Peluang Usaha Jual Hijab dan Busana Muslim

by :

Mencari ide peluang usaha seakan menjadi hal yang sulit buat mereka yang belum pernah terjun menggeluti usaha sendiri.

Sebagai pekerja baik di perkantoran ataupun yang bekerja sebagai karyawan pabrik banyak yang membutuhkan pendapatan tambahan demi mencukupi kebutuhan sehari-hari yang semakin meningkat.

Jangan menyerah masih banyak celah untuk di gali menjadi sumber pendapatan terutama bagi para ibu rumah tangga yang mengharap pendapatan tambahan.

Kali ini hinyong.com akan mencoba mengkaji bagaimana prospek jualan hijab sebagai usaha sampingan ataupun usaha utama buat mereka yang membutuhkan uang tambahan.

Kenapa jualan hijab atau baju muslim dianggap sebagai peluang usaha yang sangat prospektif?

Sebagai negara muslim terbesar di dunia Indonesia memiliki potensi yang sangat bagus bagi industri tekstil dan utamanya adalah para pebisnis baju muslim ini.

Kesadaran dan trend mengenakan baju muslim semakin tahun semakin meningkat.

Ini merupakan kabar baik,karena berarti prospek untuk berjualan hijab akan terus mengalami kemajuan.

Jika pada puluhan tahun yang lalu membelanjakan uang untuk keperluan sandang hanya di lakukan setahun sekali utamanya pada keluarga menengah kebawah,maka hal tersebut tidak lagi berlaku.

Konsumen baju hijab menunjukan peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun.

Orang membelanjakan uangnya untuk keperluan sandang bukan lagi pada hari lebaran saja,namun sudah menjadi salah satu trend untuk mengikuti dan mengenali baju-baju muslim kekinian bahkan pada kelas menengah ke bawah sekalipun.

Namun begitu kita juga mesti sadari meskipun konsumen yang semakin banyak bukan berarti menjadi hal yang mudah untuk mengisi prospek peluang usaha ini.

Bagi para pemula bisnis usaha baju muslim akan terkendala karena seiring meningkatnya konsumen maka meningkat pula persaingan para penjual baju-baju hijab yang semakin menjamur.

Beraneka ragam model dan trend terus berkembang dan jika tidak mampu memahami hal tersebut maka para pendatang baru pada usaha ini hanya akan gigit jari karena barangnya tidak laku.

Bagaimana Cara Memulai Usaha Jualan Hijab atau Busana Muslim?

1.Kenali Pasar Konsumen Di Sekitar Kita.

Sebelum mengawali jualan hijab alangkah baiknya perhatikan potensi yang ada di lingkungan sekitar.

Akan kemana produk jualan kita dipasarkan apakah kepada rekan sesama pekerja atau dengan membuka toko sendiri atau bisa juga dengan keliling dari rumah ke rumah.

Bagi yang profesinya bekerja di sebuah perusahaan atau pabrik dengan karyawati yang berjumlah hingga ratusan bahkan ribuan maka tak salah lagi jika jualan hijab merupakan prospek yang sangat baik.

Begitupun jika ingin membuka toko offline ataupun dagang keliling.

Perhatikan beberapa hal dengan potensi market yang akan di bidik:

1.Seberapa besar atau seberapa banyak target konsumen yang mengenakan hijab.

2.Perhatikan umur target konsumen yang akan dibidik,apakah usia remaja,usia ibu rumah tangga.

3.Kenali trend yang berlaku di daerah sekitar,apakah mereka cenderung lebih suka dan tertarik akan busana-busana hijab terbaru atau mereka konsumen yang lebih mengedepankan harga murah asal pantas dan sopan?

4.Perbanyak koneksi dan hubungan baik dengan calon konsumen ataupun partner yang bisa jadi akan mempermudah usaha kita nantinya.

5.Perhatikan juga kemampuan daya beli salah satu tujuannya adalah untuk mempermudah mencari barang dagangan pada rentang harga yang cocok buat konsumen kita nantinya.

Dengan mengenali calon konsumen yang akan kita jadikan calon pembeli setidaknya kita bisa menyesuaikan barang dagangan dan cara penjualan.

Apakah barang bermerk atau barang murah meriah,apakah dijual secara kontan atau dijual secara kredit.

Semua bergantung pada hasil analisa konsumen tersebut.

2.Belajar Mengenai Trend Baju Muslim

Hal yang sangat penting untuk diperhatikan selanjutnya adalah mempelajari trend fashion yang sedang kekinian.

Apalagi jika ditemukan calon konsumen yang akan di bidik adalah para remaja.

Kesalahan dalam berbelanja pakaian dan model bisa saja akan membuat stok barang anda menumpuk karena tidak diminati pembeli.

Begitu juga jika calon pembeli kita adalah mereka para ibu-ibu yang telah berumur jangan nekat belanja barang yang modelnya dikhususkan oleh remaja.

Pada sebagian ibu rumah tangga akan merasa kurang pede jika harus mengenakan busana yang terkesan terlalu muda.

3.Mempelajari Cara Terbaik Mendapatkan Pasokan Barang.

Setiap usaha dagang tentu mengharapkan keuntungan dari hasil jualanya.

Salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan maksimal adalah dengan menjual barang dagangan dengan harga bersaing jika perlu sedikit lebih rendah dari harga pasaran dan mendapatkan pasokan barang dengan harga relatif lebih murah.

Salah satu cara yang paling ampuh adalah dengan membeli barang dalam partai besar karena umumnya belanjaan dengan jumlah yang banyak akan mendapatkan potongan harga atau harga khusus dari pemasok barang kita.

Dengan persyaratan pemasok merupakan distributor atau grosir yang memiliki stok berlimpah juga.

Jadi jangan harap mendapatkan harga miring dengan membeli banyak barang jika anda juga membeli barang di tempat retail atau pengecer.

Inilah yang harus kita pahami agar kita mendapatkan pasokan barang yang mampu berdaya jual dan mampu bersaing dipasaran.

Barangkali menemukan grosir besar tidak menjadi permasalahan buat para pelaku bisnis yang telah lama bergelut di bidangnya dalam hal ini grosir baju hijab.

Namun bagi pemula tentu perlu banyak belajar entah bertanya kepada para pebisnis atau bertanya kepada pekerja sebuah usaha jual hijab di daerah anda untuk mendapatkan informasi pemasok barang yang bagus atau mencari sendiri di berbagai media dan forum di internet.

Meskipun secara teori terlihat gampang namun pada kenyataannya kita kadang dihadapkan dengan berbagai masalah seperti keterbatasan dana untuk berbelanja dalam jumlah besar untuk tujuan mendapatkan harga miring dan juga kesulitan kita dalam memasarkan barang dagangan tersebut.

Ada beberapa trik yang bisa dipakai agar kita bisa mendapatkan harga miring namun dengan modal minim alias memanfaatkan modal yang ada namun mendapatkan harga miring seperti mereka yang berbelanja besar.

Berikut beberapa trik-triknya:

1.Jika anda memiliki kenalan atau saudara yang berbisnis baju hijab atau dengan kata lain memiliki kolega yang sudah lama berkecimpung di bidang jualan hijab,cobalah menjalin hubungan lebih dekat selama pasar yang dibidik berbeda dengan teman atau saudara tersebut maka tidak ada salahnya jika kita meminta bantuan kepadanya agar barang belanjaan kita di tempat distributor atau grosir hijab yang sama diatasnamakan barang orang tersebut

Artinya barang belanjaan kita disatukan dengan barang belanjaan saudara atau teman yang memiliki barang belanjaan dalam jumlah besar.

Memang tidak mudah jika kita tidak mengenal baik partner seperti diatas.

Karena mereka tentu lebih mengharap agar kita belanja lewat mereka bukan mengatasnamakan nama mereka hanya sekedar mendapatkan harga murah.

Karenanya perlu menjalin hubungan yang benar-benar baik sebelum mengajukan niat anda.

2.Mencari grosir yang bisa diajak kerjasama.

Artinya carilah grosir yang mau memberikan harga khusus layaknya menjual partai besar kepada kita,ajukan niat baik kita jika kita akan menjalin kerja sama jangka panjang untuk membeli pakaian sebagai reseller,namun karena keterbatasan dana maka pembelian belum bisa dalam partai besar namun berjanjilah jika kita akan membeli lebih sering mengingat stok yang dibeli sedikit demi sedikit.

Jika alasan kita diterima bukan mustahil kita bisa mendapatkan harga sama dengan mereka yang berbelanja dengan partai besar.

3.Mencoba membandingkan penjual-penjual grosir online.

Sekarang ini grosir online bertebaran di internet.

Coba lakukan penelitian dimana grosir hijab dengan harga paling baik tentu dengan melihat kualitas yang sebanding.

Jangan sungkan untuk bertanya kepada layanan konsumen dan tanyakan tentang harga untuk reseller.

Jika memungkinkan cek keberadaan grosir mereka setelah mendapatkan informasi yang diperlukan.

Jika sudah mantap dengan satu grosir tertentu mulai lah belanja barang dagangan yang di inginkan.

Meski begitu pemilihan barang yang tepat juga akan menentukan kesuksesan bisnis hijab terutama para pemula.

Jangan asal belanja barang murah karena bisa jadi barang murah yang dijual distributor atau grosir merupakan barang stok atau model lama sehingga mereka membanting harga.

Ingat fashion itu kental akan model terkini.

Jangan hamburkan modal awal dengan tergiur barang murah yang ternyata barang tersebut sudah ketinggalan jaman.

Alangkah baiknya tanyakan model terbaru yang sedang trend dan model-model paling laku di pasaran kepada grosir tersebut.

Mungkin harganya akan lebih mahal namun jika model tersebut tepat sasaran kemungkinan jualan hijab anda akan laris manis.

Model terbaru dan merk merupakan hal penting untuk diikuti namun harus diingat juga kemampuan daya beli konsumen nantinya.

