Dengan Modal Kecil Raup Untung Jualan Rujak Buah Tanpa Kegagalan

Siapa yang tidak kenal dengan makanan rujak buah? Tentu semua orang kenal dan pernah mencoba makanan rujak buah bukan.

Ya, makanan khas Indonesia yang berisi aneka buah buahan?, aneka umbi umbian, dan aneka sayur sayuran ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas.

Dicampur dengan bumbu kacang, gula merah, dan cabe makanan ini siap untuk disajikan.

Tidak hanya itu terkadang beberapa pelanggan membumbui rujak buah ini dengan cabe dan petis tergantung permintaan pelanggan.

Makanan ini termasuk dalam kategori menyehatkan yaa karena berisi buah buah, umbi umbian, dan juga sayur mayur yang segar dan tentu menyehatkan.

Tidak heran bila makan rujak buah ini banyak diburu oleh masyarakat luas.

Nah, bagi anda yang bingung ingin membuka usaha anda maka ide jualan rujak buah ini dapat anda coba.

Anda tidak perlu membutuhkan modal besar untuk membangun usaha ini karena hanya membutuhkan beberapa bahan saja, anda sudah dapat mempunyai usaha sendiri.

Apalagi makanan ini sudah banyak dikenal dan digemari masyarakat luas, tentu sangat mudah untuk memasarkannya.

Berikut akan saya jelaskan mengenai cara dalam memulai usaha ini. Simak penjelasannya.

Peluang Usaha Jualan Rujak Buah dengan Modal Kecil Untung Besar

Ide jualan rujak buah dapat anda ciptakan untuk mendirikan usaha anda.

Peluang usahanya sangat besar karena sudah banyak sekali orang orang yang mengenalnya dan suka dengan rujak buah.

Dengan begitu peluang usaha untuk jualan rujak buah dapat anda buat dengan menggunakan modal kecil.

Untuk bahan isiannya seperti buah buah, umbi umbian, dan juga sayur mayur anda dapat menggunakan variasi yaa sesuai dengan musimnya.

Itu karena tidak setiap hari buah buahannya berbuah. Namun dengan adanya musiman tersebut akan membawa manfaat bagi usaha anda karena akan menciptakan variasi buah yang ada di dalam rujaknya.

Anda juga harus membuat bumbu yang enak dari segi rasa agar mendapatkan tempat dihati para pelanggan.

Maka dari itu anda harus mencoba berbagai resep dan bahan untuk dapat menemukan bumbu rujak yang berbeda dengan penjual rujak buah lainnya.

Anda dapat menggunakan tiga jenis bumbu rujak untuk menambah variasi rujak anda.

Pertama, bumbu kacang, gula merah, dan cabe. Kedua, petis dan cabe. Dan ketiga, cabe dan garam.

Untuk pemilihan aneka buah buah, umbi umbian, dan aneka sayur sayuran anda dapat memilih dengan kualitas terbaik ya.

Itu karena menjadi kunci utama suksesnya usaha jualan rujak buah anda. Anda dapat bekerja sama dengan para petani buah dan sayur untuk mensuplai aneka buah buahan dan sayuranya.

Dengan begitu anda akan mendapatkan harga lebih murah dari di pasaran yang akan membantu meminimalisir pengeluaran belanja bahan baku anda.

Untuk peralatan yang dibutuhkan dalam usaha ini sangatlah sederhana dan terjangkau harganya sesuai dengan kebutuhan jualan anda.

Peralatannya seperti pisau, cobek dan ulekkan, piring, dan solet dan sendok untuk mengambil bumbunya. Sangatlah sederhana bukan untuk memulai usaha ini.

Modal Usaha Jualan Rujak Buah

Untuk modal usaha jualan rujak buah, anda hanya membutuhkan modal kecil.

Berikut rincian anggaran yang dapat anda coba sebagai berikut.

Biaya untuk bahan baku:

1 kilo gram mangga muda : Rp. 20.000

1 kilo gram kedondong : Rp. 15.000

1 kilo gram nanas : Rp. 35.000

1 kilo gram bengkoang : Rp. 15.000

1 kilo gram mentimun : Rp. 10.000

1 kilo gram pepaya : Rp. 10.000

1 kilo gram kelampok : Rp. 20.000

1 kilo gram belimbing bintang : Rp. 15.000

Tahu goreng : Rp. 15.000

1 kilo gram kacang : Rp. 10.000

2 kilo gram cabe : Rp. 20.000

3 gelas petis : Rp. 15.000

3 bungkus garam : Rp. 10.000

2 kilo gram gula merah : Rp. 25.000

Total : Rp. 235.000

Biaya untuk peralatan :

Gerobak : Rp. 2.000.000

3 pisau : Rp. 25.000

Cobek dan ulekkan : Rp. 30.000

Piring dan sendok : Rp. 70.000

Kursi plastik : Rp. 100.000

2 solet : Rp. 10.000

Total : Rp. 2.235.000

Total Modal Awal : Rp. 2.470.000

Nah, itulah rincian anggaran untuk anda dapat membuka usaha jualan rujak buah. Dengan modal awal sebesar Rp. 2.470.000 anda sudah dapat membuka usaha jualan rujak.

Anda dapat menambah aneka buah buahan lainnya yang anda mau. Hitungan diatas adalah hitungan untuk secara umum saja. Sangatlah kecil bukan.

Lokasi Strategis Usaha Jualan Rujak Buah

Anda dapat menjual rujak dengan memanfaatkan halaman rumah anda yang masih kosong dan dapat dimanfaatkan untuk mengurangi jumlah modal awal.

Dengan begitu pangsa pasar yang akan ada sasar terlebih dulu adalah masyarakat sekitar anda.

Dengan begitu anda dapat sedikit demi sedikit dapat mengumpulkan keuntungan dan dapat membeli gerobak dorong untuk berkeliling dari satu daerah ke daerah lain.

Anda dapat menyasar daerah kumpulan pedagang kaki lima atau biasa disebut food court untuk lebih mudah mendapatkan pelanggan.

Dengan begitu anda dapat banyak menuai keuntungan karena ramai pengunjung yang datang dan akan melirik usaha jualan rujak buah anda.

Terutama bagi orang yang sangat menyukai pedas, maka secara langsung dia akan menyicipi rujak buah anda.

Setelah mendapatkan banyak keuntungan maka anda dapat mencoba beralih ke penyewaan ruko atau kios yang menawarkan dengan harga murah.

Dengan begitu anda dapat menambah banyak pelanggan baru dan menciptakan pelanggan tetap karena tempat anda yang sudah tidak berpindah pindah lagi. Sehingga orang akan mudah mencari keberadaan usaha rujak buah anda.

Anda dapat memilih lokasi di dekat pasar, tempat wisata, pusat perbelanjaan, di dekat kampus, kos kosan, atau di dekat perumahan.

Dengan begitu akan menambah jumlah pelanggan anda dan dapat meraup banyak keuntungan besar.

Daftar Dagangan Rujak Buah yang Perlu Dipersiapkan

Selanjutnya anda dapat menyusun daftar dagangan rujak buah anda. Semakin banyak variasi dagangan yang dijual maka semakin suka pelanggannya.

Sebelum anda melakukan penyusunan daftar dagangan pada usaha anda, anda dapat melakukan survey atau riset terlebih dahulu kelapa pengusaha jualan rujak buah lainnya.

Hal itu untuk mengetahui tentang buah apa saja yang harus dimasukkan, menu apa saja yang harus dijual, strategi promosi apa yang dibunakan, dan lain sebagainya.

Dengan begitu akan membantu anda dalam mempersiapkan usaha anda.

Bagi pengusaha yang baik dan tidak pelit ilmu maka akan membagikan pengetahuannya kepada orang orang yang akan membuka usaha.

Berikut adalah daftar dangan rujak buah yang dapat anda buat beserta harga jualnya antara lain.

Rujak manis : Rp. 9.000

Rujak petis : Rp. 9.000

Rujak garam : Rp. 9000

Rujak gobet : Rp. 3000

Kerupuk : Rp. 1000

Asumsi pendapatan per hari bila sehari laku 50 porsi dikalikan 9000 anda dapat pendapatan sebesar Rp. 450.000. Pendapatan per bulan maka Rp. 450.000 dikalikan 30 maka anda dapat pendapatan sebesar Rp. 13.500.000.

Bila setahun pendapatan anda sebesar Rp. 13.500.000 dikalikan 12 maka pendapatan anda sebesar Rp. 162.000.000. Sangat fantastis bukan pendapatan yang anda peroleh.

Tapi itu pendapatan kotornya ya belum bersihnya.

Itulah daftar dagangan rujak buah yang dapat anda sajikan dalam usaha jualan rujak anda. Anda dapat menambah varian menu dagangan sesuai selera anda.

Perlu anda ingat bahwa anda harus melakukan variasi pada buah buahan yang anda gunakan.

Strategi Promosi Jualan Rujak Buah Efektif dan Sukses

Pada tahap promosi adalah tahap suksesnya sebuah usaha didirikan.

Hal itu karena dengan cara promosi ini, adalah waktu dimana para pengusaha dapat mengenalkan produknya kepada pelanggan.

Tanpa strategi promosi, semua jenis usaha tidak akan sukses apalagi dikenal masyarakat luas. Sama halnya dengan usaha jualan rujak buah ini, maka dari itu dibutuhkan cara cara unik dan kreatif dalam proses promosi ini.

Anda dapat memulai dengan menjajakan keliling rumah anda kepada tetangga anda untuk produk rujak buah anda.

Dengan begitu masyarakat sekitar anda akan mengetahui usaha apa yang sedang anda rintis. Untuk harga awal anda dapat menjualnya dengan murah sebagai pengenalan produk awal.

Setelah mendapatkan keuntungan yang lumayan besar, anda dapat membeli gerobak dorong agar anda dapat berkeliling dari satu kampung ke kampung lain yang padat jumlah penduduknya.

Dengan begitu akan semakin banyak lagi yang mengenal produk rujak buah anda. Dan secara langsung akan menambah daftar pelanggan anda.

Selanjutnya anda dapat menjual secara online khusus daerah kota anda tinggal saja ya.

Mengingat ketahanan buah yang tidak dapat bertahan lama di luar suhu ruangan. Dikawatirkan buahnya busuk atau kejadian yang dapat merugikan usaha anda.

Anda dapat menggunakan instagram untuk promosi anda. Dengan begitu akan lebih banyak lagi orang orang yang merasakan rujak buah anda.

Untuk penjualan online anda dapat menggunakan jasa antar sendiri atau dapat menggunakan jasa onjek online untuk lebih amannya.

Hal itu untuk menghindari lonjakan permintaan rujak buah anda. Dengan begitu tidak akan mengganggu proses produksi rujak buah anda.

Berikan Keunggulan Usaha Jualan Rujak Buah

Untuk lebih memberikan pembeda dari usaha jualan rujak buah lainnya, maka anda dapat berikan keunggulan tersendiri bagi usaha anda yang berbeda dari yang lainnya.

Hal itu untuk menarik minat pelanggan agar nyaman dalam membeli rujak buah anda. Dengan begitu akan menambah jumlah pelanggan setia anda.

Anda dapat menerapkan sistem jemput bola yaitu dengan memberikan jasa antar kepada pelanggan anda untuk daerah kota anda saja. Dengan tidak memunggut ongkos kirim, akan membuat pelanggan lebih sering untuk memesan secara online rujak buah anda.

Bagi pelanggan yang bertempat tinggal di luar kota tempat penjualan anda misalnnya di daerah pelosok atau daerah kabupaten makana dapat anda gunakan ojek online sebagai pengantarnya.

Anda dapat menggunakan pelayanan cepat tanggap pada permintaan rujak buah pelanggan anda.

Dengan begitu, tidak akan merusak mood keinginan pelanggan dalam menikmati pedasnya rujak buah anda.

Terutama bagi ibu hamil yang merasakan ngidam rujak buah anda, anda harus melayaninya dengan cepat tanggap agar tidak merusak mood ngidamnya.

Dengan begitu mereka akan puas dengan pelayanan anda dan akan menjadi pelanggan tetap anda.

Gunakan penjualan gratis bagi pelanggan yang sedang merayakan ulang tahun pada hari itu. Anda dapat mengecek dengan KTP mereka untuk mencocokkan apakah benar atau tidak. Untuk menghindari penipuan.

Anda dapat membagikan rujak buah secara gratis pada pelanggan pertama untuk perayaan anniversary usaha anda. Dengan begitu anda dapat sekalian promosi usaha anda.

Itulah penjelasaan mengenai penjualan usaha rujak buah anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *