Cara Ternak Ayam Potong/Pedaging, Sukses Cepat Tanpa Kegagalan

Ternak Ayam Potong
Ternak Ayam Potong Foto:www.pixabay.com

Cara Ternak Ayam Potong.Beternak ayam potong atau ayam pedaging merupakan peluang usaha ternak yang tidak mengenal waku dan musim.Jenis usaha satu ini juga merupakan peluang yang telah terbukti menjanjikan mengingat keberadaanya di Indonesia yang terus mengalamai kemajuan.Hampir seluruh provinsi di Indonesia telah mengenal dan banyak sentra-sentra peternakan ayam pedaging dari sabang sampai merauke.
Sejarah mencatat jika ayam pedaging/broiler mulai dikenal di Indonesia pada tahun 1953-1960.

Dan kini perkembanganya sangat pesat dimana telah banyak sekali pengusaha-pengusaha sukses yang menggeluti usaha ini.

Dari skala kecil,menengah hingga pengusaha besar telah lahir dari kerja kerasnya.

Salah satu keunggulan beternak ayam pedaging dibandingkan usaha-usaha lain adalah usaha ini tidak terlalu terpengaruh dengan persaingan mengingat kebutuhan akan pasokan daging ayam dalam negeri masih sangat besar.

Bahkan seandainya pasar dalam negeri telah penuh pasaran daging ayam juga diterima di pasar internasional.

Inilah kenapa ternak ayam potong dianggap sebagai usaha yang memiliki potensi berkembang untuk menjadi usaha besar.

Jika saat ini pembaca sedang memiliki ambisi untuk menjadi pengusaha ternak ayam potong ini,maka anda akan menjadi bagian dari ribuan pengusaha sukses lain,sebuah peluang yang bisa mengantarkan kesuksesan dalam waktu relatif singkat.
Namun begitu kita juga mesti realistis karena dibalik banyaknya pengusaha sukses ternyata tidak sedikit mereka yang  jatuh bangkrut.

Semangat dan kerja keras saja tidak cukup,kita perlu mempelajari banyak hal agar sebuah rencana usaha ayam potong bukan saja bejalan namun harus mau mempelajari dengan serius agar terhindar dari kegagalan dengan menggali pengalaman-pengalaman peternak yang telah sukses maupun mengambil pelajaran dari mereka yang gagal.

Baca Juga:

Peluang Usaha Sampingan Dibahas Lengkap

Peluang Usaha Peternakan

Usaha Ternak Kambing

Bagaimana Cara Beternak Ayam Potong?

Apa saja yang perlu kita ketahui sebelum benar-benar terjun menjadi peternak ayam potong?Yuk,kita sama-sama belajar.

Kita perlu mencari semua informasi penting dari berbagai sumber seperti dari buku,intenet bahkan menanyakan langsung kepada para petenak yang telah sukses dan mengkaji bagaimana cara yang efektif menjadi peternak ayam potong yang berhasil.

Jika serius dan mau benar-benar belajar dan menerapkan langkah-langkah terbaik maka kesuksesan dalam bidang apapun bukan suatu yang mustahil.

Kenali dari hal-hal sepele hingga hal-hal yang rumit sebelum menjalankan sebuah usaha apalagi jika kita adalah pemain baru.

Beberapa hal yan penting untuk dipelajari diantaranya adalah:

1.Menentukan Modal

Modal merupakan hal pertama yang kebanyakan di permasalahahkan ketika seseorang ingin membangun sebuah usaha.

Terutama pada usaha ternak ayam yang membutuhkan banyak modal maka sebagai pemula harus mau mencari info akurat dari berbagai nara sumber terutama mencari tahu dari para peternak yang telah dulu sukses.

Modal yang jauh dari jangkauan merupakan penyebab banyak calan pengusaha hanya memiliki ide namun tidak pernah mewujudkanya.

Menyesuaikan modal keuangan kita dengan rencana anggaran yang rasional akan lebih baik daripada terlalu bermimpi membuat usaha yang besar namun hanya wacana saja.

Memilki lahan sendiri dan membuat kandang permanen akan sangat menguras dana segar,banyak yang keliru menerapkan hal seperti ini,dan banyak calon pengusaha akhirnya mengurungkan niatnya lantaran modalnya habis terkuras tak tersisa pada pembangunan kandang beserta lahanya.

Belajar dari hal itu maka ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam pemanfaatan modal agar usaha tetap bisa dijalankan dengan budget yang ada.

Berikut beberapa hal yang bisa diterapkan guna penghematan biaya:

  • Lahan.Untuk usaha baru membeli lahan untuk membangun kandang pasti sangat memberatkan maka alangkah baiknya jika diawal-awal usaha lahan cukup menyewa dari sauadara,orang tua atau orang terdekat terlebih dahulu.

 

  • Kandang.Membangun kandang semi permanen atau jika dana tipis buatlah kandang dari bambu tentu akan lebih menghemat dana.Kita juga bisa menyewa kandang ayam tidak terpakai dari para peternak yang gagal atau para peternak yang kelebihan stok kandangnya,cara ini bahkan jauh lebih hemat tanpa menyewa lahan dan pembuatan kandang namun usaha tetap bisa berjalan.

 

  • Jumlah Ayam.Sesuaikan jumlah ayam yang akan dipelihara dengan keadaan keuangan,tidak menjadi masalah beternak kecil-kecilan di awal usahanya,namun jika kita menginginkan jumlah yang lebih banyak dengan dana yang minim kita bisa juga menjadi pengusaha ternak sistim kemitraan dengan penyedia bibit atau DOC,nanti pada posting selanjutnya mudah-mudahan penulis akan membahas apa itu ternak ayam sistim kemitraan.

Jika upaya perampingan sudah di buat semaksimal mungkin akan tetapi masih kekurangan modal, ada beberapa cara aman yang bisa diambil yaitu dengan menjual aset pribadi yang tidak produktif seperti kendaraan angkutan yang tidak digunakan atau bisa juga membuat perencanaan pengumpulan modal dari gaji atau pendapatan kita.

Bisa juga dengan meminta kerjasama saudara untuk membangun usaha ternak ayam modal gabungan.

Modal gabungan pada suatu usaha memang sangat meringankan beban karena modal ditanggung bersama namun harus diperhatikan mengingat banyakanya kasus kesalahpahaman di kemudian hari membuat banyak usaha modal gabungan berantakan.

Buatlah perjanjian tertulis ketika merancanakan modal gabungan yang juga ditanda tangani saksi.

Buat perjanjian mengenai sistim bagi keuntungan atau kerugian,tulis juga hak dan tanggung jawabnya serta berbagai hal penting lain termasuk jika suatu saat salah satu partner mengundurkan diri.

Dengan begitu akan lebih aman dalam perjalanan jangka panjang.

2.Menentukan Lokasi

Lokasi usaha dalam bidang peternakan ayam berbeda dengan usaha lain yang kebanyakan justru harus dekat dengan keramaian penduduk.

Di usaha ternak ayam pilihlah lokasi yang jauh dari pemukiman dan keramaian penduduk guna menghindari polusi dan bau kotoran hewan serta banyaknya lalat yang akan mendapat komplain warga.

Bahkan jika usaha tersebut telah mencapai ribuan hingga puluhan ribu ekor sebaiknya mengajukan izin usaha dari pemerintah desa dan dari departemen kesehatan.

Perhatikan juga dengan lingkungan sekitar jika ternyata usaha ayam ini masih memiliki kemungkinan mengganggu warga.

Pemberian izin secara tertulis dan ditandatangani warga merupakan langkah bijak untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Meski pada teorinya terlihat mudah namun ternyata mendapatkan izin dari warga ini merupakan hal yang rumit.

Tidak semua orang mau menerima kehadiran ternak ayam di lingkunganya meskipun secara persyaratan lokasi kandang telah memiliki jarak aman dari pemukiman.

Menyikapi sikap warga sekitar yang kurang setuju dengan kehadiran usaha seperti ini cobalah langkah-langkah berikut:

  • Libatkan warga sekitar untuk menjadi karyawan atau pekerja dari ketika membangun kandang hingga proses usaha berhasil di wujudkan.
  • Beri kompensasi kepada warga yang paling mungkin terpengaruh dengan kehadiran ternak ayam kita ketika masa panen tiba,bisa berupa satu ekor ayam atau diganti dengan uang atau barang yang senilai.
  • Bersikap baik dan ramah terhadap warga sekitar merupakan cara yang murah bahkan gratis namun bisa memberi efek yang jauh lebih efektif.
  • Yakinkan kepada warga jika kehadiran ternak ayam kita itu aman dengan berdialog dan memberikan bukti seperti telah mendapatkan izin aman dari departemen kesehatan atau setidaknya telah mendapatkan izin resmi dari pemerintah desa,dan beri jaminan jika ternak ayam kita akan dijaga kebersihanya.

Selain memperhatikan faktor keamanan dan kenyamanan terhadap lingkungan,lokasi ternak ayam juga harus dekat dengan sumber air dan penerangan serta jalan yang baik untuk memudahkan pengangkutan pakan dan masa panen.

 

3.Pembuatan Kandang

Tujuan pembuatan kandang ayam potong adalah untuk menampung ayam peliharaan agar tidak berkeliaran.

Lebih detailnya fungsi kandang ayam adalah:

  • Fungsi Utama

Fungsi utama kandang ayam adalah untuk menampung ayam dan melindungi dari berbagai ancaman dari luar seperti cuaca buruk,serangan hewan liar dan memberikan kenyaman ayam dari segala macam kebisingan agar terhindar stress.

  • Fungsi Sekunder

Fungsi sekunder kandang ayam adalah memudahkan pemeliharaan,dan pemberian pakan serta memudahkan pekerja dalam menjalankan tugasnya seperti pemberian pakan,air minum dan sebagainya.

 
Model serta struktur kandang bisa menyesuaikan dengan keadaan keuangan,artinya kita bisa saja membuat kandang ayam dari bahan hemat biaya seperti bambu/kayu namun tetap harus memperhatikan kekuatan kandang dari beban ternak dan pekerja,tidak mudah ambruk karena cuaca dan sebagainya.

Kandang juga merupakan faktor penting terhadap keberhasilan pemeliharaan ayam pedaging.

Lokasi yang baik,suhu yang hangat dan tidak berubah secara ekstrim serta ukuran kandang yang tepat akan menentukan keberhasilan.

Ada dua jenis kandang ayam potong yaitu :

  • Kandang ayam panggung

  • Kandang ayam lantai dengan alas serbuk kayu atau sekam kulit padi

 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kandang ayam broiler:

  • Atap

Fungsi atap adalah guna melindungi ternak dari cuaca baik hujan maupun panas.

Bahan atap bisa terbuat dari genteng,seng,atau bisa juga dari ijuk untuk menghemat biaya.

Atap yang tinggi serta bentuk tertentu memiliki perlindungan dan sirkulasi udara yang lebih baik.

Desain atap harus dibuat sedemikian rupa agar ketika hujan mudah mengalir dan tidak tergenang pada atap kandang.

Ada beberapa model atap kandang ayam seperti: atap bentuk jongkok,atap bentuk A, atap bentuk monitor,dan atap bentuk semimonitor serta atap variasi atau gabungan dari atap bentuk A dan jongkok.

Foto:https://www.pertanianku.com
Tipe Atap
  • Dinding

Dinding kandang ayam harus dibuat sedemikian rupa agar memiliki sirkulasi udara yang baik.

Sesuaikan model kandang dengan usia ayam,ketika bibit ayam pada masa minggu pertama maka perlu menutup bagian bawah kandang karena memerlukan kandang yang hangat terutama pada malam hari.

Bisa juga dengan menyekat kandang dan memeberi penutup pada sekatan kandang untuk anakan ayam/DOC agar ayam usia minggu pertama lebih hangat selain itu pada malam hari bisa digunakan pemanas bisa dari lampu listrik atau kompor.

Sementara pada usia dewasa ayam sebaiknya menggunakan kandang terbuka atau kandang dengan model seperti jeruji untuk ventilasi yang baik.

Kandang-Panggung

 

  • Lantai Kandang

Pada kandang model panggung umumnya menggunakan lantai yang renggang bisa terbuat dari kayu ataupun bambu dengan jarak sekitar 2,5 cm pada masing-masing kerenggangan dan penutup kayu/bambu menggunakan ukuran yang sama.

Tujuan lantai renggang adalah agar kotoran ayam akan jatuh ke kolong dan mudah dibersihkan serta menghindari bertumpuknya kotoran yang bisa membawa penyakit terhadap ayam broiler tersebut.

Sementara pada model ayam lantai bisa digunakan alas dari serbuk gergajian atau serbuk(kulit)padi sebagai alas dan menutupnya dengan lapisan setiap hari dan membersihkan kandang secara berkala.

  • Arah Kandang

Jika memungkinkan kandan ayam senantiasa terkena sinar matahari dengan membuat kandang ayam membujur arah utara-selatan.

Namun jika tidak memungkinkan usahakan sedekekat mungkin dengan arah tersebut tujuanya agar ayam selalu terkena sinar matahari terutama pada pagi hari agar ayam-ayam lebih sehat.

  • Ukuran kandang

Sesuaikan ukuran kandang dengan kapasitas yang akan dipelihara,buatlah kandang dengan bentuk persegi panjang dan hindari membuat kandang berbentuk kotak sama sisi salah satu tujuanya agar udara dalam kandang bersirkulasi dengan baik dan sinar matahari juga maksimal dapat diterima oleh ayam-ayam tersebut.

Lebar kandang bisa dibuat maksimal 8 meter sementara panjangnya bisa menyesuaikan dengan kapasitas yang akan direncanakan.

Hindari juga kapasitas ayam yang terlalu padat (biasanya terjadi ketika ayam menginjak usia dewasa atau mendekati panen).

Namun juga jangan terlalu longgar karena karena biaya kandang yang mahal akan sia-sia jika diisi dengan jumlah ayam yang sedikit.

Berikut  kepadatan ayam berdaskan usianya dalam (m²)

  • 1 hari-1 minggu→40-50 ekor
  • 2 minggu→20-25 ekor
  • >2 minggu→8-12 ekor

Setelah memahami pembuatan kandang yang baik (anda bisa langsung meninjau pembuatan kandang secara langsung ke peternak terdekat untuk lebih detail),selanjutnya adalah mempelajari peralatan pendukung yang diperlukan.

Peralatan pada ayam pedaging diantaranya:

  • Tempat minum
  • Tempat Makan
  • Penerangan
  • Mesin/kompor penghangat dan sebagainya.

Tanyakan ke toko penyedia peralatan peternakan alat apa saja yang dibutuhkan dan jumlah serta harganya.

Nmaun begitu kita bisa juga memanfaatkan peralatan bekas dengan harga yang lebih murah untuk menghemat anggaran.

4.Pemilihan Bibit Ayam atu DOC(Day Old Chicks)

DOC
DOC

Pemilihan bibit ayam atau DOC broiler yang bagus akan berpengaruh terhadap hasil atau pertambahan bobot ayam ternak,semakin bagus kualitas bibit maka kemungkinan kenerhasilan lebih tinggi,begitu juga sebaliknya.

Namun begitu bibit yang berkualitas bagus juga harus diikuti dengan pemeliharaan yang baik,untuk hasil maksimal.

Setidaknya ada 3 grade DOC dari yang terbaik hingga terbawah.

  • Grade A atau 1

DOC Broiler grade A lebih sering dikenal sebagai bibit kualitas 1 atau KW1,ini biasanya bibit yang dihasilkan oleh perusahaan ternama dengan memilih produk DOC nya yang paling baik dan dijual dengan harga paling mahal.

Bobot DOC ini tidak kurang dari 40 gram,sehat dan tidak cacat.

  • Grade B atau 2

Dibawah grade A ada grade B merupakan bibit ayam kualitas 2/KW2 yang dipilih dengan bobot antara 30-40 gram.

Grade B masih tergolong berkualitas karena umumnya semua DOC tidak memiliki cacat fisik dan sehat hanya saja berat badan lebih rendah.

  • Grade C atau 3

Grade C merupakan bibit ayam broiler paling bawah pada grade C atau sering juga dikenal sebagai grade polos,sering dijumpai anakan ini terdapat cacat fisik baik kaki,sayap ataupaun pada mata dan bagian lain.
Sementara bobotnya juga umumnya lebih ringan dan harganya juga paling murah.

Grade ini sering di beli oleh pedagang ayam broiler keliling sebagai ayam mainan yang sebelumnya telah diwarnai bulunya dengan bebagai warna menarik.

Setelah mengetahui tingkatan Grade DOC selanjutnya memilih satu persatu box DOC yang akan dibeli.

Jangan mudah percaya dengan klaim grade A atau B tanpa mengecek langsung kondisi ayam tersebut.

Berikut cara memilih bibit ayam broiler dengan mengecek langsung

  • Jika memungkinkan pilih DOC dari induk yang berkualitas bagus
  • Tampak sehat dengan bulu halus
  • Nafsu makan baik
  • Gerakan agresif dan tidak lemas
  • Anus bersih dan tidak berair.

 

5.Mengenal Penyakit Ayam Broiler

Ibarat pepatah menyatakan sedia payung sebelum hujan,begitupun dengan persiapan beternak ayam broiler.

Kenalilah penyakit apa saja yang bisa menyerang dan bagaimana pencegahan dan pengobatanya.

Dengan mengetahui dari awal setidaknya kita bisa meminamalkan resiko kematian ternak ayam yang akan dipelihara.

1.Gumboro

Penyakit inidisebut juga infeksi bursal (IBD/Infectious Bursal Desease),disebut gumboro karena penyakit ini pertama kali ditemukan di daerah Gumboro Delaware sebuah daerah di Amerika Serikat pada tahun 1950an.

Merupakan penyakit ayam atau unggas yang ditakuti para peternak karena sangat berbahaya dan umumnya menyebabkan kematian,disamping itu penyakit ini sangat cepat menular.

Penyebab:

Penyebabnya adalah virus gumbaro yang tergolong sebagai reovirus

Ciri-ciri:

Tanda umum pada ayam broiler yang terserang gumboro adalah:

  • Lesu dan mengantuk
  •  Bulu sekitar dubur kotor dengan kotoran ayam
  •  Mencret dan belendir keputihan
  •  Tubuh ayam cenderung kering karena kehilangan banyak cairan pada tubuhnya
  •  Mudah terkejut
  •  Iritasi pada dubur dan ayam cenderung suka mematoki duburnya
  •  Pertumbuhan terganggu dan angka kematian mencapai 30%
  •  Bangkai ayam yang terkena gumboro cepat sekali membusuk.

 

Penyebaran:

Salah satu kenapa gumboro sangat berbahaya adalah karena penularan penyakit ini sangat cepat hanya dalam waktu satu hari saja seluruh ayam yang berdekatan dapat ketularan.

Sementara bahaya selanjutnya adalah angka kenatian yang tinggi dan terjadi hanya dalam waktu 3-5 hari semenjak trinfeksi virus ini.

Media penyebaran bisa melalui air,makanan,kotoran ayam,dan alat-alat yang digunakan.

Pengobatan:

Karena gumboro disebabkan oleh virus yang sulit disembuhkan maka upaya terbaik adalah mencegah penularan ketika mendeteksi ada ayam yang memiliki ciri-ciri tersebut diatas maka segeralah memisahkan dan menjauhkan dari kandangnya ke tempat yang jauh.

Membersihkan peralatan dari virus dan memberi pengobatan berupa vitamin dapat dilakukan guna meringankan penyakit hingga masa panen.

Pencegahan:

Menjaga kebersihan kandang dan peralatan dapat mencegah terjangkitnya gumboro lebih meluas.

Selain itu cara efektif lain adalah dengan memberi vaksin gumboro pada anak ayam jiga pada indukan ayam pada perusahan penetasan supaya bibit DOC lebih kebal terhadap penyakit gumboro tersebut.

2.Ngorok atau Chronic Respiratory Disease (CRD)

Meskipun jarang menyebabkan kematian penyakit satu ini dapat mengganggu laju pertumbuhan bobot ayam dan akan merugikan peternak serta dengan cepat menyebar ke ayam-ayam lain.

Penyakit CRD atau ngorok pada ayam termasuk ayam broiler disebabkan oleh bakteri Mycoplasma gallisepticum dan Mycoplasma synoviae.

Merupakan penyakit yang menyerang sisitim pernafasan pada unggas.

Ciri-ciri:

Ayam sering batuk-batuk,bersin serta adanya gangguan pernafasan,kadang ditemui pembengkakan pada muka hingga terjadinya kepincangan hingga kelmpuhan.

Terdengar seperti suara ngorok.

Pengobatan:

Untuk mengobati ayam broiler yang terlanjur terserang penyakit ngorok atau CRD lakukan langah-langkah berikut:

  • Membersihkan kandang dan mengurangi tingkat kandungan amonia dan kadar debu pada lingkungan ternak.
  • Mengurangi kepadatan kandang
  • Ventilasi kandang diperbaiki agar kandang lebih sehat
  • Mengisolasi ayam yang terkena CRD
  • Memberi antibiotik yang mampu dan sesuai untuk membunuh bakteri Mycoplasma gallisepticum dan Mycoplasma synoviae.

Pencegahan

 

Agar terhindar dari penyakit ngorok maka peternak wajib memperhatikan kebersihan kandang,ventilasi serta kepadatan ayam dan tidak mencampurkan ayam berbeda umur.

Suhu kandang juga harus stabil dan tidak ekstrim baik terlalu panas maupun terlalu dingin.

Suhu yang terlalu panas dapat menyebabkan ayam cenderung banyak minum sehingga kotoran ayam menjadi cair dan berakibat kandungan amoniak di kandang meningkat inilah penyebab  bagi ayam mudah terserang sakit pernafasan,sementara bakteri penyebab CRD lebih mudah menyerang jika ayam terserang gangguan pernafasan tersebut.

3.Berak Kapur (Pullorum)

Meskipun tidak separah penyakit gmboro namun pada penyakit berak kapur yang dibiarkan tanpa penanganan akhirnya dapat menimbulkan kematian pada ayam.

Berak kapur atau Pullorum merupakan penyakit yang sering menyerang pada ayam usia muda.

Bakteri Salmonella pullorum adalah penyebab ayam terjangkit penyakit ini,menyerang pencernaan sehingga terjadi gangguan akibatnya memicu produksi zat kapur berlebih dan menyebabkan kotoran/tahi ayam menjadi encer keputih-putihan seperti kapur.

Karena berak ayam encer maka akan ada sisa-sisa kotoran disekitar anus yang jika dibiarkan akan menumpuk sehingga pada berak berikutnya ayam mengalami kesulitan.

Ciri-ciri:

  • Ayam lemas
  • Ada kotoran di sekitar anus yang lama-kelaman akan mengering dan mengganggu proses berak ayam
  • Kotoran/tahi ayam encer dan lengket serta berwarna putih
  • Ayam lebih suka bergerombol atau mencari tempat di pojok dan sudut jika di pisahkan dari kandang.

Pengobatan:

  • Karantina

Jika ditemui ayam atau DOC menunjukan ciri-ciri diatas,segeralah isolasikan atau karantinakan selama 1-2 minggu sampai sembuh.

 

  • Obat dan Vitamin

Pemberian obat untuk membunuh bakteri penyebab terjadinya penyakit ini dapat dilakukan etrlah proses karantina setelah itu bisa diselingi pemberian vitamin ayam untuk membantu pemulihan dan kesegaran tubuh ayam.

  • Bersihkan Anus Ayam atua DOC

Kotoran/tahi ayam yang menempel pada anus lama-kelamaan akan mengering dan menutupi pembuangan.

Lakukan pemebersihan di area tersebut gunakan lap basah dan lakukan secara rutin selama masa penyembuhan

 

4.Tetelo (Newcastle Disease/ND)

Penyebab penyakit ini adalah virus Avian Paramyxo Virus,Pertama kali ditemukan di newcastle meskipun beberapa artikel menyebut jika sebenarnya penyakit justru terlebih dahulu ditemukan di wilayah Indonesia itulah kenapa Tetelo disebut juga penyakit Newcatle atau Newcastle Desease.

Ciri-ciri:

Tanda-tanda yang paling umum adalah adanya gangguan pernafasan seperti batuk dan ngorok keluar lendir dari hidung,penurunan nafsu makan dan juga kotoran ayam berwarna hijau dan kadang bercampur putih.

Tanda lain adalah efek dari kelainan syaraf sehingga pada kaki dan sayap serta leher terpelintir dan ayam sering berputar-putar.

Pengobatan:

Karena penyakit ini disebabkan karena virus maka penyembuhan menemui kesulitan ada beberapa artikel menggunakan antibiotik yang mampu membunuh virus tersebut,namun langkah paling mudah adalah pencegahan penyebaran atau penularan dengan mengkarantina serta menjaga alat-alat agar terbebas dari jangkitan virus.

Pemberian vaksin pada DOC dan dilanjutkan pada masa pemeliharaan merupakan langkah terbaik guna menghindari seangan penyakit ND ini

 

6.Pemeliharaan Ayam Broiler

Setelah mendalami berbagi hal penting dan telah mempersiapkan dari kandang,peralatan hingga tenaga kerja maka langkah selanjutnya adalah proses pemeliharaan.

Persiapan Kandang dan Peralatan

  • Setidaknya persiapan kesiapan kandang dan peralatan mesti di lakukan jauh hari sebelum bibit ayam atau DOC datang.
  • Jika kandang ayam merupakan kandang baru,pastikan kandang ayam sudah tidak lagi berba cat dan jika kandang adalah kandang sewaan maka pastikan untuk membersihkan kandang agar bebas dari kotoran yang dapat menyebarkan penyakit terhadap DOC.
  • Jika kandang ayam banyak terdapat kutu kita juga harus membebaskan kandang dari kutu ataupun serangga,gunakan insektisida dan semprotkan ke daerah yang di huni serangga dan kutu tersebut.
  • Sekitar kandang juga harus bebas dari rumput liar yang menggangu dan bisa menjadi sarang hewan liar dan berbagai sumber penyakit pada ayam kita nantinya.
  • Jika menggunakan kandang panggung dan lantai kolong kandang masih tanah maka lakukan penyiraman menggunakan soda api untuk membebaskan kandang dari sumber bakteri yang datang dari tanah.Takaran soda api adalah 1kg/50 liter air.
  • Pada dinding kandang dan lantai kandang gunakan kapur untuk mensterilkan kandang dari sisa-sisa bakteri penyebab penyakit terutama pada kandang lama ataupun pada kandang yang pernah dipakai.
  • Semua peralatan dicuci bersih dan kembali dimasukan ke kandang kemudian semprot peralatan dan semua bagian dalam kandang menggunakan formalin,gunakan takaran kurang lebih 5 liter formalin dengan 100 liter air,atau bisa kurang sesuai kondisi kandang tersebut.
  • Setelah semua siap diamkan kandang minimal 2 minggu dan tutup bagian luar kandang dengan menggunakan terpal ataupun plastik tebal.

Persiapan Sebelum Bibit Ayam atau DOC Datang

  • Taburkan sekam setebal 2-3 cm pada lantai yang akan diisi DOC.
  • Bisa juga gunakan koran pada bagian atas sekam pada hari pertama DOC datang.
  • Penerangan,pemanas harus sudah disiapkan setidaknya satu atau dua hari sebelum DOC tiba namun jangan dulu di nyalakan.
  • Buat sekatan brooder pada bagian dalam kandang agar bibit ayam berkumpul di satu tempat dan mudah menjangkau pemanas yang ada ditengah ruang sekatan.
  • Untuk membuat brooder bisa menggunakan seng atau kayu dengan ketinggian sekatan antara 40-50 cm.
  • Nyalakan pemanas pada ruang sekatan minimal 2 jam sebelum DOC dimasukan kandang agar suhu ruangan stabil dan hangat.
  • Alat makan dan minum sudah di siapkan sebelum DOC di kandangkan.
  • Siapkan disinfektan cair untuk mencuci tangan pekerja ketika masuk dan keluar kandang.
  • Saat DOC datang ruang sekatan brooder harus sudah siap semua sehingga tinggal memasukan ke kandang dan dapat meminimalisir anak ayam stress karena lelah atau sumpek dalam perjalanan.

 

Jika menginginkan detail lengkap dan jelas dalam tahapan ini saya menyarankan untuk menggali informasi yang akurat dari peternak di daerah terdekat.

Jangan malu bertanya jika perlu dapatkan informasi bukan hanya dari satu orang peternak saja melainkan sebanyak mungkin dari meraka yang sukses dan untuk dijadikan perbandingan mana yang terbaik untuk diterapkan.

Pemeliharaan Saat DOC Masuk Kandang

Setelah DOC tiba segerakan untuk dimasukan ke sekatan brooder  yang sudah di siapkan.

Beberapa yang perlu diperhatikan:

  • Siapkan pakan dan minuman sebelum DOC dimasukan dalam sekatan  brooder.
  • Lebih baik jika air minum di campur gula merah dengan takaran 20-30 gram/liter.
  • Bibit ayam yang cacat atau sakit segera dikeluarkan sementara yang lemah diberi perhatian khusus seperti di bantu dalam minum,dengan cara menekan kepala ke tempat minum.
  • Perhatikan pola makan dan minum secara keseluruhan,dan periksa berkala kesehatan bibit ayam tersebut.
  • Jaga suhu dalam sekatan brooder hangat dan stabil.

Lakukan setiap tindakan dengan hati-hati pada masa DOC baru datang,jangan buat bibit ayam terkejut ataupun kedinginan dan hal-hal lain yang membahayakan dan bisa membuat stress.

 Faktor-Faktor Penting Yang Harus Diketahui dan Diperhatikan Selama Pemeliharaan:

1.Air Minum dan Pakan

  • Minimal berikan perhatian khusus pada 3 hari pertama agar DOC mau makan dan minum secara baik,pemindahan lokasi menjadi penyebab kenapa kita mesti melatih bibit ayam makan minum yang cukup agar sehat dan tidak mudah sakit.
  • Pada hari pertama minuman bisa di taruh di atas lantai kandang namun menginjak hari ke-2 atau ke-3 sebaiknya tempat minum digantung,salah satu tujuanya adalah agar ayam tidak menginjak air minum dan membuatnya kotor.Sesuaikan tinggi tempat minum sesuai jangkauan dan umur ayam.
  • Sementara pakan ayam bisa mulai digantung pada usia ayam menginjak 1 minggu.
  • Setelah lepas dari sekatan brooder atau ketika ayam sudah berada di tempat yang lebih luas pakan ayam di isi 2 kali sehari.
  • Bersihkan dengan  cara dicuci bersih dari kotoran/tahi ayam  tempat pakan dan air minum saat hendak mengganti pakan.Atau akan lebih baik siapkan 2 set pakan dan tempat sehingga lebih efisien.Pakan baru menggantikan tempat pakan dan minum yang hendak diganti,begitu seterusnya.

2.Perluasan Sekatan 

Salah satu tujuan menyekat kandang ayam adalah agar ayam bisa terkumpul di satu tempat,disamping itu memudahkan pakandan minum dalam jangkauan serta memberikan suhu yang lebih hangat juga pemanasan lebih terfokus pada daerah sekatan saja.

Seiring berjalanya usia ayam sekatan perlu diperluas untuk menghindari sumpek dan beresakan,jadi intinya perluasan sekatan harus dilakuakan sesuai dengan keadaan dan pertumbuhan besar badan ayam.

Umumnya pada usia 18 hari ayam broiler sudah tidak lagi disekat dan sudah menempati kandang tanpa penghalang sesuai kapasitas kandang tersebut.

3.Pemanasan

Untuk menjamin suhu pada kandang tetap hangat disarankan agar pemanasan tetap dilakukan hingga usia setengah bulan dan jika suasana terlalu dingin terutama dimalam hari bisa ditambah dan jika suhu ruangan panas pada siang hari maka pemanas bisa dimatikan.

4.Pembersihan Kandang Selama Pemeliharaan

Untuk menjaga agar ayam-ayam tidak terserang berbagai penyakit maka kebersihan kandang harus selalu dijaga.

Pada awalnya kotoran ayam belum terlalu banyak,kita bisa menutup kotoran dengan merang padi hingga 2 atau 3 hari baru setelahnya mengambil kotoran ayam untuk di pisahakan di tempat terpisah.

Pada ayam yang sudah mulai dewasa dan kotoran sudah mulai banyak maka usahakan agar lantai kandang atau lantai dibawah kolong selalu kering dan tertutup dengan sekam padi/bisa juga dengan gergajian kayu dan mengangkutnya dan di tempatkan di tempat khusus kotoran ayam setiap 3 atau 4 hari sesuai keadaan.

5.Pencahayaan

Berbeda dengan ayam kampung,ayam broiler memerlukan pencahayaan terus menerus karenanya jika siang hari namun keadaanya cukup gelap maka nyalakan lampu agar ayam tetap mau makan dan minum seperti biasa.

Namun begitu ketika usia ayam menginjak 1 minggu usahakan untuk diberi latihan setidaknya 1 jam dalam suasana gelap.

Tujuan memberikan latihan suasana gelap adalah agar ayam tidak kaget atau stress dan beterbangan atau saling injak saat tiba-tiba terjadi mati lampu.

Disamping itu suasana gelap juga dapat membantu produksi hormon pertumbuhan pada ayam(melatonim)

6.Pemberian Vaksin

Pemberian vaksin yang tepat sangat berperan dalam upaya mencegah berbagai penyait yang mengancam.

Biasanya pihak penjual DOC/Bibit ayam telah memiliki daftar vaksin yang harus diberikan pada masing-masing usia ayam.

Berikut beberapa hal tentang vaksin secara singkat.

  • Penyimpanan Vaksin.

Vaksin harus disimpan dalam suhu 2°C-8°C,Bisa gunakan es batu jika vaksin harus dibawa dalam perjalan.

  • Penggunakan vaksin harus sesuai dengan dosis yang tepat,serta jangan memberi vaksin pada ayam yang sakit.
  • Cara pemberian vaksin.

Ada 3 metode pemberian vaksin pada ayam yaitu dengan cara melalui air minum,metode suntik dan vaksinasi melalui tetes pada mata atau mulut.

Pada pemberian vaksin peternak harus benar-benar mengetahui cara yang baik dan sesuaikan dengan umur ayam.

Cari tahu lebih lanjut tentang vaksin yang diperlukan kepada penyedia bibit atau DOC dan belajarlah dari peternak yang telah sukses tentang hal ini.

Tujuanya untuk menghindari kesalahan yang bisa berakibat fatal.

7.Masa Panen

Usia panen relatif singkat yaitu antara 25 sampai dengan 35 hari,jika kita menerapkan cara-cara yang benar dan mau belajar dengan sungguh-sunguh maka keberhasilan panen yang menguntungkan dengan mudah dapat diraih.

Ketika masa panen tiba hendaknya:

  • Sebelum ayam diambil maka sebaiknya angkat tempat pakan namun biarkan tempat minum bahkan jika diperlukan tambahkan gula merah pada air minum terutama jika ayam-ayam tersebut akan menempuh perjalanan jauh.
  • Tangkap pada bagian kaki dengan hati-hati,dan pegang erat pada persendian untuk menghindari kaki ayam patah.

Saya yakin masih banyak yang perlu diketahui pembaca yang sedang mencari informasi lebih jauh dapat terus belajar lebih detail dari para pelaku bisnis.

Pastikan materi-materi penting untuk dikuasai sebelum terjun bisnis ini.

Namun begitu jangan juga terlalu takut sehingga selalu menunda tanpa kerja nyata.

Semoga dapat memberi sedikit gambaran bagaimana beternak ayam pedaging dan terhindar dari kegagalan.

Silahkan komen atau bantu  share untuk menciptakan pengusaha-pengusaha baru di Indonesia.

HiNyong.com dari berbagai sumber.

Loading...