Daftar Peralatan Bengkel Sepeda Motor yang Wajib Anda Miliki

Daftar Alat Wajib Usaha Bengkel Motor

Daftar Peralatan Bengkel Sepeda Motor,

Bagi Anda yang sedang merencanakan untuk membangun usaha bengkel motor disamping mempelajari strategi seperti yang pernah dibahas sebelumnya maka hal penting yan harus dikuasai adalah mengenal lebih jauh tentang alat apa saja yang dipakai untuk membuka bengkel tersebut.

Maka sebagai pelengkap sekaligus lanjutan pembahasan tentang usaha bengkel ini hinyong.com akan mengumpulkan data peralatan wajib yang harus dimiliki terutama pada sebuah usaha bengkel baru.

Mungkin juga Anda yang benar-benar pemula akan bertanya-tanya berapa sih, anggaran yang mesti harus disiapkan dalam mempersiapkan peralatan bengkel sampai benar-benar usaha Anda siap beroperasi?

Memang sebenarnya tidak ada jumlah pasti dalam menyiasati anggaran belanja sampai kebutuhan Anda siap, karena masing-masing individu pasti memiliki cara dalam menentukan anggaranya, disamping itu merek dan kulaitas alat bengkel juga sangat bervariasi belum lagi jumlah peralatan yang akan disiapkan juga sangat tergantung seberapa besar usaha bengkel Anda nantinya.

Bahkan bagi Anda yang ingin lebih berhemat Anda bisa membeli atau berburu peralatan bekas yang masih memiliki kualitas baik untuk kemudian dijadikan sebagai peralatan usaha bengkel pertama Anda.

Dengan metode tersebut Anda bisa menghemat banyak uang bahkan hingga 50 % dibandingkan membeli peralatan baru.

Peralatan seperti kompresor, kunci-kunci bisa secara bertahap anda kumpulkan dengan mencari barang bekas terutama pada barang yang memiliki harga tinggi.

Nah, bagi yang memiliki keadaan keuangan menunjang maka membeli perlaatan bengekel semuanya baru juga bukan hal yang keliru, selama efektif dan membeli pada item yang benar-benar akan dipakai pada usaha bengkel nantinya, pembelanjaan yan berlebihan bahkan pada item yang tidak terpakai tentu akan menghabiskan banyak anggaran.

Karena itulah kami mencoba menyusun daftar peralatan bengkel sepeda motor ini sebagai referensi Anda, tentu Anda berhak untuk menganggap pada satu alat yang akan dibahas perlu atau justru belum penting sekali lagi semua tergantung rencana yang akan anda jalankan.

Berikut adalah daftar peralatan yang kamu harus miliki ketika Anda ingin membuka usaha bengkel motor:

1. SET KUNCI “T”

 

Kunci T untuk bengkel motor

Kunci T sangat penting untuk disediakan ketika anda hendak membuka usaha bengkel dengan alat ini maka anda dapat melakukan pembongkaran dan pemasangan pada bagian sepeda motor lebih cepat, terutama pada baut yang memiliki ruang sempit vertikal yang tidak memungkinkan menggunakan kunci ring biasa.

Karena ukuranya yang bervariasi saya sangat menyarankan untuk memiliki satu set ukuran kepala kunci T yang paling umum dipakai pada baut sepeda motor.

2. Set Kunci L

Kunci L untuk Usaha Bengkel
Kunci L untuk Usaha Bengkel

Pada usaha bengke sepda motor kunci L juga merupakan hal penting yang harus dimiliki, fungsi paling utama dari kunci pada kebutuhan usaha bengkel adalah untuk inatalasi baut L atau disebut juga socket cap screw.

Jenis kunci L sendiri ada dua jenis yaitu kunci L segi enam dan kunci L bintang, sediakan dua jenis kunci L ini bersamaan.

Umumnya terbuat dari baja yang kuat namun lagi-lagi kekuatan produk ini juga tergantung merek dan rentang haraganya.

Untuk keperluan usaha sebaiknya membeli berbagai ukuran atau satu set sesuai ukuran yang paling umum dipakai pada sepeda motor.

Ini karena kunci L sendiri memiliki ukuran yang sangat beragam.

3.Kunci Ring Dobel

Alat Bengkel Kunci Ring Pas
Alat Bengkel Kunci Ring Dobel

Kunci ring dobel juga masuk daftar wajib peralatan bengkel, kunci ini memiliki ukuran yang bervarisi sediakan satu set ukuran kunci ini yang memiliki rentang paling cocok untuk sepeda motor.

Fungsi kunci ring dobel sendiri secara umum untuk membuka dan mengencangkan baut  dengan kepala segi enam pada area yang luas sehingga kunci dapat masuk dan diputar dengan leluasa.

4.Kunci Ring Pas

Kunci Ring Pas
Kunci Ring Pas

 

Kunci ring memiliki kemiripan dengan kunci ring dobel hanya saja biasanya pada kunci ring memiliki desain dimana satu ujung memiliki kepala membulat dengan bagian dalam bergerigi dan pada ujung berlawanan memiliki ujung segi dan terbuka.

Untuk fungsi dan ukuran ring hampir sama dengan kunci ring dobel hanya saja pada kunci ring paling umum dipakai pada baut bagian luar yang tidak ada penghalang.

5.Kunci Shock

 

Kunci Shock atau sering juga disebut sebagai kunci shocket juga merupakan alat wajib pada usaha bengkel motor, umumnya memiliki kepala segi enam dan memiliki ukuran bervariasai serta bisa dilepaskan dari tangkai kunci.

Karena ukuranya yang bervariasi dengan tangkai kunci yang bisa dilepas umumnya produk ini dijual dalam satu set.

Fungsi pada usaha bengkel motor kunci shock ini digunakan untuk memasang baut pada as roda, shockbreaker dan sebagainya.

6.Kunci Inggris

Kunci Inggris
Kunci Inggris untuk Bengkel

Meski kekuatan daya pada kunci inggris tidak sebaik kunci ring namun kunci inggris ini juga merupakan kunci wajib bagi bengkel sepeda motor, dengan kunci inggris kita bisa melepas atau memasang baut segi enam yang ukuranya tidak sesuai dengan kunci pas atau kunci ring yang kita miliki.

Ada beberapa ukuran kunci inggris sebaiknya miliki minimal miliki 3 jenis yatu ukuran kecil medium dan ukuran besar

7. Kunci Busi 

Kunci Busi Bengkel Motor
Kunci Busi Bengkel Motor

Kunci busi juga merupakan alat wajib usaha bengkel motor karena fungsinya yang sangat vital untuk membuka busi sepeda motor.

8.Obeng

Obeng
Obeng

Biarpun telihat sepele namun obeng sangat penting untuk selalu tersedia di usaha bengkel motor Anda, ini karena sangat membantu ketika membuka lampu, cover bodi motor dan pemasangan berbagai aksesori tambahan jika diinginkan.

Sediakan obeg berbagai ukuran baik obeng plus maupun obeng minus.

9. Tang

Peralatan Bengkel Tang
Tang

Tang sangat vital pada peralatan usaha bengkel karena memiliki fungsi yang beragam sesui jenisnya, sediakan berbagai macam tang seperti tang kombinasi, tang lancip, tang potong, tang buaya,dan sebagainya.

10. Palu

Palu
Palu

Pada usaha bengkel palu selalu diperlukan karena alat ini akan sangat membantu pengerjaan perbaikan, untuk meluruskan besi yang bengkok, membantu membuka baut yang keras dan sebagainya.

Selain alat yang disebut diatas peralatan penting lain juga harus tersedia seperti:

  • Kunci Momen
  • Kikir
  • Gergaji Besi
  • Kunci Y
  • Ragum
  • Pahat
  • Kompresor terutama jika usaha bengkel sudah mengalami kemajuan.

Sebenarnya masih banyak alat bengkel sepeda motor lain yang perlu dipersiapkan namun pada kasus bengkel kecil daftar diatas dirasa sudah memenuhi syarat.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *