Cara Memulai Usaha Toko Sepeda dengan Peluang Menjanjikan

Usaha Toko Sepeda

 Kini kesadaran masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat semakin meningkat, dan hal itu dilakukan salah satunya dengan cara bersepeda.

Tingginya minat masyarakat pada aktivitas sehat seperti bersepeda tersebut sangat sesuai untuk dijadikan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan, yakni dengan membuka usaha toko sepeda.

Simak Berbagai Tips Memulai Usaha Toko Sepeda Berikut Agar Meraih Sukses

Meskipun akan ada banyak resiko yang mungkin bisa Anda dapatkan saat sedang membuka usaha toko sepeda, tetapi jika Anda dengan tekun, kerja keras, sabar dan tanpa menyerah dalam menghadapinya, maka kesuksesan yang menjanjikan pasti bisa dicapai.

Jika Anda merupahan seorang pemula yang ingin berniat menekuni bidang usaha toko sepeda, sebaiknya simaklah dengan cermat beberapa tips menguntungkan untuk mengawali pembukaan toko sepeda di bawah ini.

Anggaran Modal Awal Membuka Usaha Toko Sepeda

Biaya awal yang harus Anda keluarkan untuk membuka usaha toko sepeda memang bisa dibilang tidak murah, karena penyediaan stok sepeda bisa mencapai puluhan juta.

Apalagi jika sepeda yang Anda sediakan baru, dan dari berbagai merk terkenal yang cukup mahal. Tentu saja semua bergantung dari jenis sepeda yang nantinya akan Anda jual.

Jika Anda secara khusus membuka toko sepeda antic atau sepeda bekas tentu yang bisa stok bisa Anda dapatkan dengan modal atau biaya yang murah.

Atau Anda bisa mengkreasikannya sesuai dengan selera Anda sendiri, misalnya memperbaiki sepeda bekas, lalu mengecatnya ulang seperti baru, kemudian dijual kembali dengan harga terjangkau.

Tentu Anda akan mendapatkan stok dengan harga sangat ekonomis yang tidak sampai puluhan juga, dan bisa mendapatkan keuntungan dalam waktu lebih cepat karena harga yang Anda cantumkan lebih terjangkai dari toko sepeda lainnya.

Namun, jika Anda memilih untuk menjual sepeda baru dengan aneka merk terkenal tentu dana yang Anda habiskan bisa mencapai minimal 10 juta hingga 40 juta rupiah.

Ditambahkan dengan biaya sewa ruang bangunan, listrik, serta biaya operasional lainnya. Jadi, apabila semuanya ditotal bisa mencapai lebih dari 50 juta rupiah.

Anda bisa menabung atau berinvestasi terlebih dahulu untuk mengumpulkan dana sebanyak itu. Dengan modal tersebut Anda bisa mendapatkan keuntungan bersih sekitar lebih dari 3 hingga 4 juta perbulan, dan diperkirakan mendapatkan biaya balik modal sekitar 11 hingga 13 bulan.

Pilih Lokasi Strategis Untuk Toko Sepeda

Selanjutnya, pastikan bahwa toko yang sedang Anda bangun terdapat di lokasi yang strategis agar bisa ditemukan banyak orang dengan mudah. Toko sepeda akan lebih bagus jika dibangun di sekitar jalan raya sehingga menjangkau banyak orang dari berbagai kalangan. Namun, sediakan sedikit lahan di depan toko sebagai tempat parkir.

Jika Anda memiliki dana yang cukup besar, bisa juga membuka cabang toko dengan menyewa tempat di pusat perbelanjaan populer, atau menggelar promo toko sepeda Anda dalam beberapa hari saja di mall atau pasar modern lainnya. Dengan begitu, Anda bisa menjangkau pasar lebih mudah dan luas.

Gunakan Brand atau Nama Usaha Toko Sepeda

Saat menjalankan suatu usaha tentunya harus memiliki identitas agar usaha atau bisnis tersebut dapat dipromosikan dengan mudah, dan dapat dikenal oleh masyarakat secara luas dengan menyebutkan namanya. Namun, nama usaha juga perlu dilengkapi dengan gambar atau symbol agar lebih menarik sebagai ikon toko sepeda milik Anda.

Jangan lupa untuk memasang brand sepeda di depan toko atau di atas atap manapun yang bisa ddilihat oleh banyak orang dengan mudan.

Yang terpenting, jangan gunakan nama usaha yang hampir sama dengan toko lainnya. Cukup buat nama yang singkat saja agar para calon pelanggan bisa dnegan mudah mengingatnya.

Pastikan bahwa berbagai produk sepeda yang Anda jual sesuai dengan nama atau brand usaha yang telah Anda pilih dan tentukan.

Menganalisa Berbagai Hambatan dan Resiko Usaha Toko Sepeda

Sebelum Anda mendirikan dan mengembangkan toko dengan strategi tertentu, sebaiknya lakukan analisa pasar, yang mungkin mendatangkan masalah, hambatan, dan resiko bagi usaha toko Anda. Berikut beberapa masalah yang bisa Anda hadapi saat menjalankan peluang bisnis toko sepeda.

1. Beberapa produk sepeda suku cadangnya susah ditemukan di pasaran

2. Persaingan ketat, apalagi jika Anda baru saja membuka toko. Masyarakat biasanya lebih memilih untuk berbelanja di toko sepeda yang sudah lebih lama dikenal

3. Toko akan sepi pada saat awal-awal pembukaan.

Sediakan Berbagai Merk Produk Sepeda Beserta Perlengkapannya di Toko Anda

Pastikan bahwa calon atau para pelanggan Anda merasa puas karena toko memiliki ketersediaan barang yang cuup lengkap, yang berkaitan dengan kebutuhan sepeda.

Anda juga harus menjual berbagai jenis sepeda, agar pelanggan bisa memilih yang tepat sesuai kebutuhannya. Sediakan juga dari berbagai merk per tiap jenis sepeda agar pelanggan bisa berlama-lama menentukan produk yang paling diminatinya.

Jual produk sepeda dengan aneka jenis sepeda misalnya sepeda gunung, sepeda lipat, sepeda khusus untuk anak-anak dari berbagai usia, serta sepeda untuk pria atau wanita.

Semuanya harus tersedia secara lengkap, selain itu sediakan berbagai peralatan pelengkap sepeda misalnya suku cadang, sekaligus membuka jasa servis sepeda.

Lalu dari tiap jenis tersebut sediakan berbagai merk, seperti sepeda gunuk merk Polygon, Phoenix, dan sebagainya. Jika toko sepeda Anda menyediakan berbagai hal tersebut pastinya akan ramai dikunjungi para pelanggan.

Apabila Anda takut mengalami kerugian ketika stok jenis sepeda tertentu masih banyak dan tidak laku, sebaiknya sediakan stok lebih banyak di beberapa jenis sepeda tertentu, begitupun sebaliknya.

Contohnya, ketika Anda melihat bahwa permintaan pasar lebih tinggi pada jenis sepeda untuk anak-anak, maka sediakan stok sepeda jenis tersebut lebih banyak daripada sepeda untuk orang dewasa. Pastikan bahwa Anda memahami dengan baik tinggi rendahnya minat pasar pada sepeda tertentu saja.

Baca Juga : Analisa Usaha Bengkel Motor

Segera Siapkan Perekrutan Calon Pegawai Baru Toko Sepeda

Selanjutnya adalah tahap ketika Anda harus mempersiapkan kemampuan untuk mengelola toko sepeda. Pastinya Anda tidak bisa melakukan pengelolaan toko sendiri tanpa bantuan orang lain, oleh karena itu sebaiknya rekrutlah calon pegawai yang akan dipekerjaan di toko Anda.

Beberapa calon pegawai yang nantinya Anda butuhkan untuk mengelola toko setidaknya berada di posisi kasir, seorang yang ahli melakukan reparasi sepeda, serta penjaga toko yang akan menunjukkan beberapa produk unggulan.

Anda juga harus memilih seorang kandidat yang tepat untuk berada di bidang tersebut. Berikut kriteria yang Anda butuhkan di beberapa posisi.

1. Kasir

Anda bisa memilih kandidat seorang pria maupun wanita yang memiliki kecermatan dan ketelitian untuk menghitung hasil pembelian, penjualan, dan laba atau rugi.

Di beberapa toko sepeda tertentu biasanya menggunakan tenaganya sendiri sebagai penjaga kasir, sementara pegawai yang direkrut hanya seorang penjaga toko dan beberapa orang ahli reparasi sekaligus mengemas barang pesanan pelanggan dengan baik.

2. Ahli Reparasi

Selanjutnya adalah ahli reparasi, untuk kandidat ini biasanya menggunakan tenaga laki-laki. Pilihlah yang berpengalaman di bidangnya agar pelanggan tidak kecewa saat meereparasikan sepeda di jasa sekaligus toko Anda. Pastikan bahwa ahli reparasi tersebut memahami berbagai hal seputar sepeda.

3. Penjaga Toko

Kemudian penjaga toko, Anda bisa memilih calon kandidat laki-laki maupun perempuan, asalkan bisa memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan baik, mengerti berbagai hal tentang sepeda, serta memahami permintaan dan deskripsi produk sepeda yang diinginkan oleh si pelanggan.

Ketika golongan tersebut harus berikan fasilitas yang baik agar merasa nyaman dan bisa lebih fokus untuk bekerja. Pastikan mereka bisa disiplin serta mempu memberikan pelayanan dengan kualitas baik kepada para pelanggan.

Baca Juga: Cara Memulai Usaha Toko Sembako

Berikan Aneka Promo Menarik, Potongan Harga, Diskon, Bonus, atau Hadiah Kepada Pelanggan Pertama

Saat Anda baru mengawali pembukaan toko untuk pertama kalinya, pastikan bahwa Anda mendapatkan respon baik dari warga sekitar. Kemudian jalinlah komunikasi dengan beberapa orang di sekitar bangunan toko agar mereka bisa memperkenalkan toko kepada para rekannya.

Anda bisa meningkatkan strategi promosi yang cukup meriah agar masyarakat di sekitar toko merasa tertarik, namun, pastikan bahwa sasaran konsumen tepat. Gunakan promosi dengan memberikan brosur kepada semua masyarakat yang berlalu lalang di sekitar toko untuk mengunjungi toko sepeda Anda.

Jika para calon pelanggan berminat untuk berkunjung ke toko Anda, maka berikan banyak promo dan diskon menarik untuk pembelian pertama.

Bisa berupa potongan harga pada beberapa produk sepeda dengan jenis tertentu, seperti sepeda anak-anak, atau yang lain. Bisa juga dengan memberikan gantungan kunci, boneka, atau berbagai hadiah lainnya kepada para pelanggan yang telah menjadi pembeli pertama pada produk sepeda tertentu. Tetapkan bonus, potongan harga, atau berikan hadiah hiburan pada produk sepeda yang Anda inginkan.

Baca Juga: Usaha Toko Sparepart Sepeda Motor

Perawatan, Pemeliharaan dan Strategi Pengembangan Bisnis Toko Sepeda

Setelah Anda bisa menjalin relasi dengan pelanggan sebagai mitra bisnis, maka selanjutnya kembangkan dan rawatlah toko sepeda Anda dengan baik, jangan sampai memberikan suasana yang membosankan untuk para pelanggan. Agar Anda tidak mengeluarkan biaya, sebaiknya, rawatlah sendiri toko Anda.

Caranya bisa dengan mengecek ruangan secara rutin, memastikan bahwa tidak ada sampah yang tercecer sembarangan tiap hari, serta menyediakan tempat sampah di beberapa sudut.

Jangan lupa untuk mengecek kondisi cat ruanga, jika terdapat beberapa cat yang pudar atau mengelupas sebaiknya lakukan pengecatan ulang. Atau gunakan stiker dinding agar lebih menarik para pelanggan. Usahakan bahwa produk sepeda diletakkan berjejer dengan rapi.

Selanjutnya lakukan strategi pengembangan bisnis dengan beberapa langkah seperti berikut.

  • Menjual produk sepeda di toko online dengan memanfaatkan media sosial serta marketplace online.
  • Gunakan jaringan pertemanan atau kenalan Anda untuk memasarkan produk sepeda.
  • Ikuti grup atau komunitas tertentu, khususnya bagi para pecinta “GOES” atau para penyuka olahraga bersepeda.

Tips dan Kesimpulan

Jika Anda sudah memahami berbagai tips yang sudah dijelaskan di atas tentu langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan hanya membuka peluang usaha toko sepeda.

Kemudian lakukan tanpa menyerah, yakin dengan usaha dan semangat untuk bekerja keras mencapai hasil yang sukses.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *