Kiat Usaha Dagang – Usaha Lancar dan Banyak Pelanggan

Kiat Usaha Dagang

Kiat Usaha Dagang

Ingin memulai usaha dagang namun bingung dan tidak tahu harus memulai dari mana?

Atau mungkin diantara pembaca yang menginginkan usahanya laris karena selama ini jualanya terkesan jalan ditempat?

Apapun permasalahanya saya yakin mereka yang berkecimpung dalam usaha dagang menginginkan kesuksesan.

Standar kesuksesan seseorang pastilah tidak sama.

Mungkin seorang pedagang es krim keliling akan merasa sukses jika mereka mampu menghasilkan keuntungan setidaknya 100 ribu rupiah perhari, namun seorang pengusaha dagang besar seperti grosir sembako angka 100 ribu perhari masih dianggap sepi dan jauh dari target kesuksesanya.

Berapapun target kesuksesan sebuah usaha dagang, pasti perlu perjuangan dalam mewujudkanya.

Lain lagi jika kita sama sekali belum menjalankan usaha namun masih dalam perencanaan, persiapan-persiapan dari awal harus dipertimbangkan dengan matang.

Apa saja kiat-kiat  usaha dagang agar usaha yang akan atau sedang dijalani terus mengalami peningkatan dan kesuksesan sesuai target?

1.Memilih Jenis Usaha Dagang

Begitu banyaknya jenis usaha perdagangan kadang malah membuat calon pengusaha bingung, terlalu banyak berpikir usaha apa yang cocok dan menghasilkan dan seterusnya.

Suatu saat mungkin berpikiran berjualan nasi goreng namun lagi-lagi terbayang dalam benaknya jika usaha ini sudah terlalu banyak pesaingnya.

Kemudian dilain hari menemukan ide lain karena melihat kesuksesan kawanya dalam berbisnis jualan baju, namun setelah berpikir dan menimbang akhirnya mengurungkan niatnya karena banyaknya teguran jika terlalu banyak orang-orang yang gagal dalam usaha tesebut.

Begitu banyak sekali peluang didepan mata namun justru bingung mencari mana usaha yang terbaik dan cocok.

Disini akan sedikit memberi gambaran kira-kita apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan usaha dagang yang akan dipilih.

Kenali Diri Sendiri

Seberapa penting mengenali diri sendiri sebelum terjun menjadi pedagang?

Pasti orang berbeda pendapat dengan hal seperti ini.

Namun begitu kita juga mesti paham bahwa mengenali diri sendiri akan memudahkan kita dalam menjalankan usaha dalam jangka panjang nantinya.

Ajukan pertanyaan-pertanyaan dalam diri anda sendiri metode seperti apa yang anda rasa paling cocok dalam menjalankan usaha dagang?

Pertanyaan itu bisa seperti contoh dibawah ini:

1.Apakah saya sanggup dan penuh percaya diri jika mulai besok akan memulai berdagang keliling dari warung ke warung menawarkan dagangan?

2.Apakah aku sanggup dan memiliki dedikasi yang baik jika berjualan di warung atau kios?

3.Apakah aku termasuk orang yang supel dan murah senyum terhadap calon pelanggan jika besok memulai usaha?

4.Apakah saya termasuk orang yang lebih suka berjualan secara langsung atau justru lebih memilih menjadi pedagang secara tidak langsung, seperti lebih suka menyiapkan barang dagangan dan mampu dengan teliti mengatur manajemen perdagangan dan termasuk orang yang lebih suka orang lain yang menjual barang dagangan kita?

5.Apakah saya termasuk orang yang lebih tertarik dengan jualan online, dan memiliki hobi bermain internet?

Masih banyak contoh-contoh pertanyaan yang bisa anda kemukaan.

Semakin banyak anda mengerti apa yang sanggup anda lakukan semakin baik anda dalam menggali potensi diri dengan keyakinan dimana letak kelebihan yang anda miliki.

Dengan memahami karakter kita sendiri maka kita kemudian bisa menyimpulkan jualan seperti apa yang paling pas dan sesuai dengan kepribadian anda.

Ingat metode apapun dalam berjualan bukan merupakan permasalahan, justru yang sering menjadi permasalahan adalah ketika anda salah menerapkan metode dagang yang tidak sesuai dengan karakteristik dan kepribadian anda.

Sebagai perumpamaan anda merasa jika anda termasuk orang yang pemalu dan sulit berkomunikasi dengan baik terutama dengan orang yang belum dikenal baik, maka jika anda memilih berdagang sebagai ujung tombak pemasaran seperti berdagang keliling dari warung ke warung saya yakin akan membuat anda merasa tersiksa dan merasa tidak nyaman.

Coba jika anda dengan karakteristik seperti dicontohkan diatas berdagang sebagai produsen, misalkan anda mulai belajar membuat aneka jajan pasar yang kemudian dibeli oleh para pedagang pasar untuk mereka jual kembali, saya yakin anda jauh lebih percaya diri dalam menjalankan usaha ini.

Atau mungkin anda lebih suka bermain internet dan merasa sangat menikmati dunia tersebut, maka memilih untuk berjualan online dengan memanfaatkan internet saya yakin adalah hal yang paling cocok untuk anda.

Dengan mengenal diri sendiri setidaknya kita akan lebih menikmati proses perjuangan dalam mewujudkan usaha dagang yang sukses.

Seperti apa model usaha dagang yang akan dijalankan?mulailah mengenal diri sendiri karena yang tau jawaban pasti adalah kita sendiri dan bukan orang lain.

Orang lain mungkin sukses besar dengan berdagang keliling bahkan telah memiliki mobil sendiri untuk mengantarkan barang daganganya namun apakah cara tersebut cocok dengan karakteristik kita?

Mengenal diri sendiri dan tentukan metode dagang yang paling cocok baru kemudian mempelajari apa saja jenis perdagangan yang bisa dijalankan dan paling efektif.

Memilih Usaha Dagang Yang Memiliki Prospek Terbaik

Kiat  usaha dagang selanjutya adalah memilih yang memiliki prospek terbaik.

Setelah mengenali lebih jauh tentang karakteristik diri sendiri maka selanjutnya adalah menentukan jenis usaha apa yang paling sesuai denga metode jualan yang akan anda jalankan.

Sebagai perumpamaan anda menyadari jika anda termasuk orang yang pemalu dan lebih memilih berdagang sebagai produsen dan kemudian orang lain yang akan menjualkanya.

Maka pelajari apa saja kemungkinan yang paling unggul untuk dijadikan usaha.

Pelajari lebih jauh tentang barang yang paling diminati di lingkungan sekitar anda.

Apa yang mereka butuhkan, mungkin anda menemukan beberapa jenis usaha seperti jajan daerah atau mungkin jajan untuk anak sekolah dan sebagainya.

Disamping itu kita juga harus mengamati apakah jenis usaha tersebut bisa berkembang dikemudian hari atau justru usaha yang terbatas dan hanya memiliki jangakauan konsumen yang terbatas pula?

Hal-hal berikut bisa menjadi acuan jika usaha dagang yang akan dijalankan memiliki prospek baik.

1.Telah terbukti jenis usaha yang laku dalam jangka panjang.

Banyak usaha yang berprospek baik namun ini hanya musiman, sebagai contoh ditahun 2015-2016 kita mengenal usaha dagang batu akik yang sangat potensial bahkan hampir merata di Indonesia.

Namun lihat sekarang apakah harga batu yang dulu mahal sekarang masih bertahan?

Mungkin masih ada jenis batu tertentu namun batu-batu lokal yang sempat mahal sekarang hanya tinggal kenangan.

Justru usaha jualan pisang goreng meskipun harganya jauh dibawah namun sudah terbukti sepanjang masa.

Ya ini perumpamaan supaya kita bisa memilih jenis usaha yang memiliki prospek baik kedepan dalam jangka panjang.

2.Usaha dagang yang baik adalah jenis usaha yang bisa dikembangkan menjadi usaha besar.

Apapun metode usaha yang akan dijalankan sebisa mungkin pilihlah jenis usaha dagang yang memiliki potensi tumbuh dan berkembang di masa yang akan datang, kiat  usaha dagang ini untuk memastikan bahwa usaha tersebut bisa dikembangkan dan mengantarkan anda kepada kesuksesan.

Sebagai contoh saja misalkan anda memilih berdagang jualan jajan seperti keripik tempe aneka rasa, karena keterbatasan modal maka anda hanya membuat usaha tersebut secara kecil-kecilan misalkan saja hanya dengan menjual sendiri di pasar pagi hari, atau menitipkan dagangan di warung-warung.

Meski begitu, usaha jajan keripik tempe sudah terbukti bisa diterima oleh lapisan masyarkat baik yang miskin maupun yang kaya bahkan sampai ke berbagai daerah di Indonesia menyukai jenis jajanan seperti ini.

Artinya usaha tersebut bisa dikategorikan usaha yang berpotensi besar selama usaha dagang anda terus mengalami kemajuan dari waktu ke waktu.

Apakah ada usaha yang sulit untuk berkembang?

Banyak usaha-usaha yang laris manis namun sulit berkembang menjadi besar.

Contohnya adalah makanan daerah yang memiliki keterbatasan pemasaran, bisa jadi karena makanan tersebut tidak tahan lama dan hanya disukai kalangan anak-anak dengan harga yang murah.

Meskipun jenis usaha ini laris manis namun usaha seperti ini akan sulit dikembangakan menjadi besar agar anda bisa mencapai target kesuksesan dalam usaha dunia dagang dalam jangka panjang.

Namun jika target usaha anda hanya sebatas mendapatkan uang tambahan usaha seperti tersebut tetap bisa dipilih karena bisa jadi hanya sebagai batu lompatan untuk mendapatkan modal yang lebih besar dikemudian hari.

Begitupun jika anda memilih dalam usaha bisnis online.

Kenali ragam barang yang memiliki prospek baik untuk dijadikan usaha dagang terbaik anda.

3.Pilihlah Usaha Yang Mudah Mendapatkan Stok Dagangan

Ini juga hal penting yang harus dipertimbangkan yaitu jenis perdagangan dengan stok barang yang mudah didapatkan.

Begitupun jika anda memproduksi sendiri maka penting untuk mencari informasi darimana stok bahan baku didapatkan, apakah bisa terus terpenuhi sepanjang waktu atau justru akan mengalami kesulitan di masa yang akan datang?

2.Kiat Menjalankan Usaha Dagang

Setelah menemukan metode usaha terbaik yang sesuai dengan karkteristik kepribadian masing-masing dan telah menemukan satu jenis usaha dagang yang akan dijalankan maka sekarang kita saatnya mempelajari apa saja yang harus dilakukan dalam menjalankan usaha tersebut.

1.Fokus

Kenapa fokus menjadi penting dalam menjalani usaha dagang?

Apa maksud fokus dalam hal ini?

Jika kita masih pemain baru dalam sebuah usaha, fokus pada apa yang anda kerjakan adalah hal terbaik untuk mendaptkana hasil maksimal.

Pilih satu jenis usaha dengan metode yang telah anda pilih.

Misalkan saja anda memilih berjualan online karena berbagai pertimbangan seperti hobi anda akan dunia internet.

Kemudian barang yang akan dijual adalah busana muslim.

Maka untuk mendapatkan hasil maksimal dari usaha dan desikasi waktu terhadap usaha yang dijalankan, anda harus fokus pada usaha tersebut saja.

Banyak sekali yang harus dipelajari agar anda berhasil menjalankan usaha tersebut.
Bagaimana cara mendapatkan konsumen, dimana anda harus berjualan apakah cukup lewat media sosial, atau ingin membuka usaha dagang di marketplace seperti bukalapak, atau bahkan ingin membuat situs jualan online sendiri?

Bisa juga memanfaatkan semua dari metode yang ada.

Itu baru metode pemasaran belum lagi mempelajari tentang trend busana yang paling laku, mempelajari persaingan, mempelajari dari mana mendapatkan stok barang terbaik, dan seterusnya.

Dengan fokus pada usaha yang anda jalankan maka kemungkinan keberhasilan anda dalam menjalankan usaha dagang lebih besar.
Mungkin ada yang tidak sependapat karena pada faktanya mereka pengusaha besar bahkan memiliki banyak jenis usaha dan berjalan beriringan.

Fakta seperti itu memang benar adanya, namun kita juga harus paham bahwa mereka para pengusaha yang telah besar memiliki jam terbang yang sudah tidak diragukan lagi.
Usaha mereka tetap berjalan meskipun pengusaha tersebut mengambil jenis usaha baru.

Manajemen mereka sudah tertata rapi dan sudah memiliki pondasi yang kuat dan sumber pelanggan yang kuat pula.

Artinya andapun boleh melakukan hal yang sama, dengan catatan usaha yang sedang dijalani telah berhasil memberikan pemasukan yang stabil, konsumen langganan sudah solid dan usaha anda sudah dimanajemen dengan baik, sehingga meskipun anda menggarap proyek perdagangan baru usaha tersebut tetap berjalan.

Begitupun jika anda mulai menggeluti usaha pada jenis lain terapkan metode yang sama, fokus pada pengembangan usaha semaksimal mungkin.

Ketika jalan sudah terbuka, pelanggan tetap sudah anda dapatkan dan penghasilan sudah sesuai target maka sah-sah saja mengambil peluang usaha baru yang lain sambil terus mengembangkan usaha yang sedang anda jalani.

2.Memenangkan Persaingan

Kita kadang minder dan mengundurkan diri ketika menemukan peluang usaha dagang yang sangat prospek namun sudah banyak pemainya.

Kita ambil contoh anda sebenarnya menganalisa dengan baik jika usaha membuka warung masakan padang sangat prospektif.
Namun begitu ternyata usaha ini sudah banyak diisi oleh mereka yang lebih dahulu dan rata-rata pemain lama.

Inilah sebuah fakta yang sering kita jumpai segingga seseorang enggan memulai sebuah usaha yang sebenarnya menjanjikan.
Sebuah usaha dagang yang banyak pemainya dan mereka bertahan begitu lama dan terus berkembang ini mengindikasikan jika usaha tersebut adalah usaha dagang yang sangat baik.

Jika ingin sukses dalam berdagang, seharusnya ini justru menjadi penyemangat agar kita mau menganalisa lebih dalam bagaimana caranya agat kita bisa masuk dan menjadi pemain baru yang matang karena telah mempelajari cara bersaing yang benar agar kita bisa merebut pelanggan ke usaha dagang kita tersebut.

Saya percaya jika usaha dagang apapun selama prospeknya sangat baik, kita memiliki peluang untuk bermain disana dan hal yang harus ditempuh hanya mengatur strategi agar kita menang dalam persaingan.

Bagaimana caranya agar kita bisa menang dalam persaingan melawan pedagang-pedagang lama?

SRTRATEGI BERSAING

Bersaing dalam usaha adalah hal yang wajar, jadi tak perlu khawatir menghadapi situasi seperti ini.

Bersainglah secara sehat untuk merebut hati pelanggan.

Untuk menang dalam persaingan dengan mudah maka kita harus menjadi yang terbaik dalam beberapa hal penting.

1.Kialitas Layanan

Apapun usaha dagang anda berikanlah layanan yang lebih baik dibandingkan dari mereka yang selama ini terbaik di area persaingan usaha anda.

Untuk mampu memberikan layanan yang terbaik kita harus paham betul mana saja pengusaha dagang dengan jenis yang sama yang memiliki kualitas terbaik saat itu.
Pelajari apa saja yang mereka berikan sehingga begitu banyak pelanggan atau pembeli ditempatnya.

Apakah karena keramah-tamahanya, atau karena fasililitas yang baik dalam melayani mereka , apakah tempatnya yang nyaman.
Atau mungkin saja mereka telah memberikan ke semua dari yang disebut di atas.

Tugas kita adalah menduplikasi apa dari keistimewaan yang pesaing tersebut tawarkan.
Pelayanan yang ramah? Kitapun harus demikian, ketepatan waktu, dan sebagainya.
Jika anda sudah yakin menganalisa kelebihan lawan persaingan maka selanjutnya adalah mempelajari titik kelemahan mereka.

Saya yakin tidak ada satupun usaha yang sempurna, disinilah tugas kita agar memberikan sesuatu yang lebih baik.

Cobalah perhatikan secara teliti, jika anda kesulitan menemukan kelemahan mereka coba tanyakan kepada para pelanggan setia dari usaha pesaing apa kira-kira yang kurang dari pelayanan yang mereka berikan.

Kumpulkan data-data tersebut untuk dijadikan bahan masukan agar usaha kita nanti menjadi selangkah lebih baik dari yang saat ini terbaik.
Bisa saja pelayanan sangat memuaskan namum tempat duduk mereka yang mengantri sangat tidak nyaman, atau ruang tunggu panas dan pengab dan sebagainya.

Jika kita mampu memberikan keunggulan pada bidang yang pesaing tidak garap dengan baik, maka kemungkinan untuk menarik pelanggan ke usaha kita makin besar.
Begitupun jika usaha dagang anda adalah usaha online, berikan yang terbaik dan pelajari persaingan dalam bisnis sejenis.

2.Kualitas Produk

Disamping layanan harus menjadi yang terbaik, maka hal penting berikutnya adalah kualitas produk atau barang dagangan.

Percuma saja kita memiliki pelayanan terbaik namun usaha warung makan kita menyajikan menu yang dianggap oleh konsumen tidak enak dan tidak menarik.

Kualitas produk harus diprioritaskan sebagai strategi persaingan.

Jika usaha tersebut adalah usaha kuliner, pastikan resep masakan yang di jual adalah yang terbaik diantara persaingan yang ada pada level usaha yang setara.

Untuk bisa memberikan kualitas makanan yang terbaik maka perlu melakukan serangkaian ujicoba sebelum terjun menjadi pengusaha kuliner.

Beli serangkaian menu masakan yang sama yang ada di area persaingan, lalu carilah resep yang lebih baik.

Mungkin ini akan sedikit merepotkan namun jangan berhenti belajar teruslah berusaha hingga menemukan kualitas diatas persaingan, dan menjadikanya sebagai resep baku usaha dagang nantinya.

Perhatikan juga faktor kebersihan makanan dan sererusnya.

Begitupun untuk produk lain, atau metode usaha dagang yang berbeda berilah kualitas produk yang terbaik dari semua persaingan yang ada.

3.Harga Yang Bersaing

Harga merupakan hal termudah untuk merebut hati pelanggan asalkan kualitas produk nyaris sama dan kemudian kita berikan harga dibawahnya maka kemungkinan pelanggan mendatangi usaha kita menjadi lebih besar.

Namum kita harus ingat bahwa bersaing dengan harga bukanlah solusi yang baik dalam mengambil hati pelanggan.

Jika pesaing tahu strategi kita sebagai pedagang baru yang berusaha menurunkan harga pasaran bisa -bisa ini bisa menjadi boomerang.

Mereka para pemain lama telah memiliki cukup modal untuk berperang dengan harga.
Seandainya kemudian mereka mengubah strategi dengan menurunkan harga dibawah harga rendah yang kita tawarkan maka ini akan menjadi rumit, bagi pengusaha yang telah memiliki cukup modal mereka bisa saja tetap berjalan tanpa keuntungan semata-mata agar kembali merebut konsumen sementara jika kita sebagai pengusaha baru dengan modal pas-pasan dilanda hal demikian tentu akan merepotkan bahkan bisa jadi menyerah sebelum sukses menghampiri.

Maka bijaklah bersaing dengan harga, akan lebih realistis jika kita tawarkan harga yang sama namun lebih unggul dalam kualitas layanan dan produk yang ditawarkan.
Namun jika tetap ingin bersaing dalam harga jual maka sebaiknya beri sedikit saja lebih murah dari harga pesaing yang ada di area usaha anda.

Kaluapun ingin melakukan harga discount itu semata-mata hanya perlu dilakukan di awal usaha pada beberapa hari atau minggu pertama untuk memancing pelanggan, atau bisa juga pada momen khusus seperti hari anniversary dan sebagainya.

4.Kejujuran

Kejujuran sebenarnya sudah menjadi hal yang paling umum sebagai kiat usaha dagang paling mendasar.
Sayangnya tidak semua pedagang menerapkan kejujuran dalam usahanya.

Bisa jadi karena tergiur keuntungan besar dalam jangka pendek, namun mereka tidak menyadari jika kebiasaan tidak jujur akan terbaca oleh pelanggan dan akan membuat mereka enggan kembali.

Di postingan sebelumnya juga pernah dibahas tentang pentingnya sebuah kejujuran dalam usaha dagang silahkan baca disini.

Dengan menerapkan semua kiat-kiat usaha dagang diatas maka kita akan memiliki daya saing yang tinggi, namun begitu kita juga tidak boleh takabur berdoalah karena semua rejeki dari yang maha kuasa.

Dengan mengerti kiat usaha dagang yang baik maka kemungkinan mencapai kesuksesan akan makin besar.

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *