Berbeda dengan test drive mobil varian Suzuki yang baru, banyak yang harus diperhatikan ketika mencoba mobil bekas. Jika mobil baru Anda akan merasakan kabin dan mesin yang jauh lebih nyaman, tinggal menimbang kecocokan dana dengan kenyamanan. 

Sedangkan pada saat mencoba mobil bekas, Anda mungkin tidak akan menemukan mesin dan tampilan yang mulus. Inilah yang membedakan test drive mobil baru dan bekas. Jauh lebih aman lagi jika Anda mengajak montir profesional saat test drive.

6 Hal Penting Diperhatikan saat Test Drive Mobil Bekas

Mempertimbangan masalah dana yang terbatas, tidak ada salahnya jika Anda membeli mobil bekas. Harga ramah di kantong selain itu mobil bekas kini juga kualitasnya tidak jauh berbeda dari mobil baru. 

Selama Anda pandai memilih seller, bisa jadi Anda memperoleh mobil dari tangan pertama. Selain itu Anda juga harus menghindari membeli mobil bekas taksi yang km penggunaannya sudah terlalu lama. 

Oleh karena itulah kegiatan test drive sangat penting jika Anda hendak membeli mobil bekas. Seller juga seharusnya memberikan kesempatan bagi calon pembeli untuk mencoba mobil yang mereka tawarkan. 

Beberapa hal berikut ini wajib Anda perhatikan dan cek ketika melakukan pengetesan. 

1. Mengecek Kondisi Fisik dari Mobil

Pertama kali Anda melihat mobil bekas maka pengecekan kondisi fisik harus segera dilakukan. Bukan hanya eksterior tetapi juga interior, pastikan semua komponen yang terpasang masih asli untuk menghindari pembelian mobil bekas. 

Tanyakan kepada seller apakah mobil pernah mengalami kecelakaan dan suku cadang apa saja yang pernah diganti. Semakin bagus tampilan dan suku cadang semua masih asli maka mobil tersebut patut dipertimbangkan untuk dibeli. 

2. Mengecek dengan Beberapa Kecepatan Berbeda

Sebuah kesalahan jika Anda mencoba mengendarai mobil dengan tingkat kecepatan tinggi. Penting untuk tetap mencoba beberapa macam kecepatan baik itu tinggi, rendah dan medium demi bisa merasakan kenyamanannya. 

Selama mengubah kecepatan ini sebaiknya Anda tetap tenang dan gunakan indera dengan baik. Apabila terjadi masalah di beberapa titik kecepatan Anda harus segera mengetahuinya. Apalagi jika muncul suara bising, telitilah dari mana asal suara tersebut muncul. 

3. Merasakan Getaran yang Dihasilkan Mobil

Semua mobil akan menghasilkan getaran kencang setelah dinyalakan mesinnya. Pada mobil baru dan masih bagus, bodi mobil dirancang sebagai peredam yang baik. Oleh karena itu jika Anda mencoba mobil keluaran baru pastikan tidak ada getaran yang muncul. 

Hadirnya getaran ini akan menunjukkan bahwa sistem peredam bermasalah. Kecuali Anda membeli mobil tipe lama yang belum memiliki peredam. Tidak heran jika Anda akan merasakan getaran yang cukup kencang. 

4. Memperhatikan Lampu Indikator pada Dashboard

Namanya saja mobil bekas, mungkin saja ada beberapa lampu indikator yang mati. Namun matinya salah satu lampu indikator ini juga akan menurunkan harga jual mobil. Anda wajib mengecek lampu indikator ini ketika test drive. 

Saat mobil dinyalakan Anda harus tahu mana saja lampu indikator yang mati dan harus dinyalakan. Jika ada yang mati Anda harus menanyakan sejak kapan matinya, khususnya jika lampu tersebut menunjukan kondisi penting. 

5. Ajak Teman Mekanik untuk Mengecek Menyeluruh

Bukan hanya Anda yang bisa mencoba mengendarai mobil. Apabila Anda tidak yakin dengan kemampuan menilai kualitas mobil, maka ajaklah teman yang paham soal otomotif atau mekanik. 

Mintalah mereka untuk ikut menyetir dan mengecek secara keseluruhan kondisi mobil. Pengecekan ini bisa memastikan bahwa mobil yang hendak Anda beli sedang dalam kondisi yang prima. 

6. Mencoba Rem, Kopling dan Gas

Dua hal ini paling penting saat Anda mencoba mengendarai mobil bekas. Rem yang digunakan harus pakem, jika blong artinya ada masalah. Rem adalah bagian yang utama pada sebuah mobil jadi Anda harus mencobanya. 

Kopling juga sama yang akan membantu akselerasi, jangan sampai kopling terasa ngempos yang menandakan mesin bermasalah. Anda bisa mencoba juga gas apakah pedal terasa masih nyaman atau tidak. 

Inilah enam hal penting yang wajib Anda cek ketika sedang mencoba mobil bekas. Tidak harus langsung membeli, Anda masih bisa mempertimbangkan kualitasnya usai mencoba langsung.