Toko Sembako

Cara Menentukan Harga Jual Produk Toko Sembako

Anda bingung dalam menentukan harga jual barang toko sembako Anda?

Artikel ini akan membahasa apa saja pertimbangan yang diambil dalam menentukan harga jual.

Kita menginginkan keuntungan yang besar, namun begitu menentukan harga yang terlalu tinggi bisa jadi membuat usaha toko sembako Anda ditinggalkan pelanggan.

Sementara memberikan yang harga terlalu rendah juga berdampak pada kecilnya keuntungan.

Memberi harga yang pas dan mampu bersaing dengan usaha warung sembako lain adalah cara yang tepat.

Untuk memperoleh harga yang tepat dan mampu bersaing berikut adalah cara yang bisa Anda pertimbangkan.

Survey Harga Warung Lainya

Jika Anda benar-benar masih pemula dan belum tahu seluk beluk harga warung maka melakukan survey harga produk sembako bisa Anda lakukan.

Anda bisa membeli berbagai item produk untuk mendapatkan informasi terbaik pada produk yang Anda kurang paham.

Jangan khawatir produk sembako yang Anda beli dapat dijual kembali dengan harga yang sama, jadi dan Anda tidak akan rugi telah membeli produk sembako tersebut.

Presentasi Keuntungan Harga Jual Barang Sembako

Kita tahu bahwa keuntungan item produk warung sembako rata-rata hanyalah 10% dari modal belanja.

Produk beras, minyak goreng, rokok, tepung terigu, gula dan produk sejenisnya keuntunganya kecil namun memiliki penjualan rutin dan cepat.

Bahkan pada produk tertentu yang populer keuntungnya hanya pada kisaran 5-10 % saja.

Disinilah kita perlu selalu memahami pasaran harga jual warung sembako agar warung sembako Anda memberikan harga yang tepat.

Namun pada produk tertentu seperti barang yang jarang laku atau barang untuk kebutuhan khusus biasanya keuntungan harga jual cukup tinggi hingga mencapai 25%.

Misalkan saja peralatan seperti gunting kuku, kunci gembok ( jika Anda menjualnya) maka keuntunganya bisa mencapai 25%.

Selain itu jika Anda juga menjual sayuran segar maka Anda bisa mengambil keuntungan hingga 30%, ini karena sayur mayur akan mudah layu dan mengalami penurunan harga jika disimpan terlalu lama bahkan tidak layak jual dalam beberapa hari.

Memberikan Harga Borong

Meskipun toko sembako Anda hanyalah penjual eceran, namun adakalanya ada pembeli yang belanja banyak alias borongan pada item barang tertentu.

Sebagai penjual eceran mungkin tidak bisa memberi layaknya harga usaha grosir sembako namun begitu Anda masih bisa memberi potongan harga beberapa persen dari harga jual.

Misalkan saja pada produk dengan keuntungan 10% maka Anda bisa menjual dengan harga jual dengan keuntungan 7% saja jika mereka membali lebih dari 10 barang pada item yang sama.

Penentuan harga seperti ini akan menguntungkan kedua belah pihak.

Pembeli merasa beruntung karena mendapat potongan harga yang lumayan, sementara pemilik warung tetap untung lumayan karena penjualan meningkat.

Disamping itu pembeli akan berpotensi untuk kembali lagi karena mendapat harga yang bagus.

Pada kasus tertentu meskipun Anda sudah memberikan harga jual dengan keuntungan kecil namun ternyata masih ada saja warung lain yang bisa menjual dengan harga lebih murah lagi.

Untuk mengatasi agar bisa memberi harga jual yang bersaing maka mulai perhatikan untuk mencari distributor atau grosir terbaik dengan harga terbaik.

Anda juga sebaikya membeli dalam jumlah besar pada item tertentu yang memiliki perputaran cepat atau barang fast moving, normalnya pembelian borong akan mendapatkan potongan harga yang lumayan.

Untuk mendapatkan harga terbaik dengan membeli borongan sebaiknya negoisasi dengan pemilik grosiran untuk mendapatkan potongan harga.

Harga jual yang tepat akan memberikan pelanggan puas, Anda sebagai pemilik usaha tetap yang wajar, dan pelanggan tetap puas karena mendapatkan harga yang pantas.

Kepuasan pelanggan akan membuat mereka akan kembali dan terus kembali lagi sehingga akan melipatgandakan keuntungan dalam jangka panjang.