Cara Terbaik Meningkatkan Penjualan di Shopee

Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee

Anda memiliki lapak di Shopee, tapi jumlah order yang masuk tidak sesuai harapan? Jangan berkecil hati, simak cara meningkatkan penjualan di Shopee berikut ini

Membuka toko online untuk menjual barang sudah menjadi pilihan pekerjaan. Cukup dengan mengandalkan perangkat digital, seperti laptop atau ponsel, usaha berjalan. Namun, karena banyak saingan, Anda harus lebih cermat dalam bertahan. Bila punya toko di Shopee, pasti Anda ingin tahu cara meningkatkan penjualan di Shopee.

Sekilas Tentang Shopee:

Singkat cerita, Shopee (https://shopee.co.id/inspirasi-shopee/) adalah platform mobile pertama di Asia Tenggara yang menawarkan transaksi dagang online. Beberapa negara yang menggunakan aplikasi ini termasuk Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Vietnam.

Taiwan adalah satu-satunya negara dari Asia Timur yang juga menggunakan Shopee. Nah, bila Anda termasuk pengguna Shopee untuk berjualan, apa yang sudah Anda lakukan selama ini? Apakah sudah menghasilkan keuntungan cukup banyak? Bila belum, apa yang masih kurang?

Siapa tahu, beberapa saran di bawah ini dapat membantu meningkatkan penjualan di akun merchant Shopee Anda.

Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee untuk yang Baru Buka Toko:

Baru buka toko di Shopee dan berharap langsung mendapat keuntungan besar? Semua perlu proses. Nah, biar prosesnya lancar, Anda bisa mencoba lima (5) cara ini untuk meningkatkan penjualan:

1. Berikan harga kompetitif

Harga kompetitif tidak selalu harus lebih murah, namun juga realistis. Jangan lupa survei dulu harga rata-rata produk yang mau dijual di pasaran. Kalau ingin lebih murah dari produk saingan, pastikan harganya juga jangan sampai terlalu ‘jatuh’. Meskipun laku keras, Anda belum tentu mendapatkan untung.

2. Perbanyak variasi produk

Variasi produk bukan berarti asal menambahkan barang lain yang tidak ‘nyambung’ dengan yang sudah Anda jual. Misalnya: tadinya jual ponsel, tiba-tiba mau ditambah dengan sabun mandi. Yang ada, pembeli malah bingung.

Yang dimaksud dengan variasi produk adalah ragam warna dan ukuran bila ada. Misalnya: Anda ingin berjualan sepatu keds. Sediakan dalam berbagai warna dan ukuran, agar pembeli punya lebih banyak pilihan.

3. Naikkan produk secara aktif

Fitur ini berfungsi sebagai promosi untuk meningkatkan penjualan produk Anda di Shopee. Aktifkan fitur ‘Naikkan Produk’ sekitar 5 produk dalam 4 jam sekali. Cara ini dapat memunculkan produk Anda di hasil pencarian teratas. Pembeli akan semakin ingat dan mudah menemukan toko online Anda di Shopee.

Ada dua cara push yang dapat dilakukan untuk menaikkan produk, yaitu secara manual dan 24 jam secara otomatis. Bila tidak ingin repot harus selalu online dan klik, gunakan yang secara otomatis.

4. Buat voucher toko

Manfaatkan fitur Voucherku untuk toko online Anda. Voucher ini ada di Seller Center, yaitu di bagian ‘Promosiku’. Caranya mudah. Cukup ‘Buat Voucher Baru’ dan isi semua informasi di kolom ‘Informasi Voucher’. Sesudah itu, centanglah kotak untuk ‘Berlaku untuk Semua Produk’ sebelum klik tombol ‘Simpan’. Mudah sekali, ya?

5. Promosikan di media sosial

Manfaatkan media sosial lain untuk mempromosikan usaha Anda di Shopee. Agar tidak tercampur, buatlah akun terpisah dari akun media sosial pribadi Anda. Misalnya: akun Facebook atau Instagram. Bila terlalu malas untuk membuat akun lagi di Facebook, Anda bisa membuat Facebook Page khusus bisnis Anda di Shopee.

Jika Anda konsisten menerapkan cara meningkatkan penjualan di Shopee, tidak hanya order pertama yang didapatkan, namun juga lagi dan lagi.

Baca Juga: Cara Jualan di Shopee untuk Pemula

Jangan Lupa Lakukan Juga Langkah-Langkah Ini:

Selain kelima (5) cara di atas, Anda juga bisa melakukan langkah-langkah ini untuk memperlancar dan meningkatkan penjualan barang-barang Anda di Shopee:

Gunakan judul menarik dan andalkan kata kunci ala SEO

Judul yang menarik (apalagi dengan kata kunci ala SEO) akan mendatangkan banyak pelanggan ke toko Anda. Biasanya, pembeli akan mencari barang yang mereka butuhkan di kolom pencarian sebagai langkah awal. Misalnya: travel bag kualitas premium.

Pakailah gambar yang terlihat bagus dan jelas

Ini berlaku untuk setiap toko online. Barang yang terlihat menarik dan jelas akan lebih menggugah konsumen untuk membeli. Agar lebih jelas lagi, upload saja foto produk dari berbagai sisi dalam 1 posting (tampak depan, samping kanan dan kiri, belakang, serta atas dan bawah.)

Deskripsikan produk secara lengkap dan jelas

Cara ini dapat mengurangi pertanyaan-pertanyaan dari calon pembeli, yang justru akan memakan banyak waktu. Memang, kemungkinan besar masih ada pembeli yang akan bertanya. Namun, deskripsi jelas produk yang mau dijual akan membuat Anda terlihat lebih profesional. Jadi, pembeli tidak akan ragu berbelanja di toko online Anda.

Jangan lupa, berikan respons cepat setiap kali ada yang bertanya. Bila terkesan malas-malasan, mereka akan cepat beralih ke penjual lain. Anda sendiri juga yang nanti akan rugi.

Manfaatkan review positif dari konsumen

Perlakukan konsumen dengan baik, agar mereka mau memberi review positif untuk toko online Anda. Review positif menunjukkan kepuasan mereka akan servis total Anda. Pastinya, ada kemungkinan besar mereka akan kembali datang untuk membeli.

Review positif dari konsumen dapat menjadi acuan mengenai kualitas toko online Anda, baik dari segi produk maupun pelayanan konsumen. Cara ini dapat menarik calon pembeli baru untuk berdatangan ke toko online Anda. Di luar sana, pasti masih banyak yang membutuhkan referensi sebelum berbelanja secara online.

Lengkapi toko online dengan banner

Mengapa langkah ini ditaruh paling akhir? Meskipun tidak terlalu berpengaruh besar, banner dapat menjadi daya tarik agar pengunjung mau ke toko online Anda.

Itulah beberapa cara meningkatkan penjualan di Shopee. Selain cara-cara di atas, jangan lupa satu hal penting lagi: kegigihan. Jangan menyerah sebelum benar-benar mendapatkan pembeli setia untuk toko online Anda.

Sumber:

https://ainoru.com/meningkatkan-omset-penjualan-shopee.html

https://rajaimportir.com/cara-meningkatkan-penjualan-di-shopee/

https://shopee.co.id/inspirasi-shopee/belum-dapat-orderan-pertama-di-shopee-ikuti-5-tips-mudah-ini/

https://shopee.co.id/inspirasi-shopee/

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *