Cara Menjaadi Pengusaha Muda

Resign dan Tips Langkah Aman Untuk Buka Usaha Sendiri 

Sekarang ini dijaman dimana persaingan pencari kerja sangat kompetitif, banyak sekali orang yang bersusah payah ingin mendapat pekerjaan untuk membiayai hidupnya.

Namun begitu tidak sedikit yang justru terbalik karena ingin resign atau keluar dari rutinaitas pekerjaan untuk kemudian membuka usaha sendiri.

Banyak alasan kenapa banyak orang ingin memulai mengembangkan bisnis dibanding terus bertahan bekerja di tempat kerja mereka.

Bisa jadi karena keinginan untuk berkumpul keluarga, kebebasan waktu, atau bisa juga karena suasana lingkungan kerja sudah tidak nyaman.

Apapun alasnya memilih untuk memulai bisnis bukan merupakan pemikiran yang salah.

Hanya saja resign dan memulai membuka usaha sendiri tanpa perhitungan bisa jadi akan memperburuk keadaan terutama jika pendapatan utama hanya berasal dari gaji ketika kerja di tempat tersebut.

Anda harus antisipasi dengan baik berbagai macam kemungkinan ketika Anda harus meninggalkan kerja karena bisa jadi usaha yang Anda idam-idamkan tidak berjalan mulus sesuai harapan.

Agar lebih aman perhatikan tips berikut agar Anda bisa resign dan buka usaha sendiri tanpa rasa khawatir.

Keadaan Keuangan Baik

Ketika berhenti bekerja itu artinya pemasukan utama dari gaji Anda otomatis akan berhenti, maka Anda harus mulai mengecek dan memastikan keadaan keuangaan Anda aman untuk bertahan hidup tanpa pendapatan hingga beberapa bulan sebelum usaha Anda benar-benar menghasilkan.

Uang modal untuk perencanaan usaha juga harus dipisahkan dan telah melewati perencanaan anggaran usaha dan semuanya tercukupi.

Memiliki Sumber Penghasilan Lain

Memulai sebuah bisnis artinya Anda akan memulai hidup dengan pendapatan yang tidak bisa tepat sesuai prediksi, artinya tidak ada kepastian apakah usaha tersebut akan langsung berhasil atau justru sebaliknya.

Memiliki pendaptan dari sumber lain merupakan cara aman agar biaya hidup Anda tetap tercover meskipun ketika usaha belum mampu mengasilkan pendapatan.

Sumber pedapatan lain bisa datang dari mana saja seperti menyewakan mobil Anda untuk direntalkan, memanfaatkan beberapa kamar untuk dijadikan tempat kost, atau jika tinggal di pedesaan mungkin memiliki pendapatan dari hasil sawah ladang yang Anda miliki.

Memulai Jenis Bisnis yang Anda Kuasai

Agar usaha baru yang akan Anda mulai memiliki kemungkinan keberhasilan yang lebih tinggi maka sebaiknya memilih jenis bisnis yang Anda kuasai dengan baik.

Anda bisa memulai usaha warung makan atau restoran namun Anda harus yakin dan menguasai bidang kuliner.

Atau Anda bisa mulai membuka usaha bengkel motor jika Anda termasuk Ahli memperbaiki sepeda motor.

Dengan cara ini maka kemungkinan untuk sukses lebih besar karena Anda telah tahu bagaimana cara memualai usaha baru tersebut.

Dukungan Keluarga

Hal yang tidak kalah penting adalah dukungan keluarga, bagaimanapun dukungan keluarga merupakan hal yang akan membuat Anda semakin semangat dan akan selalu ada perhatian dan nasehat yang dapat memecahkan masalah di kemudian hari.