Apa Saja Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Buah naga paling populer dijadikan bahan pada menu es campur.

Terutama pada siang hari yang panas rasa dingin buah naga sangat berasa kesegaran daging buah naga.

Bukan cuma itu ternyata kandungan yang ada pada buah naga juga sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Dan bagi ibu-ibu yang sedang menjalani hari-hari dengan calon buah hati yang masih ada di dalam kandungan ternyata nutrisi yang ada pada buah naga sangat baik bagi pertumbuhan janinya.

Kandungan Nutrisi Buah Naga Yang Bermanfaat Bagi Ibu Hamil

Kandungan alami nutrisi pada buah naga sangat baik bagi janin bagi ibu hamil, berikut uraian selengkapnya.

  • Zat Besi, Sedikitnya ada 0.55 gram zat besi pada setiap 100 gram daging buah naga.Zat besi sangat berguna dalam proses pembentukan sel darah merah.Ibu hamil akan terhindar dari ancaman anemia dan janin akan lebih sehat karena zat besi juga sangat baik dalam proses pertumbuhan janin dalam kandungan.
  • Karbohidrat, Karbohidrat adalah sumber energi yang sangat dibutuhkan ibu hamil.Buah naga merah mengandung karbohidrat pada kisaran 9-14 gram setiap 100 gram daging buah naga.Dengan asupan energi yang cukup seorang ibu hamil lebih kuat dan berenergi sehingga kandungan janin pada proses kehamilanya akan lebih sehat.Selain karbohidrat dari buah naga para ibu hamil dapat mengkomsumsi sumber karbohidrat dari nasi, gandum, dan berbagai sumber lain supaya kebutuhan harian karbohidrat terpenuhi.
  • Mengandung Serat, Serat sangat baik untuk pencernaan sehingga proses penyerapan gizi akan berjalan lebih baik.Setidaknya seorang ibu hamil memerlukan 28 gram serat sebagai kebutuhan harian.mengkonsumsi buah naga dapat membantu menambah kebutuhan serat para ibu hamil yang juga berguna bagi janin di dalam kandunganya.
  • Asam Folat, Salah satu alasan kenapa umumnya susu untuk ibu hamil mengandung asam folat adalah karena zat ini sangat baik bagi pertumbuhan janin yang akan berfungsi dalam proses pembentukan sel darah merah dan menghindari cacat pada sistem syaraf otak janin yang dikandung.Beruntungnya mengkonsumsi buah naga ternyata membawa dampak positif karena buah naga juga mengandung asam folat yang sangat penting bagi pertumbuhan janin.
  • Vitamin C, Janin dalam kandungan memerlukan asupan multi vitamin yang cukup agar tumbuh dengan baik, vitamin C merupakan salah satu nutrisi penting yang bermanfaat untuk menjaga serta melindungi sel, melawan infeksi, dan membantu pembentukan kalogen pada tulang, pembuluh darah, pada kulit dan otot serta pada tulang rawan.Vitamin C juga akan membantu penyerapan zat besi dari proses pencernaan makanan termasuk sayur-sayuran.Buah naga termasuk dalam buah yang mengandung vitamin C yang baik bagi tubuh dan ibu hamil. Namun begitu konsumsi vitamin C bagi ibu hamil juga tidak boleh berlebihan karena dapat menimbulkan efek samping. Konsumsi berlebihan vitamin C dapat berakibat mual, pusing dan bisa berakibat hal yang lebih serius jika konsumsi vitamin C overdosis.
  • Kalsium, Buah naga juga mengandung kalsium yang sangat baik, kalsium dapat berfungsi dalam proses pembentukan gigi dan tulang, melancarkan peredaran darah juga mencegah osteoporosis pada ibu serta mencegah komplikasi pada masa kehamilan.
  • Bitamin B1, Ibu hamil juga membutuhkan vitamin B1 atau Thiamin fungsi thiamin bagi tubuh adalah merubah karbohidrat menjadi energi.Dengan asupan vitamin B1 yang cukup maka energi yang dihasilkan lebih baik sehingga proses pertumbuhan bayi lebih optimal.Vitamin B1 juga dapat mencegah penyakit beri-beri
  • Potasium, Buah naga juga mengandung potasium yang merupakan mineral penting.Mineral ini akan menjaga keseimbangan elektrolit dan cairan tubuh.Potasium bersama sodium juga akan menjaga dan mengatur level tekanan darah yang normal dan sehat.Kekurangan potasium pada ibu hamil dapat menjadi pemicu terjadinya komplikasi yang tidak diinginkan, sering kram pada kaki dan sebagainya.

Ternyata begitu banyak manfaat kandungan nutrisi pada buah naga bagi ibu hamil.
Kami juga menemukan manfaat lain dari buah naga yang bermanfaat yang saya rangkum dari berbagai artikel kesehatan

Manfaat Buah Naga Bagi Ibu Hamil

Selain nutrisi dan manfaat yang telah disebut diatas berikut adalah manfaat lain buah naga.

Menangkal Radikal Bebas

Ternyata buah naga juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas.
Radikal bebas bisa berasal dari polusi udara, dan pengaruh buruk lingkungan.
Kekurangan zat antioksidan dapat berpengaruh bagi janin seperti kelahiran prematur dan cacat tubuh pada bayi.

Melawan Berbagai Penyakit

Kandungan vitamin C pada buah naga juga akan menambah kekebalan tubuh bagi ibu hamil sehingga tidak mudah yerserang penyakit seperti demam, influensa dan lain-lainya

Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh sangat tidak baik bagi pertumbuhan janin.
Buah naga merupakan salah satu buah yang banyak mengandung air sehingga sangat baik untuk mencegah dehidrasi.

Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan Janin Makin Baik

Seperti disebut diatas buah naga memiliki kandungan folat yang baik juga untuk membantu tumbuh kembang janin selama proses kehamilan.

Baca Juga:

Cara Memilih Buah Naga Yang Baik Bagi Ibu Hamil

Meskipun kita tahu buah naga sangat baik bagi kesehatan namun jika kita salah memilih buah naga bisa jadi akan mengurangi manfaatnya.
Buah yang masih mentah atau rusak karena busuk dan ulat tidak disarankan untuk dikonsumsi.
Berikut adalah cara memilih buah naga yang baik:

1.Periksa Kekenyalan Buah

Untuk memastikan buah naga sudah matang coba tekan pada kulit buah naga dengan jari anda.

Jika anda merasakan buah naga terasa empuk berarti buah tersebut sudah cukup matang namun sebaliknya jika buah naga keras artinya buah naga belum cukup matang untuk dikonsumsi.

2.Cium Aroma

Buah naga yang sudah matang memiliki aroma segar khas buah naga.

Pastikan memilih buah yang memiliki aroma tersebut agar tidak salah dan mendapatkan buah matang yang kita inginkan.

3.Cek Batang Buah

Ketika buah masih di pohon coba cek batang buahnya, buah yang sudah matang memiliki tekstur lembut, jika batang buah masih keras saat ditekan bisa jadi buah tersebut masih muda atau mentah.

4.Teliti Kulit Buah Naga

Buah naga merah yang bagus memiliki warna pink yang cerah dan mulus.
Hindari memilih buah naga yang berlubang karena bisa jadi ada ulat di dalamnya, hindari juga buah yang memar atau warnanya berubah dan tersayat atau terluka.

Variasi Dalam Mengkonsumsi Buah Naga Bagi Ibu Hamil

Meski sebenarnya buah naga memiliki rasa unik yang segar namun tidak jarang para ibu hamil tidak menyukai buah ini jika dimakan secara langsung.

Agar lebih menarik dan menambah nafsu sajikan buah naga dengan berbagai variasi yang berbeda sebagai menu harian.

Berikut beberapa ide dalam mengkonsumsi buah naga.

Mingkin anda juga suka; Manfaat Buah Naga Untuk Kecantikan

Jus Buah Naga

Membuat jus buah naga sangat mudah cukup dengan mengambil daging buah naga kemudian masukan kedalam blender, untuk menambah selera bisa ditambahkan buah lain seperti buah mangga lalu tambahkan sedikit air dan satu sendok makan madu sebagai pemanis tambahan yang sehat kemudian blender hingga lembut.

Jika tidak ada pantangan dengan es maka berikan es serut saat penyajian.

Kita bisa juga mengkombinasikan berbagai macam buah agar tidak bosan.

Es Buah Naga

Jika dirumah tidak ada blender anda juga bisa membuat es buah naga dengan resep sederhana.

Ambil daging buah naga lalu potong kecil-kecil tambahkan buah lain jika menginginkan variasi seperti buah pepaya, nanas atau jenis buah selera anda potong dadu.

Tambahkan susu cair yang rendah lemak lalu aduk rata dapat juga tambahkan madu sebagai pemanis tambahan.

Campur semua bahan lalu tambahkan es serut.

“Catatan: Pastikan semua bahan yang digunakan aman bagi ibu hamil.

Jika ada pantangan atau bahan tertentu yang tidak diperbolehkan maka ganti dengan jenis variasi lainya.”

Banyak metode yang bisa dicoba untuk mendapatkan manfaat buah naga bagi ibu hamil.

Semoga bermanfaat.Dari Berbagai Sumber

Terimakasih Telah Membaca,Kunjungi Juga Tentang Perawatan Kecantikan di:

Hinyong Cantik

   
Jika merasa sedikit saja manfaat,bantu kami dengan klik Sukai Halaman Facebook Hinyong dibawah,dukungan anda sangat berarti.
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *