Manfaat Buah Mangga Bagi Ibu Hamil

Manfaat buah mangga bagi ibu hamil

Pasti sahabat tidak asing lagi dengan buah yang satu ini yaitu buah mangga, mangga ( mempelam ) dalam bahasa ilmiah adalah Mangifera indica merupakan nama sejenis buah dan sekaligus nama pohon yang termasuk kedalam marga Mangifera dan suku Anacardiaceae yang memiliki sekitar 35 – 40 anggota.

Dan pohon mangga termasuk dalam kelompok Arboreus yaitu tumbuhan berkayu yang mempunyai tinggi lebih dari 5 meter.

Mangga berasal dari perbatasan India dengan Burmam dan mangga telah menyebar ke Asia Tenggara semenjak 1500 tahun yang lalu, buah ini tumbuh di daerah tropis, sehingga sangat cocok di Indonesia.

Ada beberapa jenis buah mangga yang ada di Indonesia di antaranya mangga aromanis, mangga apel, mangga golek, mangga manalagi, mangga madu, mangga alpokat, mangga indramayu dan masih ada lagi.

Kandungan Gizi Atau Nutrisi

Mangga merupakan buah yang banyak mengandung air dan mengandung gizi atau nutrisi yang dibutuhkan tubuh manusia.

Ini adalah nilai gizi atau nutrisi buah mangga dalam 100 gram ;

Vitamin

Vitamin A 5,4 mcg

Vitamin C 3,64 mg

Vitamin D 0 mcg

Vitamin E 0,9 mg

Vitamin K 4,2 mcg

Vitamin B1 ( Thiamine ) 0,028 mg

Vitamin B2 ( Riboflavin ) 0,038 mg

Vitamin B3 ( Niacin ) 0,669 mg

Vitamin B5 ( Panthothenicacid ) 0,197 mg

Vitamin B6 ( piridoksina ) 0,119 mg

Vitamin B9 ( folat ) 43 mcg

Air 83,46 g

Karbohidrat 15 g

Kalori 60 kcal

Protein 0,82 g

Gula 13,7 g

Serat 1,6 g

Total lemak 0,4 g

Kalsium 11 mg

Zat besi 0,16 mg

Magnesium 10 mg

Fosfor 14 mg

Potassium ( kalium ) 168 mg

Sodium 1 mg

Seng ( zinc ) 0,09 mg

Manfaat Buah Mangga Bagi

Ibu Hamil

Buah mangga merupakan buah yang enak dan menyegarkan dengan cita rasa asam manis dan sangat lembut ini sehingga banyak disukai orang , apalagi bagi para ibu hamil pasti sangat suka buah mangga dan salah satu tradisi makan mangga muda saat trimester pertama, dan nutrisi yang terkandung pada buah mangga bermanfaat bagi ibu hamil dan janin.

Simak selengkapnya tentang manfaat buah mangga bagi ibu hamil berikut ini:

1. Mengurangi Gejala Morning

Sickness

Pada awal kehamilan ibu sering kali mengalami morning sickness atau gejala mual dan muntah di pagi hari, sehingga ibu seringkali mengalami lemas dan lesu, karena makanan yang seharusnya dicerna tubuh justru dimuntahkan.

Buah mangga mengandung vitamin B6, sehingga dapat mengurangi gejala mual dan muntah pada ibu hamil.

2. Penyeimbang Cairan Tubuh

Taukah anda bahwa ibu hamil memerlukan cairan tubuh lebih banyak dari wanita tidak hamil, mangg banyak mengandung Air dan kaya akan elektrolit ka dungan inilah yang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mengatur kerja otak, jantung, dan otot agar dapat berfungsi optimal.

3. Menjaga Stamina Tubuh Selama

Kehamilan

Ibu hamil sering kali mengalami rasa lelah, apalabi bagi para ibu hamil yang beraktifitas seperti seperti bekerja dikantor pasti akan mudah lelah, mengkonsumsi mangga dapat memberikan energi bagi ibu hamil karena mangga mengandung karbohidrat.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ibu hamil sering kali rentan terserang penyakit, untuk itu buah mangga dapat mengatasinya karena buah mangga mengandung vitamin A dan zat karotin, ini dapat mencegah penyakit yang disebabkan terinveksi bakteri dan kuman .

5. Mengatasi Sembelit

Masalah sembelit sering kali dialami ibu hamil karena dialami ibu hamil karena hormon progesteron meningkat selama kehamilan sehingga menyebabkan reaksi otot – otot tubuh termasuk usus maka pergerakan usus berlahan, artinya pencernaan pun berjalan lebih lambat, pada akhirnya menjadi sembelit.

Sehingga ibu hamil disarankan mengkonsumsi makanan atau buah-buahan yang banyak mengandung serat, salah satunya adalah mengkonsumsi buah mangga sehingga asupan serat dalam tubuh tercukupi.

6. Mencegah Anemia

Buah mangga mengandung zat besi dan vitamin C yang sangat diperlukan ibu hamil.

Zat besi berfungsi untuk menjaga ketersediaan jumlah darah dalam tubuh dan vitamin C berfungsi untuk membantu menyerap zat besi dari buah mangga dan makanan lainnya, sehingga kombinasi zat besi dan vitamin C membantu mencegah ibu hamil mengalami anemia saat hamil ataupun saat melahirkan nantinya.

7. Mendukung Perkembangan Janin

Buah mangga kaya akan asam folat, asam folat itu sendiri berguna untuk membantu perkembangan dan pembentukan otak dan sumsum tulang belakang pada janin selama didalam kandungan.

Saat hamil kebutuhan asam folat dalam tubuh tercukupi juga membantu mencegah resiko bayi lahir prematur atau mengalami cacat.

Selain asam folat mangga juga mengandung vitamin A yang dapat membantu pembentukan gigi dan tulang bayi serta perkembangan sistim mata, sistim jantung, paru-paru, hingga ginja.

8. Mencegah Pengaruh Buruk Radikal Bebas Terhadap Janin

Selain vitamin dan mineral, buah mangga juga mengandung antioksidan yang bisa menangkal dan menetralkan radikal bebas sehingga janin dalam kandungan terhindar dari paparan radikal bebas yang berbahaya bagi tumbuh kembangnya, karena radikal bebas ditengari sebagai penyebab resiko terkena penyakit kangker dan jantung.

9. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Beberapa ibu hamil rentan mengalami tekanan darah tinggi pada usia kehamilan diatas 5 bulan.

Kondisi ini tidak hanya berbahaya bagi ibu saja tapi juga janin dalam kandungan .

Magnesium pada mangga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Akibat Berlebih Mengkonsumsi Buah Mangga

Buah mangga selain dapat langsung dimakan dapat juga diolah menjadi berbagai macam makanan yang lezat seperti jus mangga, manisan mangga, puding mangga, salad, asinan mangga, es krim mangga dan lain-lain.

Namun kami ingatkan bila kita mengkonsumsi apa pun itu bila berlebih bukannya mendapat manfaat melainkan akan mendapat masalah, sama halnya bila kita mengkonsumsi buah mangga secara berlebih kita akan terasa mulas dan diare bangkan ada juga sebagian perempuan sensitif bisa mengalami alergi getah buah mangga.

Buah mangga juga termasuk buah yang tinggi gula, sehingga bila kita mengkonsumsi buah mangga secara berlebih akan mengakibatkan berlebihnya berat badan bahkan dapat terserang diabetes.

Maka, konsumsilah buah mangga secukupnya.

Tips Makan Buah Mangga Yang Sehat

Buah mangga merupakan buah yang mudah didapat tapi jika kita akan mengkonsumsi buah mangga kita harus perhatikan sebelum mengkonsumsinya.

Kita harus pilih buah mangga yang matang dari pohonnya, namun semua itu jika punya pohon sendiri, jika membeli mangga mungkin tidak mengetahui apakah buah matang dari pohon atau matang dengan bahan kimia, karena bahan kimia tersebut dapat menimbulkan reaksi pusing, kesemutan, kejang bahkan dapat keracunan.

Maka kita harus mencuci bersih senelum mengkonsumsinya agar terhindar dari kontaminasi bakteri, sisa-sisa bahan kimia serta kupas bersih kulit mangga sehingga terhindar dari getah yang mungkin madih menempel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *