Kelebihan Usaha Warung Kopi Hingga Coffeeshop Modern

Kelebihan Usaha Warung Kopi

Kelebihan Usaha Warug Kopi 

Di artikel sebelumnya hinyong.com pernah membahas strategi usaha warung kopi sederhana panjang lebar. Jika Anda belum membacanya silahkan baca terlebih dahulu agar dapat mempertimbangkan usaha ini sebagai usaha yang cukup berpotensi.

Nah bagi yang sudah membaca namun masih ragu terhadap potensi usaha warung kopi sederhana berikut sedikit penjelasan beberapa kelebihan usaha jualan kopi di warung kopi sederhana hingga di coffeeshop modern

Alsan Warung Kopi jadi Pilihan Usaha yang Prospektif

Selain usaha warung sembako, usaha kedai kopi juga memiliki peminat yang cukup besar.

Ini dikarenakan prospeknya juga sangat bagus.

Beberapa alasanya adalah:

Usaha Warung Kopi Memiliki Calon Konsumen yang Sangat Luas

Hampir di seluruh Indonesia trend penikmat kopi cenderung meningkat.

Jika dahulu kopi lebih identik dengan minumn laki-laki kini minuman ini sudah banyak digemari kaum hawa.

Banyaknya pilihan menu warung kopi yang menyajikan kopi berbagai jenis membuat pria maupun wanita lebih asyik menikmati kopi diwarung maupun coffeeshop yang lebih modern.

Jenis kopi tradisional hingga kopi yang dikemas dengan berbagai varian seperti capucino, kopi topping coklat hingga es kopi merupakan pengembangan produk yang semakin digemari.

Minum Kopi Merupakan Tradisi Turun Temurun

Dari jaman dahulu acara minum kopi bareng tamu atau sekedar kawan akrab merupakan tradisi yang tak pernah pupus.

Kini dengan bergulirnya waktu acara ngopi bareng sudah banyak beralih ke warung kopi sederhana hingga kedai kopi modern.

Ini merupakan potensi yang bagus dan memiliki trend meningkat dari waktu ke waktu.

Keuntungan Jualan Kopi Sangat Besar

Alasan lain kenapa usaha jualan kopi sangat baik adalah melihat dari sisi keuntungan, coba bayangkan di usaha warung kopi paling murah saja mereka pengusaha minuman kopi menjual secangkir kopi panas seharga Rp. 3000,- sedangkan bahan yang digunakan adalah kopi instant denga  harga kurang dari Rp. 1500,- artinya mereka penjual kopi termurah saja bisa mendapatkan keuntungan lebih dari 100% per satu cangkir kopi.

Maka saya yakin dengan asumsi demikian usaha warung kopi memiliki profit yang luar biasa, belum lagi jika membandingkan dengan model kopi yang dijual oleh coffeeshop modern dengan rentang harga secangkir kopi Rp. 15.000,- hingga Rp. 40.000,-.

Cara Bisnis Kopi yang Beragam

Hal lain kenapa bisnis kedai kopi sangat layak jadi pilihan adalah karena usaha ini sangat mudah dijalankan bahkan oleh mereka yang awam karena usaha jualan kopi bisa dimulai dari yang paling sederhana dengan berjualan di kaki lima, dengan asongan , jualan kopi keliling dengan mobil hingga usaha kedai kopi berstandard internasional yang jauh lebih modern berlokasi strategis seperti mall, bandara dan pusat kota metropolitan.

Cakupan Lokasi Luas

Seperti di singgung diatas usaha jualan minuman kopi memiliki cakupan area yang cukup luas.

Anda bisa memulai usaha di pedesaan, di dekat komplek perumahan, di pasar, terminal , mall hingga jualan pada momen perayaan tertentu seperti pada acara perayaan dan hiburan 17 Agustusan, dan lokasi lain bahkan yang tidak pernah terpikirkan oleh kita.

Bisa Dimulai Dengan Modal Kecil

Dengan modal yang kecil saja Anda sudah bisa memulai usaha jualan kopi sambil terus belajar berwirausaha dan mengumpulkan modal sebagai batu lompatan untuk berjualan dengan metode yang lebih baik dan memiliki omset yang meningkat.

Warung Kopi, Usaha yang Tidak Kenal Musim

Tidak seperti usaha makanan trend yang cenderung musiman, usaha jualan minuman kopi tidak kenal musim.

Usaha ini bisa dijalankan kapan saja baik musim penghujan maupun musim kemarau.

Tidak Mengenal Waktu

Usaha kedai kopi juga bisa beroperasi kapan saja tergantung lokasi usaha ,laris dipagi dan malam hari dengan kopi panas dan laku keras di siang hari untuk berbagai kopi viarian tertentu disajikan dingin.

Bisa Disanjingkan Dengan Jenis Usaha Lain

Usaha jualan kopi juga bisa disandingkan usaha lain, usaha seperti bengkel sepeda motor, usaha warteg, usaha warung padang, usaha nasi uduk dan berbagai usaha lain yang masih berhubungan dengan konsumen secara langsung nahkan sekarang mini market modern sudah menambahkan jualan kopi ke dalam usahanya.

Resep Kopi Mudah Dipelajari

Tidak seperti usaha lain seperti usaha peternakan, usaha pertanian ataupun usaha toko tertentu seperti toko emas yang membutuhka pengetahuan dan pembelajaran yang memakna waktu maka jualan kopi panas ataupun dingin bisa dijalalankan oleh siapa saja.

Kehadiran kemasan kopi sachet instant sangat memudahkan siapa saja bisa meracik kopi dengan berbagai varian rasa tanpa mengurangi prospek keuntunganya.

Sebenarnya masih banyak kelebihan usaha warung kopi, namun dari sekian kelebihan tersebut saja sudah megindikasikan jika jualan minuman kopi merupakan usaha yang sangat potensial dan prospektif.

Semoga Bermanfaat.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *