Simak Ulasan Cara Budidaya Ternak Cacing Sutra Menguntungkan

Cara Budidaya Cacing Sutra

CARA BUDIDAYA CACING SUTRA

Bagi Anda yang ingin mencari peluang bisnis apa saja, tentu tidak ada salahnya jika mencoba untuk melakukan budidaya cacing sutra, khususnya bagi para pecinta hewan peliharaan yang mengkonsumsi jenis cacing sutra ini.

Akan ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan hasil perkembangbiakan cacing sutra. Asalkan bisa melakukan cara pemeliharaan dan perkembangbiakan yang tepat. Berikut berbagai pembahasan lebih dalam untuk para pebisnis pemula yang ingin berfokus di bidang ternak cacing sutra.

Mengenal Cacing Sutra

Sebagian besar dari Anda yang tidak memiliki kecenderungan untuk memelihara atau beternak hewan tertentu pastinya belum mengenal tentang apa itu cacing sutra.

Atau jika Anda sekedar mengetahui manfat cacing sutra sehingga ingin membuka peluang usaha untuk beternak hewan tersebut tentunya juga harus memahami lebih dalam tentang seputar hewan ini beserta cara untuk budidaya cacing sutra.

Tubifex, atau cacing sutra seringkali dimanfatkan sebagai pakan ikan, baik ikan hias maupun ikan ternak. Berbeda dengan cacing-cacing pada umumnya.

Cacing sutra ini memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil yakni sekitar 1 hingga maksimal 3 cm saja, berwarna kecoklatan dan sedikit kemerahan seperti darah. Jika disentuh rasanya sangat lembut karena ukurannya yang sangat kecil, dan hidupnya berkoloni. Dan habitatnya di daerah berlumpur dengan ukuran kedalaman sekitar 0 hingga 4 cm.

Cacing ini sangat bergizi karena seluruh bagian tubuhnya mengandung protein sebanyak 57%, dan juga lemak sebesar 13%. Permintaan pasarnya pun cukup banyak karena pecinta ikan hias atau peternak ikan mengalami peningkatan secara terus menerus dan stabil.

Namun, sayangnya peminat untuk memanfaatkan cacing ini sebagai hewan ternak atau budidaya masih sangat sedikit sehingga menjadi  peluang besar dan menguntungkan jika Anda menekuninya dengan baik. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang cara budidaya cacing sutra, maka simaklah dengan cermat berbagai penjelasan lengkap yang akan dibahas berikutnya.

Kelebihan Beternak Cacing Sutra

Dapat Dijadikan Sebagai Pakan yang Bergizi Tinggi

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa tubuh cacing sutra sebagian besar terdiri dari protein dan lemak, maka sangat sesuai untuk memenuhi kebutuhan gizi hewan-hewan ternak yang sebagian besar memerlukan protein. Tidak hanya ikan hias dan ikan ternak, cacing ini juga bisa dikonsumsi untuk hewan ternak lain seperti unggas.

Permintaan Pasar Selalu Meningkat

Para peternak saat ini pun memahami berbagai makanan penting yang harus disediakan bagi hewan ternaknya. Sebagian besar dari mereka juga telah mengetahui tentang banyaknya manfaat dari cacing sutra ini, dan informasi tersebut pun menyebar antar peternak lainnya. Serta pemelihara ikan hias juga selalu bertambah secara stabil.

Hal inilah yang membuat permintaan pasar terhadap cacing sutra selalu mengalami peningkatan. Harganya terbilang mahal karena penyedia cacing ini masih sangat sedikit. Jadi gunakanlah kesempatan ini untuk memulai usaha ternak cacing sutra.

Saingan Masih Sedikit Sementara Banyak Permintaan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, permintaan yang tinggi dan rendahnya minat masyarakat untuk menjalani usaha ini membuat saingan antar para peternak menjadi berkurang atau masih sedikit.

Jadi harga tetap bisa stabil tanpa mengalami penurunan sehingga Anda pun bisa menghasilkan untung yang stabil dan meningkat, tidak pernah turun karena sasaran pasar sudah menjanjikan.

Jika Anda sabar menjalaninya, tentu saja keuntungan bisa naik berlipat ganda dalam beberapa waktu setelah melakukan pemeliharaan dalam tahap awal saja.

Jika Anda sudah mengenal lebih dalam tentang yang cacing sutra, dan mengerti tentang segala informasi yang menguntungkan untuk memulai bisnis budidaya hewan ini, maka jangan ragu lagi untuk mencobanya.

Namun, pahami dulu dengan baik berbegai langkah untuk melakukan proses perkembangbiakannya berikut ini.

Baca Juga:

Cara Memulai Budidaya Ternak Cacing Sutra

Cukup besar sekali bukan potensi untuk memulai usaha budidaya ternak cacing sutra. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk memulainya berikut ini akan kami jelaskan langkah-langkanya. Adapun cara memulai budidaya ternak cacing sutra meliputi beberapa langkah berikut ini.

Perkiraan Anggaran Budidaya Cacing Sutra

Langkah utama yang harus dilakukan oleh semua pebisnis, terutama para pemula adalah mempersiapkan anggaran sebagai modal awal usaha. Beternak cacing sutra membutuhkan anggaran atau modal yang cukup murah, bahkan tidak mencapai angka jutaan untuk mengembangbiakkannya. Anda hanya memerlukan dana awal kurang lebih sekitar 600 hingga 700 ribu saja, dana tersebut cukup untuk membeli semua perlengkapan hingga pakan cacing sutra.

Kemudian per bulannya Anda bisa memperoleh keuntungan cukup banyak, harga perkilonya pun mengalami kenaikan dengan stabil. Perkiraan harga tersebut sekitar 20 ribu hingga 30 ribu berdasarkan harga nyata di pasaran. Dengan begitu, Anda bisa menghitung total keuntungan dari hasil anggaran yang Anda keluarkan sebagai modal awal tersebut.

Penentuan Lokasi

Setelah berbagai perlengkapan sudah siap, seperti pakan cacing serta media untuk habitat buatan. Maka tahap selanjutnya yang harus Anda ketahui yakni penentuan lokasi habitat yang tepat.

Meskipun pada dasarnya secara alami cacing ini tinggal di habitat perairan yang dipenuhi lumpur, tetapi banyak juga para peternak yang bisa membudidayakannya di perairan bersih. Namun, ada cara-cara tertentu yang harus diperhatikan dengan baik dan benar.

Perkembangbiakan cacing ini dilakukan secara hermaprodit. Jadi Anda hanya perlu menunjang habitat serta pakannya dengan baik. Adapun lokasi yang tepat bagi cacing sutra adalah sebegai berikut:

 

• Air memiliki tingkat keasaman PH 5.5 (normal) hingga 8.0

• Letakkan di suhu yang tepat, yakni sekitar 25 hingga 28 derajat celcius

• Berikan oksigen terlarut atau DO kurang lebih 2.5 hingga 7.0 ppm

• Berikan air secukupnya sesuai dengan ukuran berat jumlah cacing yang sedang Anda ternak

Memilih Bibit Cacing Sutra

Tahap paling penting selanjutnya yakni pemilihin bibit awal saat memulai budidaya cacing sutra. Pemilihan bibit yang tepat adalah dengan cara mencarinya sendiri di perairan alami yang menjadi habitat asli cacing sutra, atau Anda juga bisa membelinya di toko-toko aneka pakan ikan. Setelah membeli bibit, sebaiknya lakukan karantina terhadap bibit cacing tersebut untuk memastikan agar bakteri pathogen tidak terbawa di tubuh cacing.

Caranya adalah dengan mengisi air bersih ke wadah tertentu, pastikan air tersebut selalu mengalir, tapi dalam debit yang kecil. Biarkan seperti ini selama 2 hingga 3 hari agar oksigen di wadah tersebut tercukupi, dan bakteri pathogen benar-benar dibersihkan.

Pembuatan Lahan atau Tempat Ternak Cacing Sutra

Para peternak cacing sutra kebanyakan telah menggunakan media dengan air bersih tanpa lumpur sebagai habitatnya.

Cara ini pun dijamin berhasil untuk mengembangbiakkan cacing yang sehat tanpa bakteri pathogen. Untuk membuatnya cukup mudah.

• Sediakan ruangan yang tidak terpakai, berikan ruangan tersebut ventilasi yang cukup agar bisa terkena sinar matahari saat di pagi hari saja.

• Siapkan wadah seperti nampan atau box tanpa tutup sebagai media habitat cacing.

• Isi media tersebut dengan air bersih secukupnya, dan pastikan agar air tersebut selalu mengalir, buatkan saluran air di sela-sela nampan.

Perawatan dan Pemberian Pakan Ternak Cacing Sutra

Selanjutnya Anda tinggal memulai proses perkembangbiakan langkah demi langkah. Bibit cacing sutra yang telah diletakkan ke dalam wadah pada langkah karantina awal di atas. Kemudian perlu dipindahkan ke wadah yang baru untuk proses perkembangbiakan selanjutnya. Berhati-hatilah ketika memindahkannya karena cacing ini mudah stress. Sebaiknya gunakan jaring kecil atau sendok untuk memindahkan secara perlahan, jangan menggunakan tangan.

Tahap selanjutnya yakni perawatan, Anda hanya pelru mengecek secara rutin habitat cacing sutra, pastikan agar debit air selalu lancar.

Kemudian berilah pakan cacing sutra secara rutin hingga pakan sudah sebelumnya habis. Pilihlah pakan tepat, yakni berupa fermentasi bahan organic yang mudah hancur dan lembek.

Mengenali Permasalahan dan Cara Penanganan Ternak Ccing Sutra

Masalah utama yang menyebabkan kegagalan panen cacing sutra disebabkan oleh 2 faktor, yakni karena cacing mengalami stress hingga kematian, serta disebabkan karena adanya bakteri pathogen yang merugikan saat dijual nanti.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya tentang penanganan yang disebabkan kedua maslah tersebut. Caranya pun cukup mudah, jika ingin membuat cacing sutra baik-baik saja dan tidak mengalami stress maka jangan pernah disentuh menggunakan tangan secara langsung, gunakan media seperti jarring, sendok atau yang lain.

Kemudian jika untuk membersihkan bakteri pathogen dari tubuh cacing, maka hal yang perlu dilakukan adalah mengkarantina dengan air bersih terus mengalir dengan oksigen yang cukup banyak, dan dilakukan selama 2 hingga 3 hari saja. Cukup mudah bukan? Jadi jangan ragu lagi untuk menjadikan ternak cacing sutra sebagai peluang usaha yang sangat menguntungkan bagi Anda.

Cara Memanen dan Pemasaran

Cara memanen cacing sutra yang sudah siap sangatlah mudah asalkan perlakukan cacing-cacing tersebut dengan hati-hati agar tidak mudah stress.

Dalam satu media habitat, cacing sutra bisa berkembangbiak hingga jumlahnya mencapai ukuran 100 sampai 150 ml. Sementara itu usia panen yang tepat yakni sekitar 70 sampai 75 hari pasca bibit dipindahkan setelah masa karantina.

Caranya cukup mudah, berikut langkah-langkahnya

• Sediakan wadah yang cukup untuk menampung cacing-cacing yang akan dipanen, jangan lupa sediakan kain yang warnanya gelap untuk menutupi wadah tersebut.

• Pindahkan cacing-cacing hasil panen ke wadah yang disiapkan, kemudian tutuplah dengan kain secara rapat namun masih terisi udara.

• Biarkan selama 5 sampai 6 jam

• Kemudian kumpulkan kembali ke wadah yang baru dan pindahkan. Cacing sutra pun siap dipasarkan menjadi berbagai pakan hewan ternak yang bergizi tinggi, serta pakan ikan-ikan hias.

Tips dan Kesimpulan

Memulai usaha beternak hewan kecil seperti cacing sutra tentu bukanlah hal yang mudah. Tetapi jika Anda tekun melakukannya kesuksesan yang menguntungkan bisa Anda dapatkan dalam jumlah yang banyak. Oleh karena itu, untuk menghindari kerugian ketika memulai budidaya cacing sutra, sebaiknya ikuti langkah-langkah detail seperti yang telah dijelaskan di atas dengan tepat. Dan jangan berhenti untuk mencari informasi agar cacing bisa dipanen dengan selamat.

 

Sekarang Anda bisa coba memulai langkah cara budidaya ternak cacing sutra dengan sukses dan pastinya menguntungkan. Selamat mencoba dan semoga sukses, terimakasih.

 

Sumber referensi

Admin Surya Mina Farm. Cara yang Baik dalam Budidaya Cacing Sutra http://www.bibitikan.net/cara-yang-baik-dalam-budidaya-cacing-sutera/

Almasshabur. 13 Oktober 2017. 6 Cara Budidaya Cacing Sutra Paling Mudah. https://ilmubudidaya.com/cara-budidaya-cacing-sutra

Nugraha Sitanggang. 2 Juni 2017. Budidaya Cacing Sutra – Mudah, Cepat Untung. https://agribisnis.co.id/budidaya-cacing-sutra-mudah-cepat-untung/

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *