Inilah Kelebihan Usaha Warung Sembako yang Harus Diketahui

Kelebihan Usaha Sembako

Kelebihan Mendirikan Usaha Toko Sembako

Jika Anda masih ragu untuk memulai usaha toko sembako yang awalnya anda rencanakan berikut akan diulas apa saja keuntungan dan kelebihan mendirikan usaha ini.

Keuntungan Mendirikan Usaha Sembako

Secara garis besar usaha jualan berbagai kebutuhan sehari-hari merupakan usaha yang tidak pernah sepi peminat, sehingga memiliki keunggulan di banding banyak usaha lain.

Namun bukan hanya itu saja masih banyak kelebihan usaha warung sembako ini.

1. Usaha Sembako Selalu Dibutuhkan

Ketika kita berpikiran hendak membuka usaha hal utama yang paling dipikirkan adalah konsumen, semakin banyak calon konsumen itu artinya semakin prospektif usaha tersebut, nah usaha toko sembako merupakan usaha jualan yang menjual barang kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari.

Artinya usaha ini sudah terbukti memiliki ladang yang subur untuk didirikan karena barang yang ditawarkan merupakan produk yang sudah dapat dipastikan selalu dicari oleh masyarakat.

2. Modal Usaha Sangat Fleksibel

Kelebihan mendirikan usaha warung sembako berikutnya adalah usaha ini memiliki fleksibilitas dalam permodalan.

Bagi mereka yang memiliki modal besar tentu saja sangat beruntung dan dengan mudah mendirikan usaha ini, namun bagi yang memiliki modal menengah bahkan modal kecil sekalipun tetap bisa menjalankan usaha ini, tidak percaya ? simak ulasanya pada postingan sebelumnya tentang usaha toko sembako modal 5 juta rupiah saja.

3. Stok Barang Mudah Didapat

Disamping kemudahan permodalan usaha toko sembako juga sangat leluasa karena kemudahanya mendapat stok barang dagangan.

Sekarang ini sudah banyak berdiri usaha grosir sembako dimana-dimana dan ini merupakan hal yang sangat baik karena kita bisa mendapatkan harga yang menarik dengan ketatnya usaha grosir sembako di hampir tiap daerah di Indonesia.

Bahkan jika kebetulan lokasi usaha warung Anda berada diarea jalan besar, sekarang ini sudah banyak grosiran sembako berkeliling mendatangi usaha toko sembako dengan tawaran yang harga bersaing bahkan sebagian dari produk tertentu seperti jajan anak kebanyakan hanya dititipkan dengan dibayar kemudian.

4. Lokasi Usaha Sangat Mudah

Menentukan lokasi usaha warung sembako sangat mudah, meski lokasi terbaik berada di daerah perkotaan, nyatanya bagi yang memiliki modal terbatas bisa saja mendirikan usaha di rumahnya sendiri meski lokasi berada di gang komplek.

Selama kawasan tersebut ramai penduduk maka usaha jualan sembako tetap bisa dimulai, dan kabar baiknya usaha tersebut tetap memiliki prospek untuk sukses.

5. Margin Keuntungan yang Jelas

Berbeda dengan usaha lain seperti usaha jualan sayur dan sejenisnya usaha sembako sudah memiliki margin yang jelas dan harga sembako cenderung naik, jadi meskipun pada jenis barang tertentu memiliki stok dagangan melimpah maka harapan mendapat keuntungan tetap sama bahakan bisa lebih tinggi lagi karena adanya kenaikan harga pasaran, selama stok barang pada jualan yang tahan lama.

6. Usaha Yang Bisa Terus di Kembangkan

Kelebihan usaha warung sembako lainya adalah usaha ini terus dapat dikembangkan, Anda boleh saja awalnya memiliki warung kecil di depan rumah namun seiring ketenaran dan banyaknya pelanggan maka usaha tersebut dapat terus dibesarkan dan dilengkapi keanekaragaman dan jumlah stok barangnya.

Bahkan pada usaha toko sembako yang memiliki lokasi cukup strategis bisa mengembangkan secara bertahap menjadi usaha grosir, bagaiamana caranya? Anda bisa baca tentang strategi memulai usaha grosir secara bertahap pada pembahasan terdahulu “Usaha Grosir Sembako

7. Bisa Dijadikan Usaha Sampingan

Bagi Anda para ibu rumah tangga  usaha sembako juga bisa menjadi usaha sampingan di rumah tanpa harus meninggalkan kewajibanya mengasuh anak, tentu ini kabar baik bagi ibu yang ingin mendapatkan uang tambahan.

8. Bukan Usaha Musiman

Ya, usaha ini juga merupakan usaha yang terus berjalan sepanjang tahun tanpa mengenal musim, maka ketika usaha sudah mendapatkan pelanggan Anda tidak perlu khawatir kehilangan konsumen karena usaha ini akan terus ramai sepanjang tahun bahkan akan mendapat lonjakan kenaikan pendapatan pada momen tertentu seperti hari raya idul fitri.

Kesimpulan dari ulasan ini sebenarnya usaha ini sudah jelas memiliki prospek yang sangat baik sehingga tentu saja bisa dijalankan oleh siapa saja, namun sebagian orang masih ragu karena kekhawatiran menjalankan usaha ini yang ternyata juga memiliki banyak kelemahan.

Menyikapi hal itu akan dibahas selanjutnya tentang kekurangan usaha sembako dan bagaimana mensiasatinya.

Semoga Bermanfaat

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *