Buka Cabang Usaha

Ingin Buka Cabang Usaha ?

Memiliki bisnis yang terus berkembang pesat merupakan impian para pengusaha, dan pengembangan usaha untuk menjangkau lebih banyak lagi konsumen tentu merupakan hal yang sangat diinginkan agar bisnsis semakin kokoh dan memiliki jangkauan yang lebih luas.

Membuka cabang usaha merupakan salah satu cara terbaik untuk melebarkan jangkauan bisnis, namun begitu membuka cabang usaha tidak semudah yang kita bayangkan jika tidak dibarengi dengan strategi penerapan yang tepat.

Lalu apa saja yang harus diperhatikan agar usaha Anda tetap stabil bahkan akan meningkat secara signifikan setelah mulai membuka cabang usaha baru?

Usaha Telah Berkembang Dengan Baik

Salah satu yang harus Anda pastikan ketika hendak membuka cabang usaha baru adalah jika usaha utama yang sekarang Anda jalankan sudah berjalan dan berkembang dengan baik.

Dengan perkembangan usaha yang baik maka kemungkinan untuk sukses dengan membuka cabang baru lebih mudah, ini karena usaha utama telah memilki cukup pelanggan atau konsumen dan nama usaha Andapun akan lebih mudah dikenal di saat cabang baru telah dibuka.

Target dan Tujuan Pengembangan Usaha Terencana Dengan Baik dan Jelas

Buat analisa dan perencanaan yang jelas ketika hendak membuka cabang usaha atau bsisnis Anda.

Tentukan target pencapaian dan tujuan yang jelas, sehingga Anda akan lebih mudah dalam mempertimbangkan berbagai hal berkaitan sengan pengembangan usaha yang akan Anda jalankan.

Pentuan lokasi, pemilihan karyawan dan penerapan sistem kerja bisnis harus juga diperhatikan dan sesuai dengan sistim yang dijalankan pada usaha utama Anda.

Persiapan Modal yang Memadai untuk Membuka Cabang Usaha

Untuk membuka cabang bisnis baru tentu membutuhkan anggaran yang tidak sedikit, ini karena banyak hal yang harus Anda biayai selama membangun cabang baru ini.

Sewa tempat usaha, gaji karyawan, biaya operasional dan juga biaya komoditi atau produk yang Anda jual.

Perincian modal untuk pengembangan cabang usaha ini juga harus sedetail mungkin dan pastikan Anda telah memiliki dana yang dibutuhkan sesuai anggaran ditambah beberapa puluh persen dana cadangan untuk mengantisipasi hal yang tak terduga.

Dana untuk pembiayaan bisa diambil dari keuntungan yang Anda peroleh dari usaha utama selama ini, atau bisa juga Anda mengajak pemodal untuk mendanai dengan sistim bagi hasil, dengan mengajukan proposal tentang usaha yang sudah Anda jalani dan prospek yang akan diperoleh.

Pastikan juga pengembangan usaha dengan membuka cabang baru jangan sampai mengganggu arus kas yang sedang berjalan pada usaha utama Anda.

Pastikan Lokasi Usaha Cabang Baru Strategis

Seperti halnya ketika Anda ingin membuka usaha pertama, membuka cabang usaha juga harus melaui riset yang baik,.

Pastikan lokasi usaha yang akan dipilih sudah sesuai dengan target pasar yang Anda bidik.

Terburu-buru membuka cabang usaha baru tanpa memperhatikan lokasi usaha dapat berkibat kegagalan dalam menjaring pelanggan dan ini bisa akan membebani usaha utama Anda jika usaha cabang terus mengalami kerugian.

Pastikan Karyawan Terlatih dan Siap

Karyawan yang kompeten merupakan hal yang vital untuk mendukung berjalanya usaha cabang baru agar berjalan dengan lancar.

Membuka usaha cabang baru bukan berarti semua serba baru bukan? Karyawan yang berpengalaman di bidang yang sama akan lebih memudhakan bagi  Anda untuk mengarahkan mereka bekerja sesuai standard kerja yang Anda telah terapkan di dalam sistim kerja usaha utama.

Sosialisasi dan Promosi Usaha Cabang Baru

Meskipun usaha utama Anda sudah mengalami kemajuan yang cukup pesat namun jangan juga terlalu yakin jika usaha cabang baru akan sebaik itu perkembanganya.

Karena pada usaha cabang masih banyak orang yang belum mengenal usaha Anda ini, apalagi jika usaha cabang Anda berada di luar daerah yang cukup jauh.

Pengnenalan usaha cabang baru bisa Anda pajang di banner besar di depan usaha utama yang mempromokan jika telah dibuka cabang usaha di tempat baru.

Anda juga bisa promosi di media sosial untuk menjangkau lebih banyak calon pelanggan seperti di facebook, instagram ataupun grup whatsapps yang Anda miliki.

Manajemen Keuangan yang Baik

Memanajeman bisnis yag dijalankan dengan baik akan lebih memudahakan dalam memantau perkembangan usaha yang Anda jalankan.

Bagi usaha kecil dan menengah yang masih berkembang maka paling tidak manajeman keuangan harus sudah diatur denga rapi, adanya batasan-batasan anggaran pengeluaran, mencatat arus kas dengan baik dan jangan mencampur adukan keuangan hasil dari usaha cabang baru dengan usaha utama yang telah berjalan agar perhitungan keuntungan akan lebih mudah.

Memanajemen keuangan yang baik bisa dilakukan dengan manual, ditulis rapi dalam pembukuan atau jika ingin lebih praktis dan lebih efektif Anda bisa menggunakan aplikasi kasir, atau jenis aplikasi lain di komputer ataupun smartphone untuk memudahkan kerja dan lebih detail dalam pengelolaan keuangan terutama jika usaha cabang usaha Anda sudah sepenuhnya ditangani oleh karyawan.

Semoga bermanfaat.