tekanan Darah

Potassium adalah sumber mineral yang sangat penting bagi tubuh.

Fungsi potassium adalah dapat meminimalis terjadinya ketegangan dan tekanan pada pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah keseluruh bagian tubuh kita.

Bila pembuluh darah anda rileks, maka tekanan darah berkurang dan aliran darah lancar.

10.Meningkatkan Kesuburan

Jus nanas kaya akan seng, tembaga, folat, mineral dan beta karoten yang dapat menjadikan pria dan wanita memiliki sistim teproduksi yang sehat.

Dan antioksidan dalam jus meningkatkan kesuburan dan menyingkirkan radikal bebas Dengan minum jus nanas secara teratur pada porsi yang wajar dapat meningkatkan peluang kehamilan.

11.Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin c yang terkandung merupakan salah satu nutrisi penting untuk menjadikan kulit cerah dan sehat, kita mengkonsumsi vitamin c lebih banyak berarti kulit dapat lebih banyak menghasilkan kolagen dan elastin.

Nanas juga dapat di jadikan masker kulit yang alami.

12.Meredakan Asma

Nanas mengandung nutrisi penting seperti vitamin c, bromelain dan beta karoten yang juga dapat membantu mengurangi peradangan yang dialami penderita asma.

13.Melawan Radikal Bebas

Vitamin C merupakan salah satu kandungan yang paling tinggi di dalam buah nanas.

Yang akan menjadikannya sebagai antioksidan yang di butuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan radikal bebas.

14.Menjaga Kesehatan Tulang

Mangan yang terkandung pada nanas sangat membantu memperkuat tulang.

Dengan segelas jus nanas akan memberikan sekitar 73% dari mangan yang diperlukan.

Hasil studi menunjukan bahwa mangan bersama dengan mineral lainnya dapat mencegah osteoporosis.

15.Efektif Meringankan Jerawat

Jerawat yang membandel dapat diatasi dengan nanas karena kandungan vitamin C, selain itu bromelain enzin anti inflamasi dapat meningkatkan penyembuhan pada kulit berjerawat.

16.Mengurangi Peradangan

Nanas kaya akan vitamin C maka nanas dapat membantu menyembuhkan luka dan cidera dan bromelain dalam nanas juga dapat di jadikan untuk penyembuhan luka bedah,mengobati luka bakar,dan peradangan.

17.Memperkuat Kuku

Apakah anda memiliki keluhan tentang kuku-kuku anda yang kering dan rapuh, bisa jadi anda kekurangan vitaminA dan vitamin B.

Tapi jangan khawatir cukup dengan gunakan nanas anda dapat mencukupi kedua vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Kalau nanas memiliki banyak manfaat namun bila kita mengkonsumsinya secara berlebih tidak efektif bagi tubuh, karena nanas juga mempunyai efek smping.

Nanas mentah atau muda juga sangat tidak sehat di konsumsi dan harus di hindari.

Efek Samping Konsumsi Buah Nanas

• Mual dan Muntah

Efek samping setelah mengkonsumsi nanas berlebih adalah rasa mual dan muntah.

Ini bisa terjadi karena alergi atau tubuh kita tidak bisa menerima kandungan yang ada di dalam nanas sehingga kemudian di muntahkan.

• Membuat Sakit Kepala

Bila anda mengkonsumsi nanas berlebih tidak sesuai ukuran atau dalam jumlah banyak anda bisa sakit kepala.

Apapun itu bila kita mengkonsumsi dalam jumlah banyak tidak baik bagi kesehatan tubuh sebaiknya anda mengkonsumsi secukupnya saja.

• Beresiko Pada Janin

Walaupun nanas baik bagi anda yang mengalami keterlambatan haid, dan nanas mampu meluluhkan sel-sel mati yang menempel di dinding rahim serta dapat untuk menyuburkan kandungan, namun beda bagi para ibu hamil karena dapat membahayakan anak yang ada didalam kandungan.

Enzim bromelain pada nanas dapat merangsang wanita menstruasi sehingga konsumsi nanas muda apalagi dalam jumlah banyak dapat meningkatkan resiko keguguran.

Untuk itu disarankan bagi ibu hamil tidak mengkonsumsi nanas terutama nanas muda karena dapat berbahaya bagi janinya.

• Berbahaya Jika Sedang Minum

Obat

Bagi anda yang hidupnya sering mengkonsumsi obat -obatan, sebaiknya hindari mengkonsumsi nanas, jika tidak di khawatirkan akan berdampak buruk bagi kesehatan kita.

• Meningkatnya Asam Lambung

Sekali lagi jika kita mengkonsumsi terlalu banyak nanas maka akan meningkatkan asam lambung, terlebih bagi anda yang menderita maah, penting mengatur pola makan buah ini agar tidak berakibat buruk bagi kesehatan.

• Penyakit Ginjal

Kalium yang terkandung pada nanas memang sehat dalam banyak hal, tetapi dapat menyebabkan efek negatif jika asupan buah tidak terbatas.

Setelah kita mengetahui berbagai manfaat dan efek samping dari buah nanas kita harus pandai bagaimana mengkonsumsi nanas dan cara memilih nanas yang baik.

Tips Memilih Buah Nanas

• Cium Aroma Nanas

Pilih aroma yang berbau manis,namun hindari nanas yang beraroma fermentasi seperti bau alkohol ataupun cuka ,artinya buah itu tidak segar.

• Buah Tidak Lembek

Buah nanas yang sudah masak atau matang biasanya tidak lembek.

Kita harus membandingkan berat buah nanas jika buah nanas makin berat itu tandanya kandungan air didalamnya lebih banyak.

• Perhatikan Daun Nanas

Buah nanas yang segar biasanya memiliki daun yang berwarna hijau dan tteksturnyagelap, apabila daun berwarna kecoklatan menandakan nanas itu tidak segar atau busuk.

• Perhatikan Bentuk Nanas

Hindari beli nanas yang kulitnya keriput hal ini menunjukan bahwa nanas masih muda.

Proses kematangan akan berhenti saat dipetik atau dipanen jadi perhatikan bentuk bawah nanas bulat penuh,jika bentuknya lonjong berarti nanas di panen saat masih muda.

Setelah kita mengetahui tentang manfaat buah nanas bagi kesehatan bahkan kecantikan serta efek samping atau bahayanya diharapkan kita memahami bagaiamana memanfaatkan buah nanas sebagai penambah manfaat bagi tubuh dan menghindari efek sampingnyai.

Karena nanas adalah buah yang baik bagi kesehatan jika di konsumsi secara wajar atau tidak berlebih, namun nanas yang masih muda dan atau konsumsi berlebihan bisa saja beresiko pada banyak hal.

Semoga bermanfaat.Dari berbagai sumber.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *