Indonesia Akan Ada Hyperloop Transportasi Baru 1200 km/jam,

Hyperloop sebuah model transportasi baru yang akan di kembangkan di Indonesia di beritakan mampu menembus 1200km/jam.Sebuah proyek transportasi tercepat saat ini,pertama di aplikasikan di Amerika Serikat dan sekarang dalam pengembangan menjajagi tanah air.

Seperti dilansir dari CNN Indonesia,Chairman Hyperloop Bibop G.Hadir  di Jakarta dan mengakui telah membicarakan dengan partner lokal dan telah menandatangani perjanjian denga kementrian perhubungan dan di saksikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Pada dasarnya Hyperloop adalah model sistem transportasi baru yang mirip dengan kereta namun sama sekali berbeda dalam sistem pengoperasianya.Hyperloop berjalan dengan sistem pengadaan tekanan rendah yang memungkinkan kapsul terdorong dengan sangat cepat.

Selanjutnya seperti yang di ucapkan Bibop tim mereka akan melakukan studi kelayakan yang akan memakan dana sekitar 1-1,25 juta $,selama 3-6 bulan kedepan.

Pembangunan sistim transportasi tercanggih didunia ini juga diklaim ramah biaya sehingga tidak diperlukan subsidi dari pemerintah dan cukup dengan mengandalakanya dari investor.Pada tahap pertama seperti yang diuraikan Bibop di hotel Fairmont,Jakarta Akan di bangun dari Tangerang(Bandara Sukarno-Hata)ke Pusat Kota Jakarta dan selanjutnya akan merambah ke Jawa dan Sumatra.

Tidak seperti model transportasi darat lainya model yang satu ini juga diklaim lebih efektif karena tidak perlu pembebasan lahan karena proyek ini bisa dibangun di atas jalan tol dan yang diperlukan hanyalah mendapatkan perizinan untuk pengembangan,seperti yang ditegaskan Bibop di Jakarta baru baru ini.

Ya mungkin itu benar adanya namun mungkin pertanyaan kita bagaimana jika pembangunanya dibdaerah Jawa atau Sumatra yang belum terlewati jalan tol?Barangkali secara logika akan diperlukan pembebasan lahan juga,karena belum ada tekhnologi yang Menggantukan sistim rel transportasi di udara,tetep akan dibutuhkan tiang tiang penyangga.

Sementara Chairman Hyperloop Indonesia Dwi Putranto mengiyakan adanya proyek tersebut,setidaknya akan ada 5 proyek yang di lakasanakan di sekitar tangerang dan Jakarta.

Bagaimana menurut anda? Apakah yakin ini terwujud dalam waktu dekat ini dan Indonesia akan menjadi negara dengan sistim tercepat di dunia?Kita tunggu kabar selanjutnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan