Simak Ulasan Usaha Jualan Sosis Bakar Yang Lagi Trend

Usaha Jualan Sosis Bakar

Usaha Jualan Sosis Bakar.

Baik anak-anak, remaja, dewasa bahkan orang tua.Kandungan gizi sosis bakar juga cukup baik. Sosis bakar mengandung gizi dan protein yang lumayan tinggi karena kandungan daging dan rempah-rempah yang ada di dalamnya. Dengan kandungan gizi yang tinggi, sosis bakar banyak memiliki peminat.

Berjualan sosis bakar merupakan ide yang menarik bagi anda yang sedang membutuhkan penghasilan tambahan.

Baik untuk sekolah, membantu kebutuhan ekonomi keluarga dan sekedar hobi untuk berdagang.

Apakah anda tertarik terjun membuka usaha sosis bakar ? Lalu,bagaimana sih analisa usaha sosis bakar yang sedang trend ? Bagaimana caranya ? So, mari baca sampai tuntas artikel ini :

Analisa Usaha Jualan Sosis Bakar Lengkap

Pertama,akan dibahas mengenai analisa usaha sosis bakar secara lengkap.

Mulai dari persiapan, penjualan hingga perhitungan keuntungan.

Sebelum memulai usaha anda harus mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan untuk berjualan sosis bakar.

Persiapan yang utama adalah persiapan lokasi. Meski sebenarnya berjualan sosis bakar, anda tidak perlu bersusah payah memikirkan lokasi yang tepat, mengapa ? karena banyak sekali tempat yang cocok untuk berjualan sosis bakar.

Baik itu di pinggir jalan raya atau di tempat yang ramai pengunjung.

Tetapi lebih memperoleh keuntungan yang maksimal jika anda berjualan di cfd atau di alun-alun yang ramai pengunjung.

Setelah menentukan lokasi, anda perlu mempersiapkan modal untuk membeli peralatan yang dibutuhkan dalam berjualan sosis bakar.

Dalam analisa kali ini Anda membutuhkan modal kurang lebih Rp. 3.000.000,-

Untuk apa saja modal sebesar itu?

Modal tersebut bisa anda belanjakan sosis yang akan anda jual, etalase atau gerobak, kompor dan panggangan sebagai alat memanggang sosis, tabung gas, banner dan peralatan lainnya seperti plastik,gunting, pisau dan lain-lainnya. Jika anda tidak membutuhkan biaya untuk menyewa tempat, bisa jadi modal yang anda butuhkan kurang dari Rp.3,000,000.

Resep dan Cara Membuat Sosis Bakar Kekinian yang Lezat

Lalu, bagaimana resep membuat sosis bakar? Resepnya cukup gampang dan tidak membutuhkan banyak bahan lho :

Bahan:

  • – Ambil sosis sapi sebanyak kurang lebih 5 buah (untuk satu porsi)
  • – Siapkan margarine untuk olesan
  • – Tusuk untuk sosis
  • – Anda juga bisa mempersiapkan bahan olesan lain seperti kecap manis, saus tomat dan saus sambal.
  • – Alat pemanggang sosis

Cara membuatnya :

  • – Campur semua bahan olesan menjadi satu
  • – Tusuk sosis bakar
  • – Siapkan alat panggangan sosis, kemudian oleskan bahan olesan yang sudah dicampur jadi satu ke sosis
  • – Bakar atau panggang sosis hingga matang.
  • – Sosis siap dihidangkan kepada pelanggan

Biasanya, satu porsi sosis bakar dijual dengan harga kurang lebih Rp.10.000-Rp.15.000. Jika dalam sehari anda bisa menjual 100 porsi maka dalam sebulan anda mendapatkan keuntungan kotor sekitar Rp.4.500.000.

Dalam jangka waktu kurang dari dua bulan sudah balik modal. Nah, bagaimana apakah anda tertarik untuk mencobanya?.

Itu untuk dua bulan awal. Pada bulan-bulan selanjutnya kemungkinan anda bisa memperoleh keuntungan Rp.2.000.000-Rp.3.000.000. Tergantung jumlah sosis yang mampu anda jual.

Tetapi, yang perlu anda ingat juga, penetapan harga sosis bakar harus sesuai dengan harga pasaran.

Hal ini perlu anda perhatikan agar sosis yang anda jual tidak mendapat predikat “sosis mahal” atau “sosis murah dengan kualitas yang pas-pasan”. Anda tidak mau hal itu terjadi kan ?

Peluang Usaha Jualan Sosis Bakar yang Menguntungkan

Ada beberapa hal penting yang menjadi bahan pertimbangan apa pentingnya membuka usaha jualan sosis bakar.

Pertama, disukai semua orang, karena sosis bakar identik dengan saos yang enak dan bahan rempah-rempah yang aman dikonsumsi untuk semua kalangan.

Kedua, banyak varian rasa. Ada sosis daging ayam, daging sapi, dan ada saus manis, saus pedas dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan varian rasa ini, para pembeli bisa menyesuaikan rasa yang mereka sukai.

Ketiga, sosis merupakan salah satu makanan yang mengenyangkan. Biasanya ini yang banyak dicari oleh konsumen, yaitu jajanan yang tidak hanya enak saja tetapi juga mengenyangkan untuk menahan lapar.

Keempat, modal sedikit. Nah, sudah anda lihat kan berapa kira-kira modal yang harus anda persiapkan untuk berjualan sosis bakar, tidak banyak bukan ? lebih sedikit lagi jika anda mengambil sosis dari orang lain (suplier). Tetapi, jika anda mengutamakan kualitas rasa sosis anda lebih baik memproduksinya secara mandiri.

Jenis-Jenis Usaha Jualan Sosis Bakar

Ternyata, sosis bakar juga mempunyai banyak jenis lho. Anda harus mengetahuinya dan kemudian memilih mana yang kira-kira cocok dengan modal yang sudah anda siapkan.  Berikut adalah jenis-jenis sosis bakar yang sudah terkenal di Indonesia :

1. Sosis Knacwurst

Jenis sosis ini dari negara jerman. Komponen pembuatan sosis dari daging sapi dan daging babi. Pada proses pembakaran ditambahi bumbu oles bawang putih.

2. Sosis Bnockwurst

Kedua adalah sosis bnockwurst yang juga berasal dari negara jerman. Perbedaan dengan sosis knacwurst adalah pada komponen sosisnya. Komponen sosis ini dari daging unggas. Biasanya ayam dengan kalkun. Perbedaan yang lainnya adalah cita rasa yang lebih kaya karena sosis bnockwurst biasanya dicampur dengan aneka sayuran.

3. Sosis Merguez

Ketiga adalah sosis merguez dari Italia. Sosis merguez dibuat dari daging domba yang diberikan bumbu rempah yaitu jintan, cabai dan bawang putih dan banyak lagi campuran lainnya.

4. Sosis Gyulai dari Hungaria

Sosis ini biasanya diiris tipis-tipis dan dinikmati dengan roti. Warnanya lebih gelap dibandingkan dengan sosis yang lainnya.

5. Sosis Carvelat

Sosis ini berasal dari Meksiko. Ciri khas dari sosis ini yaitu warna merahnya. Warna merah dihasilkan dari bumbu rempah yang dioleskan ketika pembakaran. Selain itu, sosis ini dibuat dari kelenjar daging sapi yang segar. Sehingga memiliki citarasa yang nikmat.

6. Sosis Andouille

Selanjutnya adalah sosis andouille dari Prancis. Sosis ini memang cocoknya dibakar. Terdiri dari jeroan yang ditambahi bumbu bawang putih, paprika dan lada hitam di dalamnya.

Nah, jika anda sudah mengetahui jenis-jenis sosis, anda bisa memilih mau membuat dan menjual sosis yang mana. Tenang saja anda tetap bisa menjual sosis modifikasi dengan bumbu anda sendiri. Tidak harus meniru 100% jenis sosis yang sudah disebutkan di atas.

Keuntungan memodifikasi rasa dan bentuknya membuat usaha sosis bakar anda mempunyai ciri khas tersendiri. Dengan mempunyai ciri khas rasa dan bentuk, sosis bakar anda akan lebih melekat di ingatan masyarakat.

Baca Juga;

Tips Sukses Usaha Jualan Sosis Bakar

Agar mendapatkan keuntungan yang maksimal, perlu adanya tips dan trik. Begitu halnya dengan jualan sosis bakar.

Berikut ini akan dijelaskan tips dan trik jualan sosis bakar yang dijamin akan sukses dan menghasilkan banyak keuntungan. Mari kita simak :

1. Perhatikan kualitas sosis yang akan dijual

Tips pertama adalah memperhatikan kualitas sosis yang akan dijual. Kebanyakan orang menjual sosis bakar dengan cara memesan kepada suplier.

Tetapi, hal ini tidak menjamin. Karena anda tidak tahu bagaimana proses pembuatannya dan bagaimana rasanya jika anda belum mencoba.

Jadi, pastikan anda mencobanya terlebih dahulu agar mengetahui kualitas sosis yang akan anda jual.

Jika anda memiliki banyak waktu, anda bisa membuatnya secara mandiri. Membuat sosis secara mandiri juga bisa membuka peluang bagi anda. Tidak hanya menjadi penjual sosis bakar, tetapi juga menjadi suplier. Menarik bukan ?

2. Mempersiapakan alat atau media promosi

Kedua adalah mempersiapkan alat atau media promosi, promosi sangat penting dilakukan. Dalam berjualan sosis bakar, anda tidak harus mempersiapkan media promosi yang mengeluarkan banyak modal.

Cukup banner kecil yang bisa anda sebarkan di pinggir jalan, brosur atau melalui media sosial.

Anda juga bisa melakukan promosi dengan memberikan diskon atau hadiah kepada pembeli dengan memenuhi syarat minimal jumlah pembelian.

Cara ini di satu sisi dapat menarik pelanggan. Di sisi yang lain bisa untuk menghabiskan stok dagangan anda secara cepat.

3. Pastikan alat dapat berfungsi

Dalam usaha jualan sosis bakar, anda bisa menggunakan mesin khusus pemanggang sosis yang sudah banyak tersedia di toko di daerah anda.

Anda harus memastikan alat panggangan sosis, dan lainnya berfungsi dengan baik.

Jangan sampai alat anda rusak di tengah jalan yang bisa menghambat kelancaran jualan anda.

Jika kinerja anda terhambat maka konsumen tidak akan mendapatkan haknya, kemudian pergi mencari penjual jajanan lain.Anda pasti tidak mau itu terjadi.

4. Memilih lokasi yang strategis

Berjualan di tempat yang sepi dengan tempat yang ramai jelas terlihat perbedaannya. Anda bisa memilih lokasi yang strategi seperti di depan indomaret, di even tertentu, car free day, atau di rumah anda. Pilih yang sekiranya pengunjungnya banyak.

5. Lebih baik menggunakan sistem delivery order

Pada era modern ini sistem delivery  order sangat diminati.

Dimana masyarakat sangat menyukai hal yang praktis.

Termasuk dalam hal belanja makanan. Nah, peluang ini bisa anda manfaatkan dengan membuka sistem antar makanan.

Dengan sistem delivery order, pelanggan anda tidak hanya dari sekitar, tetapi juga dari daerah yang jauh.

Tetapi, kekurangan dari sistem ini anda harus mempekerjakan kurir untuk mengantar makanan yang sudah dipesan pelanggan (jika anda masih repot mengurus hal yang lain).

Perlu anda ketahui juga, prospek usaha sosis bakar cukup bagus dan cerah.

Mengapa ? karena usaha kuliner akan selalu banyak peminatnya, apalagi sosis bakar ini yang bisa dinikmati oleh semua kalangan umur, modal yang terhitung minim, proses pembuatan yang mudah serta pemilihan lokasi yang tidak susah.

Penutup

Nah, penjelasan di atas adalah beberapa analisa usaha, jenis sosis bakar, serta tips untuk memaksimalkan keuntungan dari usaha sosis bakar yang  ingin anda jalankan.  Setelah membaca ini, apakah anda tertarik untuk berjualan sosis bakar ?

Jika anda tertarik, anda bisa memulai mempersiapkan modal dan alat serta strategi agar  jualan sosis bakar yang anda jalankan bisa berjalan sesuai harapan dan sukses menarik pelanggan. Anda bisa mengikuti tisp yang sudah dijelaskan di atas, Demikian informasi ini disampaikan semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi anda. Sekian dan terimakasih, selamat mencoba.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *