Jenis Sepeda

Mengenal Jenis Sepeda

Jika Anda masih awam dan belum paham betul tentang komoditi sepeda, maka saya yakin akan kebingungan untuk mencari jenis sepeda yang akan dijual di usaha toko sepeda nantinya.

Memang pada awal usaha mungkin Anda hanya memperkenalkan sepeda paling laris saja sebagai barang jualan Anda.

Namun begitu bagi Anda yang memiliki modal cukup tentu sah saja melengkapi perlengkapan usaha toko sepeda dengan barang jualan lebih lengkap lagi.

Jenis-jenis sepeda paling populer seperti sepeda gunung hingga jenis yang hanya diminati kalangan tertentu seperti sepeda CX(Cyclo Cross)

Berikut ulasan lengkapnya tentang jenis-jenis sepeda yang ada di Indonesia dan bisa dijadikan produk jualan usaha toko sepeda

Sepeda Gunung

Sepeda gunung merupakan jenis sepeda yang sangat famililar bagi kita.

Jenis sepeda ini sering juga dipanggil sepeda MTB ( Mountain Terrain Bike ), dan ditemukan pada tahu 1970 di Amerika Serikat.

Jenis ini memiliki tapak kaki yang lebar dengan rangka yang kokoh sehingga sangat cocok digunakan untuk menempuh perjalanan di medan yang sulit sekalipun.

Berikut adalah contoh gambar sepeda gunung atau MTB.

Sepeda Gunung
Sepeda Gunung

Permintaan atau penjualan MTB juga cukup tinggi sehingga bagi pemiliki usaha toko sepeda, sepeda ini wajib tersedia.

Sementara harga jual sepeda ini terbilang murah namun tentu tergantung merknya, dan harga terendah berada pada kisaran Rp. 1.300.000,- an.

Sepeda Balap

Sepeda Balap
Sepeda Balap

Sepeda balap pernah mengalami masa keemasanya dimana sepeda ini sangat digemari, namun belakangan ini sepeda balap lebih sering diminati bagi kalangan tertentu yang umumnya hobi untuk berolahraga sepeda secara rutin.

Terutama di kota-kota besar banyak toko sepeda yang menyediakan sepeda balap kualitas premium dengan harga mencapai puluhan juta rupiah.

Meski peminat sepeda balap tidak seramai pada jaman keemasnya namun sebagai pemilik usaha toko sepeda rasanya wajib memiliki stok meski hanya beberapa buah.

Sepeda BMX

 

Sepeda BMX
Sepeda BMX

Sepeda BMX ( Bicycle Motocross ) merupakan jenis sepeda yang memiliki postur lebih kecil dari sepeda gunung maupun sepeda balap pada umumnya.

Jenis sepeda ini sangat digemari kalangan kaum muda, karena fungsinya yang sangat fleksibel, bisa untuk digunakan sebagai sepeda santai dan juga bisa berubah menjadi sepeda garang saat digunakan untuk kreasi akrobat dan atraksi.

Banyak perkumpulan atau komunitas pemilik sepeda BMX dan umumnya mereka sangat antusias dan fanatik karena BMX ini bukan saja digunakan sebagai kendaraan namun merupakan alat untuk mencari kesenangan dan kepuasan dalam berbagai atraksi di komunitas tersebut.

BMX juga merupakan jenis seeda yang laris manis dipasaran karena harganya yang lebih rendah dari sepeda jenis gunung ataupun jenis balap.

Sepeda Anak

Sepeda Anak
Sepeda Anak

Sepeda anak memiliki model yang sangat banyak, jenis ini memang ditujukan khusus untuk pemakaian anak-anak sehingga bentuk bodinyapun kecil dengan variasi menyesuaikan kategori umur pemakainya.

Bisa dibilang model sepeda anak merupakan miniatur model berbagai jenis sepeda yang bisa digunakan untuk ank-anak.

Jenis ini juga sangat dicari pembeli, jadi pastikan jenis sepeda ini ada di usaha toko sepeda Anda.

 

Sepeda Listrik

 

Sepeda Listrik
Sepeda Listrik

Sepeda listrik sekarang ini sudah banyak diminati karena sangat efektif digunakan untuk perjalanan jangka pendek.

Sepeda listrik ditenagai baterai yang bisa di charge ulang dan dapat dikayuh layaknya sepeda pada umumnya saat kehabisan daya baterai.

Jarak tempuh sepeda listrik juga lumayan jauh hingga puluhan kilometer dan memiliki kecapatan hingga 30 km/jam.

Perkembangan tekhnologi akan selalu ada peningkatan baik jarak tempuh maupun kecepatan sepeda listrik ini.

Berbagai instansi dan perusahaan juga banyak yang memanfaatkan sepeda listrik untuk fasilitas pergerakan karyawanya

Tren yang cukup baik ini diprediksi akan terus membaik mengingat ke efektifan pengguanaan sepeda listrik yang bebas polusi, bebas bahan bakar, bebas stnk ,SIM dan harga yang relatif murah mengingat fungsinya yang hebat ini.

Sepeda Lipat

Sepeda Lipat
Sepeda Lipat

Sepeda lipat merupakan jenis sepeda praktis yang bisa dilipat sehingga sangat mudah untuk dibawa kemana-mana menggunakan bagasi mobil Anda.

Cocok bagi mereka yang suka bersepeda dan bepergian ke luar daerah, Keluarga bisa membawa 2 atau 3 sepeda sekaligus untuk keperluan anggota keluarga saat bersepeda didaerah tujuan.

Sepeda Jengki

Sepeda Jengki

Sepeda jengki sebenarnya model sepeda yang sudah cukup tua, namun masih memiliki penggemar hingga kini.

Modelnya yang tetap sama dari dulu sangat cocok digunakan bagi mereka penggemar sepeda klasik.

Meski model antik namun jenis sepeda ini masih terus diproduksi karena permintaan pasar yang masih baik.

Sepeda Onta ( Onthel )

Sepeda Onthel
Sepeda Onthel

Selain sepeda jengki, sepeda onta atau onthel juga merupakan jenis yang sangat banyak peminatnya.

Sepeda ini merupakan jenis sepeda yang sangat kokoh dan tangguh karena rangka sepeda jenis ini terbuat dari baja.

Harga sepeda onthel kuno bahkan bisa mencapai puluhan juta terutama jenis sepeda buatan eropa seperti Inggris dan Belanda.

Sementara untuk harga baru jenis ini yang masih diproduksi oleh merk tertentu justru harganya masih bisa dibilang cukup murah dan berada pada kisaran 2-3 jutaan saja.

Namun apakah sepeda onthel keluaran terbaru masih memiliki kekuatan yang sama dengan sepeda onthel masa lalu?Butuh pengujian ya.

Sepeda Tandem

Sepeda Tandem
Sepeda Tandem

Sepeda tandem merupakan jenis sepeda yang unik dan menarik karena sepeda ini memiliki fungsi bersepeda untuk 2 orang atau lebih dan semua menjadi pengendara yang mengayuh sepeda tersebut.

Denga sepeda tandem menjadikan olaharaga dan bersenang-senag jadi lebih mengasyikan.

Kelebihan dengan menggunakan sepeda tandem ini Anda bisa pergi bersama teman, pasangan dengan rasa kebersamaan.

Meski tidak bisa dibilang murah, tapi dengan melihat fungsinya sepeda tandem ini seakan membeli 2 sepeda namun dengan harga 1.

Fat Bike

Sepeda FatBike

Sepeda fatbike atau sepeda dengan ban besar sangat cocok digunakan untuk mereka yang senang berpetualang dimedan berbatu kerikil dengan nyaman.

Awalnya fatbike didesain untuk digunakan di daerah salju agar bisa melaju lebih nyaman.

Namun pada kisaran tahun 2012 sepeda jenis ini mulai merambah berbagai belahan dunia untuk digunakan bukan saja di negara bersalju, bahkan kini sudah banyak di jumpa di Indonesia.

Jika melihat dari modelnya fatbike terlihat sekilas mirip dengan sepeda gunung pada umumnya namun memiliki ban dan roda lebihbesar dengan diameter antara 3.8-5 inch.

Sebagai pemilik usaha toko sepeda, sebaiknya mulai menyediakan stok untuk varian sepeda fatbike ini mengingat kehadiranya mulai banyak diminati pasar.

Sepeda CX ( Cyclo Cross)

Sepeda CX
Sepeda CX

Sepeda ini biasa digunakan oleh atlet sepeda dalam perlombaan cyclo-cross.

Sepeda ini sekilas mirip sepeda balap yang sering kita lihat di jalanan, hanya saja ada perbedaan mendasar yaitu sepeda ini didesain agar bisa leluasa menempuh berbagai medan, dari jalan yang mulus hingga jalan kasar.

Sehingga memiliki ban yang didesain sedemikian rupa dan frame yang super ringan sehingga bobot dari sepeda ini juga sangat ringan.

Tujuan beban yang ringan agar memudahkan saat atlit mengangkat dan memikulnya sambil berlari di area becek dan berlumpur.

Harga sepeda CX biasanya lebih mahal dari jenis umum seperti sepeda gunung ataupun jenis BMX.

Sepeda Bayi

Sepeda Bayi Tiga Roda
Sepeda Bayi Tiga Roda

Sepeda bayi sebenarnya tidak bisa dikategorikan sebagai sepeda pada umumnya, namun lebih terlihat sebagai sarana bermain untuk anak usia dibawah 2 tahun.

Namun kendaraan untuk bayi ini sudah akrab dipanggil sepeda bayi.

Permintaan sepeda bayi masuk kategori tinggi, karena memang orang tua jaman sekarang sangat memperhatikan buah hati kesayanganya.

Dengan kemampuan daya beli masyarakat yang terus meningkat, tren penjualan sepeda bayi juga terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Model sepeda bayi juga sangat bervariasi, namun umumnya memiliki roda tiga dengan pegangan pengendali dari orang tua.

Harga sepeda bayi inipun variatif tergantung model dan merknya.

Kesimpulan

Bagi pengusaha toko sepeda pemula yang memiliki modal minim dan berada di kota kecil, maka menyediakan item dari jenis sepeda paling populer sudah lebih dari cukup.

Namun jika pengusaha memiliki modal besar dan akan membuat usaha toko sepeda di kota besar, maka perlu memiliki stok dari beragam jenis sepeda yang ada.

Lebih lengkap jenis sepeda yang di jual maka akan lebih mudah mencari pelanggan.