Cara Menata Warung Sembako Agar Terlihat Menarik

Cara Menata Warung Sembako

Cara Menata Warung Sembako

Disamping pelayanan dan harga terbaik kenyamanan pembeli atau pelanggan toko sembako juga harus diprioritaskan agar usaha kelontong makin laris.

Tidak itu saja tempat yang nyaman juga akan membuat pemilik toko betah dalam menjaga dan melayani pembeli sepanjang usaha tersebut buka.

Tempat yang bersih dan tertata rapi merupakan syarat penting agar pengunjung makin suka untuk datang kembali untuk berbelanja.

Bagaimana Cara Menata Warung Kecil Agar Tampak Lebih Menarik?

Berikut adalah cara menata warung sembako yang harus dipertimbangan  ketika menyusun ulang tata letak jualan pada toko sembako Anda.

1.Pencahayaan dan Sirkulasi Udara

Hal yang harus diprioritaskan pertama adalah Pencahayaan dan sirkulasi udara harus baik.

Banyak warung kecil salah dalam menata ruangan, ruangan yang sempit jadi terasa makin sumpek dan pengab serta gelap.

Tidak jarang mereka berusaha memaksimalkan isi ruangan dengan penataan yang salah.

Coba perhatikan barang dagangan yang digantung tepat di atas meja rak jualan bagian depan menutupi hampir seluruh muka toko.

Aneka jajanan anak-anak, sampo sachet bergantungan dan membuat ruangan yang sempit makin terlihat sumpek.

Bukan itu saja ruangan didalam warung juga jadi gelap karena sinar matahari terhalang oleh barang dagangan yang digantung menutupi muka toko tersebut.

Jika sekarang ini pembaca adalah pemilik warung yang melakukan hal demikian, cobalah untuk mengatur ulang agar meja rak bagian depan tidak lagi ditambah gantungan dagangan.

Pindahkan barang barang jualan yang memang perlu untuk digantung di bagian dalam minimal tidak menghalangi akses muka toko anda agar pembeli bisa dengan leluasa melihat isi dagangan yang anda jual.

Jika kebetulan warung sembako buka hingga malam hari maka pasanglah lampu yang terang dan mampu mencerahkan isi ruangan hingga ke tiap sudut.

Dengan penerangan yang baik toko sembako akan terlihat makin cantik dan menarik.

2.Susun Dengan Rapi Barang Dagangan Berdasarkan Jenisnya.

Mungkin saja barang dagangan warung sembako belum lengkap dan masih dalam skala kecil.

Namun begitu biasakanlah menata barang-barang yang dijual dengan rapi.

Atur meja atau rak tempat menyimpan barang dagangan sedemikian rupa dan tidak menghalangi akses jalan ketika kita akan mengambil barang.

Barang yang dianggap memiliki harga jual tinggi disimpan di lemari kaca khas milik toko sembako, dan juga barang yang tidak setiap hari dicari pembeli seperti susu bubuk untuk balita, aneka peralatan seperti gunting, alat tulis, pemotong kuku dan sebaginya.

Semua ditempatkan sesuai jenisnya agar mudah dalam mencari ketika dibutuhkan.

Atur barang yang mengandung bahan kimia seperti sabun mandi, sabun cuci, pemutih pakaian dan berbagai barang sejenis ditempat tersendiri dan tidak berdekatan dengan produk makanan.

Sementara barang yang paling laku seperti beras gula pasir, aneka merk kopi, teh dan sebagainya ditempatkan ditempat yang paling mudah dijangkau supaya lebih cepat dalam melayani pembeli.

Penyusunan rak terbuka bisa ditempatkan menempel dengan dinding.

Rak ini bisa digunakan untuk berbagai barang seperti mie instant, aneka kue kering, tepung terigu kemasan dan sebagainya.

Jika warung anda juga menjual aneka roti segar yang tidak tahan lama maka sebaiknya buatkan rak khusus yang ditempatkan paling depan dan mudah dijangkau pembeli.

Rak roti tersebut juga cocok ditempatkan bersebalahan dengan lemari pendingin yang berisi aneka minuman.

Khusus jajanan yang diperuntukan anak-anak maka tempatkanlah pada rak bagian bawah agar anak-anak dengan mudah melihat barang yang anda jual tersebut.

Sementara produk khusus seperti rokok, obat-obatan sebaiknya dibuatkan lemari kecil khusus dan bisa ditempatkan diatas meja kaca atau bisa juga ditempelkan didinding di dekat meja kasir atau tempat anda melayani pembeli.

3.Pisahkan Barang Stok

Terutama toko atau warung kelontong yang memiliki stok barang banyak maka jangan pernah menyimpan barang yang belum akan dijual di rak-rak penjualan.

Simpan stok barang di gudang atau tempat terpisah dan pastikan barang yang datang lebih dahulu dijual lebih dahulu dan barang yang baru datang dijual kemudian.

Namun begitu selalu juga cek tanggal kadaluarsa barang yang mendekati tanggal kadaluarsa harus dijual lebih dahulu sementara barang yang sudah kadaluarsa singkirkan dengan segera untuk ditukar jika memungkinkan atau dijadikan makanan ternak atau dibuang jika tidak memiliki kegunaan lagi.

Kesimpulan

Penataan warung sembako yang rapi, bersih dan terang akan menambah daya tarik pembeli.

Sesuaikan penataan dengan ukuran ruangan.

Akses jalan untuk pembeli dan penjual harus dibuat sedemikian rupa agar cukup longgar dan nyaman.

Kenyamanan pelanggan yang mereka rasakan akan membuat mereka nagih untuk kembali berbelanja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *