Kendala Usaha Toko Sembako

Jika Anda ingin membuka sebuah usaha toko sembako perlu Anda mengetahui apa saja kendala yang paling sering ditemui.

Dengan mempelajari kendala maka setidaknya Anda memiliki persiapan untuk menghadapi segala kemungkinan terburuk saat menjalankan usaha.

Kendala Usaha Toko Sembako

Hutang Macet

Jika Anda pemain lama sebagai pemilik usaha toko sembako terutama yang ada didaerah pedesaan ataupun komplek perumahan saya yakin paham betul dengan istilah hutang macet.

Jika modal usaha cukup maka sebenarnya hutang macet masih bisa di tutup dulu agar pembelian barang dagangan lancar, namun bagi pemilik usaha warung sembako modal kecil tentu sangat berat menghadapi situasi ini.

Karenanya sebagai pemilik usaha warung sembako agar melakukan antisipasi dengan mengatur rencana sedemikian rupa agar hutang pelanggan tidak membengkak dan membebani kelangsungan usaha.

Jika perlu lakukan pencegahan agar warung sembako Anda terbebas dari hutang pelanggan.

Ada langkah yang bisa Anda ambil agar usaha sembako bebas hutang dan bisa Anda baca pada artikel sebelumnya disini.

Dagangan Tidak Laku

Banyak penyebab kenapa barang dagangan yang sudah di beli tidak laku saat dijual di warung sembako hingga berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

  • Bisa jadi pembelian produk atau barang jualan yang terlalu banyak, sehingga barang tidak habis terjual padahal sudah melewati waktu yang cukup lama.
  • Perkiraan yang salah, misalkan Anda terbiasa memberi banyak stok sandal karena umumnya pada musim lebaran produk ini akan laris manis. Namun ternyata lebaran saat itu diluar dugaan sangat sepi dan berimbas sandal yang sudah di stok menumpuk, sementara daritahun ke tahun produk sandal akan mengalami perubahan tren, yang membuat barang tersebut terbengkalai.

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi penumpukan barang dan menghindari barang jualan tidak laku dalam jumlah yang besar maka sebaiknya lakukakn hal-hal berikut:

  • Beli barang dalam jumlah cukup dan tidak berlebihan pada item tertentu, sehingga jika ada produk yang ternyata tidak laku maka jumlahnya masih bisa ditoleransi.
  • Pada produk dimana Anda merasa tidak mampu menjual dengan harga normal karena terlalu banyak, maka coba untuk dijual dengan harga diskon atau harga cuci gudang.

Dagangan Kadaluarsa

Warung sembako juga sering memiliki permasalahan dengan produk jualan yang sering kadaluarsa.

Ini benar-benar seperti membuang uang percuma karena tidak dapat dijual lagi.

Berikut adalah antisipasi yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi banyaknya barang dagangan yang kadaluarsa.

  • Perhatikan tanggal kadaluarsa pada setiap produk yang dibeli, pastikan tenggang waktunya masih lama sesuai jenis barang dagangan tersebut.
  • Beli secukupnya saja pada barang yang masa kadaluarsanya pendek, seperti produk makanan dan minuman.
  • Banyak produk makanan yang ditawarkan oleh sales ataupun oleh pembuat jajan lokal, usahakan hanya menerima produk makanan ataupun minuman tersebut sistim pembayaranya dibelakang atau hanya dibayar jika barang tersebut laku.

Banyak Saingan Baru

Masalah banyaknya persaingan pada usaha warung sembako merupakan permasalahan klasik yang selalu ada.

Seberapa besar pengaruhnya terhadap usaha sembako yang sedang Anda jalankan?

Pada awalnya persaingan usaha warung sembako baru mungkin belum memberikan efek yan berarti, namun lambat laun ketika makin banyak usaha serupa dan mereka tampil menonjol maka akan mulai terasa dampaknya.

Usaha mulai terasa sepi pembeli dan makin kecil keuntungan yang didapatkan.

Persaingan dalam usaha adalah suatu yang lumrah, jadi Anda sebagai pemilik usaha lama tidak perlu telalu khawatir.

Namun begitu sebagai usaha yang ingin terus maju, Anda harus juga terus mengembangakan usaha sebaik mungkin.

Selama Anda mampu menjaga hubungan baik dan rasa kekeluargan dengan para pelanggan Anda maka kemungkinan untuk memliki pelanggan setia tetap terjaga.

Anda juga perlu mengembangkan usaha dengan memaksimalkan jumlah varian barang dagangan yang terus ditingkatkan seiring kemajuan usaha , tetap menjaga harga terbaik dan pelayanan terbaik serta  memastikan Anda menjaga kepuasan pembeli warung Anda.

Dagangan Rusak

Masalah dagangan rusak sering ditemui pemilik usaha warung sembako, penyebab barang rusakya juga bervariasi.

Barang dagangan rusak bisa disebabkan saat pengangkutan, rusak bisa juga terjadi karena salah penyimpanan atau tertumpuk barang lain yang lebih berat.

Sementara bagi warung sembako yang juga menjual barang seperti sayuran sering mengalami kerusakan dagangan karena waktu simpan yang terlalu lama sehingga dagangna rusak hingga busuk.

Selain itu kerusakan barang dagangan warung sembako sering juga dipicu karena hewan perusak seperti tikus dan semut.

Untuk mencegah barang dagangan rusak terlalu banyak maka harus dilakukan upaya pencegahan, seperti menjaga kebersihan warung agar terhindar dari semut dan tikus, belanja dagangan yang cepat kadaluarsa secukupya saja, jangan menumpuk dagangan melebihi kemampuan maksimal penumpukan, dan juga upayakan menjual dagangan yang mendekati expire terkebih dahulu.

Pencurian Barang Dagangan

Pencurian barang dagangan warung sembako juga kerap menjadi permasalahan yang mengkhawatirkan terutama bagi Anda yang memiliki warung sembako sisitim swalayan atau ambil barang sendiri.

Sistim jualan ambil sendiri layaknya jualan minmarket memang memiliki sisi positif dimana pembeli lebih bebas memilih barang yang akan dibelinya.

Namun cara ini perlu dibarengi kesiapan dalam pengawasan terutama jika warung Anda cukup luas.

Anda bisa memperkerjakan karyawan untuk membantu menyusun sekaligus mengawasi pengunjung yang mencurigakan namun secara diam-diam tanpa menunjukan rasa curiga.

Anda juga bisa memasang cctv sebagai pengawasan ekstra.

Uang Palsu

Uang palsu sering menjadi momok menakutkan pemilik warung sembako, meski sudah melakuakan antisipasi namun tidak jarang mereka kecolongan dan menemukan uang palsu.

Sebenarnya kasus uang palsu bisa dicegah dengan selalu teliti dan sebaiknya pasang alat pendeteksi uang untuk mengecek setiap transaksi pembayaran.

Cuaca Penghujan

Meskipun dampaknya tidak separah usaha jualan es, namun musim penghujan yang terus menerus akan memberi pengaruh terhadap pendapatan penjualan.

Sangat disarankan jika warung sembako Anda menjual juga produk minuman dingin maka kurangi jumlahnya saat musim penghujan tiba.

Komplain Pembeli

Warung sembako yang melayani pembeli dari berbagai kalangan membuat kadang tidak dapat menghindari komplain pembeli yang tidak seharusnya.

Sering pembeli yang membeli produk jualan yang seharusnya tidak bisa dikembalikan namun mereka memaksa untuk di retur.

Bisa jadi karena salah beli atau bisa juga karena mereka membeli dalam jumlah yang terlalu banyak.

Upaya pencegahan dalam menghadapai kasus seperti ini adalah memberikan edukasi atau informasi agar pelanggan bisa memahami ketentuan dalam bertaransksi seperti penjelasan barang apa saja yang bisa diretur dan yang mana tidak bisa.

Ini memang tidak mudah namun lambat laun para pelenggan akan memahami kebijakan toko sembako Anda.

Yang jelas hadapai segala macam komplain degan baik dan usahakan jangan terjadi perselihan yang berlarut-larut sebab akan memperburuk kredibelitas warung Anda.

Semoga bermanfaat.