Kita harus pandai menggabungkan unsur-unsur tersebut.

4.Mendapatkan dan Memaksimalkan Modal Usaha.

Sedikit sudah diulas diatas bagaimana mensiasati belanja jika modal kita terbatas.

Lantas bagaimana jika kita masih belum memiliki modal ditangan?

Artinya kita memiliki niat mantap dan telah melakukan berbagai analisa diatas namun masih terbentur modal awal.

Modal bagaimanapun merupakan faktor penting yang kadang menjadi penghalang utama sebuah usaha baru.

Secara pribadi saya tidak setuju jika kita harus berhenti begitu saja lantaran modal yang dijadikan kendala.

Banyak jalan menuju Roma untuk mendapatkan modal ini,bisa saja dengan menyisihkan uang gajian kita atau bisa juga menjual aset pribadi yang kurang produktif atau bisa juga dengan menggadaikan barang berharga yang tidak digunakan.

Namun begitu kita juga tidak boleh mengambil enteng permasalahan modal.

Banyak pemula terlalu berambisi dan yakin padahal usahanya adalah sebuah usaha yang dirintis dari bawah,mereka mengajukan pinjaman ke bank dengan menggunakan sertifikat penting seperti rumah dan sebagainya.

Ini terlalu beresiko dan dapat menghancurkan masa depan anda sendiri. Jika ternyata usaha anda tidak semanis harapan.

Meminjam modal besar pada awal usaha baru sangat tidak disarankan.

Sebaiknya mulailah cara pengambilan modal selain pinjaman seperti contoh diatas.

Hanya setelah anda yakin prospek bisnis yang di geluti memiliki kemajuan dan mulai mendapatkan pelanggan yang baik namun stok barang menipis sehingga kewalahan barulah kita boleh merencanakan pinjaman untuk suntikan dana anda.

Usahakan jika sampai pada tahap pengajuan pinjaman seperti ini pergunakanlah agunan yang tidak mudah membuat anda jatuh bangkrut dan terpuruk.

Gunakan BPKB Mobil akan lebih baik dibandingkan sertifikat rumah satu-satunya,begitu seterusnya.

Gunakanlah modal untuk berbelanja pada produk yang paling laris dan stok sedikit saja barang-barang atau model yang kurang banyak peminatnya.

Dengan demikian perputaran modal lebih baik dan keuntungan dari perputaran modal lebih efektif.

5.Berjualan dan Promosi

Setelah melewati serangkaian proses seperti diatas dan telah memiliki stok barang yang akan dijual segera mulai usaha hijab tersebut,jangan menunda-nunda.

Yakinkan niat dan semangat dan bagi para pekerja yang menjadikan usaha ini sebagai usaha sampingan jangan ragu dan malu untuk menyatakan diri sebagai penjual busana hijab.

Nyatakan dan kenalkan usaha tersebut kepada semua teman akrab dan saudara terlebih dahulu perlihatkan juga produk-produk yang dijual mintalah bantuan dari mereka untuk ikut mengabarkan usaha ini kepada teman-teman mereka.

Ingat promosi terbaik adalah promosi gratis dari mulut ke mulut yang di ungkap oleh teman atau saudara terpercaya.

Selain promosi lewat teman dan saudara kita juga bisa mulai memperkenalkan diri bisnis hijab ini lewat sosial media.

Tag teman-teman akrab di Facebook,Twitter ataupun media lain dan perkenalkan usaha baru anda beserta gambar-gambar/foto koleksi hijab kita.

Berpromosi lewat media sosial sebaiknya harus transparan tanpa disembunyikan jika ada yang menanyakan harga pada produk jualan anda berikan penjelasan rinci pada postingan tersebut jangan dijelaskan lewat private message atau sering disebut PM.

Lewat cara tersebut maka usaha anda dinilai sebagai usaha jujur tanpa menyembunyikan harga atau hal lainnya.

Dengan berpromosi di medsos juga akan membuat bisnis hijab baru kita akan lebih dikenal teman kita yang bisa jadi sebagian dari mereka adalah target pemasaran di perusahaan atau pabrik tempat kita bekerja.

Sementara jika jualan anda adalah sistim Toko offline promosi lewat medsos juga efektif terutama jika pertemanan Anda berada di satu wilayah yang masih dalam jangkauan.

Promosi lain bisa berupa potongan harga pada momen tertentu seperti saat lebaran atau saat perayaan tahun baru dan sebagainya ketika usaha kita sudah berjalan.

Berminat menjadi penjual hijab?Silahkan komen di kolom komentar dibawah.

Terimakasih Telah Membaca,Kunjungi Juga Tentang Perawatan Kecantikan di:

Hinyong Cantik

   
Jika merasa sedikit saja manfaat,bantu kami dengan klik Sukai Halaman Facebook Hinyong dibawah,dukungan anda sangat berarti.
Loading...

Tinggalkan Balasan

Copyright© Hinyong 2018
Tentang Hinyong| Hubungi Hinyong| Privacy Policy|Disclaimer|Terms Of Services|Sitemap