Peluang Usaha Jual Sayur Mayur Dan Buah Di Pasar Pagi Hari

by :
Jualan Sayur di Pasar Pagi

Jualan sayur dan buah di pasar pagi hari bisa menjadi ide usaha bagi pemula dengan modal kecil.

Usaha ini sangat cocok dijalankan bagi mereka yang membutuhkan uang tambahan atau jika anda ingin mendapatkan usaha tanpa mengeluarkan modal besar.

Caranya juga sangat sederhana dan bisa dijalankan oleh siapa saja selama memiliki keinginan yang kuat dan tidak merasa gengsi memulai usaha dari level bawah.

Ini bukan cerita omong kosong namun sudah dibuktikan jika pasar di pagi hari bahkan umumnya pasar semi tradisional ini sudah dimulai sejak dini hari antara pukul 2 atau 3 pagi.

Jika kita tinggal di area kota kecil seperti kabupaten dan kecamatan pasti mengenal pasar seperti ini.

Uniknya para pedagang ini tidak memiliki kios secara tetap namun berjualan di bahu jalan dan sebagian lagi berjualan di trotoar saat arus kendaraan masih sangat lengang.

Mereka para pedagang akan bergegas menutup usahanya saat matahari mulai terang dan kendaraan mulai ramai.

Hal yang menarik adalah meskipun mereka tidak memiliki tempat secara khusus,namun mereka sudah tertata rapi sesuai posisinya masing-masing.

Jualan mereka beraneka ragam dari sayur-mayur hingga buah-buahan dan berbagai keperluan ibu rumah tangga seperti sembako dan juga tidak jarang ditemui jualan ikan dan daging.

Kenapa Jualan Sayur atau Buah di Pasar Pagi Sangat Menguntungkan?

Salah satu kelebihan pasar pagi hari adalah pasar ini sangat ramai meski kondisi masih pagi buta.

Mereka yang datang berbelanja bukan hanya dari kalangan pengecer saja.

Para pemilik usaha warung sembako dan tukang jualan sayur keliling berdatangan untuk berbelanja kebutuhan usahanya.

Dengan banyaknya pembeli borongan seperti ini tentu para pedagang dalam posisi diuntungkan karena pembelian dalam jumlah besar akan menaikan omzet penjualan.

Beruntung jika kita pengusaha baru yang akan memulai usaha berjualan sayuran atau buah-buahan,mereka para pembeli tidak selalu belanja kepada pemain lama saja.

Para penjual baru sekalipun selama berjualan dengan harga yang bersaing dan merupakan barang kebutuhan yang dicari maka usaha tersebut bisa langsung laris manis bahkan meski anda baru membuka usaha sekalipun.

Menarik bukan peluang usaha ini?

Mencari Tempat Berjualan

Jika berminat untuk menjadi penjual di pasar pagi inipun tidak ada persyaratan khusus,selama ada ruang kosong yang bisa dijadikan tempat jualan maka kita bisa berjualan disitu.

Asalkan jenis jualan berbeda dari para penjual lama yang ada disebelah kita maka anda akan baik-baik saja.

Namun begitu alangkah baiknya jika ingin serius berjualan lakukan sedikit survey ke pasar yang akan menjadi tujuan anda.

Coba tanyakan pada para penjual atau pengelola disekitar jika menemukan tempat kosong,apakah sudah ada yang menempati atau belum.

Karena mungkin satu daerah dengan daerah lain akan sedikit berbeda aturan.

Jika anda sudah yakin dan menemukan tempat tersebut maka anda bisa memulai usaha anda pada keesokan harinya.

Memilih Barang Yang Akan Dijual

Bagi anda yang belum punya ide mau berjualan apa maka ada baiknya memikirkan dan menganalisa barang jualan yang akan dijadikan produk usaha di pasar pagi tersebut.

Sebenarnya banyak sekali barang yang bisa dijual disana,anda bisa menyesuaikan keahlian atau bisa mencari barang yang laku di pasaran dan atau jenis barang yang memiliki jaringan atau jangkauan yang mudah untuk mendapat barang tersebut dalam jangka panjang.

Bisa saja kita berjualan aneka lauk seperti ikan,ayam atau jualan kerupuk dan sebagainya.

Namun kali ini penulis akan memberikan contoh jika pilihan anda adalah berjualan sayuran atau buah yang juga merupakan barang paling banyak dicari di pasar pagi hari.

Cara Memilih Barang Jualan Agar Menguntungkan

Dalam contoh kali ini seperti disebutkan diatas adalah memilih jenis sayur yang akan dijual untuk mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin namun tetap bisa memberikan harga yang bersaing.

Karena kebanyakan sayur adalah produk jualan yang tidak tahan lama maka kepiawaian dalam memilih jenis sayuran adalah kunci utama agar usaha anda sukses.

Terutama bagi pemain baru sebaiknya memilih jenis sayur yang bisa bertahan hingga beberapa hari.

Tujuan berjualan sayur yang bisa lebih tahan adalah menghindari jika usaha awal Anda tidak selaris seperti yang diperhitungkan sebelumnya.

Berikut beberapa tips yang bisa dipergunakan.

1.Sebelum memiliki pelanggan tetap berjualan sayur atau buah yang lebih tahan lama,contoh sayuran dan buah ini adalah:

Aneka kacang-kacangan,kentang,labu,nanas,salak pondoh,dan sebagainya.

2.Cari barang dari penjual pertama sebelum masuk ke tengkulak atau jika memungkinkan beli langsung dari petani dengan harga borongan perpohon dan seterusnya.

3.Utamakan produk yang laris dan rendah persaingan,untuk mengetahui jenis apa maka perlu pengalaman sambil berjalan .

4.Pilih barang jualan yang di olah ulang untuk mendapatkan keuntungan berlipat.

Cara seperti ini sangat efektif untuk mendapatkan keuntungan lebih besar.

Sebagai contoh anda bisa berbelanja borongan buah nangka muda langsung ke pemilik pohonya kemudian anda kupas dan potong dan rebus dan dikemas dalam plastik setengah atau seperempat kilogram sebagai sayur siap masak.

Produk lainya adalah jengkol yang sudah direbus dan dikemas dalam plastik.

Sementara pada buah kita bisa ambil contoh dengan buah pisang yang dibeli dari pemilik pohon dan disimpan hingga matang dan dijual lagi kepasar,atau buah nanas yang dibeli langsung dari pemilik kebun kemudian kita kupas dan kita bungkus secara higienis dalam kemasan.

5.Mungkin anda tetap ingin berjualan barang yang tidak tahan lama karena beberapa faktor bisa jadi karena memiliki partner penyetok barang dan sebagainya contoh barang ini adalah sayur bayam,kangkung,tempe,dan sebagainya,maka jika hal itu terjadi kita perlu mengatur strategi dengan menjual barang dalam jumlah terbatas.

Kadang kita tergiur akan angka-angka keuntungan saja sementara pada jualan sayur kelebihan atau sisa barang jualan justru akan membuat kerugian dan membuat harga tawar menurun.

Intinya berjualan sayur yang tidak tahan lama harus lebih kecil dari perkiraan penjualan.

Seumpamanya and memperkirakan mampu berjualan 10kg maka bawa sayur atau buah yang tidak tahan lama hanya 8kg saja.

Lebih baik kekurangan barang daripada barang dagangan anda akan dibuang percuma karena layu.

6.Perhatikan faktor cuaca,salah satu kelemahan berjualan sayur dan buah di pasar pagi adalah ketika musim hujan tiba.Disamping kita kesulitan dan repot umumnya para pembeli jauh lebih sepi jika hujan datang di awal pagi.

Persiapkan segala keperluan seperti jas hujan,tenda atau payung yang mudah di bongkar pasang.

Kurangi barang jualan untuk menghindari stok berlebihan.

Anda berminat berjualan sayur di pasar pagi?

Persiapkan dari sekarang.

Semoga bermanfaat.

Jika merasa sedikit saja manfaat,bantu kami dengan klik Sukai Halaman Facebook Hinyong dibawah,dukungan anda sangat berarti.
Loading...

Tinggalkan Balasan

   
Copyright© Hinyong 2018
Tentang Hinyong| Hubungi Hinyong| Privacy Policy|Disclaimer|Terms Of Services|Sitemap