Cara Menjodohkan Lovebird Yang Baik

Keindahan bulu burung lovebird ditambah lagi dengan kicauan yang sangat merdu membuat jenis burung ini bukan saja terkenal di Indonesia namun secara skala internasional burung lovebird dianggap sebagai burung lucu yang indah untuk dijadikan peliharaan.

Kelebihan lain dari burung lovebird adalah mudah untuk diternakan sehingga memiliki nilai ekonomis yang baik jika dijadikan hewan ternak.

Usaha ternak lovebird bukan saja merupakan kesenangan dan hobi namun dapat memberikan pemasukan yang lumayan baik jika ditekuni dengan serius.

Memelihara dari sepasang hingga beranak pinak dan menjodohkan anak-anak lovebird hingga berjumlah berkali lipat pasti akan menyenangkan terutama bagi para pecinta burung.

Meski memang tidak mudah untuk sukses tanpa harus belajar jika kita masih awam.

Menjodohkan anakan yang telah dihasilkan oleh sepasang atau beberapa pasang lovebird yang terlihat mudah juga perlu pengetahuan dan pengalaman untuk hasil maksimal.

Ada beberapa metode yang bisa dijalankan untuk menjodohkan lovebird ternak agar mereka berpasang-pasangan.

Berikut uraian selengkapanya.

Memulai Perjodohan Lovebird

Untuk mendapatkan pasangan-pasangan lovebird yang baik dan memiliki ikatan kuat antara betina dan jantan cara termudah adalah dengan cara alamiah dan membiarkan calon-calon pasangan memilih jodohnya sendiri.

Jika kita adalah peternak yang baru memulai usah ternak lovebird dan memiliki beberapa pasangan yang menghasilkan anakan lovebird hingga beberapa atau puluhan maka kita bisa membuatakan kandang koloni yang besar denga ukuran ideal untuk menampung jumlah burung-burung lovebird tersebut.

Masukan anakan yang sudah bisa dipisahkan dari induknya dari usia masih muda dalam kisaran usia 6-7 mingguan ke dalam satu sangkar besar dan biarkan mereka makan dan hidup bersama.

Berikan perawatan yang baik dan porsi makanan yang seimbang untuk menunjang pertumbuhan lovebird-lovebird tersebut.

Biasanya menginjak usia 9 bulan burung lovebird akan mulai memiliki birahi.

Gejala ini ditandai dengan lovebird jantan mulai belajar kawin dengan menaiki lovebird betina.

Ketika hal tersebut mulai terjadi perhatikan dengan seksama dalam beberapa hari apakah hal tersebut terus berlangsung bahkan hingga kisaran waktu satu minggu?

Jika iya maka segera pisahkan pasangan tersebut dari kandang koloni ke kandang penangkaran agar calon pasangan lebih nyaman dan tidak terganggu dengan yang lain.

Lovebird memiliki naluri yang kuat dan memiliki kesetian terhadap pasanganya sehingga pemisahan dari koloni adalah hal yang paling tepat untuk memaksimalkan hubungan pasangan lovebird tersebut.

Setelah berhasil dipisahan dalam satu kandang, berikan perawatan lebih kepada sepasang lovebird ini.

Buatkan kandang yang bisa dipindah-pindahkan agar bisa dipindahkan ke luar rumah pada pagi hari untuk dimandikan dan berjemur.

Waktu yang tepat untuk mandi dan berjemur lovebird ini adalah pada kisaran pukul 10.00 WIB.

Meskipun sudah menjadi pasangan sebaiknya jangan terburu-buru memasukan kotak sarang atau glodok ke dalam sangkar.

Biarkan sepasang lovebird baru ini beradaptasi hingga benar-benar mampu kawin dengan sempurna.

Setelah beberapa minggu dan jika dalam pengamatan sejoli ini mulai ritual perkawinan yang sempurna mulailah untuk menempatkan kotak sarang yang telah disiapkan sebelumnya lengkap dengan serbuk gergaji setinggi 1-2 cm di dalam kotak sarang.

Bisa juga ditambahkan daun jagung muda diatas serbuk gergaji secara merata sebagai tempat lovebird bertelur.

Jika telah melewati masa tersebut artinya proses menjodohkan lovebird berhasil dan melanjutkan dengan pasangan berikutnya.

Sekarang tinggal memilih apakah mau menjual pasangan-pasangan tersebut atau menjadikan hewan ternak lagi hingga jumlahnya makin banyak.

Selain cara tersebut masih ada cara lain yaitu menjodohkan lovebird dengan bantuan peternak atau bisa dibilang dijodohkan paksa.

Sebenarnya para leternak lovebird tahu jika menjodohkan paksa bukanlah cara yang baik menemukan pasangan lovebird sejati.

Menyatukan dua ekor lovebird yang sebelumnya tidak saling kenal ke dalam satu sangkar membutuhkan waktu lebih lama beradaptasi disamping itu biasanya ikatan keduanya tidak sekuat perjodohan alami.

Namun dalam beberapa kasus cara ini efektif untuk mendapatkan tujuan secara ekonomi.

Misalkan jika anda memiliki lovebird jantan dengan suara yang sangat baik dan lovebird betina dengan warna bulu yang sangat indah.

Mengawinkan jenis kedua burung ini untuk mendapatkan keistimewaan dari segi suara dan warna bisa dengan cara kawin paksa seperti disebutkan diatas.

Meski begitu mengawinkan paksa lovebird perlu ketrampilan lebih seperti pemahaman cara membedakan lovebird jantan dan betina.

Memahami jenis lovebird unggul dan mahal dan seterusnya.

Semoga bermanfaat.

Terimakasih Telah Membaca,Kunjungi Juga Tentang Perawatan Kecantikan di:

Hinyong Cantik

   
Jika merasa sedikit saja manfaat,bantu kami dengan klik Sukai Halaman Facebook Hinyong dibawah,dukungan anda sangat berarti.
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *