Cara Memulai Usaha Toko Buku yang Menjanjikan

Usaha Toko Buku

Usaha Toko Buku

Buku merupakan kebutuhan banyak orang dari berbagai kalangan, temanya juga beraneka ragam, ada yang menghibur, ada juga sebagai penambah pengetahuan.

Jadi, tunggu apalagu? Segera buka peluang bisnis menjanjikan dengan usaha toko buku.

12 Tips Memulai Usaha Toko Buku Mini Sukses dan Menguntungkan

Siapa tahu bahwa usaha toko buku ternyata bisa menghasilkan keuntungan yang memuaskan? Namun, memang hal itu tidak dicapai dalam waktu yang singkat, tetapi melalui proses secara bertahap.

Jadi, ikuti tips dan triknya agar bisa menjadi sukses saat membuka usaha toko buku untuk pertama kalinya.

Simaklah 12 tips berikut ini sebagai referensi untuk mengawali langkah saat membuka usaha toko buku.

1. Modal Awal yang Dibutuhkan Memulai Usaha Toko Buku

Anggaran sebagai modal awal membuka usaha toko buku bisa dibilang cukup besar, namun Anda bisa memulainya secara bertahap agar modal pertama yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

Misalnya dengan membuka kios terlebih dahulu, kemudian menjual beberapa koleksi buku yang laris di pasaran hingga memulai usaha dengan mendirikan toko buku lebih besar dengan koleksi yang lengkap.

Toko buku yang cukup besar dengan persediaan lebih lengkap disertai para pekerja yang lebih bnayak biasanya menghabiskan modal awal kurang lebih mencapai 50 juta, tentu bukan jumlah yang sedikit bukan?

Tetapi, jika Anda memulainya setahap demi setahap dengan mendirikan usaha toko buku bisa saja modal awal yang dikeluarkan kurang dari 10 juta.

Mau tau tipsnya, maka simak penjelasan lebih lanjut!

Baca Juga: Cara Memulai Usaha Kedai Kopi

2. Pilih Jenis Atau Tema Toko Buku

Sebelum Anda mendirikan toko buku atau menyewa lahan, tentukan terlebih dahulu tentang tema buku yang akan Anda jual pada tahap awal.

Pilihlah yang memungkinkan Anda untuk menghabiskan biaya murah tetapi masih bisa menghasilkan keuntungan karena kebutuhan dan minat masyarakat masih tinggi pada tema-tema buku tertentu.

Misalnya Anda memilih untuk membuka usaha toko buku bekas, yang di dalamnya berisi semua buku bekas tetapi layak pakai dengan sasaran konsumen para pelajar atau mahasiswa.

Pastinya toko buku Anda akan dicari oleh banyak orang.

Tidak peduli meski buku tersebut bekas, asalkan kondisinya bagus dan layak pakai, selain itu harganya pun terjangkau sesuai dengan kantong para pelajar dan mahasiswa.

Baca Juga: Strategi Usaha Toko Plastik

3. Lokasi Strategis Untuk Toko Buku

Dirikanlah toko buku di lokasi yang cukup strategis sesuai dengan tema penjualan buku-buku Anda.

Jika Anda secara khusus menjual tema tertentu apalagi Anda masih berada di tahap paling awal dan menjadi pemula untuk mendirikan toko buku.

Misalnya Anda membuka toko buku secara khusus untuk mahasiswa dan para pelajar khususnya di bidang ilmu pengetahuan umum, sosial, agama, budaya, dan beberapa bidang lainnya, maka bukalah usaha toko buku di sekitar area kampus.

Jika Anda menentukan di salah satu area kampus ternama, maka usahakan toko buku Anda berada di dekat fakultas tertentu yang lebih condong sesuai dengan tema buku yang dijual, atau pilihlah lokasi di dekat jalan raya, di sekitar area kampus agar lebih mudah ditemukan.

Pilihlah lokasi dengan pencahayaan jalan yang terang serta bisa dengan mudah dikunjungi oleh para konsumen, misalnya berada di dekat warung makan atau pusat pertokoan.

4. Gunakan Brand Atau Nama Toko Buku

Nama usaha tentu menjadi hal yang sangat penting agar toko Anda nantinya bisa dikenali dengan mudah oleh banyak orang. Berikan nama yang unik sesuai tema buku-buku yang akan dijual.

Pastikan nama toko tersebut mudah diingat oleh orang banyak, singkat, padat dan jelas. Jika terlalu panjang sebaiknya menggunakan singkatan unik.

Baca Juga: Cara Membuka Usaha Toko Grosir Sembako

5. Mendesain Toko Buku Agar Lebih Menarik, Indah, dan Rapi

 

Meskipun ruang toko buku yang Anda miliki masih cukup kecil, pastikan bahwa ruangan tersebut tertata rapi dan indah, dan bisa dimasuki oleh beberapa pengunjung yang ingin melihat berbagai koleksi di rak buku.

Ruang yang Anda gunakan sebagai toko buku setidaknya minimal merukuran 4 x 5 m. Jika kurang dari itu pengunjung akan merasa kurang nyaman karena tidak bisa memilih buku yang diinginkannya sendiri.

Berikan beberapa meja kecil serta tempat duduk beralas untuk lesehan yang memungkinkan pengunjung melihat dan membuka isi buku atau menaruh beberapa buku dan memilihnya untuk dibeli.

Berikan beberapa hiasan, misalnya lukisan di dinding, tanaman hijau atau bunga di ruangan.

Pastikan di ruangan toko tersebut tersedia jendela atau ventilasi yang cukup, serta penerangan yang baik.

Baca Juga: Cara Buka Usaha Laundry

6. Sediakan Produk Lain yang Menarik, Berkaitan dengan Toko Buku

 

Selain buku, Anda juga bisa menjual beberapa pernak-pernik atau alat tulis unik di toko buku Anda.

Pastikan alat tersebut selalu dibutuhkan oleh para pelanggan toko buku, misalnya pena, pensil, penghapus, pembatas buku, spidol, sampul buku, dan sebagainya.

Peralatan tambahan tersebut tentu bisa menjadi tambahan penghasilan bagi Anda, tidak akan merugikan karena setiap waktu akan dicari dan dibutuhkan oleh semua kalangan.

Khususnya jika sasaran Anda adalah para pelajar atau mahasiswa.

7. Sediakan Ruang Baca

Meskipun usaha Anda adalah toko buku, bukan perpustakaan, setidaknya berikan sedikit batasan ruang kecil sebagai ruang baca.

Jika di toko Anda terdapat sedikit ruang bagi para pengunjung untuk membaca, maka toko buku Anda akan menjadi lebih ramai, selain itu Anda juga bisa menjalin relasi sekaligus memperluas jangkauan konsumen Anda.

Baca Juga: Cara Memulai Usaha Toko Sepeda

8. Siapkan Perabotan, Peralatan, Perlengkapan dan Hal Lain yang Dibutuhkan di Dalam Toko

 

Sebelum Anda memasukkan koleksi buku-buku yang akan dijual, alangkah baiknya meletakkan perabotan dan peralatan penting di dalam ruangan terlebih dahulu, lalu membersihkannya.

Adapun beberapa perabot sekaligus perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan dalam sebuah toko buku, sebagai berikut.

Pilih Etalase atau Rak dengan Ukuran Normal

Etalase atau rak buku sebagai tempat untuk meletakkan koleksi buku-buku sangatlah penting. Sebaiknya pilihlah etalasi yang ukuran ketinggiannya normal agar bisa dicapai oleh semua orang.

Berikan Penandaan Batas Per Tema Buku

Pembatas koleksi buku yang terbuat dari besi atau berbahan plastik sangatlah penting untuk menjaga kerapian penataan buku-buku Anda. Selain itu juga mempermudah para pelanggan untuk memilih judul buku berdasarkan tema tertentu sesuai dengan batasannya.

Sediakan Tempat Khusus Untuk Buku Populer

Anda juga bisa menyediakan tempat untuk buku-buku yang sedang sangat populer di pasaran, bisa berupa meja maupun rak buku mini. Letakkan tempat untuk buku-buku tersebut di dekat pintu masuk agar pelanggan bisa langsung tertarik dengan koleksi milik Anda.

Letakkan Buku-Buku dan Cantumkan Harga

Setelah semua perabot dimasukkan ke dalam ruangan sekaligus dibersihkan, maka selanjutnya isilah dengan berbagai judul buku yang dirapikan sesuai dengan tema masing-masing, jangan mencampurnya. Meskipun semisal buku-buku yang Anda jual bekas, setidaknya berikan kemasan bungkus plastic dan cantumkan harga agar terjaga kondisinya.

Beri Mesin Pencari Buku

Jika Anda memiliki modal yang lebih, bisa juga menambahkan mesin pencari buku yang otomatis mendeteksi ketersediaan seluruh tema atau judul buku di toko Anda. Hal itu sangat mempermudah para pelanggan jika kesulitan mencarinya.

9. Siapkan Pekerja Toko Buku

Meskipun toko buku Anda memiliki ruang yang kecil, tetapi Anda masih membutuhkan pekerja, seperti kasir dan penjaga toko. Sedangkan sisanya Anda bisa melakukannya sendiri.

• Kasir

Kasir nantinya bertugas secara khusus untuk mencatat rincian pemasukan dari hasil penjualan buku.

Jika Anda sedang mengalami kekurangan biaya untuk merekrutnya, maka Anda bisa bekerjasama dengan teman atau kerabat dekat yang Anda percaya.

• Penjaga Toko

Penjaga toko ini sifatnya opsional jika toko buku masih cukup kecil, tetapi perlu dipersiapkan jika Anda tidak bisa memprediksi saat tiba-tiba toko menjadi ramai.

Baca Juga: Usaha Warung Sembako Modal 5 juta

10. Adakan Event Grand Opening Toko Buku

 

Memperkenalkan toko buku sebagai langkah awal membuka usaha sangatlah penting, oleh karena itu Anda bisa menyelenggarakan event grand opening saat mengawali pembukaan toko.

Beberapa hari sebelum acara ini diselenggarakan, sebaiknya sebarkan brosur sesuai sasaran pelanggan Anda untuk memberi pemberitahuan tentang usaha toko buku milik Anda.

11. Berikan Diskon, Atau Hadiah untuk Pembelian Pertama

 

Saat grand opening diselenggarakan, Anda bisa mengadakan banyak promo atau event tambahan yang membuat para pelanggan Anda tertarik, misalnya pemberian diskon pada saat pembelian buku pertama, atau sediakan bonus pernak-pernik tertentu seperti stiker, pembatas buku, atau semacamnya.

Anda juga bisa menyediakan makanan ringan serta tempat lebih banyak untuk membaca buku seperti di perpustakaan saat membuka toko untuk pertama kalinya.

Baca Juga: Cara Buka Salon Kecantikan

12. Perawatan, Pemeliharaan dan Pengembangan Bisnis Toko Buku

 

Jika Anda sudah mendapatkan beberapa pengunjung, maka rawat dan peliharalah dengan baik toko buku milik Anda.

Pastikan kondisi buku terjaga tidak lapuk atau termakan hewan-hewan kecil dengan memberinya pengawet untuk buku seperti cengkeh atau produk kimia lainnya.

Bersihkan ruangan secara teratur, periksa keindahan ruangan agar bisa memberi kenyamanan bagi pelanggan.

Serta sediakan beberapa tempat sampah dan anjuran atau slogan untuk menjaga kebersihan, terutama bagi pengunjung yang lebih suka menggunakan ruang baca di toko buku.

Selanjutnya kembangkanlah bisnis toko buku dengan menjalin relasi ke berbagai pihak, utamakan sasarannya adalah para pemilik toko buku atau tokoh tertentu yang sangat strategis dalam memberikan kesempatan bagi Anda untuk menjadi mitra bisnis toko buku.

Dengan begitu, Anda bisa mendapakan stok buku dengan harga murah, bahkan Anda pun bisa mendapatkan lebih banyak lagi tema buku dalam kondisi yang baru lewat berbagai jaringan pecinta buku dan para pengusaha toko buku tersebut.

Anda juga bisa memanfaatkan berbagai media untuk melakukan promosi dan pemasaran agar toko lebih dikenal secara luas, namun sebaiknya Anda juga menunjukkan beberapa koleksi buku yang ada di toko untuk menarik minat pelanggan.

Tips dan Kesimpulan

Usaha toko buku memang memberikan hasil menguntungkan jika Anda bisa dengan tekun dan kerja keras memulainya setahap demi setahap mulai dari paling bawah.

Selanjutnya Anda bisa mengembangkan toko secara perlahan hingga memperluas jaringannya seperti toko-toko buku terkenal yang sudah sukses seperti yang biasa Anda ketahui.

Pastikan memulainya dengan mengikuti tips yang telah dijelaskan di atas agar bisa menentukan pilihan tepat saat memulai usaha toko buku.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *