Gaji Tidak Kunjung Dibayar Oleh Atasan atau Perusahaan Apa Tindakan Kita?

Gaji nunggak?Pusing dan jengkel pastinya jika kita sebagai karyawan/karyawati yang mendapati masalah seperti ini.Apalagi ada tanggungan di bank atau cicilan kendaraan yang harus di bayar tepat waktu,Gaji yang nunggak satu atau 2 minggu mungkin masih bisa kita toleransi namun bagaimana jika Gaji telat berbulan bulan?

Mungkin bagi setiap individu mempunyai tindakan yang bervariasi ada yang langsung buka ide untuk demo atau bahkan minta resign atau keluar dari perusahaan tersebut.

Tapi tunggu semua masalah harus kita kaji dengan kepala dingin bagaimana kalau dengan cara seperti ini?

1.Cari tahu dari sumber yang bisa dipercaya Kenapa gaji tidak/belum dibayar apakah karena perusahaan pailit atau ada keterlambatan dari pihak manajemen atau ada penyebab lain.

2.Hal yang perlu duperhatikan adalah jika perusahaan ternyata perusahaan di ambang kebangkrutan,kalau memang begitu ada langkah yang nyata yang harus kita ambil jangan diam cari tahu ke bagian yang bersangkutan apakah perusahann masih mau membayar gaji kita?kalau tidak ada kejelasan maka langkah selnjutnya adalah

3.Beri peringatan kepada pihak yang bertanggung jawab bahwa kita pastikan dengan tegas menunggu klarifikasi kapan  kapan gaji akan dibayar.

4.Jika karena keadaan ternyata perusahaan tidak menanggapi pernyataan kita kita bisa mengambil langkah untuk mogok kerja sambil menunggu kejelasan.Namun jika langkah ini tidak masalah mbuahkan hasil kita bisa mengambil langkah ke 5

5.Melaporkan kasus tersebut kepada pihak pemerintah bisa saja ke Depnaker dsb.

6.Jika tidak ada jalan keluar dari semua maka tidak salah jika karyawan mencari jalan keluar lewar jalur hukum.

7.Hal yang perlu diingat demo bisa saja menjadi alternative terakhir namun tindakan anarkis sangat tidak di anjurkan,karena jelas menyalahi aturan hukum,karena bisa jadi bukanya mendapat hak kita malah berurusan dengan kepolisian.

So Tetap jadikan pedoman bahwa menangani masalah jangan menimbulkan masalah yang lebih besar,setuju?

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan