Cara Memulai Usaha Menjahit Dengan Modal Ringan

Ingin mencari uang tambahan dirumah tanpa harus mengeluarkan modal besar?

  • Mungkin ide usaha menjahit rumahan bisa anda pertimbangkan.

Usaha menjahit meskipun sudah banyak pemainya namun prospek usaha satu ini masih terbilang cukup baik.

Asalkan lokasi anda cocok dan anda memiliki niat yang kuat serta mau sabar dalam mengelola usaha ini, maka mendapatkan tambahan pemasukan keluarga bisa segera dijalankan.

Hanya memiliki ketrampilan dasar menjahit saja anda sudah bisa memulai usaha ini.

Tentu saja target konsumen berbeda dengan usaha menjahit profesional.

Sebagai usaha jahit rumahan kita bisa menawarkan jasa perbaikan sederhana seperti memperbaiki resleting, memperbaiki celana atau baju yang sobek atau bisa juga jasa potong celana baik celana casual atau celana jeans.

Memang ongkos untuk perbaikan-perbaikan seperti ini relatif kecil, namun tidak ada yang salah jika anda tetap bertekad membuka jasa seperti ini untuk menambah pemasukan.

Meski ongkosnya kecil jika mulai mendapat banyak pelanggan maka pemasukanya pun kemudian bisa dibilang lumayan.

Nah, jika pelanggan mulai banyak memperluas usaha menjadi lebih profesional menjadi pilihan anda.

Apakah ingin menambah jasa yang lain atau tetap hanya melayani pada batas jasa perbaikan.

Memang kita perlu waktu dan belajar apalagi jika mengawali usaha ini benar-benar dari nol.

Pada dasarnya mengawali sebuah usaha adalah hal positif meski dari hal yang paling sepele sekalipun.

Banyak orang hanya berangan-angan memiliki perencanaan sebuah usaha besar namun hanya sedikit saja dari mereka yang mewujudkanya.

Kenapa?cita-cita perencanaan yang langsung ke usaha besar butuh persiapan dan pendanaan yang tidak sedikit belum lagi masalah manjemen dan skill calon pengusaha tersebut.

Itulah kenapa mewujudkan usaha langsung ke usaha besar cenderung lebih sulit dibandingkan jika kita mau merintis usaha dari bawah.

Termasuk dalam hal ini usaha menjahit.

Anda bisa mewujudkan sebuah usaha besar dari usaha yang sepele dan mendapatkan pengalaman serta pendidikan yang bermanfaat dari proses berjalanya usaha.

Sesuatu keuntungan ganda yang bahkan bisa melebihi nilai keuntungan materi yang didapatkan.

Mungkin ada yang setuju dan sebagian lagi tidak sependapat.

Karena banyak juga mereka yang tetap tidak bisa mewujudkan sebuah usaha meski dari hal sepele sekalipun.

Alasan yang mungkin diutarakan bisa jadi sama sekali tidak memiliki keahlian atau alasan lain misalkan sama sekali tidak memiliki modal.

Menanggapai permasalahan seperti itu maka disini akan kita urai secara singkat berbagai kemungkinan yang bisa dijadikan alternatif bagi siapa saja yang menghadapi masalah demikian.

Tentu dalam bidang usaha menjahit rumahan ini.

Darimana Mendapatkan Skill Untuk Membuka Usaha Menjahit?

Tidak semua orang bisa menjahit dengan menggunakan mesin jahit tentunya.

Karena hal itulah banyak para calon konsumen yang menggunakan jasa jahit faktornya bisa saja karena jumlah orang yang memiliki ketrampilan menjahit sangat sedikit disamping itu orang-orang yang mau memanfaatkan keahlian menjahitnya juga jauh lebih kecil.

Bagaimana jika kita sama sekali tidak memiliki keahlian?

Untuk menjadi penjahit tentu kita perlu memiliki keahlian di bidang tersebut.

Meskipun layanan yang akan diberikan hanya jasa perbaikan kecil saja.

Ada berbagai jalan untuk mndapatkan keahilan ini, jadi tidak perlu khawatir selama ada kemauan pasti akan ada jalan selama kita mau mencarinya.

Kursus Menjahit

Kursus atau mengikuti pelatihan menjahit merupakan cara paling mudah untuk mendapatkan pengetahuan dasar bahkan penguasaan tekhnik menjahit hingga tingkat mahir.

Sekarang ini sudah banyak dibuka hingga kota kecil sekalipun kursus menjahit untuk level dasar hingga mahir.

Memilih tempat kursus yang baik juga satu tantangan tersendiri.

Banyaknya lembaga kursus disuatu kota tentu merupakan hal baik karena kita bisa memilih yang terbaik dari sekian banyak tempat kursus yang ada namun ini juga bisa menyulitkan jika kita benar-benar awam terhadap keberadaan lembaga-lembaga kursus yang ada di daerah tersebut.

Maka untuk mendapatkan informasi yang akurat mana tempat kursus yang tepat kita perlu mencari informasi tentang keberadaan mereka.

Beberapa pertimbangan yang bisa dijadikan acuan dalam memilih tempat kursus diantaranya:

1.Kualitas Kursus dan Guru Pengajar

Agak sulit memang untuk mengetahui secara pasti kualitas kursus karena banyaknya lembaga rata-rata mengaku sebagai lembaga terbaik.

Namun jangan bingung cari informasi dari masing-masing tempat kursus dengan berbagai cara, bisa dengan menanyakan kepada mereka yang pernah kursus disana, atau bisa juga mendatangi langsung ke tempat tersebut dan tanyakan informasi secara detail hingga para pengajar yang ada.

Bagaimana sistim pengajaranya?Berapa durasi pelajaran dan berapa kali perminggu dan sebagainya.

2.Biaya Kursus

Meski bukan urutan pertama namun biaya kursus juga sering menjadi hambatan terutama jika kita memiliki keterbatasan anggaran untuk hal-hal seperti ini.

Maka disamping kualitas kita juga perlu membandingkan tempat kursus mana yang memiliki kualitas baik namun dengan biaya yang masih dalam jangkauan budget kita.

3.Lokasi

Lokasi juga perlu dipertimbangkan setidaknya sebagai langkah berjaga-jaga karena lokasi yang terlalu jauh atau memerlukan biaya transportasi mahal terutama jika tidak memiliki kendaraan sendiri ini bisa membebani bahkan bisa jadi biaya transportasi lebih mahal dibandingkan biaya kursus itu sendiri.

Kalkulasikan biaya kursus dan jarak lokasi, dan dapatkan hasil terbaik.

Sebagai contoh sebuah kursus didekat rumah bahkan tidak memerlukan ongkos karena kita bisa menggunakan sepeda menuju lokasi namun sayang harganya lebih mahal dibandingkan tempat kursus lain dengan kualitas yang kurang lebih sama di tempt lain yang jaraknya cukup jauh.

Untuk mendapatkan pilihan yang tepat pastikan berapa biaya ongkos transportasi ke lokasi kursus yang murah tersebut perbulanya?

Bandingkan harganya dengan biaya tempat kursus yang dekat namun mahal setelah ditambah ongkos transportasi tersebut.

Dengan selektif memilih tempat kursus diharapkan akan meminimalkan kekecewaan di kemudian hari karena kualitas atau biaya yang dikeluarkan.

Pilihlah jenis kursus sesuai kebutuhan.

Jika hanya ingin membuka usaha jasa perbaikan saja maka mengikuti teknik dasar menjahit saya rasa sudah cukup.

Namun jika ingin lebih baik lagi misalkan ingin membuka usaha jahit pakaian seragam sekolah, bahkan hingga gaun pengantin maka mau tidak mau kita memilih kursus dengan durasi lebih lama dan mendapatkan keahlian tersebut hingga tingkat mahir.

Belajar Gratis Dengan Menjadi Tenaga Sukarela

Jika mengikuti kursus dirasa memberatkan maka masih ada jalan lain agar kita memiliki ketrampilan menjahit tanpa harus mengeluarkan dana atau biaya.

Sangat beruntung jika kita memiliki saudara, teman atau kenalan yang sudah memiliki usaha menjahit yang sukses.

Dengan begitu tentu kita bisa mendapatkan akses lebih mudah untuk belajar menjahit secara gratis dari mereka.

Namun kita juga mesti ingat bahwa tidak mudah untuk mendapatkan ilmu gratis.

Jika mereka saudara atau teman akrab mungkin saja mereka dengan senang hati mengajarkan cara menjahit dan membagikan ilmunya kepada kita secara sukarela.

Namun bagaiman jika mereka hanya kenalan atau orang yang tidak memiliki ikatan persaudaraan?

Nah, jika keadaan demikian maka tidak ada salahnya jika kita menawarkan tenaga kita untuk membantu kesibukan usahanya dengan imbalan mereka mau mengajari kita setahap demi setahap.

Bisa saja awalnya kita membantu beres-beres pakaian yang ada dalam pesanan atau membersihkan lantai yang penuh potongan kain.

Setelah kita mengetahui dan mendapatkan ilmu menjahit disela kesibukan maka cobalah menjadi tenaga bantuan misalkan saat memasang resleting, menjahit pola yang mudah dan sebagainya.

Mungkin tidak semudah bayangan mendapatkan mereka pengusaha jahit yang mau menerima kita belajar sengan cara ini.

Namun jika kita benar-benar tulus dan serius maka bukan tidak mungkin dari sekian usaha jahit yang ada di daerah sekitar yang kita temui mau menerima kita belajar dengan cara yang kita tawarkan tersebut.

Karena sejatinya, ini adalah model saling menguntungkan.

Dimana kita bisa mendapatkan belajar menjahit gratis dan pengusaha merasa terbantu dan mendapatkan tenaga bantuan gratis pula.

Belajar Otodidak Dari Buku dan Internet

Selain cara yang telah dibahas diatas jika kita memang tidak memiliki waktu yang panjang setidaknya saat ingin belajar menjahit, maka kita masih bisa belajar sendiri secara otodidak.

Belajar otodidak disini bukan berarti tanpa bantuan, namun kita bisa memanfaatkan media buku ataupun internet untuk menggali ilmu menjahit yang kita bisa pelajari.

Untuk memperoleh hasil maksimal setidaknya kita mesti memiliki peralatan pendukung seperti:

-Mesin jahit

-Buku-buku pelajaran menjahit

-Koneksi internet dan perangkatnya seperti laptop,pc atau cukup dengan gadget anda seperti tablet ataupaun smartphone.

Pelajari dari teknik-teknik dasar seperti jenis jahitan, hingga cara membuat pola menjahit pakaian yang baik dan benar dan seterusnya.

Pelajaran-pelajaran dasar sebenarnya sangat banyak di media internet, bisa mendapatkan dari blog tentang menjahit, dari video-video seperti youtube atupun dengan membeli buku di google play store.

Sementara jika menginginkan buku secara fisik kita bisa mencari buku yang menyajikan pelajaran menjahit di toko buku terdekat.

Banyak cara yang bisa kita pakai dalam upaya mendalami ilmu tentang cara menjahit yang baik dan benar.

Mungkin pembaca bahkan memiliki ide lain yang jauh lebih efektif.

Setelah kita yakin akan kemampuan kita dalam hal menjahit.

Entah pengetahuan dasar yang telah dianggap cukup untuk membuka jasa jahit perbaikan atau sudah yakin dan mahir mengelola usaha jahit pesanan baju-baju seragam, hijab dan seterusnya.

Saatnya persiapan membuka usaha menjahit rumahanan milik anda sendiri.

Persiapan Usaha Menjahit

Tergantung seberapa besar usaha rumahan yang akan dijalankan, maka persiapan masing-masing akan berbeda.

Usaha jasa perbaikan sederhana tentu berbeda dengan usaha menjahit yang siap mengerjakan pesanan pembuatan baju dan seragam.

Jika ingin membuka usaha dari usaha kecil hanya untuk perbaikan saja maka perlengkapan alatnyapun lebih sederhana.

-Satu buah mesin jahit saja sudah cukup untuk mengawali usaha perbaikan baju dan celana.

-Perlalatan pendukung seperti benang, meteran baju, gunting, pisau kecil, jarum jahit, resleting berbagai ukuran, kancing baju berbagai ukuran dan motif harus dipersiapkan pada awal usaha anda.

-Persiapan tempat yang memadai seperti penempatan rak baju untuk menampung baju-baju yang ingin diperbaiki, tempat mesin jahit dan tempat duduk untuk mereka yang akan menjadi pelanggan jasa kita.

Mulailah dengan segala perhitungan yang rapi, meski awalnya hanya usaha kecil.

Selain peralatan dan tempat usaha kita juga perlu mempromosikan usaha yang kita dirikan agar masyarkat sekitar mengenal dengan usaha kita ini.

Sebagus apapun hasil kerja usaha kita jika masyarakat belum mengetahui keberadaan kita maka usaha kita susah mendaptkan pelanggan.

Tidak perlu promosi yang berlebihan apalagi jika usaha masih sangat sederhana.

Kenalkan usaha kiya pada teman dekat, saudara dan mintalah bantuan kepada mereka untuk memceritakan atau memperkenalkan usaha tersebut kepada teman-teman, tetangga dan seterusnya.

Jalankan Usaha Dengan Baik dan Serius

Awalnya mungkin saja hanya usaha menjahit sederhana yang dijalankan di rumah.

Namun mesti diingat, tentu kita menginginkan usaha menjadi besar.

Kita tidak boleh berpuas diri dengan hasil kerja yang kita buat.

Pengembangan usaha harus terus dilakukan meski awalnya hanya usaha kecil.

Untuk dapat mencapai hasil maksimal hingga mengembangkan usaha menjadi besar yang diperlukan adalah banyaknya pelanggan yang merasa puas dengan apa yang telah kita berikan kepada mereka.

Ukuran kepuasan pelanggan tentu berbeda-beda di masing daerah.

Jika kita mendirikan usaha dimana sudah banyak persainganya maka untuk mendapatkan kepuasan dari pelanggan akan hasil usaha kita, mau tidak mau kita harus mampu memberikan layanan serta hasil yang memuaskan dan melebihi dari apa yang mereka dapatkan dari para pesaing kita.

Pengerjaan yang rapi, pelayanan yang ramah, harga yang bersaing dan pengerjaan yang tepat waktu merupakan faktor penting yang harus diingat.

Sangat mudah mengukur keberhasilan kepuasan pelanggan, jika usaha menjahit sederhana rumahan anda mulai mendapatkan pelanggan dan mereka kembali lagi dan terus kembali bahkan pelanggan mengalami peningkatan yang signifikan dari waktu ke waktu itu artinya usaha kita bisa dibilang berhasil.

Namun jika sebaliknya maka kita perlu mencari penyebab kenapa usaha kita tetap sepi dan terkesan stagnan atau jalan di tempat.

Apakah lantaran hasil yang kurang bagus?atau mungkin harga yang kemahalan?

Atau bisa jadi memang karena lokasi rumah dimana kita mengelola usaha tidak memiliki potensi yang baik.

Selalu belajar untuk lebih baik dan jangan ragu untuk mempelajari juga kelebihan para pesaing kita serta mencari kelemahan para pesaing yang ada.

Isi semua kemungkinan yang bisa dimaksimalkan untuk bisa memaksimalkan hasil dan pelayanan agar lebih baik dari mereka.

Usaha yang tumbuh berkembang, banyak pelanggan yang menyukai hasil kerja kita maka kitapun dengan mudah mengembangkan usaha menjahit tersebut menjadi besar.

Mengembangkan Usaha Menjahit

Saya yakin menjalankan usaha tidak semudah yang direncanakan akan ada banyak tantangan dan halangan yang dihadapi.

Dari lambatanya perkembangan usaha dan juga minimnya keuntungan dan sebagainya.

Namun kita harus sadar bahwa semua butuh proses pembelajaran untuk mendapatkan hasil maksimal.

Perbaikan dalam kualitas dan layanan harus terus ditingkatkan.

Dengan begitu semakin banyak orang mempercayai usaha yang kita jalankan tersebut.

Memang sebuah kesuksesan butuh dedikasi dan waktu yang tidak sedikit.

Pada saatnya ketika usaha mulai mengalami penigkatan dan sudah mendapatkan hasil sesuai harapan, maka jangan berhenti sampai disitu.

Kembangkan usaha menjahit kecil-kecilan selangkah demi selangkah.

Ketika orderan perbaikan baju dan celana mulai banyak, pelanggan tetap terus bertambah maka saatnya memperhitungkan untuk menambah perlengkapan seperti mesin jahit dan peralatan lain.

Bukan hanya itu kita juga bisa mulai menambah layanan usaha seperti menerima pesanan baju-baju seragam dan sebagaianya.

Disinilah pentingnya kita perlu terus belajar selama menjalankan usaha.

Meningkatkan kemampuan dalam menjahit pakaian perlu terus dilakukan.

Ada beberapa cara ketika ingin menambah usaha pesanan pakaian untuk dijahit.

1.Melakukan Sendiri Pesanan Jahit Pakaian

Jika ingin menambah usaha dengan menerima pesanan jahit pakaian dan dilakukan sendiri, maka pastikan kita sudah menguasai dengan baik bagaimana cara menghasilkan hasil jahitan yang baik dan benar.

Jika kemampuan kita belum sampai disana maka perlu memperdalam ilmu menjahit hingga benar-benar yakin akan kemampuan kita.

Caranya bisa dengan menerapkan kembali beberapa contoh yang telah dibahas diatas.

Awali dengan membuat baju untuk diri sendiri atau keluarga.

Setelah yakin buatlah beberapa contoh baju yang kita jahit sendiri.

Bisa saja seragam sekolah, seragam kantor atau apapun jenis pakaian yang paling umum di lingkungan sekitar.

Lalu pajang di ruang usaha anda untuk dijual.

Ini merupakan ajang uji coba sekaligus promosi yang akan menarik para pelanggan untuk membeli pakaian tersebut.

Berikan harga yang relatif murah bahkan jika perlu lebih murah dari harga pasaran sebagai ajang perkenalan.

Jika hasil-hasil karya anda bisa diterima dengan baik dan mereka menyatakan puas, maka tidak salah lagi mulaialah menambah jenis jasa menjahit anda sesuai apa yang telah dikuasai.

2.Merekrut Karyawan

Merekrut karyawan adalah cara termudah untuk mengembangkan usaha milik kita.

Namun begitu jika memang ingin melakukan cara ini pastikan bahwa usaha yang dijalani benar-benar sudah diterima dan mendapat kepercayaan.

Kita juga tidak boleh asal dalam memilih karyawan.

Cari karyawan yang benar-benar menguasai bidangnya.

Lakukan test kemampuan sebelum resmi menjadikan mereka karyawan tetap kita.

Jika kita menginginkan cara yang aman carilah karyawan yang mau bekerja dengan sistim bagi hasil.

Ini akan lebih baik terutama jika penambahan jenis usaha masih relatif baru.

Bagi hasil keuntungan akan meringankan dibandingkan memberi gaji apalagi jika usaha pada jenis yang baru masih sepi.

Selalu belajar dari berbagai kesalahan, dan terus kembangkan usaha dengan memberikan hasil terbaik kepada pelanggan.

Tidak ada sukses dalam semalam semua perlu waktu dan penguasaan dalam bidang usaha apapun.

Jangan menyerah serta fokus pada usaha yang dijalankan dengan serius.

Selamat berwirausaha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *