Cari Usaha Minim Pesaing? Berikut Ide Bisnis Kreatif yang Jarang Ada Namun Potensial

Jika kita cermati, di era yang semakin modern dan maju ini, banyak orang yang berusaha untuk membuka sebuah bisnis.

Namun beberapa dari mereka hanya mengikuti usaha yang udah sukses dan terkenal, jarang sekali ada yang mambangun bisnis sendiri menggunakan sebuah ide bisnis kreatif yang jarang ada.

Karena sebenarnya orang akan lebih tertarik dan menyukai bisnis yang lebih kreatif dan unik.

Mencari sebuah ide bisnis terkadang sulit untuk beberapa orang. Banyak dari mereka yang harus berpikir begitu keras, dikarenakan masih sangat sedikit informasi mengenai bisnis yang akan dimulainya, ataupun karena sangat sulit mendapatkan ide baru.

Mencari di media sosial maupun internet pun masih jarang ada. Jadi harus memulai dari awal dan memikirkan serta mempersiapkannya secara matang.

Tips Menemukan Ide Peluang Bisnis Kreatif yang Jarang Ada

Anda bisa menemukan sebuah ide bisnis yang orang lain tidak pernah memikirkan ide tersebut, tetapi memiliki daya tarik tersendiri bagi orang-orang yang melihatnya.

Salah satunya dengan menciptakan produk yang memiliki nilai karya seni, bisa menjadi satu pilihan untuk memulai sebuah bisnis.

Suatu produk yang memiliki nilai seni akan selalu diburu oleh konsumen di Indonesia, bahkan juga konsumen mancanegara.

Menemukan suatu ide bisnis tak perlu berpikir terlalu keras, terkadang pemikiran sederhana dari bahan sederhana dapat menghasilkan ide bisnis yang menjanjikan.

Beberapa bisnis kreatif yang jarang ada tentunya memberikan peluang yang besar, karena masih belum banyak pesaing bisnis yang sama.

Dan potensi konsumen akan lebih banyak, karena tidak menutup kemungkinan hanya ada satu bisnis kreatif yang ada di suatu daerah tertentu.

Berikut beberapa tips menemukan sebuah ide bisnis kreatif yang jarang ada:

Peka Terhadap Lingkungan Sekitar

Dimulai dari hal sederhana, yaitu Anda harus peka terhadap lingkungan yang ada sekitar untuk menghasilkan ide bisnis yang lebih kreatif. Mulai perhatikan lingkungan tempat tinggal Anda, apa yang sangat dibutuhkan dan selalu dicari oleh orang-orang sekitar namun masih belum tersedia pastinya. Orang-orang harus pergi jauh ke luar daerah untuk menemukan suatu barang yang diinginkan.

Dengan kemampuan lebih peka terhadap lingkungan sekitar, Anda perlahan pasti bisa menghasilkan ide bisnis yang lebih kreatif dan mampu mendapatkan keuntungan dari bsinis tersebut jika dikembangkan dengan baik.

Perluas jaringan

Anda dapat mulai berkumpul dan mencari teman yang memiliki jiwa bisnis yang besar, atau teman yang sudah sukses dalam mengembangkan bisnis. Berkumpul dan berdiskusi dengan orang yang sudah sukses berbisnis, akan mempengaruhi kepribadian Anda. Anda akan lebih mampu menganalisa ide bisnis kreatif yang jarang ada yang Anda inginkan sesuai dengan keinginan. Selain itu Anda akan memiliki motivasi di bidang bisnis yang tinggi.

Dengan sering berkumpul dengan orang-orang yang memiliki jiwa bisnis dan orang-orang yang sudah sukses pasti akan mempenharuhi Anda dengan beragam tips, motivasi hingga cara berfikir pengusaha. Nantinya bisa membuat Anda terinspirasi untuk memulai berfikir ide bisnis kreatif yang jarang ada serta pengetahuan dan pengalaman yang banyak di dunia bisnis.

Minta Pendapat dari Orang-Orang Terpercaya

Jika Anda sudah mendapatkan ide bisnis namun masih ragu dengan potensinya, mintalah pendapat dari orang-orang kepercayaan Anda. Masukan mereka akan sangat berarti bagi Anda, sebagai perbaikan dari keraguan Anda. Karena orang-orang terdekat pasti memberikan masukan yang positif dan jujur terhadap Anda. Siapa tahu dengan meminta pendapat justru Anda akan lebih mempunyai ide bisnis lain yang sangat potensial

Contoh Ide Bisnis Kreatif yang Jarang Ada dan Minim Pesaing

Beberapa contoh ide bisnis kreatif yang jarang ada dibawah ini memang masih jarang ada di beberapa daerah. Pilihlah bisnis yang sesuai dengan kemampuan dan keinginan Anda. Selain itu supaya lebih kratif lagi, Anda dapat mengembangkan ide-ide dibawah ini.

1. Lampu Hias dan Lampu Tidur

Lampu hias dan lampu tidur dapat dijadikan sebagai solusi membuka bisnis kreatif Anda, karena bisnis lampu hias dan lampu tidur ini masih jarang ditemukan di beberapa daerah.

Potensi konsumen pun juga banyak, karena sebagian orang lebih menyukai tidur dengan lampu yang tidak terlalu terang dan juga tidak gelap, jadi lampu hias dan lampu tidur ini bisa menjadi solusinya.

Anda dapat membuat lampu hias dan lampu tidur ini sesuai kreasi Anda namun ciptakan nilai seni yang tinggi untuk menarik konsumen, atau Anda bisa membuat sesuai keinginan konsumen.

Namun, jika Anda belum memiliki bakat membuatnya, maka Anda dapat membeli lampu hias dan lampu tidur ini di penjual-penjual yang ada di suatu daerah khusus kerajinan lampu hias, atau Anda dapat mencari secara online di media sosial/ toko online yang sudah terpercaya.

2. Kuliner

Bisnis kuliner saat ini dapat dikatakan tidak pernah ada matinya, karena kebutuhan orang akan makanan sangatlah besar.

Untuk itu, Anda bisa mencoba bisnis kuliner, namun usahakan membuat bisnis kuliner yang lebih kreatif meskipun makanan yang Anda jual sudah banyak dipasaran.

Anda dapat membuat menu baru yang jarang ada di pasaran, atau mengkreasikan menu yang sudah ada. Selain itu Anda juga dapat membangun warung kuliner Anda secara unik.

3. Usaha Kreatif dari Sampah Plastik

Mungkin bisnis ini sudah sering Anda lihat. Namun peluangnya masih sangat terbuka lebar.

Banyak cara yang bisa Anda ciptakan dari sampah plastik seperti sampah dari sabun, shampoo, kopi, teh, serta bungkus lainnya sangat mudah Anda temukan.

Buatlah beberapa produk yang dapat digunakan aktivitas orang sehari-hari seperti taplak meja, tas, dompet hingga peralatan rumah lainnya.

Selalu berikan sentuhan seni yang menarik pada setiap produk yang Anda buat.

Karena produk ini berbahan dasar sampah, maka usahakan desain semenarik mungkin supaya lebih disukai oleh konsumen secara umum.

4. Toko dan salon hewan

Toko dan salon hewan ini merupakan usaha yang masih sangat jarang pesaingnya.

Seringkali para pecinta hewan masih kesulitan mencari toko yang menjual perlengkapan untuk hewan peliharaan mereka. Belum lagi salon dan tempat perawatan hewan, mungkin dalam satu kota jumlahnya bisa dihitung jari.

Jadi Anda dapat mengisi kesempatan tersebut dengan membuka toko yang menyediakan aneka keperluan hewan serta salon dan perawatan hewan peliharaan.

Seperti dispenser untuk minum anjing atau kucing, tas travel untuk menenteng hewan peliharaan dengan aman, pakaian hewan, makanan kaya nutrisi untuk hewan peliharaan, shampo, kendang, dot bayi kucing dan anjing, dan lain sebagainya.

5. Jasa Perbaikan Rumah

Pernahkah terlintas dipikiran anda untuk membuat jasa perbaikan rumah? Hal ini sangat menjadi peluang besar karena sebagian orang dengan kesibukannya masing-masing banyak yang tidak ada waktu ataupun memang tidak bisa memperbaiki beberapa kerusakan dirumah.

Tentunya usaha ini dapat Anda buka di pusat perkotaan yang memiliki penduduk padat, sehingga sangat potensial untuk diterapkan.

Anda dapat mencari karyawan yang pastinya sudah ahli dalam perbaikan rumah.

Supaya jangkauan konsumen lebih luas, Anda dapat membuka jasa perbaikan rumah ini secara online, supaya orang-orang yang jauh dapat dengan mudah mengakses jasa Anda tanpa harus datang ke tempat Anda.

6. Buat Kursus Bahasa Indonesia

Saat ini sudah banyak turis baru yang menetap di Indonesia dengan berbagai latar belakang, seperti karena tuntutan bisnis atau karena ingin pindah kewarganegaraan.

Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini menjadi sebuah bisnis, yaitu kursus Bahasa Indonesia.

Karena pasti banyak dari orang-orang baru tersebut yang kurang lancar berbahasa Indonesia padahal sangat dibutuhkan untuk menunjang karir mereka.

Anda dapat membuka bisnis ini di suatu kawasan, usahakan cari kawasan kota yang memiliki pertumbuhan ekonomi dan bisnis yang sangat tinggi.

Lakukan promosi dan penyebaran brosur secara berkala, hal ini dilakukan supaya orang-orang yang ingin kursus Bahasa Indonesia dapat mengetahui dan mencari dengan mudah.

Atau kalau memungkinkan, cobalah buat pelatihan secara online. Hal ini pasti akan lebih menghemat tenaga dan wakti serta lebih praktis dan tidak ribet.

Anda bisa membuat video, ebook, artikel, dan juga pelatihan secara streaming kepada orang-orang yang akan melakukan kursus Bahasa Indonesia.

7. Cuci mobil dan motor panggilan

Bisnis cuci mobil dan motor panggilan ini termasuk salah satu bisnis kreatif dan unik yang bisa anda coba.

Karena masih banyak orang yang malas untuk keluar mencari tempar cuci kendaraan mereka.

Jika ada, pasti ini menjadi salah satu solusi terbaik yang ada. Karena orang tidak perlu lagi keluar.

Selain itu karena terkendala kesibukan, biasanya banyak orang yang malas untuk mencuci mobil dan motor sendiri dirumah.

Bisnis ini bisa Anda kembangkan di wilayah-wilayah yang memiliki penduduk yang padat, tentunya Anda juga harus mencari karyawan yang cukup, supaya jika ada orderan yang banyak di waktu yang sama tidak akan membuat Anda menjadi keteteran.

Mereka bisa memesan lewat telepon, maupun SMS. Jadi hal ini bisa dipesan oleh siapapun.

Untuk daerah perkotaan bisnis ini bisa lebih menguntungkan karena memiliki target orang yang memiliki mobil dan motor lebih banyak.

Dan yang pasti karena ini adalah jasa panggilan, maka akan ada biaya tambahan yang dijadikan sebagai biaya transportasi.

8. Potong rambut panggilan

bisnis ini dikhususkan bagi mereka yang malas pergi ke salon.

Jadi untuk mereka yang mau memotong rambut tapi tidak mau ke salon, maka bisa diatasi dengan hanya memanggil tukang potong rambut untuk datang ke rumah.

Namun hal ini tentunya juga butuh ketrampilan dalam memotong rambut dengan berbagai macam model

Tukang cukur panggilan ini memang akan diminati banyak orang. Dengan hanya memesan melalui telepon, atau sms maka akan sangat memudahkan calon pelanggan.

Untuk harga, sesuaikan dengan seberapa jauh perjalanan untuk sampai kesana, yang paling penting harga yang ditawarkan juga pantas dan pas dikantong calon pelanggan Anda.

9. Dekorasi interior

Karena di era modern ini banyak bermunculan dekorasi interior rumah, kafe maupun kantor dengan desain modern minimalis.

Namun masih banyak orang yang kurang paham tentang cara mendekorasi ruangan mereka.

Oleh karena itu, Anda bisa memulai usaha kreatif yang bergerak di bidang dekorasi interior yang khusus untuk menangani kebutuhan para pecinta dekorasi interior yang modern dan minimalis.

Bisnis ini dapat Anda jadikan solusi ide bisnis kreatif yang jarang ada pastinya.

Nah itu tadi beberapa tips menemukan ide bisnis kreatif yang jarang ada dan beberapa contoh bisnis kreatif yang dapat Anda kembangkan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *