Ketahui Apa Penyebab Ngantuk Berat Di Pagi Hari Dan Bagaimana Mengatasinya

Saya yakin banyak diantara pembaca yang pernah atau bahkan sering dibuat jengkel lantaran diserang rasa kantuk yang sangat berat.

Terutama disaat-saat beraktifitas entah itu anda sebagai pelajar atau mahasiswa,pekerja ataupun mungkin pengusaha dan para profesional seperti dokter, perawat, guru dan sebagainya.

Rasa mengantuk merupakan hal wajar dan normal sebagai pertanda jika kondisi tubuh kita memerlukan istirahat.

Namun bagaimana jika serangan rasa kantuk tersebut tiba-tiba datang justru saat kita sedang menjalani kegiatan penting?

Apapun latar belakang pekerjaan anda semua tentu mengharapakan kondisi fresh ketika menjalani rutinitas karenanya perlu kita membahas lebih jauh pembahasan bagaimana cara mengusir atau menghilangkan rasa kantuk berat agar kita dalam berakitifitas makin produktif.

Penyebab Rasa Ngantuk Saat Beraktifitas Pagi Dan Bagaimana Penangan Serta Pencegahanya.

Penyebab umum yang paling sering ditemui kenapa seseorang merasa mengantuk adalah karena:

1.Kurang Tidur

Ketika kita kurang tidur di malam hari maka otomatis kondisi tubuh akan loyo dan tidak fit keesokan harinya.

Bisa jadi karena begadang atau mungkin tidak nyenyak tidur dan bisa juga karena sering terjaga saat malam harinya.

Ini adalah penyebab paling umum yang kita temui, sebagai akibatnya ketika pagi hari saat menjalani rutinitas kantuk akan menyerang bahkan saat jam-jam pertama bekerja.

Untuk menangani ngantuk di pagi hari karena kurang tidur ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

Menghilangkan ngantuk karena kurang tidur.

-Cuci Muka

Mencuci muka saat kantuk berat menyerang akan memberikan efek dahsyat, karena setelah itu muka terasa segar dan rasa kantuk mendadak lenyap.

Sayangnya mencuci muka sebagai penghilang rasa kantuk hanya berlangsung sementara, maka dari itu penghilang rasa kantuk yang baik adalah dengan melakukan beberapa tindakan lanjutan bisa dengan menerapkan cara berikutnya.

-Minum Air Putih dan Minuman Yang Mengandung Kafein

Minum air putih yang cukup dan jika dirasa perlu kita juga bisa mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi panas atau minuman energi.

Air putih sangat baik bagi tubuh dan akan membantu memberikan kesegaran lebih lama.

Sementara kafein pada minuman dapat mengurangi rasa kantuk yang cukup ampuh.

Namun begitu kafein juga harus dikonsumsi secara wajar dan tidak boleh berlebihan.

Pada beberapa kasus seseorang juga tidak diperkenankan minum kopi atau minuman yang mengandung kafein karena alasan kesehatan.

Pastikan kita tidak memiliki pantangan terhadap kafein sebelum menerapkan cara ini.

-Olahraga Ringan

Jika dua langkah diatas masih dirasa kurang dan belum sepenuhnya menghilangkan rasa kantuk coba anda lakukan olahraga ringan dengan melakukan joging beberapa menit hingga mengeluarkan sedikit keringat.

Atau bisa juga dengan olahraga umum yang biasa anda lakukan bisa saja melakukan push up beberapa kali, sit up dan sebagainya.

-Komsumsi Permen Rendah Kalori atau Sebiji Permen Kopi

Mengunyah permen atau makanan ringan lain ternyata juga mampu menyingkirkan rasa kantuk.

Konsumsilah permen rendah kalori yang sehat untuk tubuh.

Atau bisa juga makan satu biji permen kopi agar lebih terasa khasiatnya.

-Merubah Posisi Saat Beraktifitas

Ketika kita melakukan pekerjaan yang monoton seperti duduk berjam-jam atau berdiri pada waktu yang lama, ini akan memudahkan kita semakin mengantuk.

Jika keadaanya demikian cobalah melakukan perubahan posisi, yang duduk ambil waktu untuk berdiri begitu juga sebaliknya.

-Berjemur atau Terpapar Sinar Matahari Pagi

Jika memungkinkan ambil waktu beberapa saat untuk berjemur dengan sinar matahari langsung di pagi hari.

Sinar matahari pagi sangat baik bagi kesehatan tubuh disamping itu terbukti dapat mengurangi rasa kantuk apalagi jika kegiatan pagi anda berada di ruang ber AC.

-Bercerita Dengan Teman Hal-Hal Yang Menyenangkan

Jika situasi kerja anda memungkinkan atau tidak ada larangan untuk bercerita dengan teman lain maka lakukanlah hal tersebut.

Cari teman yang paling menyenangkan menurut anda di area tersebut, ajaklah bercerita hal-hal yang menyenangkan atau lucu.

Ketika kita merasa terhibur dengan suasana yang ada maka rasa mengantuk berat sekalipun akan menjadi berkurang.

-Ambil Waktu Beberapa Saat Untuk Tidur

Langkah terakhir yang paling ampuh untuk mengobati rasa kantuk berat di pagi hari adalah ambil waktu anda untuk tidur mungkin 1 atau 1,5 jam.

Kenapa tidur harus dijadikan pilihan karena sesungguhnya semua orang juga sudah tahu jika obat mengantuk yang tepat adalah tidur?

Ya, pilihan ini tidak bisa ditawar-tawar lagi jika rasa kantuk berat menyerang pada mereka yang berprofesi sebagai sopir atau anda sedang mengenderai kendaraan pribadi atau mungkin mereka yang bekerja mengendalikan alat berat.

Keselamatan menjadi prioritas utama karenanya tidak ada alternatif yang tepat selain istirahat dan tidur supaya kegiatan anda lebih aman setelahnya.

2.Efek Samping Obat Kimia

Disamping akibat kurang tidur pada malam harinya, rasa kantuk juga bisa disebabkan karena efek dari mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

Karena itulah pada sebagian besar obat pereda demam, sakit kepala, flu dan berbagai gangguan kesehatan lain diberikan peringatan tidak boleh mengenderai kendaraan bermotor.

Alasanya jelas sebagian obat kimia seperti yang disebut diatas memiliki efek mengantuk.

Lantas bagaimana cara menghilangkan rasa kantuk akibat efek obat-obatan?

Menghilangkan rasa ngantuk karena pengaruh obat kimia.

Sejatinya cara teraman untuk menghilangkan rasa kantuk di pagi hari karena pengaruh obat adalah istirahat sepenuhnya dan tidur hingga efek obat hilang dan kondisi fit kembali.

Ketika seseorang mengkonsumsi obat-obatan tertentu itu artinya orang tersebut dalam kondisi tidak stabil kesehatanya.

Terutama para pekerja yang berhubungan dengan kerja berat dan berimbas pada keselamatan pribadi maupun lingkungan kerja, tidak ada yang lebih baik kecuali istirahat yang cukup hingga kondisi badan pulih kembali.

Namun pada beberapa kasus seseorang harus tetap melakukan kegiatan ringan karena tuntutan pekerjaan , maka tidak ada salahnya untuk mengambil langkah-langkah diatas seperti makan permen yang rendah kalori, olahraga ringan bisa juga basuh muka dengan air hangat.

Namun pastikan kondisi anda masih sanggup melakukanya dan gangguan kesehatan tersebut hanya sebatas masalah umum dan ringan.

Beberapa cara yang tidak boleh dilakukan seperti minum kopi dan makanan yang tidak diperkenankan harus dihindari.

Jangan sampai kantuk hilang namun menimbulkan efek lain yang lebih serius.

3.Depresi dan Stress

Ketika seseorang sedang dilanda masalah berat dan sempat membuat depresi bahkan stress, maka tenaga dan pikiran terkuras.

Umumnya mereka yang sedang mengalami permasalahan pikiranya menjadi kacau istirahat malam sangat tidak nyaman sering terjaga bahkan hingga mengalami kesulitan tidur.

Jika keadaan demikian maka seseorang cenderung lemah dan tidak memiliki semangat yang baik dalam menjalankan rutinitas harian.

Mengawali pekerjaan di pagi hari yang seharusnya semangat dan ceria justru sebaliknya.

Mata mudah sekali mengantuk karena pikiran mereka terforsir dimalam harinya untuk memikirkan kekalutan yang sedang dihadapi.

Menghilangkan rasa kantuk karena depresi.

Jika memang pembaca ada yang mengalami depresi sehingga semangat bekerja menjadi loyo dan mudah mengantuk bahkan dari awal pagi, cobalah berusaha menenangkan pikiran anda terlebih dahulu.

Melupakan suatu masalah bukan solusi, cara yang bisa diambil yaitu mencari pokok permasalahan dan membuat rencana bagaimana cara menangani masalah yang dihadapi.

Yakinkan pada diri sendiri bahwa semua masalah pasti ada jalan keluarnya, tenangkan pikiran dengan menyusun secara rapi apa tindakan tepat yang akan diambil dalam menangani masalah tersebut.

Dengan pikiran yang tenang maka konsentrasi dalam bekerja akan meningkat.

Gunakan beberapa metode diatas untuk meringankan rasa kantuk instan seperti olahraga kecil, konsumsi permen atau coklat untuk merilekan kondisi tubuh anda.

4.Gangguan Kesehatan

Selain kurang tidur dan beberapa permasalahan lain seperti disebutkan diatas, ternyata mata yang mudah mengantuk juga bisa disebabkan karena adanya gangguan kesehatan atau penyakit tertentu.

Ada beberapa jenis penyakit yang bisa menyebabkan kantuk dan lemas.

-Gangguan Pencernaan

Pencernaan yang kurang baik atau bermasalah bisa menyebabkan orang merasa tidak fit dan mudah mengantuk.

Penyerapan energi dan gizi dari makanan tidak bekerja dengan baik,banyak penyebab seseorang menderita gangguan pencernaan termasuk diantaranya adalah kurangnya air didalam tubuh atau dehidrasi.

Untuk menghilangkan rasa mengantuk akibat gangguan pencernaan sebaiknya konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan diagnosa dan pengobatan yang tepat.

Jangan coba menghilangkan rasa ngantuk dengan cara yang salah.

Bagi sebagian orang yang sehat kopi bermanfaat menghilangkan kantuk namun bagi mereka penderita gangguan pencernan bisa jadi kopi justru akan menimbulkan masalah baru.

-Anemia

Para penderita anemia juga sering ditemui memiliki permasalahan mengantuk diawal pagi saat seharusnya mereka penuh semangat.

Anemia atau kekurangan darah akan membuat penderita sering pening saat jongkok teralu lama dan mudah letih dan lesu.

Jika rasa mengantuk disebabkan anemia maka sebaiknya lakukan periksa ke dokter, dokter akan memberi nasehat dan petunjuk serta pengobatan sesuai tingkat anemia yang diderita.

Jika penyakit anemia anda sudah sembuh maka kemungkinan berhasilnya dalam upaya menghilangkan kebiasaan mengantuk berat dipagi hari akan makin tinggi.

-Diabetes

Diabetes atau sakit gula adalah suatu penyakit dimana penderita memiliki kadar kandungan glukosa yang berlebih.

Diabetes juga menjadi penyebab munculnya rasa mengantuk berat di awal pagi.

Sebagai upaya agar kadar gula menurun jaga pola makan sehat dan tepat, hindari makanan dengan kandungan gula yang tinggi.

Periksakan ke dokter dan sering lakukan cek kadar gula darah agar bisa selalu melakukan pengawasan dan pencegahan dalam mengkonsumsi makanan.

5.Pemalas

Pernah melihat orang yang super malas?

Orang-orang tipe ini termasuk orang yang mudah sekali mengantuk meski disaat jam kerja.

Mereka orang yang super malas tidak memiliki gairah yang cukup dalam merencanakan masa depan.

Lebih suka santai dan tidur menyebabkan kondisi tubuhnya terbiasa melakukan hal semacam itu dan tubuh akan mudah mengantuk karena kurangnya pergerakan dan aktifitas.

Untuk menghilangkan kantuk bagi para pemalas, cara yang tepat adalah dengan mulai menyadari kekeliruanya dan melakukan pembenahan terhadap dirinya agar lebih bersemangat dalam menjalani hidup.

Melakukan rutinitas yang bermanfaat setiap hari dan terus menerus hingga tubuh terbiasa dan energik sehingga dan tidak mudah mengantuk pada saat jam-jam dimana orang seharusnya bekerja.

Kesimpulan

Rasa mengantuk memang hal yang normal dialami oleh setiap orang.

Namun ketika mengantuk berat menyerang pada saat penting ini yang menjadi masalah.

Kenali terlebih dahulu apa penyebab ngantuk tersebut.

Baru ambil tindakan untuk mengusir rasa kantuk sesuai penyebabnya.

Menghilangkan kantuk secara instant pada saat yang penting boleh saja dilakukan selama tidak mengganggu kesehatan dan tidak menambah permasalahan baru.

Namun sebaiknya lakukanlah pencegahan agar tidak sering mengalami hal sama pada hari-hari berikutnya.

Beberapa yang perlu dilakukan adalah dengan menjaga kondisi tubuh agar selalu segar dan fit

-Tidur yang cukup di malam hari

-Olahraga teratur sekurangnya 2 kali seminggu

-Komsumsi makanan sehat dan bergizi serta selalu sarapan pagi sebelum berangkat kerja atau melakukan kegiatan.

-Mandi di pagi hari akan membuat fresh dan bersemangat.

-Hindari konsumsi makanan dan minuman yang bisa menimbulkan gangguan kesehatan seperi alkohol, makanan instant berpengawet dan makanan berlemak tinggi

-Semangat dan jagalah ritme rutinitas sebagai suatu yang menyenangkan.

Dan yang lebih penting jangan lupa segera periksakan ke dokter jika anda merasa sering mengantuk berat dipagi hari tanpa mengetahui penyebab yang pasti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *