Purbalingga Pemasok Knalpot Mercy

Mungkin banyak yang tidak tahu jika Purbalingga sebuah kota kecil di Jawa Tengah merupakan penghasil knalpot besar bahkan masuk dalam kategori terbesar si dunia,tidak tanggung tanggung knalpot buatan kota kecil ini mengeksport produknya ke Jerman produsen Mercy.

Lebih dari 4000 karyawan tersebar di daerah perkotaan kecil di Purbalingga.
Bukan itu saja kualitas produknya telah diakui bahkan mengalahkan pesaing utama pemasok knalpot ke Jerman yaitu Perancis.
Selain ke Jerman tak kalah penting adalah pasar Asia para pengrajin membuat paguyuban dan telah memasok produk produk ke konsumen resmi ATPM,beberapa otomotive yang dapat jatah tersebut adalah Suzuki,Daihatsu dan Toyota.
Paguyuban pengrajin ini juga sukses menjadi partner urusan knalpot Tank Militer milik PT.PINDAD.
Sebenarnya bukan knalpot knlapot berkelas saja yang diproduksi karena hasil dari pengamatan saya secara langsung para pengrajin juga menjual eceran untuk kebutuhan lokal dari knalpot knalpot modifikasi untuk sepeda motor hingga modifikasi untuk mobil.
Ini adalah sebuah cerita membanggakan namun dibalik ada cerita pelik dimana pembuatan knalpot yang masih mengandalkan tenaga manusia satu yang pasti kebituhan pasar dan permintaan tidak mampu di akomodir,contoh saja pihak pengimport membutuhkan sedikitnya 10000 knalpot namun para penghasil hanya mampu mebghasilkan 1000 saja per bulan.
Hal ini dikhawatirkan mereka para konsumen akan membidik negara lain yang mampu memenuhi quantitas kebutuhanya,meski secara kualitas buatan pengrajin bukan mesin masih diakui keunggulanya.
Mudah mudahan suatu saat pemerintah memberikan uluran tanganya guna mengatasi persoalan ini.
Dan bagi anda yang hobi otomotif,coba datang ke purbalingga banyak pilihan knalpot dengan berbagai varian.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan