Cara Memulai Usaha Keliling Warung Indomie Sederhana

usaha keliling warung indimie

Usaha keliling warung Indomie merupakan salah satu ide usaha  kecil yang tepat untuk didirikan.

Hal itu karena mie instan Indomie sendiri sudah dikenal serta telah menjadi makanan sehari – hari masyarakat Indonesia. Dengan begitu usaha ini akan banyak diminati oleh pelanggan.

Bagi beberapa orang, mungkin memandang bila usaha  ini akan mudah dilakukan. Namun, sama halnya dengan usaha lainnya yaitu harus diiringi dengan tekat kuat, jujur, dan disiplin.

Hal itu agar usaha yang didirikan tersebut dapat berjalan dengan baik serta menghasilkan keuntungan yang melimpah.

Nah bagi kalian para pemula yang ingin mencoba usaha ini, akan saya jelaskan tata cara mendirikanya.

Penjelasannya sebagai berikut.

Prospek dan Peluang Usaha Keliling Warung Indomie

Bagi anda yang akan mendirikan usaha namun masih bingung dengan ide usaha, maka ide usaha mendirikan warung Indomie keliling merupakan piihan yang cukup menarik.

Usaha warung Indomie keliling ini masih memiliki prospek yang cerah, mengingat banyak yang sudah mengenal mie instan Indomie sendiri serta harganya yang bersahabat.

Sehingga tidak perlu susah untuk melakukan promosi karena Indomienya sendiri sudah banyak dikenal.

Usaha ini sangat cocok dijual di daerah yang ramai oleh pengunjung, misalnya di daerah pusat perbelanjaan, daerah perkantoran, daerah kampus, daerah kos – kosan, daerah sekolah, dan lain sebagainya. Dengan modal kecil, anda sudah dapat mendirikan usaha warung Indomie keliling. Hanya dengan memakai gerobak keliling saja, anda dapat menjangkau berbagai daerah yang ramai aktivitas warga.

Namun, perlu diingat bahwa sudah banyak warung – warung makan kecil yang juga menjual mie instan Indomie ini dan menu masakan lainnya.

Akan tetapi ada sisi kelenahan warung – warung tersebut yang tidak hanya fokus dengan mie instan Indomie saja ya tetapi segala macam masakan rumahan.

Dengan begitu peluang untuk membuka usaha warung Indomie keliling ini terbuka lebar.

Hanya diperlukan kreatifitas dalam menjual Indomie tersebut.

Pemilihan Lokasi Usaha Keliling Warung Indomie

Lokasi strategis dalam pendirian usaha adalah faktor terpenting dalam mensukseskan jalannya usaha. Dalam usaha warung Indomie keliling ini anda tidak perlu mencari kios karena usaha ini dilakukan dengan menggunakan gerobak dorong yang siap berkeliling dari satu tempat ke tempat lainnya.

Anda hanya perlu mencari tempat berkeliling di daerah – daerah yang penuh dengan aktivitas warga. Misalnya anda dapat memilih berkeliling di daerah perkantoran, daerah kampus, daerah kos – kosan, daerah sekolah, dan lain sebagainya yang penuh dengan hiruk pikuk aktivitas warga. Dengan begitu, dagangan anda memiliki potendi

laris manis setiap harinya.

Selain itu, anda juga dapat menyewa lahan kecil atau kaki lima yang terletak di lokasi strategis.

 

Hal itu digunakan untuk menciptakan pelanggan tetap pada usaha warung  keliling anda. Dengan begitu akan lebih banyak lagi pelanggan yang datang serta akan lebih banyak lagi menghasilkan keuntungan yang dapat anda hasilkan.

Rincian Anggaran Modal Usaha Keliling Warung Indomie

Sebelum mendirikan usaha, anda juga memerlukan modal sebagai penunjang usaha anda. Modal usaha juga termasuk faktor penting dalam pendirian usaha  anda.

Modal yang dibutuhkan tergolong kecil ya, hanya membutuhkan kurang lebih Rp. 3 juta saja yang sudah mencakup semuanya.

Berikut adalah rincian anggaran untuk modak usaha warung Indomie keliling.

  1. Gerobak : Rp. 2.000.000
  2. Indomie Goreng 2 Dus : Rp. 196.000
  3. Indomie Kuah 2 Dus : Rp. 196.000
  4. Cabe 2 kg : Rp. 100.000
  5. Sawi 5 ikat : Rp. 15.000
  6. Telur 2 kilo gram : Rp. 42.000
  7. Sosis matang 1 Dus : Rp. 24.000
  8. Gelas plastik 100 pcs : Rp. 13.000
  9. Garpu plastik 100 pcs : Rp. 20.000
  10. Dandang rebus 1 : Rp. 150.000
  11. Saringan mie 2 : Rp. 80.000
  12. Plastik : Rp. 5000
  13. Kursi plastik 10 biji : Rp. 300.000
  14. Gas LPG 2 Tabung : Rp. 40.000
  15. Aqua gelas 2 dus : Rp. 36.000
  16. Banner : Rp. 100.000
  17. Kompor : Rp. 100.000

Total : Rp. 3.417.0000

Dari penjabaran anggaran untuk modal usaha dapat dilihat bahwa dalam mendirikan usaha warung Indomie keliling untuk pemula hanya membutuhkan modal awal sebesar Rp. 3.417.0000 saja.

Dengan keuntungan yang nantinya akan didapatkan, sedikit demi sedikit anda sudah dapat membuka dengan toko. Sehingga anda akan lebih banyak lagi mendapatkan pelanggan.

Namun, bila mana menjualnya dengan menggunakan toko, maka anda harus memikirkan kembali modal untuk membeli atau menyewa toko atau kios yang berada di lokasi strategis. Dengan begitu anda harus pintar memilih lokasi strategi toko dalam mendirikan usaha anda serta harga yang terjangkau dalam menyewa atau membeli ruko untuk usaha anda.

Perlu diingat, bilamana anda sudah memilih toko dalam membuka usaha anda maka secara tidak langsung anda harus menaikkan harga usaha Indomie anda sedikit lagi untuk biaya pajak bangunan yang akan anda bayar nantinya.

Penyusunan Daftar Dagangan Usaha Keliling Warung Indomie

Pada tahap selanjutnya adalah penyusunan daftar dagangan. Untuk usaha Indomie keliling diperlukan riset atau survey pada warung – warung makan untuk mengetahui bagaimana penjualan mie instan Indomie yang mereka jual, harga jual yang ditawarkan, produk mie apa saja yang dijual, bahan pelengkap apa saja yang dipakai.

Riset ini dilakukan dengan tujuan agar usaha  yang akan anda dirikan dapat lebih baik dari warung – warung makan pada umumnya. Dengan begitu akan menjadikan usaha ini sebagai unggulan dihati para pelanggan anda. Hal itu secara tidak langsung sebagai strategi dalam mensukseskan pendirian usaha warung Indomie keliling anda.

Berikut akan saya jelaskan mengenai daftar dagangan pada usaha warung Indomie keliling.

• Indomie Polos : Rp. 5000

  • a. Level 1 (5 cabe) : Rp. 6000
  • b. Level 2 (10 cabe) : Rp. 7000
  • c. Level 3 (15 cabe) : Rp 8000

• Indomie Telur : Rp. 8000

  • a. Level 1 (5 cabe) : Rp. 9000
  • b. Level 2 (10 cabe) : Rp. 10.000
  • c. Level 3 (15 cabe) : Rp 11.000

• Indomie Sosis : Rp. 8000

  • a. Level 1 (5 cabe) : Rp. 9000
  • b. Level 2 (10 cabe) : Rp. 10.000
  • c. Level 3 (15 cabe) : Rp 11.000

• Aqua gelas : Rp. 1000

Asumsi pendapatan usaha warung Indomie keliling anda perhari yaitu dengan menjual 100 cup yang dijual seharga Rp. 5.000, anda akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 500.000. Kemudian asumsi pendapatan anda selama sebulan dapat mencapai Rp. 15.000.000. Lalu untuk satu tahun, asumsi pendapatan anda dapat mencapai Rp. 180.000.000.

Dari pendapatan yang telah dicapai, dengan cepat anda dapat mengalami balik modal. Bilamana Indomie terjual habis pada setia harinya. Asumsi pendapatan anda hanya dihitung harga jual Indoneminya saja tanpa ditambah dengan bahan pelengkap lainnya seperti telur dan sosis. Bila mana ditambah bahan pelengkap, maka akan bertambah lagi harga jualnya.

Strategi Promosi Usaha Keliling Warung Indomie

Setelah semua barang dagangan untuk membuka usaha dan sudah dirasa lengkap, maka langkah selanjutnya adalah menerapkan strategi promosi pada usaha anda. Strategi promosi ini harus benar – benar unik dan berbeda dari yang lainnya agar masyarakat tertarik dengan barang dagangan anda.

Berikut adalah penjelasan mengenai strategi promosi yang dapat anda lakukan.

• Sajikan variasi lain

Anda dapat menyajikan makanan indomie dengan variasi yang berbeda – beda, agar pelanggan tidak merasakan bosan dengan menu masakan yang itu itu saja. Sehingga pelanggan akan lebih merasa kangen dengan menu yang ada sebelumnya.

• Manfaatkan sosial media

Dengan memanfaatkan sosial media yang anda punya, maka secara langsung anda sudah mempromosikan kepada orang – orang terdekat anda. Dengan begitu, anda tidak perlu lagi memberi tahukan kepada mereka secara satu persatu melalui lisan. Strategi ini akan menghemat tenaga dan waktu dalam menjalankan promosi anda.

• Gunakan layanan ojek online

Strategi penggunaan layanan ojek online adalah cara yang tepat bagi pelanggan yang ingin menikmati dagangan Indomie anda tetapi jaraknya terlalu jauh, dapat memesan melalui aplikasi ojek online. Selain itu, cara ini cocok bagi pelanggan yang malas untuk mengantri panjang.

• Potongan harga

Terapkan potongan harga pada strategi promosi anda bagi pelanggan yang mau membagikan foto saat sedang makan atau berada di outlet warung Indomie keliling anda. Dengan cara ini akan semakin banyak lagi masyarakat mengenal usaha warung Indomie keliling anda. Secara tidak langsung keuntungan yang didapatkan juga semakin besar.

• Promo menarik

Gunakan promo menarik pada setiap waktu misalnya pada hari grand opening, hari ulang tahun usaha warung Indomie keliling anda, pada hari ulang tahun pelanggan, dan lain sebagainya. Promo menarik dapat berupa pembelian gratis , potongan harga 50 %, 50 porsi gratis pada pelanggn pertama, dan lain sebagainya. Dengan cara ini ampuh dalam mengenalkan warung Indomie keliling anda kepada masyarakat luas.

Itulah beberapa strategi promosi yang dapat anda gunakan dalam mengambil hati para pelanggan ada. Akan lebih baik lagi bilamana anda dapat mencetuskan strategi promosi lainnya yang terbilang unik dan menarik.

Cara Bersaing Usaha Keliling Warung Indomie Dengan Warung Makan Lainnya

Perlu diingat bahwa dalam persaingan dunia usaha bersifat ketat. Dengan begitu anda harus pintar – pintar memutar otak untuk menampilkan keunikan yang ada dalam usaha anda. Salah satunya  harus bersaing dengan warung – warung makan yang terletak di pinggir jalan dan sudah sejak lama berdiri. Tentu sudah memiliki banyak pelanggannya.

Namun, anda tidak perlu kawatir karena pasti ada celah yang membuat usaha warung Indomie keliling anda berbeda dengan warung – warung makan lainya. Perbedaan terletak pada jenis masakan yang ditawarkan. Pada usaha warung – warung makan akan menyajikan berbagai masakan rumahan yang hanya menyajikan masakan Indomie ala kadarnya.

Bagi usaha warung Indomie keliling anda akan menyajikan berbagai menu indomie dengan bahan pelengkap dan rasa pedas yang diinginkan pelanggan. Bahan pelengkap ini sesuai dengan permintaan pelanggan ya dapat berupa komplit dengan telur, sosis, sawi, dan level pedas atau irisan cabe.

Selain itu, anda dapat bekerja sama dengan pihak Indomie untuk diberikan harga Indomie murah serta diberikan peralatan lainnya. Hal itu akan lebih memperkecil biaya belanja kebutuhan usaha anda.

Semoga bermanfaat ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *