Cara Memulai Usaha Toko Alat Listrik Modal Kecil Menengah dan Modal Besar

Usaha Toko Peralatan Listrik

Peluang Usaha Toko Alat Listrik

Usaha toko alat listrik bisa jadi merupakan peluang usaha yang masuk dalam daftar perencanaan usaha yang ingin anda jalankan saat ini, namun begitu kadang berbagai masalah dan kendala menjadi momok menakutkan yang membuat sebuah rencana usaha tidak kunjung dimulai.

Karenanya tidak ada salahnya jika anda terus membaca artikel ini karena akan dibahas seluk beluk usaha toko listrik dan mudah-mudahan apa yang dibahas bisa memberi sedikit pencerahan bagaimana cara memulai usaha toko listrik yang akan dijalankan tersebut.

Kebutuhan alat penerangan seperti bohlam kabel listrik bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting apalagi dengan hadirnya listrik yang sudah hampir menjangakau seluruh lapisan masyarakat.

Hal ini tentu membuka peluang yang sangat baik bagi para pengusaha atau calon pengusaha toko untuk mulai melirik dengan berjualan perlengkapan alat-alat listrik yang semakin hari semakin menjanjikan.

Begitu pentingnya peralatan listrik dalam kehidupan membuat usaha toko alat listrik juga makin banyak di tiap daerah.

Meski begitu sebagai calon pengusaha jangan pesimis, jika anda yakin dengan prospek yang ada di daerah anda maka kemungkinan untuk sukses dalam bidang usaha jualan alat listrik masih terbuka lebar.

Beberapa alasan kenapa jualan alat listrik tetap menjanjikan adalah

  • Usaha toko listrik hanya berjualan barang yang tahan lama sehingga tidak perlu khawatir barang tidak laku dalam waktu singkat.
  • Banyaknya rumah baru yang dibangun sekarang ini membuat usaha alat listrik makin potensial
  • Peralatan listrik seperti bohlam lampu dan berbagai jenis semacamnya memiliki keterbatasan waktu pemakaian sehingga perlu diganti yang baru dan usaha jualan listrik tentu semakin mendapat kesempatan mendapatkan konsumen yang berterusan.
  • Meskipun lokasi strategis diarea perkotaan adalah tempat terbaik namun bagi yang bermodal minim tetap dapat mendirikan usaha toko listrik di desa selama penduduknya cukup padat dan setiap rumah sudah memiliki akses listrik maka usaha listrik di pedesanpun masih menjanjikan.
  • Keuntungan jualan alat listrik termasuk besar jika dibandingkan keuntungan pada usaha jualan lain seperti sembako dan sejenisnya.

Diatas hanya beberapa saja kelebihan peluang usaha toko listrik yang bisa dijadikan penyemangat dalam upaya merencanakan usaha anda.

Namun begitu kita juga mesti mempertimbangkan hal lain karena pada intinya setiap usaha memiliki tantangan dan kekurangan yang harus kita ketahui.

Berikut adalah kekurangan usaha jualan alat listrik.

  • Membuka usaha alat listrik memerlukan modal yang cukup besar jika dibandingkan dengan usaha lain yang bisa diawali dengan modal sedikit seperti usaha warung kopi, dan usaha jajan anak dan sebagainya, meskipun besaran jumlah atau nominal bisa diakali dengan berbagai trik dan strategi yang akan kita bahas di bagian bawah.
  • Tidak seperti toko sembako dan jajan dan usaha sejenis usaha alat listrik tidak selalu ramai karena barang yang dijual bukan merupakan barang keperluan harian melainkan barang yang bertahan berbulan bulan bahkan tahunan.
  • Persaingan yang semakin ketat sehingga pengusaha baru harus pandai mengatur strategi agar usahanya mendapat banyak pelanggan.
  • Umumnya usaha jualan alat listrik membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan pelanggan yang banyak.

Dengan mengenali berbagai kendala dan kekurangan dalam berjualan alat listrik setidaknya kita bisa mengantisipasi agar apa yang direncanakan tetap berjalan mulus tanpa adanya kendala yang berarti.

Tips Cara Memulai Usaha Toko Alat-Alat Listrik

Setelah mengetahui sedikit gambaran tentang kelebihan dan kekurangan usaha toko alat listrik sekarang saatnya mempelajari bagaimana cara memulai usaha toko listrik dari awal.

Modal Awal Usaha Alat Listrik

Meskipun modal usaha bisa dibilang jauh kebih besar dibandingkan usaha lain seperti usaha kecil-kecilan toko sembako, jajan anak dan sebagainya namun sebenarnya kita masih bisa mensiasati dengan berbagai cara.

Usaha jualan alat listrik di kota besar yang lengkap bisa saja memakan dana ratusan juta bahkan bisa diatas satu miliar tergantung lokasi besar bangunan dan juga kelengkapan usaha.

Namun bagi mereka yang tetap nekat ingin membuka usaha dengan dana anggaran hanya pulujan juta rupiah saja sebenarnya tetap masih bisa, mungkin anda hanya memiliki dana Rp.20.000.000,- atau kurang dari 10 juta lantas bagaiman caranya?

Berikut akan diuraikan bagaimana caranya membuka usaha alat listrik dengan modal kecil dan menengah dan usaha listrik modal besar.

Kami akan memberikan beberapa strategi yang bisa diambil dalam mensiasati keterbatan modal namun juga memberi gambaran jika anda ternyata tidak memiliki masalah dengan permodalan.

Hal pokok yang harus dipelajari adalah lokasi usaha, kemudian pasok barang, barang yang dijual hingga cara berpromosi.

Untuk lebih jelasnya kita mulai bahas satu persatu.

Lokasi Usaha

Lokasi Usaha Bermodal Besar

Seperti usaha jualan lainya toko alat listrik sangat bagus jika berlokasi di area pusat perbelanjaan, dekat pasar, dekat terminal dan dimanapun tempatnya dimana umumnya orang banyak berdatangan untuk berbelanja.

Lokasi-lokasi strategis yang dimaksud umumnya memakan dana yang sangat besar dikota kecil saja membangun toko di pusat perbelanjaan seperti dekat pasar bisa menghabiskan dana hingga ratusan juta bahkan hingga diatas satu milyar tergantung besar kecil toko serta lokasi dimana toko akan dibangun.

Lokasi Usaha Modal Menengah

Jika dana anda tidak merupakan permasalahan menghabiskan dana yang besar untuk membangun usaha toko diposisi strategis tetap baik karena pengembalian modal lebih terjamin setidaknya jika targetnya adalah jangka panjang.

Namun jika dana anda terbatas dan ingin memaksimalkan pendanaan untuk membeli barang-barang jualan maka pilihan paling ideal adalah mendapatkan tempat strategis dengan cukup menyewa saja.

Menyewa dengan durasi pertahun atau bulanan akan lebih menghemat pembiayaan dan dana yang ada bisa fokus untuk dimanfaatkan pada pembelian barang dagangan.

Namun begitu banyak yang pesimis dengan meyewa tempat usaha untuk membuka usaha toko alat listrik lantaran permasalahan kelangsungan jangka panjang.

Banyak yang takut jika usaha dengan menyewa kemudian ketika toko sedang mengalami kemjauan tiba-tiba pemilik tempat usaha tidak memberikan ijin perpanjangan sehingga akan merugikan karena perjuangan yang di bangun menjadi sia-sia.

Lantas bagaiamana solusi bagi mereka yang beranggapan demikian?

Sebenarnya kontrak tempat usaha yang tidak bisa diperpanjang bukan permasalahan besar, bahkan meski usaha anda sedang maju-majunya.

Justru yang lebih ditakutkan sebenarnya adalah ketika usaha berjalan stagnan dan tidak mendapatkan hasil yang seperti yang diharapkan.

Yang terpenting tindakan berjaga-jaga sedari awal harus dilakukan.

Tindakan berjaga-jaga yang dimaksud adalah mempersiapkan diri jika sewaktu-waktu ketika usaha jualan alat listrik dengan menyewa tempat usaha sedang dalam kondisi berkembang namun pemilik tempat usaha tidak memperkenalkan untuk memperpanjang kontraknya, entah alasan mau diambil alih oleh pemilik tempat usaha ataupun karena alasan lain seperti akan dinualndan sebagainya.

Berikut adalah antisipasi perlu disiapkan:

1.Buat Nama Toko Yang Mudah Diingat Namun Unik.

Membuat nama toko adalah salah satu cara terbaik untuk memudahkan para pelanggan mengingat usaha alat listrik yang kita dirikan.

Nama toko listrik harus mudah diingat dan unik, artinya tidak ada yang sama minimal diwilayah jangkauan bisnis usaha listrik tersebut.

Ketika usaha mulai dikenal dan mulai ramai namun tiba-tiba yang punya tempat usaha tidak menginkan kita melanjutkan sewa tempat tersebut maka kita dengan mudah pindah ke tempat lain.

Pemilik tempat usaha barangkali bisa saja mengambil alih atau berdagang usaha alat listrik ditempat yang kita sewa, namun mereka tidak bisa mengambil alih nama toko atau brand yang kita telah bangun.

Sehingga pemilik lahan tetap harus berjuang membangun nama toko barunya dan kita cukup melanjutkan usaha dengan nama toko yang sudah dikenal pelanggan ke tempat yang baru.

2.Buat Perjanjian Tertulis Dengan Pemilik Lahan atau Tempat Usaha

Buatlah perjanjian minimal waktu yang diijinkan untuk menyewa tempat usaha.

Misalkan saja satu tahun dua tahun dan seterusnya.

Dan kita bisa saja menyewa pertahun atau perbulan sesuai kesepakatan berdua.

Ketika pemilik tempat usaha tidak mengharap tempat usahanya disewakan lagi maka buatlah perjanjian bahwa pemilik usaha harus memberitahukan sebelumnya dengan memberikan waktu sesuai kesepakatan busa saja 1 bulan, 2 bulan,3 bulan dan seterusnya.

Dengan adanya waktu yang diberikan maka kita dengan mudah memberitahukan kepada para pelanggan jika usahanya akan pindah tempat sesuai waktu yang disepakati dengan pemilih lahan usaha.

Kita juga bisa memasang papan reklame pengumuman jika usaha toko anda akan berpindah pada waktu dan tempat yang terpampang dengan jelas.

Namun ingat bahwa ketika akan pendah tersebut pastikan kita telah mendapatkan tempat sewa baru atau membangun sendiri dengan catatan lokasi usaha yersebut masih dalam jangkauan atau masih dekat dengan lokasi usaha peralatan listrik yang lama.

Lokasi Usaha Modal Kecil

Hanya memiliki modal puluhan juta atau bahkan mungkin kurang dari 10 juta?

Jangan takut membuka usaha toko listrik dengan lokasi hemat biaya bisa dipilih sementara sebagaian besar sisa modal bisa dibelanjakan untuk keperluan membeli barang dagangan.

Jika lokasi anda berada di perumahan di pedesaan atau tempat lainyang jauh dari perkotaan usaha alat listrikpun tetap memiliki prospek, tentu saja target konsumenya tidak sebesar dengan mereka yang memilih berlokasi di pusat perkotaan.

Namun yakinlah mengingat midal yang dimiliki terbatas memilih lokasi seperti ini tetap oke saja.

Buatlah atau sewa kios sederhana atau bahkan bisa merombak kamar yang letaknya paling depan menjadi kios.

Selama berada di area yang cukup padat penduduk maka usaha alat listrik di lokasi-lokasi yang disebut diatas tetap baik.

Pemasok Barang

Ketika usaha sudah berjalan sebenarnya masalah pemasok barang bukanlah permasalahan yang berarti.

Bahkan umumnya mereka para agen dan distributor justru yang akan mendatangi usaha toko kistrik kita terutama jika usaha tersebut masuk kategori menengah dan besar.

Namun bagi pemula yang benar-benar baru mau memulai usaha peralatan listrik tentu akan menemui sedikit kendala, meski sebenarnya hal tersebut masih mudah jika kita tahu caranya.

Untuk memastikan mendapatkan pemasok barang terbaik dengan harga terbaik serta berbagai keunggulan yang ditawarkan salah satu cara adalah dengan bertanya kepada mereka yang sudah berpangalaman.

Apakah anda memiliki saudara atau teman yang lebih dahulu menggelitu usaha yang sama di wilayah lain?

Maka anda bisa meminta bantuan untuk mendapatkan informasi temtang pemasok barang tersebut.

Atau bisa juga jika anda menginginkan adanya karyawan pada usaha peralatan listrik nantinya maka carilah karyawan yang benar-benar sudah berpengalaman bertahun-tahun sehingga karyawan tersebut dapat memberikan masukan terbaik dimana pemasok barang terbaik yang bisa kita dapatkan.

Mungkin gaji karyawan berpengalaman sedikit lebih besar dibanding mereka yang non pengalaman tapi saya yakin ini sesuai dengan apa yang akan kita dapatkan.

Kelengkapan Barang

Usaha toko peralatan listrik yang sangat lengkap umumnya akan mendapat peluang menjaring pelanggan lebih cepat dibanding usaha yang memiliki stok lebih sedikit.

Namun jika dana anda pas-pasan maka maksimalkan uang anda untuk membeli barang dagangan yang paling banyak dicari.

Mintalah bantuan karyawan atau mereka yang anda kenal dan tahu banyak untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Nilai Tambah

Lokasi strategis bangunan yang luas, kelengkapan barang yang memadai belum cukup menjadi acuan agar usaha tiko alat listrik anda akan sukses.

Kita harus memperhatikan hal-hal lain sebagai nilai tambah seperti:

  • Harga bersaing
  • Pelayanan yang sangat baik
  • Kualitas barang yang terjamin
  • Tempat parkir yang memadai jika perlu gratis
  • Dan lain-lain

Promosi Usaha Toko Alat Listrik

Seberapapun bagusnya sebuah usaha toko peralatan listrik namun ketika usaha tersebut masih relatif baru dan belum banyak yang mengenal rasanya sulit untuk mendatangkan banyak pelanggan.

Disinilah fungsi promosi akan berperan penting terutama bagi usaha-usaha toko alat listrik yang baru berdiri.

Tergantung seberapa besar usaha yang didirikan maka upaya promosi tentu ada beberapa perbedaan.

Untuk usaha-usaha toko peralatan listrik rumahan yang masih relatif kecil dengan lokasi usaha di daerah pedesaan atau komplek perumahan maka upaya promosi masih cukup dengan mengajak teman, saudara agar mereka mau berkunjung sekaligus mau memperkenalkan kepada rekan-rekanya.

Namun ketika usaha yang dibangun masuk kategori besar upaya promosi tentu perlu ditingkatkan agar sebanding dengan biaya pemabangunan yang telah dikeluarkan.

Upaya promosi tersebut meliputi:

  • Pemasangan reklame iklan yang besar dan menonjol tepat di depan usaha toko
  • Membuat selebaran yang berisi daftar harga dan berbagai keunggulan yang ditawarkan untuk kemudian dibagikan kepada mereka cakon pelanggan dengan meminta bantuan teman, saudara bahkan kepada karyawan yang dibayar.
  • Upaya promosi online dengan memanfaatkan media sosial dan memposting usaha kita di forum-forum bisnis dan jual beli lokal yang diikuti anggota lokal pula.
  • Memanfaatkan media radio, meskipun sekarang ini sudah tidak sepopuler media online media radio masih efektif menjangkau mereka yang masih suka mendengarkan radio-radio lokal.Lakukan ujicoba dan lihat hasilnya dalam beberapa hari atau bulan.
  • Mengajak teman, saudara, karyawan agar mau membantu dengan sukarela untuk menceritakan usaha yang kita dirikan dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan.

Dengan memahami beberapa tips diatas diharapkan usaha jualan alat listrik yang akan dibangun dapat segera terwujud dengan mencapai target seperti yang direncanakan.

Tentu saja kerja saja tidak cukup, doa dan harapan harus selalu seiring sejalan.

Semoga Bermanfaat.

Terimakasih Telah Membaca,Kunjungi Juga Tentang Perawatan Kecantikan di:

Hinyong Cantik

   
Jika merasa sedikit saja manfaat,bantu kami dengan klik Sukai Halaman Facebook Hinyong dibawah,dukungan anda sangat berarti.
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *