Cara Menghindari Kerugian Usaha Rental Mobil

Bisnis Rental Mobil

Meskipun kendaraan kian marak namun pada kenyataanya banyak orang yang masih membutuhkan jasa rental kendaraan untuk menunjang kebutuhan aktifitasnya.

Nah untuk mesiasati hal tersebut maka tidak salah lagi jika kemudian Anda mempertimbangkan usaha rental mobil di tempat Anda tinggal.

Jika dikota besar seperti Jakarta bisnis rental mobil sudah jelas memilki potensi yang cukup baik karena populasi dan kebutuhan transportasi dalam berbagai bisnis.

Namun ini tidak berarti rental mobil tidak efektif jika dijalankan bagi Anda yang tinggal di kota-kota kecil.

Asalkan Anda mampu menjalankan strategi yang baik usaha rental mobil ini tetap memiliki potensi bagus meski Anda berada di kota kecil.

Berikut adalah pertimbangan yang harus Anda jalankan ketika ingin memulai usaha rental mobil di daerah Anda agar usaha berhasil dan dan usaha rental mobil terhindar dari kerugian.

Kenali Calon Konsumen

Kebutuhan mobil sewa di masing-masing daerah berbeda-beda, sehingga sebagai calon pengusaha rental mobil harus memahami kebutuhan masyarakat dan kemampuan mereka terhadap rental mobil yang akan Anda bisniskan.

Dikota besar yang umumnya memiliki daya beli sangat baik usaha rental mobil bisa dijalankan dengan memilih beragam tipe mobil secara bersamaan, dari mobil mewah pribadi hingga mobil berkapasitas besar untuk keperluan tranportasi dan pariwisata keluar kota hingga sewa mobil untuk angkutan barang.

Namun bagi Anda yang tinggal di daerah dengan potensi yang berbeda maka Anda sebaiknya menganalisa lebih jauh.

Mnakah peluang usaha rentang paling banyak diminati?, apakah mobil untuk wisata, angkutan keluarga, atau mobil pribadi untuk keperluang keluarg kecil, atau justru hanya mobil angkutan barang yang diminati di daerah Anda.

Dengan menganalisa potensi seperti ini maka akan mengurangi resiko kegagalan karena kesalahan memilih jenis mobil dan tipe mobil yang akan direntalkan.

Manfaatkan Mobil Sewa untuk Menunjang Bisnis Lainya

Kekhawatiran utama para penggiat usaha rental mobil pemula adalah sepinya pengguna jasa bisnis tersebut.

Bukan hanya rugi karena tidak ada peasukan untuk biaya opersional, sepi pelanggan juga akan sangat mengancam kelangsungan bisnis terutama bagi mereka yang memulai usaha bisnis rental ini dengan modal awal minim dan menjalankan usaha dengan cara kredit.

Hal ini harus benar-benar diantisipasi jauh-jauh hari sebelum Anda memulai usaha, kita boleh optimis, kita bisa saja sudah menjalankan strategi marketing dan promosi yang baik, namun kita juga harus ingat pelaku usaha ini bukan Anda sendiri.

Banyak usaha sejenis yang sudah memilki reputasi baik yang terlalu tangguh untuk di goyang pemain baru.

Mensyiasati hal ini langkah yang bisa Anda lakukan adalah mengawali usaha bisnis rental mobil dengan mengoperasikan beberapa mobil yang Anda rentalkan untuk dimanfaatkan sebagai penunjang bisnis lainya yang And miliki.

Jika Anda memliki  3 mobil rental maka setidaknya ada satu mobil yang bisa Anda gunakan untuk keperluan bisnis sendiri untuk menutupi anggaran pengeluaran setidaknya pada masa awal ketika usaha masih sepi dan belum banyak dikenal masyarakat.

Anda bisa menggunakan mobil Anda untuk keperluan jualan atau Anda gunakan untuk bisnis lainya.

Selama masa sepi awal usaha tindakan nyata lain yang harus dilakukan adalah dengan melakukan promosi dan hal teknis lain yang harus diperhitungkan dengan baik yang akan di bahas dibawah.

Promosi dan Jaringan

Pada awal usaha promosi merupakan hal wajib yang harus Anda lakukan, promosi tidak harus menghabiskan uang yang berlebihan.

Di era online skarang ini Anda bisa memanfaatkan sosial seperti facebook, instagram, hingga bergabung di grup-grup whats up, dan mulai mempromosikan usaha Anda dengan menawarkan berbagai kelebihan yang bisa Anda tawarkan.

Disamping media promosi Anda juga perlu aktif untuk membangu jaringan dengan membangun kedekatan dengan berbagai organisasi atau perusahaan hingga skolah-sekolah tertentu, supaya usaha anda bisa lebih direkomendasikn ketika mereka membutuhkan mobi sewa pada kegiatan bisnisnya.

Manajemen yang Baik

Meski usaha Anda mungkin masih kecil namun jangan pernah untuk memperhatikan manajemen usaha dengan baik.

Pembukuan tentang pengelolan keuangan, jadwal perawatan hingga kedisplinan karyawan yang harus terus di pantau dan memastikan semua kegiatan usaha tetap berjala sesuai target dan tetap sesuai rencana usaha Anda.

Sedia Payung Sebelum Hujan

Banyak kasus  pemilik usaha retal mobil mengalami kerugian besar hingga kebangkrutan lantaran kurang mengantisipasi kemungkinan buruk yang bisa saja mengancam usaha.

Kasus penggelapan mobil hingga terjadinya kecelakaan mobil oleh penyewa kendaraan merupakan kasusu yang fatal dan banyak pengusaha bahkan tidak memperhatikan hal ini.

Untuk mengantisipasi hal-hal tak terduga seperti kasus diatas maka perlu bagi pelaku bisnis rental mobil untuk melakukan hal-hal berikut:

1.Regulasi Perjanjian yang Jelas dan Tertulis

Untuk menghindari kerugian akibat kesalahan baik yang disengaja maupun tidak desengaja maka Anda perlu membuat perjanjian sewa yang jelas dan tertulis.

Perjanjian berisi syarat dan ketentuan sewa mobil, termasuk didalalmnya memuat besarnya biaya, waktu atau durasi sewa, serta beban biaya tambahan yang wajib dibayarkan jika penyewa terlambat mengembalikan mobil sesuai waktu yang disepakati.

Hal-hal teknis lain juga meski dicantumkan dalam sewa mobil seperti ganti rugi jika terjadi kerusakan dan juga larangan untuk penggunaan mobil untuk kegiatan ilegal yang melenggar hukum dengan konsekuensi yang jelas jika aturan tersebut dilanggar.

2.Asuransikan Mobil Rental

Meski sangat penting mengasuransikan mobil rental dari kejadian tak terduga seperti pencurian, kerusakan akibat kecelakaan dan sebagainya masih sering diabaikan.

Kejadian diluar dugaan memang tidak diharapkan dan jarang kasus in terjadi namun satu kali saja peristiwa tak terduga tersebut trjadi pada Anda maka ini bisa berkibat fatal, apalagi jika properti rental masih minim.

Jadi pastikan gunakan jasa asuransi mobil yang sudah terpercaya untuk menghindari kerugian akibat hal tak terduga tersebut.

Semua usaha memiliki resiko kerugian termasuk usaha rental mobil ini, namun dengan perencanaan yang baik maka kemungkinan kerugian dan kebangkrutan dapat diminimalkan.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright© Hinyong 2020
Tentang Hinyong| Hubungi Hinyong| Privacy Policy|Disclaimer|Terms Of Services|Sitemap