Kejujuran Adalah Modal Penting Dalam Bisnis Dagang Tradisonal

Kejujuran dalam bisnis

Kejujuran adalah modal penting dalam bisnis.

Saya yakin jika rata-rata para pebisnis sadar dan tahu jika kejujuran merupakan pondasi utama dalam membangun jaringan bisnis.

Ini termasuk jika kita ingin meraih kepercayaan dan mendapakan pelanggan dalam sebuah usaha.

Sayangnya meskipun para pebisnis tahu akan hal tersebut,namun banyak dari mereka melanggar aturan dasar dari permainan bisnis ini.

Alasanya mereka tergiur mendapatkan keuntungan lebih besar,atau mempercepat penjualan dalam usaha dagangnya dan sebagainya.

 

Apa Saja Manfaat Kejujuran Pada Bisnis Tradisional?

 

Menjaring Pelanggan



Sebagai contoh kecil saja ketika seorang pedagang tradisional menjual barang daganganya yang sebetulnya lebih ditujukan untuk kalangan menengah kebawah,namun suatu saat mendapatkan pembeli yang terlihat dari kalangan atas atau orang kaya,maka tidak sedikit pedagang seperti ini kemudian menaikan harga jual barang daganganya lantaran merasa mendapatkan pembeli dari orang yang memiliki banyak uang.

Padahal banyak orang kaya atau kalangan menengah keatas yang membelanjakan uangnya untuk membeli barang di kaki lima karena berharap agar mendapatkan harga yang lebih murah.

Bukan tidak mungkin seandainya penjual barang kaki lima tetap memperlakukan harga yang adil terhadap semua pembeli termasuk kalangan menengah keatas,mereka akan kembali membeli ke tempat tersebut dikemudian hari,membeli berkali-kali bahkan mempromosiknan dagangan kita kepada teman-teman mereka akan kejujuran dan harga yang bersaing.

Artinya kemungkinan untuk mendapatkan pelanggan semakin banyak dan terbuka lebar.

Sayangnya tidak semua pedagang melakukan hal semacam itu,banyak dari mereka para pedagang tradisional tergiur mendapatkan keuntungan besar.

Barangkali satu atau dua kali bisa sukses terjadi transaki namun apakah mereka akan kembali lagi?

Jika mereka para pembeli tidak menyadari akan harga yang ia belanjakan terlalu mahal maka bisa saja mereka akan kembali membeli dagangan kita.

Namun bagaimana jika di kemudian hari mereka tahu dan dan menyadari jika harga yang mereka dapatkan ternyata terlalu mahal ?

Jangankan mereka akan kembali,barangkali malah akan timbul rasa tidak suka atau bahkan merasa dicurangi karena harga beli yang ia belanjakan terlalu mahal.

 

Mendapat Modal Gratis



Banyak contoh dilapangan tentang pedagang tradisional yang awalnya hanya berdagang ala kadarnya kemudian menjelma jadi juragan pada bidang perdagangan tertentu.

Bahkan para pedagang ini kadang kala pada awalnya hanya memiliki modal tidak seberapa.

Kejujuran dalam berbisnis telah mengantarkan seorang pedagang tradisional mendapatkan modal gratis dari para penyupalai barang

Sebagai contoh ringan ketika seorang pedagang buah-buahan yang sangat jujur dan selalu menepati janjinya awalnya hanya berjualan di sebuah pasar menjajakan buah dengan modal yang ia miliki.

Namun karena kejujuranya dan ketelitianya lambat laun memiliki banyak kenalan dan pelanggan yang sangat loyal.

Pada musim buah tertentu para penyuplai buah-buahan memiliki stok yang melimpah.

Ini adalah kesempatan emas untuk mendapatkan keuntungan karena pedagang-pedagang yang telah memiliki banyak langganan akan cepat menjual buahnya apalagi pada musim buah tertentu.

Kabar baiknya pada sistim perdagangan tradisional para penyuplai barang dagangan tidak sungkan memberikan barang daganganya kepada para penjual tradisional denagan sisitim bayar kemudian setelah barang laku.

Namun rata-rata mereka hanya akan memberikan sistim tersebut kepada para penjual yang telah dipercaya dan memiliki kejujuran yang telah teruji.

Dengan menerapkan sisitim dagang yang jujur dari awal memulai usaha dagangnya maka besar kemungkinan para pedagang jujur ini akan mendapatkan jatah modal gratis dari para penyuplai barang tersebut.

Artinya meskipun awalnya modal yang dimiliki sangat minim namun seiring kepercayaan maka kita akan memperoleh modal gratis dari para supplier yang bisa jadi berkali lipat dari kemampuan dana kita.

Jka kita pandai memanfaatkan kepercayaan seperti ini maka sebuah bisnis perdagangan kita bisa tumbuh besar dalam waktu yang relatif singkat.

 

Memiliki Nama Baik dan Cepat Berkembang

 




Salah satu syarat menjadi pebisnis tradisional yang sukses adalah memilki reputasi dan nama baik.

Mereka yang memiliki nama baik sebagai pedagang tradisional akan sangat mudah berinteraksi dengan para pebisnis lainya bahkan dengan pebisnis yang lebih tinggi levelnya.

Kemudahan mendapatkan kepercayaan karena reputasi yang dibangun dari kejujuran yang umumnya dipromosikan dari mulut ke mulut akan memudahkan mendaptkan relasi atau mitra bisnis baru bahkan hingga ke level bisnis yang lebih besar.

Dengan melebarnya jaringan dan banyaknya kepercayaan maka sebuah bisnis dagang akan sangat mudah dan lebih cepat berkembang.

Jangkauan pemasaran bisa di perluas atau bisa meningkatkan bisnisnya ke level yang lebih besar dengan waktu yang lebih singkat.

 

Hal yang tak kalah penting manfaat kejujuran dalam berdagang adalah mendapatkan keuntungan ganda baik di dunia maupun di akhirat,Amiin.

Terima kasih telah meluangkan waktu bersama HiNyong

Silahkan berikan komentar dan bagikan kepada teman lewat sosmed di bawah.

 

Loading...

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan